Berita Penting Masih Sekitar Semakin Besar Wabah Pandemi Covid-19 Di Seluruh Indonesia, Dan Sangat Disayangkan Ada Pemalsuan Hasil Tes Covid-19

20210119 SELASA Hari Ini, Berita Penting Sebagai Berikut.
Berita yang menjadi sorotan publik hari ini adalah prediksi Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (JK) bahkan jumlah pasien Covid-19 akan tembus 1 juta akhir bulan ini. JK ajak penyintas Covid-19 donorkan plasma konvalesennya untuk mengurangi penyebaran virus corona di Tanah Air. Publik juga menyoroti langkah Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang mendonasikan plasma konvalesen ke PMI, karena tak pernah mengumumkan positif Covid-19.
Walhi mendesak Presiden Jokowi memanggil perusahaan yang memiliki izin usaha di wilayah hutan dan lahan di Kalimantan Selatan. Walhi menduga para korporasi tersebut menjadi penyebab masifnya deforestasi yang dinilai sebagai akar masalah dari bencana banjir yang merendam 7 kabupaten/kota di Propinsi Kalsel.
*Terduga pelaku pemalsu surat hasil tes Covid-19* patok harga tiap lembar suratnya Rp 1.000.000 hingga Rp 1.100.000. “Surat hasil tes palsu dijual antara Rp 1.000.000 hingga Rp 1.100.000,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus didampingi Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta Kombes Pol Adi Ferdian saat jumpa pers di Bandara Soekarno-Hatta, Senin (18/1) siang.

*Berita yang tak kalah menarik adalah dipindahnya Anggota DPR* dari Fraksi PDIP Ribka Tjiptaning ke Komisi VII DPR usai menyatakan penolakan atas program vaksinasi Covid-19 buatan Sinovac. Rotasi tersebut berdasarkan Surat Fraksi PDIP DPR Nomor 04/F-PDIP/DPR-RI/2022 tanggal 18 Januari 2021. 

*Berikut Isue selengkapnya* : 

1. Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla mengatakan, angka kasus penderita positif Covid-19 di Indonesia bisa tembus satu juta pada akhir Januari apabila penularannya terus meningkat. “Kita mengetahui bahwa masih banyak penularannya tiap hari, yang positif. Apabila kondisi ini berjalan terus di atas 10.000 (kasus per hari), maka pada akhir bulan ini bisa tembus satu juta yang positif,” kata Kalla dalam sambutannya saat peluncuran Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen Covid-19 di Markas PMI Pusat Jakarta, Senin (18/1). Untuk menekan angka penularan tersebut, Kalla mengatakan, berbagai cara harus dilakukan oleh masyarakat melalui penerapan protokol kesehatan secara ketat serta menjadi donor plasma darah konvalesen bagi para penyintas Covid-19.

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla mengajak penyintas Covid-19 mendonorkan plasma konvalesen demi mengurangi penyebaran Covid-19 di Tanah Air. “Saya gembira pemerintah mencanangkan gerakan nasional (donor plasma konvalesen). Artinya semua pihak harus bersama-sama. Hanya itu cara untuk mengurangi,” ujarnya. Menurut dia, saat ini mereka yang sedang berjuang melawan Covid-19 membutuhkan kerelaan, kesadaran, dan pengamalan penyintas untuk mendonorkan plasma konvalesen.
PMI memerlukan lima kali lipat jumlah donor plasma konvalesen setiap harinya guna membantu menghentikan penyebaran Covid-29 di Tanah Air. Sejak Mei 2020, PMI telah menerima 7.000 donor dengan rata-rata sekitar 40 donor setiap harinya. Akan tetapi, hingga kini jumlah donor tersebut belum mampu menutupi keperluan masyarakat. “Dibutuhkan suatu pendonor lima kali lipat baru bisa kita memenuhi kebutuhan masyarakat dan akan mengurangi tingkat kematian,” ujar Ketua Umum PMI Jusuf Kalla.
Ketua Umum PMI memuji langkah Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mendonasikan plasma konvalesen di Markas PMI, Jakarta, Senin (18/1). Menurut dia, donasi plasma konvalesen yang dilakukan Airlangga merupakan sebagai bentuk rasa syukur karena telah sembuh dari Covid-19.  “Ini merupakan rasa syukur Pak Airlangga di sini hadir untuk menyumbangkan plasmanya sebagai rasa syukur, bahwa telah sembuh (dari Covid-19),” ujar Kalla.

