Thursday, 1 October 2020

Berita Terbaru Dan Aktual Dikumpulkan Dari Berbagai Sumber Mainstream Dan Medsos Seluruh Indonesia, Perlu Dan Bagikan.

20201001 KAMIS Hari Ini

1. Satrio Katon Nugroho, 18, pelaku vandalisme musala Darussalam, Perumahan Villa Tangerang, Banten, resmi ditetapkan sebagai tersangka, Rabu (30/9/2020). Usai ditetapkan sebagai tersangka, Satrio pun menangis di kantor polisi.

Satrio bahkan harus ditenangkan polisi agar berhenti menangis sesenggukan saat Kapolresta Tangerang Kombes Ade Ary Syam memberikan keterangan pers.

Wakapolres AKBP Dedy Tabrani beberapa kali terlihat menenangkan tersangka karena tak berhenti menangis.

Atas perbuatannya, Satrio pun ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat Pasal 156 (a) dan atau pasal 156 KUHP.

2. Kapolsek Pasar Kemis AKP Fikri Ardiansyah mengatakan, pelaku melakukan aksi merobek Alquran dan mencoret-coret dinding musala seorang diri. “Pelaku sudah diamankan,” ujar Fikri, Rabu (30/9/2020).

Dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan ada tanda-tanda gangguan kejiwaan atau stres terhadap pelaku. Sejumlah pertanyaan yang diajukan juga dijawabnya dengan lancar. “Tidak stres. Saat diajak komunikasi juga nyambung, dan tidak ada masalah dengan kejiwaannya. Pelaku mahasiswa,” ungkapnya.

3. Wakil Ketua DPR Koordinator Ekonomi dan Keuangan Sufmi Dasco Ahmad turut prihatin atas aksi vandalisme yang terjadi di Musala Darussalam, Kuta Jaya, Pasar Kemis, Tangerang, Banten. Dasco pun meminta aparat mengusut tuntas kasus tersebut.

“Pertama, kami turut prihatin bahwa terjadi aksi yang memang tidak bisa dibenarkan di dalam masjid atau musala yang membuat suasana tidak kondusif. Nah, oleh karena itu, kami meminta aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas motif pelaku dan kemudian kalau ada hal-hal lain yang perlu didalami lebih dalam lagi,” kata Dasco di Jakarta, Rabu (30/9/2020).

4. Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengecam aksi vandalisme dan perobekan Alquran tersebut. Menurutnya, jika ada kasus serupa, langsung laporkan kepada pihak berwajib. Masyarakat pun diminta jangan main hakim sendiri dan tidak mudah terprovokasi sehingga tidak terperangkap politik pecah belah antarumat.

“Saya mengecam aksi vandalisme rumah dan tempat-tempat ibadah. Apabila ada aksi-aksi seperti ini, segera laporkan ke pihak berwajib,” kata Zaki, Rabu (30/9/2020).

“Mari kita tingkatkan kembali siskamling kita untuk saling menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing. Jangan mudah dipecah belah,” sambungnya.

5. Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin juga mengutuk keras peristiwa tersebut. Politikus Partai Golkar ini meminta aparat kepolisian untuk dapat membuka motif aksi tidak terpuji tersebut. “Aksi tersebut mencederai umat muslim, namun masyarakat jangan terprovokasi, terlebih rumah tersangka masih di wilayah sekitar. Mari kita tunggu informasi resmi dari aparat kepolisian mengenai peristiwa tersebut,” kata Azis, Rabu (30/9/2020).

Dia juga meminta polisi tidak cepat mengambil kesimpulan seperti kasus penusukan Syekh Ali Jaber yang terjadi beberapa waktu lalu di Lampung dengan menyatakan pelaku mengalami gangguan jiwa. “Polisi harus melakukan penyelidikan secara utuh, apakah tersangka terpapar radikalisme atau murni dari niat pelaku,” ujarnya.

6. Kementerian Kesehatan RI mempercepat penyelesaian klaim biaya perawatan pasien corona. Hingga saat ini jumlah RS yang telah mengajukan klaim sebanyak 1.356.

Belakangan terkuak adanya pasien corona yang menalangi biaya dulu ke rumah sakit. Hal ini karena proses verifikasi cenderung lama.

“Kami melakukan percepatan pembayaran klaim kepada rumah sakit yang melayani dan merawat pasien Covid-19, tentunya untuk menjaga cash flow dan mutu layanan rumah sakit,” ungkap Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam rilis di situs resmi Kemenkes, Rabu (30/9/2020).

