Monday, 16 November 2020

Berita Menarik Tentang Sanksi Denda Atas Pelanggaran Protokol Kesehatan, Simak Berita Media Mainstream Dan Medsos Penting.

20201116 SENEN Berita terkini.
Isu hangat yang berkembang pagi hingga siang ini adalah situasi Kamtibmas di Jakarta dan sekitarnya makin rawan. Seorang konel TNI AU jadi korban begal saat bersepeda di Bintaro, Tangsel, Banten. Juga soal perseteruan aktris Nikita Mirzani dengan pendukung Habib Rizieq Syihab makin panas, Rizieq akan keliling Indonesia untuk mensosialisasikan revolusi akhlak.

Isu menarik lainnya adalah Satpol PP DKI Jakarta menjatuhkan sanksi denda administratif sebesar Rp 50 juta kepada Front Pembela Islam ( FPI) dan pemimpinnya, Habib Rizieq Shihab karena kerumunan massa di acara pernikahan putri Syihab dan peringatan Maulid Nabi dianggap melanggar aturan protokol kesehatan. Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo minta maaf kepada semua pihak atas pemberian masker ke Petamburan yang menuai pro-kontra.

Hasil survei atau riset yang dilakukan Indef –Datalyst Center menyebutkan, kinerja 7 menteri Jokowi masuk sentiment negatif warga net. Politisi PKS, M Nasir Djamil curiga ada  keterlibatan aktor negara yang mengorganisasi penolakan deklarasi KAMI di sejumlah daerah. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo terbang ke Medan untuk membantu kampanye Bobby Nasution. Terakhir, Presiden Peru, Manuel Merino mengundurkan diri dari jabatannya setelah menjabat selama 5 hari.

1. Situasi Kamtibmas di Jakarta dan sekitarnya makin rawan. Seorang Kolonel TNI AU Ridwan Gultom menjadi korban begal saat bersepeda di Bintaro, Tangerang Selatan, Banten. Akibat kejadian itu, Gultom mengalami luka-luka dan sempat pingsan serta kehilangan barang berharga.

Peristiwa persisnya terjadi di Jalan Boulevard Bintaro Jaya, Kelurahan Perigi Lama, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan, Sabtu (14/11), sekitar pukul 07.45 WIB saat Gultom sedang gowes sepeda di lokasi tersebut.

“Kerugian 1 unit handphone iPhone XS, 1 buah kartu ATM BRI dan SIM C,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus dalam keterangan kepada wartawan, Minggu (15/11).

2. Di kalangan pesepeda, Jl Boulevard Bintaro Raya, Tangsel merupakan salah satu lokasi favorit bersepeda, terutama di akhir pekan. Ruas jalan ini memiliki jalur sepeda permanen di trotoar maupun yang dibatasi cone para waktu-waktu tertentu.

Rute yang bisa dilintasi pesepeda cukup panjang, membentang sejauh kurang lebih 12 km hingga tol Serpong-Kunciran. Kondisi jalanan cukup mulus, ramah untuk segala jenis sepeda, baik road bike maupun sepeda lipat.

3. Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana mengatakan begal pesepeda ini menjadi fenomena baru kriminalitas di Jakarta. Hal itu imbas maraknya warga yang kini gemar berolahraga dengan bersepeda. Menurut Nana, para pelaku kerap menyasar pesepeda yang tengah melintas sendiri atau tercecer dari kelompoknya.

Sebagai langkah antisipasi dan memudahkan pengungkapan kasus, Nana telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk penambahan CCTV. “Ini memang fenomena baru ya. Kalau dulu mereka melakukan penjambretan ke sesama pengendara motor, sedangkan saat ini marak masyarakat berolahraga sepeda. Sekarang sasarannya para pesepeda itu. Jadi untuk CCTV sudah kami koordinasikan,” ujar Nana di Polda Metro Jaya, belum lama ini.

4. Perseteruan antara artis Nikita Mirzani dengan Ustaz Maaher terkait Habib Rizieq Syihab makin memanas, keduanya saling serang di media sosial dan Nikita berencana akan laporkan Ustaz Maaher ke polisi.( baca terus belasan berita lainnya di bawah ini .... 👇👇)

“Btw (by the way), gue akan bikin laporan buat elo di Polda. Kalau orang nggak bisa penjarain elo, sama gue nggak bakal lolos,” tulis Nikita dalam instagram storiesnya, Minggu (15/11).

5. Pimpinan FPI Habib Rizieq Syihab mengumumkan akan bersafari keliling Indonesia. Ia mau silaturahmi dengan tokoh umat Islam dan menggelar tablig akbar untuk mensosialisasikan revolusi akhlak.

