Monday, 9 November 2020

Berita Terhangat Dunia Presiden Adikuasa Dunia Yang Baru Joe Biden,Luar Biasa Dari Biasa,Sumber Mainstream Dan Medsos Dunia,Penting Dibaca

20201109 HARI SENEN,Hari Ini,
Isu terhangat pagi ini adalah soal kemenangan Joe Biden dalam pemilihan presiden di AS. Presiden Jokowi ucapkan selamat dan berharap, kerjasama Indonesia-AS ke depan dapat membawa manfaat bagi rakyat kedua negara. Guru besar hukum internasional dari UI, Hikmahanto Juwana memprediksi, Joe Biden akan mengembalikan AS kepada nilai-nilainya yang dulu. Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yakin kemenangan Joe Biden bisa mengakhiri praktik politik identitas.

Isu lain yang mendapat perhatian publik adalah pendeklarasian Partai Masyumi oleh sejumlah tokoh Islam di Jakarta, ada yang khawatir akan membangkitkan lagi partai-partai yang dibubarkan di masa lalu. Namun, PBNU dan Muhamaddiyah menyatakan tidak akan bergabung. Menko Polhukam Mahfud MD bilang, Partai Masyumi yang baru saja dibentuk tidak sama dengan yang dulu.

Yang menarik, Plt Ketum PPP merangkap Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dilaporkan oleh kader PPP ke KPK, lantaran diduga menerima gratifikasi dalam bentuk pinjaman pesawat jet pribadi saat berkunjung ke Aceh dan Medan. Selan itu, Menpan-RB Tjahjo Kumolo menyebut Presiden Jokowi berencana membubarkan kembali 10 lembaga nonstruktural lagi.(baca terus puluhan berita menarik lainnya di bawah ini... )https://www.infotangsel.co.id/2020/11/berita-terhangat-dunia-presiden.html ]

1. Presiden Jokowi mengucapkan selamat kepada Joe Biden dan Kamala Harris yang resmi memenangkan Pilpres Amerika Serikat lewat akun media sosialnya, Minggu (8/11). Jokowi  berharap kerja sama antara Indonesia dan AS semakin erat ke depannya dan dapat membawa manfaat besar bagi rakyat Indonesia dan AS.

“Selamat Joe Biden dan Kamala Harris atas pemilu yang bersejarah. Perubahan besar ini adalah refleksi dari harapan terhadap demokrasi. Semoga kita segera bisa bekerja sama dalam rangka memperkuat hubungan Indonesia dan Amerika Serikat di sektor ekonomi, demokrasi dan multilateralisme, untuk kemaslahatan rakyat Indonesia dan Amerika Serikat,” kata Jokowi.

2. Guru Besar Hukum Internasional dari UI, Hikmahanto Juwana menilai tak akan ada lagi kejutan dari Amerika Serikat seperti di bawah kepemimpinan Donald Trump. Ia memprediksi, Joe Biden akan mengembalikan AS kepada nilai-nilainya yang dulu. Sebelum Trump jadi presiden, nilai yang dianut AS adalah menumbuhkan perekonomian dunia agar ekonomi AS tumbuh, serta menyeimbangkan kekuatan yang ada di dunia agar AS menjadi pemimpin dunia.

Sedangkan praktisi dan Pengajar Hubungan Internasional Dinna Prapto Raharja menilai kemenangan Joe Biden dalam Pilpres Amerika Serikat bisa membawa dampak positif bagi kerja sama ekonomi antara AS-Indonesia. Namun hal tersebut harus didukung dengan kesiapan diplomasi yang dibangun Indonesia dengan AS di bawah kepemimpinan Biden.

3. Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berharap, kemenangan Joe Biden atas Donald Trump dalam Pilpres Amerika Serikat membawa harapan baru bagi tatanan dunia. Ia yakin Biden bisa mempersatukan keberagamaan dan mengakhiri praktik politik identitas. ‘’Kemenangan Biden memberikan harapan bagi tatanan dunia baru yang mempersatukan keberagaman dan mengakhiri politik identitas yang membelah umat manusia,” katanya lewat akun twitter pribadinya, Minggu (8/11).

4. Presiden terpilih AS, Joe Biden – dalam pidato politik kemenangannya — mengirim pesan kepada para pendukung Donald Trump untuk rekonsiliasi menyembuhkan Amerika. Mantan wakil presiden AS era Barrack Obama itu mengatakan sudah waktunya kedua belah pihak untuk saling mendengarkan lagi.

“Sudah waktunya untuk menyingkirkan retorika kasar, menurunkan suhu, bertemu lagi, saling mendengarkan lagi untuk membuat kemajuan. Kita harus berhenti memperlakukan lawan kita sebagai musuh, mereka bukan musuh kita, mereka orang Amerika. Saya berjanji untuk menjadi presiden yang berupaya untuk tidak memecah belah, tetapi mempersatukan, yang tidak melihat negara bagian merah dan negara bagian biru, tetapi hanya melihat Amerika Serikat,” tegasnya.