7. Pengamat Politik Karyono Wibowo menyarankan kinerja para menteri di Kabinet Indonesia Maju dalam penanganan masalah pandemi Covid-19 perlu dievaluasi oleh Presiden Jokowi, khususnya Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto yang dalam hal ini menjadi sorotan tajam.

“Kinerja Menkes, kurang maksimal. Memang kinerjanya kurang nampak di mata publik. Mungkin ada masalah dalam membangun komunikasi publik, sehingga programnya tidak tersosialisasi dengan baik,” kata Karyono, Rabu (30/9/2020).

Kemudian ia menyebut, yang terjadi justru Menkes Terawan acap kali membuat kehebohan dengan pernyataan kontroversialnya yang menimbulkan polemik bagi publik.

8. Anggota Komisi I DPR Fadli Zon mengaku sejak jauh hari telah mewanti-wanti agar Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto diistirahatkan saja dari jabatannya.

“Saya sejak Maret 2020 menganjurkan agar Menteri Kesehatan ini diistirahatkan,” cuit @fadlizon yang terpantau Rabu (30/9/2020).

Musababnya, kata politisi Partai Gerindra itu, Menkes tidak tanggap dalam mengambil sikap terkait penanganan Covid-19 di Indonesia. Hal tersebut pun berimbas terhadap kurva masyarakat RI yang terserang virus corona tak kunjung melandai hingga saat ini. “Membahayakan seluruh rakyat Indonesia dalam soal Covid-19,” kata Fadli Zon.(terus baca 20an artikel lain di bawah ini... )

9. Aksi satir Najwa Shihab dalam mewawancarai kursi kosong yang sedianya untuk Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto membuat keduanya terus menjadi pembicaraan panas publik Indonesia. Secara mendadak Terawan terus diburu publik, sementara aksi Najwa menuai pro dan kontra.

Salah satu penilaian pihak kontra adalah Najwa dianggap mempersekusi hingga merundung sang Menkes. Namun risiko ini rupanya sudah dipikirkan masak-masak oleh putri pendakwah Quraish Shihab itu.

Psikolog klinis Kasandra Putranto dari Kasandra & Associate menjelaskan bahwa bullying verbal dan fisik, baik secara langsung maupun tidak, bisa menimbulkan tekanan psikologis.

Bukti bahwa terjadi bullying, imbuh Kasandra, tampak dari rasa tidak nyaman atau emosi negatif lain dari korban. “Dalam hal ini yang terpenting adalah bagaimana reaksi dan respons dari bapak Menteri Terawan selaku orang yang paling terkena oleh perilaku ini, yang bisa disebut sebagai korban langsung,” beber Kasandra, Rabu (30/9/2020).

10. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan ada dua target prioritas vaksinasi Covid-19. Priorotas pertama adalah warga di garda terdepan, yaitu seluruh tenaga medis dan seluruh masyarakat yang bekerja pada fasilitas medis.

Terawan meyampaikan hal itu saat rapat koordinasi persiapan program vaksinasi Covid-19 yang dipimpin Menko Marves Luhut B, Pandjaitan, Rabu (30/9/2020).

Terawan menyebut, prioritas selanjutnya yang mendapat vaksin Covid-19 adalah masyarakat dengan kategori risiko tinggi, yaitu pekerja pada usia 18-59 tahun.

11. Hari kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober, diharapkan dapat menjadi momentum mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kebijakan publik. Sehingga tujuan-tujuan negara yang sudah merdeka sejak 1945 ini mencapai kesejahteraannya.

“Peringatan kesaktian Pancasila sebagai momentum bangsa ini mengaktualisasikan Pancasila dalam kebijakan publik agar tujuan kita merdeka mencapai kesejahteraan,” kata Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Romo Benny Susetyo, Kamis (1/10/2020).

Romo Benny menegaskan, orientasi pengambil kebijakan harus mengutamakan Ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan juga keadilan. Dirinya juga mendorong elit politik bersikap dewasa dalam hal menyikapi isu-isu tentang radikalisme, terorisme dan komunisme yang masih berkembang. Karena bangsa harus fokus bergotong-royong, bersatu menghadapi pandemi Covid-19.

