Monday, 2 November 2020

Berita Terkini Tentang Berita Yang Belum Jelas, Demo Masih Saja Berkelanjutan,Diliput Dari Berbagai Sumber Mainstream Dan Medsos.

20201102 HARI SENEN Hari ini.
Isu menarik hari ini adalah keberanian Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, dan Gubernur DKI Anies Baswedan melawan SE Menaker No. 11/HK04/X/2020 tentang Penetapan Upah Minimum (UMP) yang intinya tidak menaikkan UMP tahun 2021. Ketiga gubernur justru menaikkan UMP di wilayahnya. Di sisi lain, buruh kembali turun ke jalan menolak SE Menaker No. 11/HK04/X/2020 dan UU Omnibus Law Cipta Kerja.

Isu menarik lainnya adalah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah RI (Amphuri) memberangkatkan 360 jamaah umrah se-Indonesia setelah Arab Saudi kembali membuka layanan ibadah umroh. Juga Polresta Bukittinggi tetapkan 4 pengendara moge sebagai tersangka penganiayaan 2 prajurit TNI pada Jumat lalu.

 1. Puluhan ribu buruh yang tergabung dalam 32 konfederasi dan federasi akan menggelar unjuk rasa di 24 provinsi, Senin (2/11) hari ini. Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia ( KSPI) Said Iqbal mengatakan, untuk wilayah jakarta aksi akan dipusatkan di Istana dan Mahkamah Konstitusi. Titik kumpul di Patung Kuda Indosat sekitar pukul 10.30 WIB. “Aksi KSPI dan 32 federasi lainnya ini adalah non-violence (antikekerasan), terukur, terarah, dan konstitusional. Aksi ini dilakukan secara damai, tertib, dan menghindari anarkis,” ujar Said, Minggu (1/11).

2. Said Iqbal menjelaskan, demo tersebut merespons terbitnya Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengenai upah minimum tahun 2021 tidak naik dan penolakan terhadap Omnibus Law Undang-undang Cipta Kerja. Dikatakan, buruh akan berunjuk rasa dalam tiga hari, yakni tanggal 2, 9, dan 10 November 2020.

Di Yogyakarta, massa buruh yang tergabung dalam Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan menggelar demo atau “Topo Pepe” di kawasan titik nol kilometer Yogyakarta, pada Senin (2/11) hari ini. Aksi tersebut sebagai bentuk kekecewaan mereka karena penetapan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) di DIY kurang dari 4 persen pada tahun 2021.

3. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buqono X, dan Gubernur DKI Anies Baswedan tidak menggubris SE Menaker Ida Fauziah No. 11/HK04/X/2020 tentang Penetapan Upah Minimum (UMP) yang intinya tidak menaikkan UMP tahun 2021. Ketiga gubernur justru menaikkan UMP di wilayahnya.

“Hari ini saya mengapresiasi langkah gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan Gubernur Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono yang telah menaikan UMP,” ujar Said Iqbal dalam konferensi pers, Minggu (1/11).

4. Polda Metro Jaya tidak menerbitkan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) terkait aksi demo menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja, Senin (2/11) hari ini. Kendati demikian, polisi menyatakan siap mengamankan aksi demo yang bakal diikuti ribuan buruh tersebut. “Pemberitahuannya sudah ada, tapi bagaimana pengamanannya kita siapkan saja seperti biasa,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Yusri Yunus, Minggu (1/11).

5. Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden ( KSP) Edy Priyono menilai, keputusan Kementerian Tenaga Kerja tidak menaikkan upah minimum provinsi ( UMP) 2021 sudah tepat. Sebab, pertumbuhan ekonomi dan inflasi yang menjadi dasar penentuan kenaikan UMP menunjukkan indikator yang buruk.

“Pertumbuhan ekonomi tahun ini memang belum full ya, tetapi kan kita menduga akan negatif. Kalau inflasi tetap positif meskipun dengan catatan 2-3 bulan ini kita deflasi. Kita belum tahu pastinya 2021 akan negatif berapa tapi mungkin sekitar -2 atau -3 persen. Inflasinya 3 persen kurang sedikit. Kalau mengikuti itu menurut saya masuk akal kalau diputuskan tidak berubah (UMP-nya),” katanya dalam sebuah diskusi, Minggu (1/11).

6. DPP Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah RI (Amphuri) memberangkatkan 360 jamaah umrah se-Indonesia setelah Arab Saudi kembali membuka layanan ibadah itu. Pelaksanaan umroh tahap perdana saat COVID-19 ini, berasal dari seluruh Indonesia, termasuk dari Sulsel beserta pemilik travel yang akan melihat langsung kesiapan pemerintah Saudi Arabia dalam memberikan pelayanan pada masa normal baru.

7. Kepolisian Resor Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, menetapkan empat pengendara motor gede (moge) Harley Owners Group (HOG) Siliwangi Chapter Bandung Indonesia sebagai tersangka penganiayaan dua prajurit TNI pada Jumat (30/10) lalu dan sudah ditahan di Rutan Mapolresta Bukittinggi. Keempat tersangka terancam hukuman pidana lima tahun penjara.