*2. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Senin (18/1) kemarin mendonasikan plasma* konvalesen ke Markas PMI, Jakarta. Donasi tersebut dilakukan dalam acara pencanangan Gerakan Nasional Pendonor Plasma Konvalesen yang digelar PMI.

*3. Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, donasi plasma konvalesen dari para penyintas* Covid-19 diharapkan bisa meningkatkan kesembuhan dan menekan risiko kematian akibat penyakit tersebut. Hal itu disampaikan Muhadjir dalam acara pencanangan Gerakan Nasional Pendonor Plasma Konvalesen, Senin (18/1/2021). “Bila donor meningkat, diharapkan akan mengurangi waktu rawat dan kepadatan pasien Covid-19 dengan gejala sedang sampai berat rumah sakit serta dapat mengurangi risiko kematian,” kata Muhadjir Effendy.

*4. Epidemiolog Indonesia di Griffith University, Dicky Budiman, mengingatkan pentingnya* *keterbukaan pemerintah kepada publik terkait penanganan pandemi Covid-19*. Hal itu ia sampaikan dalam menanggapi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang mendonasikan plasma konvalesen. Sementara, pemerintah belum pernah mengumumkan Airlangga sempat terpapar Covid-19. “Selalu disampaikan bahwa keteladanan dimulai dari pejabat publik atau tokoh. Kalau tidak terbuka ya bagaimana mau memberi imbauan,” kata Dicky, Senin (18/1). Menurut Dicky, tidak adanya keterbukaan lantas menjadi pertanyaan bagaimana masyarakat dapat memercayai pejabat publik. Padahal, kata Dicky, pejabat seharusnya selalu terbuka dengan segala informasi terkait pandemi Covid-19, termasuk ketika terpapar virus corona.

*5. Presiden Jokowi meninjau lokasi terdampak banjir di Kalsel, Senin (18/1)* bersama Menteri PUPR Basuki Hadimulyo dan Kepala BNPB Doni Monardo, Gubernur Kalsel Sabirin Noor, dan Bupati Bankar Khalilurrahman. Titik pertama yang dikunjungi  adalah Sungai Martapura dan Jembatan Pekauman di Kabupaten Banjar. Di sela peninjauannya, Jokowi menyerahkan sejumlah bantuan sembako, makanan siap saji, dan masker kepada beberapa warga.
Presiden Jokowi memerintahkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memperbaiki jembatan yang terdampak banjir dalam waktu 3 hari. “Ada beberapa jembatan yang runtuh seperti yang kita lihat di belakang ini, saya sudah minta Pak Menteri PU agar dalam 3-4 hari ini bisa diselesaikan, sehingga mobilitas distribusi barang tidak terganggu,” kata Jokowi dalam jumpa pers di Kalsel yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (18/1).

*6. Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) mendesak Presiden Jokowi *memanggil perusahaan yang memiliki izin usaha di wilayah hutan dan lahan di Kalimantan Selatan. Karena Walhi menduga para korporasi tersebut menjadi penyebab masifnya deforestasi yang dinilai sebagai akar masalah dari bencana banjir yang merendam 7 kabupaten/kota di Propinsi Kalsel. “Seharusnya Jokowi hadir dan kuat. Salah satunya berani memanggil pemilik perusahaan-perusahaan tambang, sawit, HTI, HPH. Kita dialog terbuka di hadapan rakyat dan organisasi masyarakat sipil,” kata Koordinator Walhi Kalsel Kisworo Dwi Cahyono, kemarin.
Menurut catatan Walhi, 50 persen dari luas Kalimantan Selatan yang mencapai 3,7 juta hektare sudah dibebani oleh izin tambang. Kemudian 33 persen oleh izin perkebunan sawit dan 17 persen untuk Hak Pengusahaan Hutan (HPH) dan Hak Tanaman Industri (HTI).

*7. Greenpeace Indonesia menduga banjir bandang yang melanda Kalimantan Selatan* lantaran Daerah Aliran Sungai (DAS) telah kehilangan sekitar 304.225 hektar tutupan hutan sepanjang 2001-2019. Sebagian besar hutan telah berubah menjadi perkebunan kelapa sawit. Juru Bicara Kampanye Hutan Greenpeace Indonesia, Arie Kompas menjelaskan,DAS itu merupakan wilayah yang seharusnya menampung air hujan di Kalimantan Selatan. Namun karena tutupan hutannya berkurang drastis, maka kemampuan menampung air jadi berkurang. “Kalau dari pantauan kita, 2001 sampai 2019 sekitar 304.225 hektar kehilangan tutupan hutan di situ. Itu yang menunjukkan daya tampung pendukung hutan di daerah itu sudah menurun drastis,” kata Arie Kompas, Senin (18/1).
(*baca 15an summary berita berikut di bawah ini ....*👼👲👳👇 )

