Monday, 21 September 2020

Bisnis Kecil Kecilan Yang Cocok Di Era Pandemi COVID-19


Merebaknya Virus COVID-19 atau COVID-19 di dunia tentu memukul perekonomian semua Negara tidak terkecuali Indonesia. Krisis ekonomi menimpa hampir semua negara yang ada di dunia. Seberapa buruk dampaknya? Kita dapat melihat dengan meningkatnya jumlah pengangguran dan pelaku usaha yang gulung tikar akibat pandemi COVID-19 ini.

PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) menjadi salah satu solusi yang dikeluarkan pemerintah guna menghentikan penyaluran virus. Pandemi COVID-19 menuntut semua orang untuk cepat menyesuaikan diri dengan pola kebiasaan yang baru. Contohnya, seperti para pekerja yang harus merubah kegiatannya menjadi Work From Home (WFH) dan kegiatan belajar mengajar di sektor pendidikan yang harus dilakukan secara online. 

Walaupun banyak kegiatan yang tidak dapat berjalan seperti biasanya. Namun, kita harus tetap optimis untuk mengambil peluang usaha untuk menopang kebutuhan sehari hari.Berikut adalah jenis-jenis bisnis kecil kecilan yang layak dicoba pada masa pandemi COVID-19 untuk membantu agar tetap bisa menghasilkan uang:https://www.infotangsel.co.id/2020/09/bisnis-kecil-kecilan-yang-cocok-di-era.html ]

Membuka Usaha Makanan

Semua orang membutuhkan makanan apapun kondisinya. Karenanya, sektor ini pun bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan di masa pandemi. Terlebih selama pandemi, sektor usaha makanan tetap diizinkan beroperasi, asalkan mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan oleh Gubernur

Membuat Ramuan Herbal

Sampai saat ini, obat atau vaksin untuk menangkal Virus COVID-19 atau COVID-19 belum ditemukan, tetapi sejumlah riset menyebutkan, bahwa dengan menjaga imun tubuh tetap dalam keadaan baik maka Virus COVID-19 atau corona dapat dicegah. Karena itu, Anda bisa mencoba untuk membuka bisnis ramuan herbal yang sedang terkenal saat ini karena menjadi salah satu jenis bisnis kecil kecilan yang menguntungkan. 

Menjadi Desain Grafis

Jasa desain grafis bisa memiliki peluang bagus untuk diterapkan selama pandemi. Banyak individu atau lembaga yang membutuhkan konten visual untuk berbagai kepentingan. Jika Anda memiliki skill yang mumpuni di bidang ini, Anda bisa menjadikannya peluang sebagai bisnis kecil-kecilan yang menguntungkan. 

Menjual Masker

Penggunaan masker kini telah menjadi sebuah bisnis kecil kecilan yang populer. Bukan hanya untuk orang yang sakit, tapi juga orang sehat. Berangkat dari situasi ini, menjual masker kain pun bisa menjadi ide usaha yang potensial dijalankan selama masa pandemic.

Menjual Hand Sanitizier

Menjaga kebersihan dengan menggunakan hand sanitizer juga menjadi sebuah kewajiban saat ini. Penggunaan hand sanitizer dengan kadar alkohol tertentu diyakini ampuh membunuh kuman. Karena peminatnya yang tinggi, maka bisnis ini juga dinilai menguntungkan di masa saat ini. 

Membuka Usaha Sembako

Kebutuhan sembako ini sangat diperlukan oleh masyarakat. Di saat pandemi, peluang usaha ini cukup menjanjikan mengingat kebutuhan masyarakat akan sembako cukup tinggi. Saat ini toko sembako juga sudah bisa bekerja sama dengan perusahaan transportasi online dan e-commerce.

Membuka Jasa Pembuatan Video

Banyak hal kreatif yang bisa dilakukan selama di rumah saja untuk menghilangkan rasa bosan. Diantaranya membuat video. Kondisi ini bisa melahirkan usaha kreatif berupa jasa pembuatan video yang nantinya bisa digunakan untuk kepentingan komersial dan non-komersial.