“Akhirnya saya kabarkan, insya Allah setelah saya istirahat beberapa hari, agar kondisi betul-betul fit saudara, saya dengan DPP pengurus FPI akan keliling Indonesia. Kita akan datangi setiap provinsi, kita ajak semua umat dan kita akan lakukan koordinasi dan konsolidasi untuk revolusi akhlak,” ujar Rizieq saat berceramah pada acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Petamburan, Jakpus, Minggu (15/11/).

6. Politisi Gerindra, Ahmad Riza Patria yang kini menjabat Wagub DKI Jakarta mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung seruan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab terkait revolusi akhlak. Ariza menyebut revolusi akhlak telah dicontohkan Rasulullah SAW salah satunya terkait dengan disiplin menjaga kebersihan.

“Mari kita dukung seruan Habib Rizieq Syihab terkait revolusi akhlak. Nah revolusi akhlak ini Rasulullah sudah memberi contoh bahwa Rasulullah adalah orang yang sangat disiplin terhadap kebersihan,’’ katanya kepada wartawan, Minggu (15/11).

7. Satpol PP DKI Jakarta menjatuhkan sanksi denda administratif sebesar Rp 50 juta kepada Front Pembela Islam ( FPI) dan pemimpinnya, Rizieq Shihab. Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengungkapkan, ada pelanggaran protokol kesehatan pada perhelatan acara Maulid Nabi dan pernikahan putri Rizieq Shihab, kemarin.

8. Front Pembela Islam (FPI) telah membayar sanksi denda sebesar Rp 50 juta secara tunai kepada Pemprov DKI Jakarta atas pelanggaran protokol kesehatan dalam acara pernikahan putri Habib Rozieq Syihab di Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu (14/11) malam. “Sudah dibayarin tadi,” kata Ketum FPI Sobri Lubis di Petamburan, Jakarta Pusat, Minggu (15/11).

9. Akun Twitter Polda Metro Jaya @TMCPoldaMetro menjadi sasaran bullying dari netizen. Unggahan yang menjadi sasaran bullying netizen adalah soal imbauan Polda Metro Jaya agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan. “Laporkan kepada kami jika menemukan kerumunan orang melanggar protokol Covid-19. Bisa menghubungi ke nomor kami +6282216666911,” tulis @TMCPoldaMetro pada 24 September 2020 silam.

Unggahan tersebut menjadi sasaran bullying karena berkaitan dengan kerumunan yang timbul saat kedatangan Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dari Arab Saudi pada Selasa (10/11). Aturan itu tidak berlaku juga sewaktu acara yang melibatkan Rizieq di Petamburan, Jakpus pada Jumat dan Sabtu kemarin. Tak ayal, hingga Minggu (15/11) malam WIB, unggahan soal imbauan Polda Metro Jaya tersebut mendapat lebih dari 1.800 komentar, 1.700 retweet, dan 825 like dari warganet di Twitter.

10. Satgas Penanganan Covid-19 mengantarkan masker dan hand sanitizer untuk acara pernikahan putri Rizieq Shihab, Sharifa Najwa Shihab. Kedua barang tersebut diantar ke kediaman Rizieq, Jalan Petamburan III, Jakarta, Sabtu (14/11) siang.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo meminta maaf kepada semua pihak atas pemberian masker ke Petamburan yang menuai pro-kontra. Permintaan maaf itu ia sampaikan dalam konferensi pers secara virtual dari Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Minggu (15/11). “Sekali lagi mohon maaf apabila langkah-langkah yang telah dilakukan ini mungkin banyak pihak yang kurang senang,” ujar Doni.

11. Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti meminta Polri menindak tegas pihak-pihak yang melanggar protokol kesehatan dengan menggelar pertemuan yang menyebabkan kerumunan massa di tengah pandemi virus corona atau covid-19. Menurutnya, larangan berkerumun tidak bisa dilakukan hanya dalam bentuk imbauan.

“Kalau menghimbau itu pekerjaan ormas. Semestinya aparatur keamanan bisa lebih proaktif, misalnya mengadakan musyawarah dan penjelasan aturan dengan segala konsekuensinya,” tegas Mu’ti dalam cuitan di akun Twitternya, @Abe_mukti, Minggu (15/11).

12. Hasil riset yang dilakukan Indef –Datalyst Center menyebutkan, kinerja 7 menteri Jokowi masuk sentiment negatif warga net. Mereka adalah Menkes Terawan Agus Putranto (sentimen negatif 74 persen), Mentan Syahrul Yasin Limpo (sentimen negatif 57 persen), Menteri Kominfo Johnny G. Plate (55 persen), Menag Fachrul Razi (sentimen negatif 53 persen), Menteri KKP Edhy Prabowo (47 persen), Mendikbud Nadiem Makarim (44 persen), dan Menkeu Sri Mulyani (44 persen). Riset terhadap kinerja pemerintah itu, kata ekonom Indef Didik Rachbini, dilakukan dengan pengumpulan data dari 2,18 juta percakapan di media sosial pada Juli hingga 13 November 2020.

