Tuesday, 15 September 2020

Berita TERBARU DI INDONESIA Yang Dihimpun Dari Berbagai Sumber Media Mainstream Dan Medsos,Silakan Bagikan.

20200915 SELASA hari ini
Berikut ini Resume HOT Isu yang dihimpun dari berbagai Sumber Media Mainstream dan Media Sosial yang berkembang.

1. Menko Polhukam Mohammad Mahfud MD mengatakan, rasa nasionalisme atau cinta tanah air seseorang kepada negara bisa hilang bila orang-orang yang memimpin dalam pemerintahan negara tersebut sangat koruptif. Sindiran tersebut disampaikannya dalam acara pelantikan mahasiswa baru UNS Solo, Senin (14/9).  “Karena nasionalisme itu bisa luntur kalau orang-orang yang memerintah di negara itu koruptif. Mau enaknya sendiri. Kesetiaan bisa berpindah,” tegas Mahfud.

Mahfud bercerita, anak-anak potensial dan berprestasi di Indonesia banyak yang kesulitan mencari kerja dan kesulitan memperoleh izin berusaha di dalam negeri. Indonesia masih dibelenggu oleh budaya nepotisme yang sangat kuat berakar di tengah masyarakat. “Kalau bukan family-nya ga diterima, kalau tidak bayar gak diterima. Kalau izin perusahaan harus nyuap,” ujarnya.

2. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan minta jajaran Satpol PP tidak tergoda oleh uang sogokan selama mengawasi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di masa PSBB secara total. Anies berpesan kepada seluruh jajarannya bersinergi untuk memastikan pelaksanaan PSBB berjalan tertib dan lancar. Ia meminta anak buahnya memegang teguh komitmen untuk tidak menjual kewenangannya terhadap uang sebesar apapun.

3. Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto menyatakan, pelaksanaan PSBB di DKI Jakarta perlu disinkronkan. Karena itu, sebelum pelaksanaannya, pemerintah pusat bersama Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Jawa Barat, dan Gubernur Banten menggelar rapat sinkronisasi. (...teruskan baca berita 20an item lainnya di bawah...)
[ https://www.infotangsel.co.id/2020/09/berita-terbaru-di-indonesia-yang.html ]

4. Presiden Jokowi meminta agar setiap pengambilan keputusan terkait penanganan Covid-19  dikoordinasikan terlebih dahulu antar-para pengambil kebijakan. sehingga keputusan yang dihasilkan betul-betul bisa memberi manfaat yang besar bagi masyarakat baik dari aspek kesehatan atau pun aspek lain. Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam rapat terbatas dengan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/9).

5. Wakil Ketua MPR Syarief Hasan menilai, BIN tidak memiliki payung hukum untuk membentuk pasukan khusus. Pembentukan pasukan khusus, justru berpotensi menimbulkan polemik, lantaran kekuatan bersenjata selama ini menjadi ranah TNI dan Polri.
“Hanya dua lembaga itu yang memiliki mandat konstitusional untuk mengadakan pasukan bersenjata,” kata Syarief dalam keterangan tertulis, Senin (14/9) seraya menambahkan, ‘’Di dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2011 tentang Intelijen Negara, tidak ada klausul yang mengatur bahwa BIN boleh memiliki pasukan bersenjata.’’

6. Guru Besar bidang Politik dan Keaman Unpad, Bandung Muradi menegaskan, Badan Intelijen Negara ( BIN) tidak diperkenankan memiliki satuan pemukul sendiri. Meski demikian, ia mengatakan, BIN diperkenankan memiliki agen khusus yang memiliki kemampuan yang lebih baik, dengan menyesuaikan medan penugasannya.
Sebagai lembaga intelijen, Muradi menjelaskan, karakteristik tugas BIN adalah untuk mendeteksi dini setiap potensi ancaman keamanan yang timbul. “Badan intelijen di negara demokratis tidak diperkenankan memiliki satuan pemukul sendiri. Karena karakteristik lembaga intelijen bukan satuan pemukul, melainkan deteksi dini yang end user-nya adalah presiden,” kata Muradi, Minggu (13/9).