Menjual Pakaian Online

Meskipun toko-toko baju offline yang ada di pusat perbelanjaan ditutup karena wabah COVID-19. Namun, pembelian baju tetap bisa dilakukan. Para pengusaha baju kini mulai melebarkan sayap dengan menjual bajunya secara online. Hal ini sekaligus memberikan kemudahan bagi konsumen karena faktanya meski pandemi kebutuhan masyarakat terhadap baju tetap ada.

Dengan demikian, pegiat usaha dapat memulai usaha baru dari sektor ini untuk menghasilkan profit yang baik dan menjadikan pekerjaan ini sebagai langkah awal dalam keadaan normal baru. Agar kedepannya usaha-usaha ini menjadi nilai tambah untuk perekonomian yang kian lesu pada saat ini.

Kesimpulan

Pandemi COVID-19 turut mengubah kebiasaan lama dalam dunia usaha dengan memaksa para pelaku usaha untuk membuat inovasi. Salah satu upaya yang dilakukan, adalah membuka usaha kecil-kecilan atau putar haluan dengan melakoni bisnis berdasarkan demand yang ada di masyarakart. Jualan hand sanitizer, masker, dan ramuan herbal turut menjadi bukti bahwa inovasi harus terus berjalan karena keadaan yang tidak pasti.

Kebiasaan tatap muka dan kerja di kantor juga berganti menjadi work from home dan lebih mengandalkan perangkat teknologi serta aplikasi untuk berkomunikasi. Meeting, negosiasi dan pergantian sistem kerja menjadi hal lumrah yang mengharuskan semua orang untuk beradaptasi dalam menghadapi hari.

Paper.id, platform bisnis #1 Indonesia untuk segala jenis bisnis.

BISNIS LAIN MUSIM PANDEMI DI BAWAH INI PELAJARI SEKARANG JUGA


Pandemi virus corona membuat kondisi perekonomian mengalami gejolak besar. Perubahan tren dan kebutuhan prioritas konsumen pun mempengaruhi pilihan ide bisnis yang potensial. Berikut rekomendasi ide bisnis di tahun 2020 untuk kamu.

10 Ide Bisnis di Tahun 2020 Saat Masa Pandemi Corona

Perubahan Tren dan Prioritas Konsumen

Virus corona atau Covid-19 yang ditetapkan World Health Organization (WHO) sebagai pandemi di seluruh dunia memberi dampak besar untuk perekonomian. Minat beli konsumen menurun akibat masa karantina yang panjang membuat sebagian industri “mati suri”. Akibatnya, muncul pengurangan gaji karyawan bahkan PHK.

Dari sini, kita bisa melihat bahwa pandemi virus corona merubah gaya hidup sebagian besar manusia. Dari yang biasanya berkegiatan di luar rumah, menjadi lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Kemudian dari yang sebelumnya menghabiskan pendapatan untuk 10 pos pengeluaran, kini dipangkas menjadi hanya 5 atau 8 pos pengeluaran.

Perubahan tren kemudian muncul akibat perubahan kebutuhan prioritas konsumen. Konsumen berpikir untuk tidak menghabiskan uang untuk kebutuhan yang tidak terlalu penting terlebih dulu. Mengingat pendapatan yang tidak sesuai dari biasanya, serta masih ada kebutuhan lain yang lebih penting.

Seperti kebutuhan makanan, kesehatan, dan kebutuhan untuk investasi atau sekadar menabung. Sebab tidak ada yang bisa menjamin kapan masa pandemi ini akan benar-benar berakhir dan perekonomian kembali normal.

Segala perubahan itu kemudian juga berpengaruh pada ide bisnis di tahun 2020. Ya, ide bisnis tak bisa dipilih dengan asal jika kamu ingin bisnis berjalan sukses. Kamu harus melihat tren dan memprediksi lama eksistensi sebuah ide bisnis.