Kabid Humas Polda Sumatera Barat Kombes Stefanus Satake Bayu mengatakan awalnya polisi menetapkan dua pelaku yakni BS (18) dan MS (49) sebagai tersangka tetapi setelah dilakukan pengembangan ada dua tambahan tersangka baru, yakni HS (48) dan JA (26).(baca lebih lengkap puluhan artikel lainnya di bawah ini ... )

8. Presiden Jokowi menyebut,budayawan memiliki peran penting selama masa pandemi virus Corona, yakni menghibur masyarakat agar memiliki imunitas yang kuat. Menurut Jokowi, budayawan dan masyarakat Indonesia bekerja untuk kemajuan. Meski, dunia masih dilanda pandemi COVID-19.

“Semua bekerja untuk kelangsungan kehidupan bangsa Indonesia dan bumi nusantara. Mari terus berkarya dengan tetap penuhi protokol kesehatan,” katanya dalam sambutan secara virtual pada Pekan Kebudayaan Nasional Tahun 2020, Minggu (1/11).

9. Bareskrim Polri akan periksa tersangka kebakaran gedung Kejaksaan Agung (Kejagung) berinisial NH, Senin (2/11) hari ini. Ia (NH, red) merupakan pejabat pembuat komitmen (PPK) di Kejagung. Pemeriksaan ini merupakan penjadwalan ulang setelah pada panggilan pertama, NH tidak hadir.

“Besok, Senin (02/11) tim penyidik gabungan akan memeriksa tersangka NH, Pejabat Pembuat Komitmen di Kejagung,” ujar Direktur Tindak Pidana Umum, Bareskrim Polri, Brigjen Ferdy Sambo, dalam keterangannya, Minggu (1/11).

10. Pemerintah Amerika Serikat melalui United States Trade Representative (USTR) resmi memperpanjang pemberian fasilitas Generalized System of Preferences (GSP) untuk Indonesia per 30 Oktober 2020. GSP merupakan fasilitas perdagangan berupa pembebasan tarif bea masuk yang diberikan secara unilateral oleh pemerintah AS kepada negara-negara berkembang di dunia sejak tahun 1974.

Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Mahendra Siregar mengklaim, Indonesia merupakan satu-satunya negara di Asia yang mendapat fasilitas GSP tanpa adanya pengurangan jumlah pasca dilakukan evaluasi. “Indonesia satu-satunya negara di Asia yang memperoleh fasilitas GSP dari AS hasil review yang dilakukan sejak 3 tahun lalu tanpa ada pengurangan atau pemotongan dibandingkan sebelum review dilakukan,” kata Mahendra dalam konferensi pers virtual, kemarin.

11. Kemenkop UMKM memberikan subsidi BLT besar-besaran untuk pelaku usaha kecil dalam program Banpres Produktif atau bantuan UMKM Rp 2,4 juta. Awalnya program ini berakhir pada September lalu, namun diperpanjang hingga akhir November. BLT UMKM Rp 2,4 juta tahap II bakal menyasar tambahan 3 juta pelaku usaha kecil. Bantuan Presiden Usaha Mikro ( BPUM) diluncurkan oleh Presiden Jokowi pada 24 Agustus 2020 yang lalu. BRI telah menyalurkan BPUM sebesar Rp. 10,3 triliun kepada 4,3 juta penerima di tahap pertama. Pemerintah berencana menambah jumlah penerima bantuan ini hingga 12 juta pelaku UMKM.

12. Menteri BUMN Erick Thohir mengecek langsung upaya penormalan kembali layanan listrik di Jabodetabek akibat hujan deras yang disertai petir pada Minggu (1/11/2020) siang. Kata dia, hujan  deras disertai petir yang terjadi di daerah Jakarta dan sekitarnya, menyebabkan sejumlah saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET) mengalami gangguan pada pukul 12.58 WIB.

“PLN mohon maaf atas padamnya aliran listrik yang dialami oleh sebagian pelanggan terutama di wilayah Jakarta Timur, Tebet, Mampang, Kebayoran, Ancol, Kemayoran, Angke,” ujarnya, kemarin.

13. SRM General Affairs PLN UID Jakarta Raya, Emir Muhaimin menuturkan, padamnya listrik di beberapa area di Jakarta dan sekitarnya disebabkan oleh adanya gangguan pada Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi (SUTET) 500 KV. Gangguan itu terjadi karena hujan deras disertai petir pada sekitar pukul 12.58 WIB.

14. Menpan-RB Tjahjo Kumolo mengungkapkan, pembukaan formasi pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di kementerian/lembaga pusat dan pemda kerap tidak sesuai kebutuhan, sehingga pegawai yang direkrut tidak dapat didayagunakan secara optimal. Ia menegaskan pembukaan formasi CPNS 2021 nantinya memperhitungkan kebutuhan masing-masing instansi, termasuk pengalihan formasi dari CPNS 2019.

15. Polisi masih memburu perusak kamera tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) saat aksi demo menolak Omnibus Law Undang-undang Cipta Kerja yang berakhir ricuh beberapa waktu lalu. Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, 12 kamera E-TLE rusak itu terletak di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Sudirman, tepatnya di dekat pos polisi yang dibakar oleh massa perusuh.

16. Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Anis Matta mengatakan, sudah saat umat Islam mengubah mindset atau pola pikir dan bertindak sebagai mayoritas yang memimpin, bukan mayoritas yang terpinggirkan. Pernyataan disampaikan usai bertemu dengan Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir di Kantor Suara Muhammadiyah, Yogyakarta, Sabtu (31/10) petang lalu.
Salam,  🙏😇INDONESIA Maju.
INFOTANGSEL.CO.ID

0 comments:

Post a comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India