Berita Baru Gebrakan Jaksa Agung,Satu Persatu Mulai Membongkar Kasus Korupsi Bersama BPK, Semoga Berhasil Untuk Indonesia Maju

*Berita Baru Gebrakan Jaksa Agung,Satu Persatu* 
*Mulai Membongkar Kasus Korupsi Bersama BPK,* 
*Semoga Berhasil Untuk Indonesia Maju*

20210127 HARI RABU Indonesia Maju.
*Jaksa Agung ST Burhanuddin mengatakan total kerugian negara* dalam kasus dugaan korupsi PT *Asabri mencapai Rp22 triliun*. Nominal tersebut diperoleh berdasarkan hasil perhitungan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). “Jadi hasil perhitungan BPKP itu Rp17 triliun, tapi kami menggunakan BPK Rp22 triliun sekian,” tegasnya dalam raker dengan Komisi III DPR di Senayan, Selasa (26/1).
Ketua KPK Firli Bahuri menegaskan lembaganya akan menindaklanjuti setiap informasi yang berkembang di masyarakat terkait kasus dugaan korupsi  bantuan sosial (bansos) yang menjerat eks Menteri Sosial Juliari Peter Batubara. Firli menegaskan KPK bekerja secara profesional, akuntabel, dan transparan serta menjunjung tinggi hak asasi manusia. Kata dia, KPK tidak pandang bulu dalam melakukan penegakan hukum.
*Kasus positif Covid-19 terus bertambah di Indonesia*. Hingga Selasa (26/1) siang, jumlahnya sudah mencapai1.012.350 kasus. Jumlah pasien sembuh bertambah sebanyak 10.868 orang, sehingga secara kumulatif berjumlah  820.356 kasus.  Sedankan jumlah pasien Corona yang meninggal dunia bertambah sebanyak 336 orang sehingga secara keseluruhan berjumlah 28.468 pasien.
Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte akhirnya resmi mengundurkan diri di tengah krisis pandemi Corona. Giuseppe Conte sudah menyerahkan mandatnya sebagai Perdana Menteri kepada Presiden Itlaia, Sergio Mattarella. Seperti dilansir AFP, Kamis (27/1/2021), Presiden Sergio Mattarella telah menerima pengunduran Giuseppe Conte. Selanjutnya, pekerjaan Giuseppe Conte akan diteruskan oleh pemerintahan yang masih menjabat saat ini. Berikut isu selengkapnya. 

*Berikut Isue selengkapnya* :
*1.Jaksa Agung ST Burhanuddin mengatakan total kerugian negara* dalam kasus dugaan korupsi PT *Asabri mencapai Rp22 triliun*. Nominal tersebut diperoleh berdasarkan hasil perhitungan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). “Jadi hasil perhitungan BPKP itu Rp17 triliun, tapi kami menggunakan BPK Rp22 triliun sekian,” tegasnya dalam raker dengan Komisi III DPR di Senayan, Selasa (26/1).
Burhanuddin menyatakan pihaknya telah menyita aset senilai sekitar Rp18 triliun terkait kasus tersebut. Menurutnya, penyidik masih akan terus melacak aset milik Asabri. “Kami akan lacak terus, mungkin akan berat karena kerugian Asabri ini di atas asuransi Jiwaraya,” ujarnya.
Burhanuddin menyebut pihaknya telah mengantongi sebanyak tujuh calon tersangka dalam kasus dugaan korupsi Asabri. Menurutnya, dua dari tujuh calon tersangka merupakan sosok yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi Asuransi Jiwasraya. “Ada tujuh calon, tapi yang dua antara Asuransi Jiwasraya dan Asabri sama,” katanya.

*2.Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin menyatakan kasus dugaan korupsi di BPJS* Ketenagakerjaan tidak berhubungan dengan penanganan kasus korupsi Jiwasraya. Penegasan itu merespons pertanyaan anggota DPR dalam raker dengan Komisi III DPR di Senayan, Jakarta, Selasa (26/1). “Apa BPJS Ketenagakerjaan ada kaitannya dengan Jiwasraya? Tidak. BPJS kasusnya berdiri sendiri dan ini masih dalam penyidikan awal,” tegas Burhanuddin. Ia menerangkan, pihaknya sudah memeriksa 20 orang terkait kasus dugaan korupsi di BPJS Ketenagakerjaan. Burhanuddin meminta semua pihak untuk bersabar terkait penetapan tersangka dalam kasus ini. “Mohon bersabar untuk penentuan tersangkanya,” pintanya.

