Thursday, 19 November 2020

Berita Menarik Tentang Presiden Meminta Mendagri Agar Menegur Kepala Daerah Yang Abai Protokol Kesehatan RI Kumpulan Berita Mainstream Dan Medsos.

20201119 KAMIS HARI INI berita terkini.
Isue hangat yang menyita perhatian publik hari ini masih seputar soal pemeriksaan polisi terhadap Gubernur DKI Anies Baswedan. Mendagri Tito Karnavian akan membuat aturan atau instruksi  yang dapat memberhentikan kepala daerah bila melakukan pelanggaran. Presiden Jokowi sendiri meminta Mendagri untuk menegur kepala daerah yang abai terhadap protokol kesehatan.
Sejalan dengan pemanggilan Anies, polisi juga membuka peluang meminta klarifikasi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil terkait kerumunan massa saat menyambut Imam Besar FPI, Habib Rizieq Shihab di Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat belum lama ini. 
Di sisi lain, Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab bersedia dipanggil polisi asal kasus kerumunan massa pada kampanye Pilkada di Solo dan Surabaya juga ditindak. Namun Mabes Polri mengatakan, kasus kerumunan warga saat Pilkada seperti saat Gibran Rakabuming Raka mendaftar jadi calon Wali Kota Surakarta jangan disamakan dengan kasus kerumunan pada acara pernikahan putri Rizieq Shihab yang sedang diselidiki saat ini.
Yang tak kalah menarik adalah manuver Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) bertemu Presiden AS, Donald Trump di Gedung Putih. Kehadiran LBP tampaknya menjadi hiburan tersendiri buat Donald Trump yang hari-hari belakangan ini kelihatan gundah usai mengalami kekalahan melawan Joe Biden pada Pilpres di Amerika Serikat. Luhut tampak ceria dan sempat berfoto ria bersama Trump usai pertemuan.

1.Pemeriksaan terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbuntut panjang. Mendagri Tito Karnavian akan menerbitkan instruksi penegakan protokol kesehatan bagi para kepala daerah untuk mengendalikan penyebaran Covid-19. Instruksi tersebut merespons kerumunan massa yang terjadi di sejumlah daerah dalam beberapa waktu terakhir. Menurut Tito, instruksi tersebut memuat aturan yang memungkinkan kepala daerah, baik gubernur, bupati, dan wali kota diberhentikan dari jabatannya jika diketahui melakukan pelanggaran. 
"Saya sampaikan kepada gubernur, bupati, dan wali kota untuk mengindahkan instruksi ini karena ada risiko menurut UU. Kalau UU dilanggar dapat dilakukan pemberhentian," kata Tito dalam rapat di Komisi II DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (18/11).

2. Presiden Jokowi meminta Mendagri Tito Karnavian untuk menegur kepala daerah yang abai terhadap protokol kesehatan. Jokowi juga minta kepala daerah tak ikut berkerumun dan memberi contoh dalam penegakan protokol kesehatan. 
"Saya juga minta Menteri Dalam Negeri mengingatkan, kalau perlu menegur, kepala daerah baik gubernur, bupati, maupun wali kota untuk memberikan contoh yang baik kepada masyarakat, jangan malah ikut berkerumun," kata Presiden Jokowi, kemarin.

3. Polisi membuka peluang meminta klarifikasi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil terkait kerumunan massa saat menyambut Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat belum lama ini. Namun pemanggilan itu setelah polisi meminta klarifikasi kepada sejumlah pihak pada Jumat (20/11).
"Tentunya nanti dari hasil klarifikasi atau fakta kalau memang penyidik menemukan adanya suatu kegiatan yang dibutuhkan, tidak menutup kemungkinan kami minta klarifikasi Gubernur Jabar," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono di Bareskrim Polri, Jakarta, Rabu (18/11).

4. Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab bersedia dipanggil polisi -- untuk diminta klarifikasi soal acara pernikahan putrinya di kediamannya, Jalan Petamburan, Jakpus, red – asal kasus kerumunan massa pada kampanye Pilkada di Solo dan Surabaya juga ditindak. Hal itu disampaikan Sekretaris Bantuan Hukum DPP FPI Aziz Yanuar di Polda Metro Jaya, kemarin.