5. Joe Biden berjanji akan langsung tangani Corona sejak hari pertama memerintah. Ada empat program prioritas yang akan dijalankan Biden dan pasangannya, Kamala Harris, usai dilantik pada Januari 2021 mendatang. Yakni Covid-19, pemulihan ekonomi, kesetaraan ras, dan perubahan iklim.

“Saya ingin semua orang, semua orang tahu bahwa pada hari pertama, kita akan melaksanakan rencana kita untuk mengendalikan virus ini,” tegas Biden dalam pidato  di kota asalnya, Wilmington, Delaware, Sabtu (7/11).(baca terus puluhan berita menarik lainnya di bawah ini... )

6. Partai Masyumi bangkit lagi setelah dideklarasikan secara resmi oleh Ketua Badan Usaha-Usaha Persiapan Partai Islam Ideologis (BPU-PPII) A. Cholil Ridwan di Gedung Dewan Dakwah, Jakarta Pusat, Sabtu (7/11), bertepatan dengan HUT ke-75 Partai Masyumi. “Kami yang bertanda tangan di bawah ini, mendeklarasikan kembali aktifnya Partai Politik Islam Indonesia yang dinamakan Masyumi,” kata Cholil yang disiarkan secara virtual.

Cholil Ridwan mengajak Ustadz Abdul Somad (UAS) dan tokoh pendiri PAN, Amien Rais bersedia menjadi anggota Majelis Syuro Partai Masyumi. Namun salah satu deklarator Partai Majelis Syuro Muslimin Indonesia (Masyumi) reborn, Ahmad Yani memastikan KAMI (Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia) tak bakal jadi sayap Masyumi.

7. Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan, Partai Masyumi yang baru saja dibentuk tidak sama dengan yang dulu. Partai Masyumi telah bubar pada 1960 dan tak punya kaitan dengan yang baru dibentuk saat ini. “Jika nanti ada Masyumi lagi, tentu tak ada kaitan organisatoris dengan Masyumi yang dulu,” imbuhnya lewat akun Twitter @mohmahfudmd, Minggu (8/11).

Mahfud menjelaskan, Masyumi diminta bubar oleh Presiden Soekarno usai terlibat dalam gerakan pemberontakan Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia (PRRI). Kala itu, Masyumi dan Partai Sosialis Indonesia (PSI) yang diminta bubar.

8. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan PP Muhamaddiyah takkan bergabung dengan Partai Masyumi seperti dulu. Hal itu ditegaskan Ketua PBNU Masudi Syuhud dan Ketua PP Muhamaddiyah Anwar Abbas secara terpisah di Jakarta, kemarin.

Ketua PBNU, Masudi Syuhud mengaku tak ambil pusing soal Partai Masyumi yang kembali didirikan setelah 60 tahun dibubarkan oleh Presiden Sukarno pada 1960. Menurut Marsudi, mendirikan partai adalah hak warga negara yang diizinkan undang-undang.

Sementara Ketua PP Muhammadiyah, Anwar Abbas menegaskan, organisasinya tak bakal terlibat dengan politik praktis. Pihaknya tetap menjalin hubungan dengan semua partai politik baik yang telah masuk terlibat dalam parlemen, maupun di luar parlemen. Ia menegaskan, Muhammadiyah telah memutuskan untuk tak terlibat politik praktis sejak 1972.

9. Persaudaraan Alumni 212 (PA 212) menegaskan, pendiri Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab tak berminat bergabung dengan Partai Masyumi Reborn yang baru saja dideklarasikan. Rizieq mendukung setiap perjuangan menegakkan Islam, namun, tidak akan bergabung dengan partai politik manapun.

10. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas merangkap Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa dilaporkan ke KPK karena diduga menerima  gratifikasi. Pelapornya adalah Nizar Dahlan, yang juga merupakan kader PPP. Dalam laporannya, Suharso diduga menerima gratifikasi dalam bentuk pinjaman pesawat jet pribadi saat lakukan kunjungan ke Aceh dan Medan.

“Setelah kami cek, berdasarkan informasi yang kami terima benar ada laporan dimaksud,” kata Plt Jubir KPK Ali Fikri, pekan lalu. Ali mengatakan, setiap laporan masyarakat yang diterima KPK akan dianalisis lebih lanjut dengan melakukan verifikasi mendalam terlebih dahulu terhadap data yang diterima. KPK akan lakukan penelaahan dan kajian terhadap informasi dan data tersebut.