“Ke depan dibutuhkan bangsa ini keluar dari masa lalu dan berani melakukan rekonsiliasi sesama anak bangsa,” terangnya.

12. Pakar sejarah Universitas Gadjah Mada ( UGM) Yogyakarta Sri Margana menilai Film G30S/PKI cacat fakta. Salah satunya terkait dengan adegan penyiksaan para jenderal sebelum dimasukan di dalam Lubang Buaya.

Hal itu dianggap tidak benar dan hanya rekayasa yang dibuat oleh sutradara Arifin C.Noer agar lebih dramatis.

“Film ini terbukti cacat fakta yang sudah diakui oleh sutradaranya sendiri. Misalnya soal penyiksaan para jenderal sebelum dimasukan di Lubang Buaya itu terbukti dari arsip-arsip visum tidak ada, hanya dramatisasi,” ungkapnya dalam keterangan tertulis Humas UGM, Rabu (30/9/2020).

Menurutnya, menjadikan peristiwa kelam yang terjadi pada 1965 sebagai pelajaran sejarah dianggap baik. Sehingga masyarakat bisa menjadikannya sebagai referensi agar tragedi tersebut tidak kembali terulang.

Hanya saja, ia meminta jangan sampai propaganda yang dilakukan saat ini justru dapat mewariskan dendam masa lalu pada generasi selanjutnya.

13. Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terkait isu kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI). Hasilnya hanya 14% dari total populasi Indonesia yang setuju dengan isu tersebut. Sisanya 61% atau 22% dari populasi mengatakan tidak sepakat dengan isu kebangkitan PKI.

Artinya, warga yang setuju bahwa sekarang sedang terjadi kebangkitan PKI relatif tidak banyak. “Hanya 39% dari total responden (14% dari populasi) setuju dengan pendapat bahwa sekarang tengah terjadi isu kebangkitan PKI,” kata Peneliti SMRC Sirajuddin Abbas di Jakarta, Rabu (30/9/2020).

Survei ini dilakukan pada 23-26 September 2020 dengan melibatkan 1.203 responden yang terpilih secara random. Wawancara dilalukan lewat telepon. Margin of error diperkirakan sekitar 2,9%. Abbas menyatakan rendahnya kepercayaan publik atas kebangkitan PKI terkait dengan pengetahuan masyarakat Indonesia mengenai isu kebangkitan tersebut.

Sekitar 64% warga menyatakan tak tahu atau tak mendengar adanya kebangkitan PKI di Indonesia. Sebaliknya, warga yang tahu atau mendengar sekitar 36%. Di kalangan yang tahu itu, kata Abbas, mayoritas tidak percaya bahwa kebangkitan itu memang terjadi. Hampir 61% menyatakan tidak percaya bahwa ada kebangkitan PKI, sementara yang menyatakan percaya ada kebangkitan PKI hanya 39%.

14. Pengamat politik, Karyono Wibowo menuding pernyataan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo soal Gerakan 30 September 1965 atau G30S/PKI turut menyeret nama Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Ia menuturkan, yang menjadi persoalan adalah pernyataan Gatot hendak melawan pemerintahan seakan menggiring opini seolah-olah pemerintahan yang dipimpin Presiden Jokowi membuat sejumlah kebijakan membangkitkan Partai Komunis Indonesia (PKI) dan ajaran komunis.

Mungkin dia hanya terinspirasi oleh kejayaan Jenderal Besar Suharto yang berhasil menjadi pemimpin pemerintahan orde baru setelah berhasil menumpas PKI

“Jika benar pernyataan Gatot seperti itu, maka Gatot tengah melakukan manuver politik untuk membangun sentimen negatif kepada pihak pemerintah. Di sisi lain, Gatot tengah memainkan drama politik ‘playing victim’ atas pernyataannya yang menyebut bahwa dia diberhentikan dari jabatan panglima TNI gara-gara meminta pemerintah untuk memutar kembali film G30S/PKI, ” kata Karyono, Rabu (30/9/2020)

Karyono menyebut, ‘Jualan’ isu komunis atau PKI dalam konteks pertarungan politik tidak diharamkan. Tetapi menurutnya, Gatot terlalu sederhana dalam membuat kalkulasi politik jika hanya mengandalkan isu kebangkitan PKI.

15. Sejarawan sekaligus Ketua Departemen Sejarah Universitas Indonesia (UI) Dr Abdurakhman menilai Film G-30S/PKI merupakan sebuah film pendidikan bagi anak didik di Tanah Air sehingga baik untuk upaya penanaman karakter kebangsaan.