*3.Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin mengaku tidak pernah memberikan target penanganan* perkara kepada pejabat kejaksaan negeri (kejari) di Indonesia. Pernyataan itu menjawab pertanyaan Anggota Komisi III DPR, Supriansa, yang mengonfirmasi ihwal isu target penanganan kasus di tingkat kejari. “Kami tidak mempunyai target lagi, kalau zaman dulu kan ada, 31 [target penanganan perkara]. Yang saya harapkan teman-teman di daerah itu jangan berbohong. Saya katakan tidak ada daerah yang tidak ada korupsinya, tidak ada Pak, kata Burhanuddin, Selasa (26/1).

*4.Jampidsus Kejagung Ali Mukartono mengatakan dugaan korupsi di BPJS Ketenagakerjaan* mirip dengan kasus korupsi Jiwasraya. Ali menyebut kasus tersebut sama-sama berkaitan dengan pengelolaan dana investasi yang berasal dari uang negara. “Hampir sama dengan Jiwasraya, itu kan investasi juga. Dia (perusahaan) punya duit, investasi keluar,” kata Ali Mukartono, Selasa (19/1).

*5.Penyidik Kejaksaan Agung memeriksa Dirut BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto* pada Selasa (26/1). Agus diperiksa masih sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi dalam pengelolaan keuangan dan investasi di perusahaan tersebut. “Tim jaksa penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung memeriksa sembilan orang sebagai saksi,” ujar Kapuspenkum Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak.

*6.Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum) Kejagung Fadil Zumhana*  telah membentuk tim yang beranggotakan 16 orang jaksa untuk menangani persidangan berbagai kasus yang menjerat Habib Rizieq Shihab. “Tentang penanganan Rizieq Shihab, ini saya sampaikan bahwa perkara ini sudah proses koordinasi dan konsulitasi, dan saya sudah membentuk 16 jaksa yang akan menyidangkan perkara ini,” katanya dalam Raker dengan Komisi III DPR. Fadil memastikan timnya akan menangani perkara yang menjerat Rizieq secara jernih dan obyektif. Bagi pihaknya, proses penegakan hukum harus dilaksanakan sebaik-baiknya dengan tidak melakukan penzaliman siapapun.

*7.Ketua KPK Firli Bahuri menegaskan lembaganya akan menindaklanjuti setiap informasi* yang berkembang di masyarakat terkait kasus dugaan korupsi  bantuan sosial (bansos) yang menjerat eks Menteri Sosial Juliari Peter Batubara. Firli menegaskan KPK bekerja secara profesional, akuntabel, dan transparan serta menjunjung tinggi hak asasi manusia. Kata dia, KPK tidak pandang bulu dalam melakukan penegakan hukum.
“Pada prinsipnya segala informasi dari masyarakat akan ditindaklanjuti sesuai dengan alat bukti yang dikumpulkan dan keterangan para saksi-saksi. Karena dengan bukti-bukti itulah akan membuat terang suatu perkara dan menemukan tersangkanya,” kata Firli melalui keterangan tertulis, Selasa (26/1) menanggapi dugaan keterlibatan sejumlah politisi PDIP dalam kasus korupsi bansos di Kementerian Sosial RI.
Firli menyatakan untuk saat ini penyidik masih fokus pada pembuktian unsur pasal sangkaan terhadap lima tersangka, yaitu eks Mensos Juliari P Batubara, dua pejabat pembuat komitmen Kemensos Matheus Joko Santoso dan Adi Wahyono, serta dua orang dari pihak swasta yaitu Ardian I M dan Harry Sidabuke.

*8.Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman meminta KPK* *&memanggil sejumlah pihak yang diduga terkait dugaan korupsi bantuan sosial (bansos)* untuk wilayah Jabodetabek Tahun 2020. “Sekarang semua yang diduga terkait dipanggil, dimintai keterangan, setidak-tidaknya sebagai saksi. Siapa pun itu,” kata Boyamin, Senin (25/1).( *lanjutkan baca dibawah* *ini 10 kasus menarik lainnya ๐Ÿ‘ธ๐Ÿ‘ด๐Ÿ‘ต๐Ÿ‘‡*)
9. Kasus positif Covid-19 terus bertambah di Indonesia. Hingga Selasa (26/1) siang, jumlahnya sudah tembus satu juta, yakni 1.012.350 kasus. Jumlah pasien yang sembuh bertambah sebanyak 10.868 orang, sehingga secara kumulatif berjumlah  820.356 kasus kesembuhan di Indonesia. Sedankan jumlah pasien Corona yang meninggal dunia bertambah sebanyak 336 orang sehingga secara keseluruhan berjumlah 28.468 pasien.