Rekomendasi Ide Bisnis di Tahun 2020

Setelah melewati masa karantina selama kurang lebih 3 bulan dan perlahan memasuki masa new normal, bisnis rumahan semakin naik daun. Untuk kamu yang mau ikutan membuka bisnis, 

1. Masker Kain

Masker Kain - 10 Ide Bisnis di Tahun 2020 Saat Masa Pandemi Corona

Ide bisnis di tahun 2020 yang pertama adalah masker kain. Memakai masker untuk segala kegiatan di luar rumah kini merupakan hal yang wajib. Tak heran jika masker kain kini banyak dicari konsumen, karena dapat digunakan berulang kali.

Masker kain yang bisa kamu jual mulai dari masker kain harga murah, sampai masker kain premium. Masker kain premium memiliki perbedaan pada kualitas jenis kain yang digunakan, serta warna dan motif yang beragam.

Produksi barang bisa dilakukan sendiri jika memungkinkan, atau cukup dengan menjadi reseller maupun dropshipper.

https://www.infotangsel.co.id/2020/09/bisnis-kecil-kecilan-yang-cocok-di-era.html ]

2. Perlengkapan Kebersihan dan Kesehatan

Perlengkapan Kebersihan dan Kesehatan - 10 Ide Bisnis di Tahun 2020 Saat Masa Pandemi Corona

Perlengkapan kebersihan dan kesehatan atau yang disebut juga new normal kit saat ini dibutuhkan banyak orang sehingga bisa menjadi peluang untuk ide bisnis di tahun 2020 ini. Kamu bisa menjual produk-produk seperti hand sanitizer, masker, face shield, sabun cair, dan lain sebagainya.

Penjualan bisa dibuat terpisah atau dalam bentuk paket bundling dengan harga yang lebih murah. Produk fashion juga kini masuk ke dalam perlengkapan kebersihan dan kesehatan yang dicari konsumen. Misalnya seperti jaket face shield.

3. Pakaian Rumah

Pakaian Rumah - 10 Ide Bisnis di Tahun 2020 Saat Masa Pandemi Corona

Ide bisnis di tahun 2020 untuk industri fashion sebenarnya masih terbilang aman untuk produk rumahan. Kini, orang-orang yang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah juga ingin tetap tampil trendy dan fashionable.

Maka dari itu, produk pakaian rumah kini sedang naik daun. Pakaian tidur alias piyama dengan bentuk kemeja dijual dengan berbagai warna yang sedang hype tahun ini. Yakni warna-warna cerah yang pas untuk musim panas seperti kuning, ungu muda, putih, merah muda, oranye, dan lain sebagainya.

Selain soal cutting yang bagus, pakaian rumah ini sangat nyaman dipakai tetapi tetap bisa kamu gunakan untuk pergi ke luar rumah. Untuk motif yang banyak dicari adalah motif tie dye.

4. Sewa Alat Panggang Barbeque

Sewa Alat Panggang Barbeque - 10 Ide Bisnis di Tahun 2020 Saat Masa Pandemi Corona

Selama masa pandemi ini, orang-orang tidak bisa bebas makan di restoran favorit. Nah, kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk berbisnis sewa alat panggang barbeque di rumah. Dengan mengedepankan kebersihan, ide bisnis di tahun 2020 ini berpotensi sukses.

Selain alat barbeque, kamu juga bisa menawarkan jasa sewa alat untuk makanan shabu-shabu atau lain sebagainya. Agar makin komplit, alat ini disewa bersama dengan paket bahan makanannya.

Peralatan bisa disewa berdasarkan hitungan jam atau disesuaikan dengan jam pengiriman dan pengambilan alat yang kamu tentukan.