“Ini sebenarnya betul-betul film pendidikan,” kata dia saat dihubungi di Jakarta, Rabu (30/9/2020).

Pemutaran film tersebut, ujar Abdurakhman, sejatinya baik bagi anak didik sebagai referensi ilmu pengetahuan tentang peristiwa yang terjadi pada 1965.

Ia berpandangan apabila ada pihak-pihak yang mengartikan film tersebut tidak benar maka dipersilakan membuat film versi lain namun harus berdasarkan sumber-sumber sejarah atau fakta sejarah.

“Jadi bukan suatu upaya untuk melencengkan,” katanya. Sebagai seorang sejarawan, ia berpandangan sudah selayaknya anak bangsa mengetahui kebenaran peristiwa yang terjadi pada 30 September 1965. Apabila ada orang yang tidak setuju terkait pemutaran film tersebut maka kembali pada konteksnya.

Sebab, penanaman karakter kebangsaan kepada masyarakat adalah sebuah kewajiban negara. Bila hal itu tidak dilakukan oleh negara, maka bersiaplah menerima generasi muda yang tidak mencintai bangsanya sendiri.

Ia menyakini bila penanaman karakter kebangsaan dilakukan kepada generasi muda maka mereka akan bangga dengan bangsanya dan membangun tanpa mendahului kepentingan pribadi.

Oleh karena itu, sebagai seorang sejarawan ia mendukung penuh pemutaran film G-30S/PKI kepada generasi muda sebagai referensi dan upaya menumbuhkan karakter kebangsaan.

16. Debat pertama calon presiden (capres) Amerika Serikat (AS) di masa pandemi telah berakhir Selasa (29/9) waktu setempat. Debat sengit mempertontonkan keagresifan Presiden Donald Trump sebagai pejawat yang terus menyerang lawan politiknya dari Partai Demokrat, Joe Biden.

Muhammad Fuad, dosen senior Prodi Kajian Wilayah Amerika SKSG-UI menilai awalnya Biden akan kewalahan menghadapi Trump. Seperti dilihat, Trump begitu agresif dan tidak segan main kayu.

“Kalau pemain sepak bolanya, dia tidak segan nendang kaki dan dengkul lawan, atau menggunakan tangannya untuk menggolkan bola,” ujar Fuad, Rabu (30/9/2020).

Sementara dia menilai Biden sebaliknya, yakni politikus yang sering minta maaf jika merasa membuat kesalahan. Namun menurutnya, Biden terlihat sangat tenang dan tangkas menangkis serangan Trump dan menyampaikan ide-ide dan argumen-argumennya dengan apik.

Fuad mengatakan Trump menyerang bukan hanya kepada Biden, tapi juga moderator. Dia menganalogikan kembali Trump sebagai pemain bola yang menyerang bukan pemain lawan tapi juga juri atau penjaga garis.

17. Harga emas berjangka turun pada akhir perdagangan Rabu (30/9/2020) waktu setempat (Kamis pagi WIB). Harga logam mulia ini terimbas debat pertama calon presiden Amerika Serikat, antara Donald Trump dan Joe Biden. Panas dan kacaunya debat itu mendorong investor beralih ke mata uang aman, yakni dollar AS, serta meningkatkan kekhawatiran atas rancangan undang-undang stimulus berikutnya.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember di divisi COMEX New York Mercantile Exchange, turun 7,7 dollar AS atau 0,4 persen menjadi ditutup pada 1.895,50 dolar AS per ounce.

“Sepertinya setelah debat tadi malam, perselisihan mungkin telah terbentuk lagi antara kedua pihak dan kemungkinan untuk segala jenis stimulus mungkin telah berkurang,” kata Phillip Streible, kepala strategi pasar di Blue Line Futures di Chicago.

18. Capres AS dari Partai Demokrat, Joe Biden, tercatat mengungguli Donald Trump dalam debat perdana pada Selasa (29/9/2020) waktu setempat. Hasil poling menunjukkan enam dari 10 pengamat debat mengatakan Joe Biden melakukan pekerjaan terbaik dalam perdana tersebut. Sementara hanya 28 persen yang memuji kinerja Donald Trump.