10. Menkes Budi Gunadi Sadikin menyerukan, kerja keras dalam mengatasi pandemi Covid-19 harus tetap dilanjutkan. Akumulasi kasus Covid-19 yang mencapai lebih dari satu juta kasus mengindikasikan pemerintah, masyarakat, dan pihak terkait harus bekerja sama dalam penanganan pandemi. “Angka satu juta ini memberikan satu indikasi bahwa seluruh rakyat Indonesia harus bersama dengan pemerintah bekerja bersama untuk atasi pandemi ini dengan lebih keras lagi. Kita teruskan kerja keras kita,” ujar Budi, dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Setpres, Selasa (26/1).

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengajak semua pihak untuk bekerja sama mengurangi laju penularan Covid-19 agar fasilitas kesehatan tidak memiliki beban terlalu berat menampung pasien positif. Dengan demikian, masih ada waktu bagi pemerintah untuk merespons pandemi dengan strategi lebih baik. “Semua ahli epidemiologi mengatakan kepada saya bahwa untuk mengatasi pandemi ini satu hal utama yang harus kita ingat. Kita harus mengurangi laju penularan dari virus (Covid-19),” ujarnya.

11. Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, penggunaan vaksinasi Covid-19 di Tanah Air yang sudah dimulai tidak berarti membuat penyakit akibat virus SARS-CoV2 itu langsung hilang. Bukan berarti vaksin ini akan menjadi simsalabim, begitu divaksin langsung selesai. Ia mengatakan, dibutuhkan waktu yang cukup lama agar pandemi Covid-19 bisa selesai.
Menurut dia, vaksinasi vaksin Covid-19 juga tidak berarti penerapan protokol kesehatan diabaikan begitu saja. “Kita masih perlu waktu, perjalanan panjang, dan beberapa standar protokol kesehatan juga masih tetap harus dipenuhi, jadi tidak mudah (lepas dari Covid-19),” katanya.

12. Mendagri Tito Karnavian meminta Pemda memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya vaksin Covid-19. Sebab, saat ini masih banyak masyarakat yang tidak percaya atau anti terhadap vaksin Covid-19. “Tolong dibantu kampanyekan vaksin ini, agar bisa diterima publik, karena masih ada beberapa daerah yang masih memiliki komunitas yang antivaksin ini,” kata Tito dlansir dari laman resmi Kemendagri, Selasa (26/1).
Tito berharap ada kerja sama yang baik antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, TNI, Polri dan stakeholder lainnya agar dapat mempercepat program vaksinasi. Ia juga berharap program vaksinasi menjadi game changer yang dapat mengubah situasi pandemi Covid-19 dan menekan angka penularan.

13. Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi NasDem, Taufik Basari, meminta Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin menarik banding atas putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta terkait gugatan keluarga korban Tragedi Semanggi I dan Semanggi II. Menurutnya, pengajuan banding bukan langkah substantif yang harus dilakukan Burhanuddin. Ia mengatakan, sebaiknya Jaksa Agung melaksanakan amar putusan PTUN, yakni menjelaskan penanganan kasus Semanggi I dan II sesuai keadaan sebenarnya. “Mungkin bisa ambil jalan lain, selain terus menerus kita melanjutkan perkara ini ke persidangan. Bisa ditarik bandingnya dan sebagainya,” kata Basari  dalam raker Komisi III DPR dengan Jaksa Agung di DPR, Selasa (26/1) kemarin.

14. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, Pemprov DKI akan  menambah rumah sakit rujukan untuk pasien Covid-19 seiring jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia yang menembus angka 1 juta pada Selasa (26/1) kemarin. “Kita upayakan, kita tingkatkan terus, sebagaimana kebijakan dari Pak Gubernur, dari Kemenkes juga, rumah sakit rujukan ditingkatkan sampai 40 bahkan 50 persen lagi. Rumah sakit yang belum menjadi RS rujukan, kami minta, sudah mulai proses, untuk menjadi RS rujukan,” kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta.
Selain rumah sakit, Riza mengatakan pihaknya juga akan menambah fasilitas lain, mulai dari pemakaman hingga laboratorium untuk memeriksa Covid-19. “Bahkan kami minta kepada Menteri Pariwisata agar ke depan ditambah lagi hotel-hotel sebagai tempat isolasi mandiri,” ujar Riza Patria.

15. Nama Mensos, Tri Rismaharini disebut-sebut dalam sidang perdana gugatan Pilkada Surabaya yang dilayangkan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota nomor urut 02, Mahfud Arifin-Mujiaman di Mahkamah Konstitusi, Selasa (26/1). Tim kuasa hukum Mahfud-Mujiaman, Veri Junaidi — saat membacakan pokok permohonan gugatan –, menyebut Risma diduga melakukan pelanggaran dengan memanfaatkan kewenangannya sebagai wali kota Surabaya untuk mendukung pasangan nomor urut 1, Eri Cahyadi-Armuji.
Veri menuturkan pihaknya menemukan bukti bahwa Risma sempat mengeluarkan surat dan video kepada warga Surabaya. Video tersebut berisi ajakan Risma agar  warga memilih paslon nomor urut 1, Eri Cahyadi-Armuji.

16. Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin mendorong Kemenlu RI berkoordinasi dengan pemerintah Iran dan Panama terkait dua kapal tanker yang diamankan oleh Bakamla RI di Perairan Natuna. Azis meminta adanya penyelidikan terkait legalitas kedua kapal tersebut. “Peran diplomasi kita kedepankan, meskipun Pemerintah Iran secara resmi telah meminta penjelasan Indonesia terkait penangkapan kapal tanker tersebut. Namun secara prosedur kita juga dapat melakukan penyelidikan terlebih dahulu mengapa bisa masuk ke Indonesia serta melihat berkas dan dokumen izin kapal tanker tersebut,” kata Azis Syamsuddin, dalam keterangannya, Selasa (26/1/2021).
Seperti diketahui, kedua kapal berbendara negara asing Iran dan Panam itu diamankan Bakamla RI pada Minggu (24/1). Kedua kapal diduga melakukan transfer BBM ilegal dan dengan sengaja menutup nama lambung kapal dengan kain serta mematikan AIS untuk mengelabui aparat penegak hukum Indonesia.

17. Kepala Bakamla Laksamana Madya Aan Kurnia menjelaskan kapal MT Horse asal Iran dan MT Freya asal Panama telah melakukan sederet hal yang tak lazim. Mereka diduga melanggar aturan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) saat lakukan pemindahan BBM atau ship to ship di tengah laut, mematikan automatic identification system (AIS) dan menutup nama kapal.
“Mereka berlayar, lego jangkar terus ship to ship, kapal disandarkan, nggak boleh itu. Dugaan awal kan sudah melanggar, pertama melanggar ALKI, kemudian ship to ship isi bahan bakar di tengah laut, itu kan tidak boleh. Kemudian mematikan AIS, terus menutup nama kapal, itu kan pelanggaran. Isi bensin di laut tidak lazim, ibarat mobil di jalan tol berhenti, malam-malam, nggak nyalain lampu, lalu melakukan itu,” tegas Aan, Selasa (26/1).

18. Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte akhirnya resmi mengundurkan diri di tengah krisis pandemi Corona. Giuseppe Conte sudah menyerahkan mandatnya sebagai Perdana Menteri kepada Presiden Itlaia, Sergio Mattarella. Seperti dilansir AFP, Kamis (27/1/2021), Presiden Sergio Mattarella telah menerima pengunduran Giuseppe Conte. Selanjutnya, pekerjaan Giuseppe Conte akan diteruskan oleh pemerintahan yang masih menjabat saat ini.

19. Perdana Menteri (PM) Inggris, Boris Johnson, menyampaikan dukacita yang mendalam terhadap seluruh warganya yang telah kehilangan orang yang dicintainya akibat Covid-19. Boris menyebut jumlah kematian akibat pandemi virus Corona di Inggris telah melampaui angka 100 ribu. 
Indonesia Maju

No comments

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India