11. Presiden Jokowi berencana membubarkan kembali 10 lembaga nonstruktural yang sebelumnya dibentuk.  Menurut Menpan-RB Tjahjo Kumolo, kesepuluh lembaga yang akan dibubarkan itu akan diumumkan setelah Presiden Jokowi menandatangani beleid pembubarannya. “Baru diumumkan setelah perpres pembubaran keluar dari Sekretariat Negara dan sudah ditandatangani Presiden,” kata Tjahjo Kumolo.

12. Kontras mendesak DPR dan pemerintah menunda pembahasan Rancangan Perpres tentang Tugas TNI dalam Mengatasi Aksi Terorisme pada masa sidang II Tahun 2020-2021. Kontras menilai, masih ada sejumlah hal yang perlu direvisi dari rancangan itu.

“Kita berharap ini ditunda dulu sampai ada masukan, revisi dari masyarakat sipil dan akademisi benar-benar diakomodir oleh pemerintah dan DPR,” kata Wakil Koordinator I Kontras Feri Kusuma dalam konferensi pers virtual, Minggu (8/11).

13. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang PSBB Transisi hingga 22 Nopember 2020. “Dengan diperpanjangnya masa PSBB transisi Provinsi DKI Jakarta maka pembatasan kendaraan bermotor dengan sistem ganjil-genap tetap tidak diberlakukan,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo mengutip Antara, Minggu (8/11).

14. Direktur Eksekutif INDEF Ahmad Tauhid mengatakan, pertambahan angka pengangguran akibat pandemi itu memang patut diperhatikan. Namun ada yang juga penting yang perlu diperhatikan pemerintah, yakni para pekerja paruh waktu yakni penduduk yang bekerja kurang dari 35 jam per minggu. Menurut data BPS saat ini jumlahnya mencapai 46,43 juta orang.

15. Peneliti INDEF, Andry Satrio Nugroho menjelaskan ada beberapa pengaruh positif atas kemenangan Joe Biden dalam pilpres di AS terhadap Indonesia. Setidasknya, ruang kerja sama bilateral antarkedua negara akan lebih meningkat. Indonesia akan mendapatkan efek positif, salah satunya menambah lapangan pekerjaan baru.

Andry Satrio Nugroho melihat, setidaknya ada 5 arah kebijakan ekonomi Biden ke depan. Yakni, Biden akan fokus kerjasama perdagangan regional, Biden akan kerja sama dengan sekutu AS untuk menerapkan trade war kepada China. Biden akan menaikkan standar local content untuk produk Made in America.

Biden akan mengedepankan energi yang ramah lingkungan. Biden akan mendorong perusahaan-perusahaan AS berinvestasi di negara-negara berkembang. Indonesia diharapkan bisa menangkap peluang tersebut.

16. Sejumlah orang terkaya di dunia merayakan kemenangan Joe Biden dan wakilnya Kamala Harris dalam pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS). Di antaranya, CEO Amazon Jeff Bezos, pendiri Microsoft Bill Gates. Bill berharap bisa bekerja dengan Biden untuk mengatasi pandemi corona. Presiden Microsoft Brad Smith memberi pesan persatuan.

COO Facebook Sheryl Sandberg dan Priscilla Chan, istri CEO Facebook Mark Zuckerberg mengucapkan selamat kepada Harris atas kemenangan bersejarahnya menjadi wanita kulit hitam pertama dan keturunan Amerika-Asia Selatan pertama yang terpilih sebagai wapres. Laurene Powell Jobs, pendiri Emerson Collective dan istri dari pendiri Apple Steve Jobs  menyebut, kemenangan wakil presiden mewakili ‘langit-langit kaca yang hancur untuk selamanya’.

17. Mantan Penasihat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abdullah Hehamahua mengatakan, KPK  kini tak memiliki wibawa seperti dulu. Kata dia, KPK telah banyak diintervensi berbagai pihak, baik dalam dan luar negeri. “Setelah saya purnabakti dari KPK, ternyata KPK kemudian diintervensi oleh berbagai pihak dalam dan luar negeri sehingga hari ini KPK sudah tidak lagi bertaring seperti dulu,” ujarnya saat memberikan sambutan dalam milad ke-75 sekaligus deklarasi diaktifkannya kembali Partai Masyumi yang disiarkan secara daring, Sabtu (7/11).

Ia mengatakan, Pilpres 2019 sarat dengan korupsi politik, korupsi intletektual dan korupsi material. “Pilpres yang terakhir, yakni 2019 terjadi political corruption, intelectual corruption dan material korupsi yang luar biasa,” ujarnya sembari menyatakan pihaknya ingin merubah bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik, salah satunya, lewat lewat partai politik. (HPS)
Salam,  ๐Ÿ™๐Ÿ˜‡๐ŸŒท๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉIndonesia Maju

0 comments:

Post a comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India