8. Hakim Pengadilan Tipikor menyatakan Andi Irfan bersalah dalam kasus suap dan pemufakatan jahat dengan Pinangki Sirna Malasari dan Djoko Tjandra terkait upaya fatwa MA. Andi Irfan divonis pidana 6 tahun penjara dan denda Rp 100 juta subsider 4 bulan kurungan. Hakim sebut Andi Irfan Jaya pembuat action plan untuk bebaskan Djoko Tjandra

9. Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengatakan calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo mesti memperhatikan kejahatan siber hingga menguatnya intoleransi dan kelompok radikal. “Kejahatan siber serta tantangan terhadap menguatnya intoleransi dan kelompok-kelompok radikal,” kata Jubir Kompolnas, Poengky Indarti kepada wartawan, Senin (18/1). Poengky menyatakan Listyo juga tak dapat mengesampingkan penjagaan dan pemeliharaan keamanan serta ketertiban masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

10. Mendagri Tito Karnavian yakin calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo mampu merangkul semua personil polisi, baik yang senior maupun junior karena komunikasinya baik. Tito menyebut Listyo merupakan sosok yang cocok memegang tongkat kepemimpinan Korps Bhayangkara selanjutnya. Meskipun masih berusia muda, namun Listyo sudah matang dengan berbagai pengalaman menjadi pemimpin di sejumlah wilayah.

11. Terduga pelaku pemalsu surat hasil tes Covid-19 patok harga tiap lembar suratnya Rp 1.000.000 hingga Rp 1.100.000. “Surat hasil tes palsu dijual antara Rp 1.000.000 hingga Rp 1.100.000,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus didampingi Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta Kombes Pol Adi Ferdian saat jumpa pers di Bandara Soekarno-Hatta, Senin (18/1) siang.

12. Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto memenuhi panggilan Bareskrim, Senin (18/1). Bima dipanggil sebagai saksi terkait kasus swab tes Rizieq Shihab di Rumah Sakit (RS) Ummi, Bogor. Bima memenuhi panggilan tersebut sekitar pukul 13.45 WIB. Dia terlihat mengenakan kemeja berlengan panjang berwarna biru dengan masker. Saat hendak memasuki Gedung Bareskrim Polri untuk menjalani pemeriksaan, Bima dikawal oleh beberapa petugas yang menemaninya dari dalam mobil. Bima menyempatkan diri untuk mencuci tangan sebelum masuk ke dalam gedung.

13. Keluarga Muhammad Suci Khadavi Putra, salah seorang anggota Laskar FPI yang tewas ditembak dalam bentrok KM 50 Tol Jakarta-Cikampek kembali menggugat kepolisian ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan perihal penangkapan tidak sah. “Gugatan ini berkaitan dengan penangkapan tidak sah atas korban Khadavi,” kata anggota Tim Kuasa Hukum, Rudy Marjono di PN Jakarta Selatan, Senin (18/1). Rudy menyatakan, gugatan tersebut dilayangkan kepada Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran.

14. Anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ribka Tjiptaning dirotasi ke Komisi VII DPR usai menyatakan penolakan atas program vaksinasi Covid-19 buatan Sinovac. Rotasi tersebut berdasarkan Surat Fraksi PDIP DPR Nomor 04/F-PDIP/DPR-RI/2022 tanggal 18 Januari 2021. Dalam surat itu, Ribka yang saat ini bertugas di Komisi IX DPR  yang membidangi masalah kesehatan dan ketenagakerjaan dipindahkan ke Komisi VII DPR yang membidangi masalah pertambangan dan energi.
Anggota Komisi IX DPR dari PDIP Ribka Tjiptaning mengaku ditegur oleh fraksinya lantaran menolak vaksin virus corona (Covid-19). Ia menyadari teguran itu merupakan konsekuensi yang harus diterimanya demi memperjuangkan amanat rakyat. “Saya sampai ditegur partai saya, tidak tahu laporan siapa, tapi itu konsekuensi logis,” ujarnya dalam rapat kerja Komisi IX DPR dengan Menkes, Kepala BPOM, dan Direktur Utama PT Biofarma (Persero), pada Rabu (13/1) lalu. Ribka menekankan, dirinya dipilih oleh masyarakat lewat Pemilu. Oleh karena itu, dia ingin memastikan keamanan masyarakat yang akan diberi vaksin virus corona.
Sekretaris Fraksi PDIP DPR Bambang Wuryanto membenarkan rotasi Ribka Tjiptaning. Menurut dia, itu merupakan rotas biasa.Ia meminta setiap kader yang dirotasi untuk melakukan introspeksi. “Ini rotasi biasa saja. Tetapi setiap keputusan politik pasti ada argumentasinya, yang barang tentu argumen tersebut didukung oleh fakta. Bagi semua pihak yang terkena rotasi silakan melakukan retrospeksi dan introspeksi,” kata Bambang saat dikonfirmasi, Senin (18/1). Da menjelaskan, selain Ribka, pimpinan Fraksi PDIP DPR juga merotasi empat anggotanya yang lain. Mereka adalah Johan Budi Sapto Pribowo dari Komisi II ke Komisi III, Gilang Dhielafararez dari Komisi VI ke Komisi III, Marinus Gea dari Komisi III ke Komisi XI, serta Ihsan Yunus dari Wakil Ketua Komisi VIII menjadi anggota Komisi II.