Hasil itu didasarkan polling CNN dari pengamat debat yang dilakukan oleh SSRS. Dalam wawancara dengan pemilih yang sama yang dilakukan sebelum debat, 56 persen mengatakan mereka mengharapkan Biden melakukan pekerjaan lebih baik, sementara 43 persen mengharapkan Trump melakukannya.

Survei ini dibuat untuk mewakili para pemilih terdaftar yang menonton debat pertama, dan itu tidak berarti mewakili pandangan semua orang Amerika. Para pemilih yang menonton debat lebih partisan daripada orang Amerika secara keseluruhan.

20. Calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Joe Biden, mengkritisi kinerja Donald Trump dalam penanganan pandemi COVID-19, termasuk dampak yang ditimbulkannya. Biden menyebut Trump sebagai presiden terburuk yang dimiliki AS. Kritik tersebut ia sampaikan dalam debat perdana capres AS yang digelar pada Selasa (29/9/2020) malam waktu setempat.

Biden mengatakan pemerintahan Trump tidak memiliki rencana penanganan wabah COVID-19. Hal itu menjadi salah satu penyebab mengapa kasus virus corona di AS merupakan yang tertinggi di dunia. Sebagaimana diketahui, saat ini total kasus COVID-19 di AS mencapai 7,1 juta kasus dengan korban meninggal lebih dari 205 ribu jiwa.

Menanggapi kritik tersebut, Trump balas menuduh Biden ingin agar penutupan diberlakukan dalam penanganan pandemi COVID-19. Trump menilai, negara bagian-negara bagian di AS mesti dibuka kembali.

“Orang tahu apa yang harus dilakukan, mereka bisa (lakukan) jarak sosial, mereka bisa mereka pakai masker, mereka bisa melakukan apa pun yang mereka mau. Kami harus membuka negara bagian ini. Orang ini (Biden) akan menutup seluruh negeri,” jawab Trump.

21. Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan ideologi Pancasila sudah terbukti berhasil memandu bangsa Indonesia dalam melewati tantangan dan ujian yang pernah dihadapi mulai dari zaman kemerdekaan, masa pembangunan, era globalisasi sampai pandemi Covid-19.

Hal itu diungkapkan Jokowi dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila pada Kamis (1/10/2020) melalui akun Twitter pribadinya.

“Tantangan dan ujian dalam berbagai bentuk pernah dihadapi bangsa ini, dari zaman kemerdekaan, masa pembangunan, era globalisasi, sampai pandemi Covid-19 saat ini,” cuit Jokowi.

22. Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara Hari Kesaktian Pancasila, Kamis (1/10/2020). Upacara digelar di halaman Monumen Pancasila Sakti, Kompleks Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, upacara kali ini hanya dihadiri beberapa pejabat negara. Wakil Presiden Ma’ruf Amin hadir sebagai pendamping Jokowi.

Upacara diawali dengan laporan dari Komandan Upacara, kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya. Prosesi upacara langsung dilanjutkan dengan pembacaan Pancasila dan UUD 1945 oleh ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) La Nyalla Mattalitti.

Selanjutnya, pembacaan dan penandatanganan ikrar oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani. Sejak diproklamasikan, menurut Puan, luar negeri sudah merongrong kemerdekaan Indonesia.

“Rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kurang waspada bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara. Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi dengan nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Puan membacakan ikrar.

23. Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan ucapan Hari Kesaktian Pancasila 2020 lewat akun Twitternya, @jokowi, Kamis, 1 Oktober 2020.

“Tantangan dan ujian dalam berbagai bentuk pernah dihadapi bangsa ini, dari zaman kemerdekaan, masa pembangunan, era globalisasi, sampai pandemi Covid-19 saat ini,” kata Jokowi “Semua tantangan itu kita lewati berkat kekuatan persatuan dan persaudaraan bangsa yang dipandu ideologi Pancasila.”

Jokowi sendiri hadir dalam Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020 yang digelar di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur. Ia datang memimpin langsung upacara, didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Namun Jokowi sendiri tak memberikan sambutan atau amanat dalam upacara tersebut. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani yang memberi sambutan dalam upacara tersebut. Adapun Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo membacakan naskah Pancasila, dan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) La Nyalla Mattalitti membacakan Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. *
Salam, Indonesia Maju.
INFOTANGSEL.CO.ID
https://www.infotangsel.co.id/2020/10/berita-terbaru-dan-aktual-dikumpulkan.html

0 comments:

Post a comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India