5. Camilan Makanan Ringan

Camilan Makanan Ringan - 10 Ide Bisnis di Tahun 2020 Saat Masa Pandemi Corona

Siapa sih yang mampu menolak camilan makanan ringan? Ya, tidak ada salahnya mencoba ide bisnis yang satu ini. Makanan ringan homemade laku dijual karena dijamin kualitas bahan dan proses pembuatannya.

Penjualan makanan ringan juga terbilang praktis, bisa dijual secara online. Kemasan dan jenis makanan ini juga lebih aman untuk dikirim ke seluruh daerah. Tak heran jika cemilan ringan bisa menjadi ide bisnis di tahun 2020 sekarang.

6. Frozen Food

Frozen Food - 10 Ide Bisnis di Tahun 2020 Saat Masa Pandemi Corona

Selain makanan ringan, frozen food juga bisa dijadikan ide bisnis di tahun 2020. Pilihan frozen food yang banyak dicari misalnya risol mayo, pisang cokelat, dimsum, cilok, bahkan lauk siap saji dengan kemasan yang divakum.

7. Kopi Literan

Kopi Literan - 10 Ide Bisnis di Tahun 2020 Saat Masa Pandemi Corona

Masa pandemi rupanya enggak menghalangi orang untuk ngopi. Yap, kamu bisa banget nih menjual kopi literan yang dijual dalam kemasan botol kaca. Saat ini juga sudah banyak yang memulai mejual kopi literan sehingga sangat cocok untuk ide bisnis di tahun 2020.

Selain ukuran literan, kemasan ready to go dengan tumblr kecil juga bisa menjadi alternatif karena cepat dan mudah dibawa kemanapun.

8. Jamu Herbal

Jamu Herbal - 10 Ide Bisnis di Tahun 2020 Saat Masa Pandemi Corona

Sekali lagi, produk kesehatan akan selalu mendapat tempat di hati konsumen. Terutama di musim penyebaran penyakit seperti sekarang.

Jamu herbal adalah minuman sehat yang tidak semua orang bisa membuatnya sendiri, sehingga konsumen memilih untuk membeli saja. Untuk menjaga kualitas jamu, penjualan dengan sistem pre-order disarankan.

Selain jamu herbal cair, kamu juga bisa menjual jamu bubuk yang bisa diproduksi sendiri.

9. Jasa Salon on-Demand

Jasa Salon on-Demand - 10 Ide Bisnis di Tahun 2020 Saat Masa Pandemi Corona

Jika kamu memiliki keahlian di bidang make up dan kecantikan, jasa salon on demand bisa menjadi ide bisnis di tahun 2020. Bisnis ini dijalankan dengan sistem jemput bola. Jadi, jika ada permintaan untuk jasa tersebut, kamu akan mendatangi rumah konsumen untuk memberi pelayanan.

Jenis-jenis produk jasa yang bisa ditawarkan yakni private make up class, make up untuk berbagai acara privat, manicure pedicure, pijat relaksasi, potong rambut, dan lain sebagainya.

10. Jasa Fotografer Virtual

Jasa Fotografer Virtual - 10 Ide Bisnis di Tahun 2020 Saat Masa Pandemi Corona

Terakhir, jasa fotografer untuk virtual photoshoot juga bisa dicoba sebagai bisnis sampingan. Mengambil gambar secara virtual dengan kamera tentu bukan hal yang mudah. Makanya, ini menjadi ajang unjuk kebolehan kemampuanmu dalam bidang fotografi.

Sederet ide bisnis di atas dijamin sukses asalkan menyertakan inovasi di dalamnya. Selain itu, modal juga menjadi hal yang penting untuk memulai bisnis.

Tak usah bingung mencari tambahan modal bisnis, sebab kini kamu dapat mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) secara cepat dan mudah melalui CekAja.com. Besaran kredit yang bisa didapat akan disesuaikan dengan pendapatanmu, dan kesanggupan membayar. Yuk, ajukan sekarang!


https://www.cekaja.com/info/ide-bisnis-di-tahun-2020/

0 comments:

Post a comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India