5. Mabes Polri mengatakan, kasus kerumunan warga saat Pilkada seperti saat Gibran Rakabuming Raka mendaftar jadi calon Wali Kota Surakarta jangan disamakan dengan kasus kerumunan pada acara pernikahan putri Rizieq Shihab yang sedang diselidiki saat ini. Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono menuturkan, dua kasus tersebut berbeda penanganannya.
"Jangan samakan kasusnya, ini kan ceritanya sekarang masalah pentahapan pendaftaran pilkada. Itu kan urusannya ada pilkada, ada siapa pengawasnya (Bawaslu)," ujarnya di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (18/11). ( teruskan ikuti berita menari puluhan di bawah ini ...😎👇 )

6. Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono  menyampaikan, salah satu alasan pemanggilan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan adalah untuk mengetahui isi pertemuan dengan Habib Rizieq pekan lalu. Seperti diketahui, Anies Baswedan bertemu Habib Rizieq Syihab di Petamburan, Jakarta Pusat, akhir pekan lalu.
"Nanti kita tunggu, nanti penyidik hasil penyidikannya bagaimana. Karena rekan-rekan tahu semua kalau Gubernur DKI, mulai HRS datang, malamnya datang ke kediamannya (HRS), iya kan? Tidak ada kan rekan-rekan tanyakan? Tidak ada statement kan? Di situlah penyidik juga mau tahu ada apa. Pasti ditanya itu," katanya di Mabes Polri, Rabu (18/11).

7. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus menegaskan, tidak semua yang dipanggil polisi soal kerumunan di Petamburan bakal jadi tersangka. "Beredar juga, apakah pemeriksaan Anies itu dianggap berlebihan? Rekan-rekan perlu dicapai pengertian yang sama, tidak semua orang yang dipanggil jadi tersangka, kesannya kalau dipanggil polisi 'kok dikriminalisasi' dan sebagainya dan sebagainya. Ini pemahamannya samakan dulu nih, tak langsung diklarifikasi oleh penyidik kemudian jadi tersangka, jadi berlebihannya di mana?" katanya kepada wartawan, Rabu (18/11).

8. Polda Metro Jaya memanggil 6 orang untuk diklarifikasi soal kerumunan imbas acara Maulid Nabi SAW dan acara pernikahan putri Habib Rizieq Syihab. Enam orang yang dipanggil termasuk Ketua Panitia Acara, Haris Ubaidillah, hingga pihak yang mempersiapkan perlengkapan acara.
"Hari ini kita rencanakan ada 6 kita lakukan pemanggilan undangan klarifikasi, pertama masalah perlengkapan, kemudian juga ada kepanitiaan yang kita undang dan ada beberapa saksi-saksi, saksi ahli pidana termasuk di dalamnya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dihubungi, Rabu (18/11).

9. Ketua Panitia Acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan akad nikah putri Habib Rizieq Syihab, Haris Ubaidillah menjelaskan soal bantuan yang diberikan BNPB dan BPBD DKI Jakarta menjelang acara di Petamburan. Haris mengungkapkan, bantuan masker dan  hand sanitizer itu atas inisiatif BNPB.
"Iya, kita ada terima bantuan dari BNPB, dan BPBD DKI. Kita nggak ada pembicaraan, cuma BNPB ada memberikan bantuan berupa masker dan hand sanitizer, itu inisiatif BNPB," kata Haris di Polda Metro Jaya, Kamis (19/11) dini hari. Ia menyebut BNPB dan BPBD juga sempat memberi arahan terkait protokol kesehatan yang harus diterapkan.

10. Tak dinyana-nyana, Selasa (17/11) lalu, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan bertemu Presiden AS, Donald Trump di Gedung Putih. Luhut ditemani Dubes RI untuk Amerika Serikat, Muhammad Lutfi. Ia sempat berfoto ria bersama Trump usai pertemuan. 
Kehadiran Luhut tampaknya menjadi hiburan tersendiri buat Donald Trump yang hari-hari belakangan ini pilu setelah mengalami kekalahan di Pilpres melawan Joe Biden. Dalam pertemuan itu Luhut menyampaikan salam dan terima kasih dari Presiden Jokowi atas dukungan Trump terhadap kerja sama RI - AS selama ini, khususnya atas pemberian fasilitas GSP oleh Kantor Perwakilan Dagang AS (USTR) kepada Indonesia. 
"Saya atas nama Presiden Joko Widodo menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Presiden Donald Trump. Apapun hasil resmi pemilu AS, pertemanan tetap perlu dijaga," katanya di Jakarta, Rabu (18/11).

11. Ekonom Senior Faisal Basri menilai program biodiesel pemerintahan Jokowi tidak memiliki roadmap (peta jalan) yang jelas. Menurut dia, program itu memiliki lebih banyak mudarat daripada maslahat. Ia menuding program biodiesel didesain menguntungkan segelintir pelaku di industry biosiesel. Dari sisi ekonomis maupun lingkungan, pemerintah dan masyarakat dirugikan oleh program tersebut.
Menurut dia, program biodiesel bukan jawaban dari permasalahan energi yang tengah dihadapi RI, yakni defisit minyak fosil yang diakibatkan ketidakseimbangan antara konsumsi dan produksi. "Kebijakan ini jauh api dan panggang, bahkan semakin membuat perekonomian Indonesia rugi besar. Yang diuntungkan hanya segelintir orang pemilik pabrik biodiesel," ujarnya dalam diskusi daring Greenpeace bertajuk Kebijakan Biodiesel Untuk Siapa, pada Rabu (18/11).