15. Tim Pencarian dan Pertolongan (SAR) Bandung dan unsur gabungan mengakhiri operasi pencarian setelah seluruh korban longsor di Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat ditemukan pada Senin (18/1). Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansyah mengatakan proses pencarian dinyatakan ditutup setelah satu korban terakhir ditemukan pada pukul 21.13 WIB. Dengan begitu, seluruh 40 korban yang tertimbun telah ditemukan dan dievakuasi. “Keberhasilan ini berkat kerja sama yang baik antara unsur yang ada di lapangan, sehingga semua korban yang menjadi korban bencana longsor ini berhasil dievakuasi di hari ke-10 ini,” kata Deden di Posko Koordinasi SAR Gabungan di Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

16. Mendagri Tito Karnavian menerbitkan surat edaran untuk kepala daerah terkait potensi bencana alam yang terjadi karena faktor perubahan cuaca. Lewat surat edaran itu, Tito meminta kepala daerah lakukan langkah-langkah pro-aktif untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam di daerahnya masing-masing. “Ini harus diantisipasi oleh semua daerah. Tidak hanya kalau terjadi, tapi sebelum itu sudah diantisipasi. Saya minta teman-teman luar darrah jangan merespons bersifat responsif, sudah kejadian baru respons, tapi harus bersikap pro aktif, antisipatif apa yang akan terjadi itu ditangani,” kata Tito di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (18).

17. Kejagung memulai pemeriksaan saksi-saksi untuk menelusuri aliran dana kasus tindak pidana korupsi dan pencucian uang di PT Asabri pada Senin (18/1). Kapuspenkum Kejagung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengatakan, saksi-saksi yang diperiksa adalah para pejabat di perusahaan tersebut. “Tim penyidik JamPidsus Kejaksaan Agung memeriksa empat orang saksi atau pihak yang terkait dengan penanganan perkara dugaan tindak pidana korupsi PT Asabri,” kata Leo dalam keterangan resmi, Senin (18/1).

18. Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang uji materi Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (Ciptaker). Namun, sidang yang digelar secara daring itu ditunda karena perwakilan presiden dan pemerintah yang mestinya membacakan keterangan justru meminta sidang ditunda. “Mohon berkenan waktu untuk menyiapkan keterangan presiden serta menyesuaikan dengan jadwal yang nanti rencananya akan dihadiri oleh para pimpinan kami,” kata perwakilan dari Kementerian Koordinator Perekonomian I Ketut Hadi Priatna, Senin (18/1).

19. Menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution yang berpasangan dengan Aulia Rachman di Pilkada Kota Medan menghabiskan Rp15 miliar untuk kampanye. Jumlah ini jauh lebih besar dari pesaing mereka, Akhyar Nasution-Salman Alfarisi. Sementara itu, Jubir Tim Pemenangan Bobby Nasution-Aulia Rachman di Pilkada Medan, Sugiat Santoso diangkat menjadi Komisaris Independen PT Prima Multi Terminal yang merupakan anak perusahaan BUMN gabungan Pelindo 1, Waskita Karya dan PT Pembangunan Perumahan.

20. Menjelang pelantikan Joe Biden sebagai Presiden AS, suasana di Capitol masih tegang. Sementara itu, Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih, Kamala Harris resmi mengundurkan diri dari kursi senat pada Senin (18/1) waktu setempat. Kamal Harris menyampaikan salam melalui rilis video.
Indonesia Maju
INFOTANGSEL.CO.ID

No comments

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India