13. Wakil Ketua Komisi IV DPR dari PKB, Daniel Johan meminta Mentan Syahrul Yasin Limpo dan Menteri KKP Edhy Prabowo lakukan perbaikan. Terkait Syahrul, Daniel meminta menteri asal Gerindra itu segera lakukan perbaikan, jangan impor melulu yang menjadi berita, perkuat petani agar produksi dan pendapatannya meningkat. Sedangkan untuk Edhy Prabowo, ia minta kesejahteraan nelayan ditingkatkan melalui upaya peningkatkan ekspor komoditas budidaya.

14. Politisi PDIP Hendrawan Supratikno menilai ada menteri yang sibuk pencitraan demi menyambut Pilpres 2024. Anggota Komiai XI DPR ini melihat ada menteri yang kurang fokus karena sibuk pencitraan. Sayangnya, ia tidak berani menyebut secara terang-terangan jati diri menteri tersebut.

“Kinerja kabinet juga demikian. Belum masuk persneling empat, harus balik lagi ke persneling dua. Jadi lajunya tersendat. Di lain pihak, ada menteri yang bergegas cari pencitraan jelang 2024. Jadi kurang fokus. Yang dihadapi pandemi dan resesi, yang dipikir promosi dan citra diri,” terang Hendrawan.

15. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selaku kader PDIP terbang ke Medan untuk  mengampanyekan menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution yang menjadi Calon Wali Kota Medan, pada Minggu (15/11). Ganjar berkeliling menyusuri bangunan tua yang berjejer di kawasan Kesawan Medan, berkunjung ke Tip Top Restaurant, Stasiun Besar Kereta Api, hingga Lapangan Merdeka yang tersohor dan jadi sebagai salah satu land mark kota Medan. Ganjar juga menyoroti kurangnya ruang untuk anak muda di Medan.

16. Politisi Partai Keadilan Sejahtera ( PKS), M Nasir Djamil mencurigai adanya keterlibatan aktor negara yang mengorganisasi penolakan deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia ( KAMI) di sejumlah daerah. Nasir meyakini adanya campur tangan aktor negara karena masifnya penolakan deklarasi KAMI di sejumlah daerah.

Ia mengatakan, deklarasi KAMI kerap dihalang-halangi aparat kepolisian dan sejumlah elemen masyarakat. Menurut dia, keterlibatan massa dalam menolak deklarasi KAMI tak mungkin digerakan oleh orang tidak jelas. “Enggak mungkin mereka diorganisasi orang yang tidak jelas, pasti ada aktor negara ikut melakukan ini dalam upaya menolak kehadiran KAMI di beberapa tempat, pasti ada yang mengorganisir,” kata Nasir dalam diskusi virtual, Minggu (15/11).

17. Pimpinan Pondok Pesantren Buntet Cirebon, Jawa Barat, KH Adib Rofiuddin Izza berharap rencana reuni Persaudaraan Alumni (PA) 212 ditunda. Saran tersebut disampaikan demi menghindari potensi kerumunan di tengah pandemi Covid-19.

“Kalau saya mengimbau, saya menyarankan sebaiknya ditunda dulu. Sekarang bukan waktunya kita bereuforia, bersama sama, bergerombolan, itu tidak akan menyelesaikan masalah. Artinya, tidak akan menyelesaikan masalah tentang Covid-19,” kata KH Adib Rofiuddin dalam keterangan tertulisnya, Minggu (15/11).

18. Presiden Peru, Manuel Merino mengundurkan diri dari jabatannya pada Minggu (15/11) setelah menjabat selama 5 hari. Pria berusia 59 tahun ini mengundurkan diri tak lama setelah Kongres memintanya berhenti dari kekuasaannya. “Saya ingin memberi tahu seluruh negeri bahwa saya mengundurkan diri,” kata Merino dalam pidato yang disiarkan televisi seperti dilansir AFP, Senin (16/11).

Peru mengalami krisis politik usai Presiden Martin Vizcarra digulingkan oleh anggota kongres dan digantikan Manuel Merino. Warga turun ke jalan melakukan demonstrasi di ibu kota untuk menentang pemakzulan tersebut. 
Salam,  🙏😇🌷🇮🇩 Indonesia Maju
INFOTANGSEL.CO.ID

0 comments:

Post a comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India