12. KPK segera tetapkan sejumlah pasangan calon kepala daerah yang mengikuti Pilkada 2020 sebagai tersangka kasus korupsi. "Kami menyampaikan bahwa KPK sekarang terus dan sedang melakukan tindakan-tindakan penyelidikan, bahkan mungkin ada yang segera dinaikkan kasusnya pada tahap penyidikan," kata Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango dalam acara 'Pembekalan Cakada Provinsi Kalsel, Sulsel, Babel, dan DIY yang disiarkan secara virtual, Rabu (18/11).

13. Ketua KPU Arief Budiman diperiksa DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) terkait dugaan pelanggaran etik karena mengantar Komisioner KPU Evi Novida Ginting menggugat surat keputusan Presiden Jokowi ke PTUN Jakarta. "Dengan ucapan bismillahirrahmanirrahim, sidang dengan nomor perkara 123-PKE-DKPP/X/2020 saya buka dan terbuka untuk umum," kata Ketua Majelis Hakim DKPP Alfitra Salamm dalam sidang yang digelar Rabu (18/11).

14. Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, 17 kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkada Serentak 2020 masuk kategori risiko tinggi penyebaran virus corona per 15 November 2020. "Peta zona risiko untuk pilkada, ada 17 kabupaten/kota yang memiliki risiko tinggi," kata Doni dalam rapat dengan Komisi II DPR, pada Rabu (18/11).

15. Komisioner Bawaslu Mochammad Afifuddin mencatat setidaknya 31 pengawas pemilu mengalami kekerasan saat membubarkan kampanye Pilkada 2020 yang dinilai melanggar protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Tindak kekerasan terjadi karena peserta atau tim sukses kampanye pasangan calon kepala daerah tidak terima jika kegiatan kampanye secara fisik mereka dibubarkan

16. Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh tengah dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta lantaran menderita sakit demam berdarah dengue atau DBD.
Bendahara Umum DPP Partai NasDem Ahmad Sahroni membenarkan kabar tersebut. Menurut dia, Surya dirawat di RSPAD dengan ditemani oleh keluarganya. "Benar sedang dirawat, sedang ditemani sama keluarganya," kata Sahroni, Rabu (18/11).

17. Adik ipar mantan Sekretaris MA Nurhadi, Rahmat Santoso dalam kesaksiannya di Pengadilan Tipikor Jakarta menyebut, menantu Nurhadi yakni Rezky Herbiyono bergaya hidup mewah. Rezky kerap menggunakan mobil mewah, dari Mercedez Benz hingga Ferrari.
Rahmat juga menyebut menantu Nurhadi punya utang sekitar Rp 81 miliar kepada seorang pengusaha. Selain itu Rezky juga punya kredit macet sebesar Rp 97,8 miliar di Bank Bukopin.

18. Mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto alias BW mengatakan, jabatan staf khusus KPK tidak ada dalam tradisi lembaga anti rasuah tersebut. Menurutnya, posisi staf khusus justru berisiko memunculkan tindak pidana korupsi baru. BW mengingatkan, jabatan staf khusus dapat dijadikan sarana pimpinan KPK melakukan nepotisme dengan memasukkan orang-orang dekatnya ke KPK. 

19. Ketua KPK Firli Bahuri beberkan tiga strategi atau pendekatan untuk memberantas korupsi. Pertama adalah pendidikan masyarakat yang bertujuan agar masyarakat paham tentang tindak pidana korupsi dan tidak ingin melakukan korupsi. Kedua adalah pencegahan dengan cara perbaikan sistem. Ketiga enindak tegas para pelaku tindak pidana korupsi.

‘’Berdasarkan kajian dan pengalaman empiris terkait dengan sebab-sebab terjadinya korupsi maka pimpinan KPK 2019-2024 beserta insan KPK merumuskan strategi pemberantasan korupsi yang merupakan core business KPK ke dalam tiga strategi atau pendekatan," kata Firli, Rabu (18/11). 

20. Densus 88 tangkap seorang pimpinan donatur Kelompok Teroris JI (Jamaah Islamiyah) berinisial AYR di Sentul, Bogor, Jabar, Rabu (18/11). Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Awi Setiyono menuturkan, pengusaha yang ada dalam sub bidang tersebut berperan sebagai donatur kelompok JI. “Dari dana yang terkumpul tersebut, salah satunya digunakan untuk membiayai pengiriman sekitar 80 orang anggota JI ke Suriah untuk mengikuti pelatihan militer,” ujarnya.
Salam, 🙏😇🌷🇮🇩 Indonesia Maju
INFOTANGSEL.CO.ID

0 comments:

Post a comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India