7. Seperti diketahui, BIN memamerkan pasukan khusus Rajawali yang menampilkan atraksi militer pada saat acara Inagurasi Peningkatan Statuta Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) di Plaza STIN, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/9). Keberadaan pasukan khusus BIN ini kali pertama mencuat ke publik melalui rekaman video Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang diunggah di akun instragam pribadinya @bambang.soesatyo. Video berdurasi 38 detik itu menunjukkan, pasukan khusus ini mengenakan seragam serba hitam lengkap dengan senjata laras panjang.
Selain itu, beberapa personel juga tampak menggunakan seragam kamuflase militer. Mereka memperagakan parade militer di hadapan Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Sakti Wahyu Trenggono, beserta sejumlah jenderal. Bamsoet, sapaan karib Bambang Soesetyo, menyanjung keberadaan pasukan khusus tersebut.

8. Wakil Ketua DPR bidang Korpolkam Azis Syamsuddin merasa prihatin atas penyerangan terhadap Syekh Ali Jaber di Lampung, Minggu (13/09). Politisi asal Lampung ini meminta aparat kepolisian membuka motif pelaku penyerangan. Azis juga meminta, aparat kepolisian cepat dan tegas dalam melakukan investigasi kasus penyerangan sehingga motif pelaku dapat diketahui, termasuk jika ada aktor di belakangnya.
“Saya mengutuk keras peristiwa itu, aparat penegak hukum dapat harus segera membuka motif pelaku penyerangan yang tidak bermoral itu. Kepolisian jangan mudah memberikan kesimpulan ‘gangguan kejiwaan’ terhadap pelaku,” tegasnya dalam keterangan tertulis, Senin (14/9).
Azis berharap, peristiwa tersebut menjadi pembelajaran bagi aparat keamanan dalam melakukan pengawasan saat kegiatan ceramah. “Saya mempertanyakan standar operasional pengamanan yang dilakukan, terlebih ini ulama besar. Saya minta fungsi deteksi dini dan keamanan ke depannya dapat dilakukan dengan baik oleh kepolisian dan intelejen,” ujarnya.

9. Menko Polhukam Mahfud MD menjenguk ulama Syekh Ali Jaber di kediamannya, Senin (14/9) malam. Syekh sehat walafiat, fisiknya kuat, dan tetap semangat bercerita tentang kegiatan dahwahnya. Mahfud menyampaikan bahwa pemerintah akan mengusut tuntas kasus tersebut secara transparan.  “Beliau sempat menitipkan salam sungkem untuk disampaikan kepada Presiden, bahwa Syekh Ali Jaber baik-baik saja. Alhamdulillah,” ujar Mahfud MD.
Mahfud MD menginstruksikan aparat keamanan, Densus 88, Kabaintelkam, BIN, BAIS, dan BNPT mengusut tuntas kasus penusukan terhadap ulama Syekh Ali Jaber. Mahfud mendorong agar aparat keamanan segera melakukan pemetaan dan pemantauan sebagai upaya memberikan perlindungan kepada para da’i, terutama ulama.

10. Menko Polhukam Mahfud MD belum percaya pelaku penusukan ulama Syekh Ali Jaber mengalami gangguan jiwa. “Spekulasi di masyarakat ada dugaan, berdasarkan pengakuan keluarganya, si penusuk ini sakit jiwa, tetapi kita belum percaya. Menurut dia, spekulasi pelaku gangguan jiwa baru bisa dipastikan setelah penyelidikan oleh aparat selesai.
“Kan ada tetangganya, ada jejak digitalnya. Kalau orang sakit jiwa jejak digitlanya kayak apa, kelurganya melihatnya kayak apa, tetangganya melihat kayak apa, teman-temannya melihatnya kayak apa. Baru kita dapat menyimpulkan dia sakit jiwa,” kata Mahfud.

11. Polresta Bandar Lampung memeriksa pelaku penusukan Syekh Ali Jaber secara intensif untuk mendapatkan motif pelaku. Pemeriksaan terhadap pelaku berinisial AA (27) itu dilakukan sejak pelaku dibawa dari Polsek Tanjung Karang Barat pada Minggu (13/9) sekitar pukul 20.00 WIB hingga Senin (14/9) pukul 15.00 WIB.

12. Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Awi Setiyono mengatakan, polisi menjerat pelaku penusukan Syekh Ali Jaber, AA (27) dengan dua pasal terkait penganiayaan berat dan membawa senjata tajam tanpa hak. Polisi telah tetapkan AA sebagai tersangka dan ditahan 20 hari ke depan sejak Senin (14/9).
“Sesuai Pasal 351 ayat 2 (KUHP) dengan ancaman pidana penjara 5 tahun dan Pasal 2 ayat 1 UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 dengan ancaman pidana penjara 10 tahun,” tegas Awi Setiyono, kemarin.

13. Kapal KN Pulau Nipah-321 milik Bakamla RI mengusir kapal coast guard China dari wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia, tepatnya di Laut Natuna Utara, Kepulauan Riau, Senin (14/9). Dalam upaya pengusiran itu, personel KN Pulau Nipah sempat bersitegang dengan personel kapal China.
“Kapal Coast Guard China 5204 akhirnya bergerak keluar ZEE Indonesia dengan dibayang-bayangi KN Pulau Nipah-321 usai bersitegang melalui radio,” ujar Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Wisnu Pramandita dalam keterangan tertulis, kemarin.
14. Jubir Kemenlu, Teuku Faizasyah dalam keterangannya, Senin (14/9 mengatakan, pemerintah Indonesia melayangkan protes kepada Pemerintah China terkait masuknya kapal coast guard China di wilayah yurisdiksi Indonesia di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia atau Laut Natuna Utara, Kepulauan Riau, Sabtu (12/9). Protes tersebut disampaikan melalui Kedutaan Besar Indonesia di China pada Minggu (13/9).

15. Polri meminta daerah yang belum memiliki perda terkait sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan agar merampungkan perda tersebut dalam pekan ini ini. Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono telah memerintahkan jajarannya berkoordinasi dengan pemda yang belum memiliki perda dimaksud.
‘’Sebab, pemberian sanksi dalam Operasi Yustisi  terkait protokol kesehatan mengacu pada perda. Operasi tersebut menyasar masyarakat yang tidak menggunakan masker,’’ kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Awi Setiyono dalam diskusi virtual, Senin (14/9).

16. Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir menyatakan, masyarakat yang mampu (orang kaya) nantinya tak mendapat subsidi vaksin Covid-19. Ia mengatakan, masyarakat mampu harus membeli sendiri vaksin Covid-19 yang kini sedang menjalani uji klinis ketiga di Bandung, Jawa Barat. Erick menambahkan, saat ini pemerintah terus berupaya menjalin kerja sama dengan berbagai produsen vaksin untuk pengadaan vaksin Covid-19 di Indonesia.

17. Presiden Jokowi meminta Menkes Terawan Agus Putranto mengaudit sekaligus mengoreksi protokol keamanan di rumah sakit. Jokowi ingin rumah sakit menjadi tempat yang aman dari penularan Covid-19, baik bagi dokter maupun tenaga kesehatan.
Kepala Negara juga berpesan agar Menkes memastikan ketersediaan tempat tidur dan ICU di RS rujukan Covid-19 untuk kasus-kasus yang berat. Sementara untuk kasus sedang dan ringan, pemerintah juga terus berupaya menambah fasilitas isolasi.

18. Menkes Terawan Agus Putranto menjelaskan, pemerintah menambah jumlah ruangan di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, untuk pasien covid-19 tanpa gejala hingga dengan gejala ringan.  Penambahan itu untuk menambah kapasitas tempat tidur seiring dengan terus meningkatnya tingkat okupansi tempat tidur di rumah sakit rujukan Covid-19 di Jakarta. Selama ini yang digunakan baru tower 6 dan 7. Di Tower 6 terdapat 1.746 tempat tidur dan baru terisi 888 tempat tidur. Sedangkan di tower 7 terdapat 2.472 tempat tidur dan baru terisi 749 tempat tidur.

19. Presiden Jokowi meminta ekonomi digenjot hingga akhir September guna menghindari resesi. Ia menilai, Indonesia hanya memiliki kesempatan hingga akhir September agar pertumbuhan ekonomi Indonesia kembali positif. Untuk itu ia meminta jajarannya segera menyalurkan berbagai dana bantuan sosial yang telah dianggarkan pemerintah untuk membantu daya beli masyarakat di tengah pandemi Covid-19.
“Terkait pemulihan ekonomi nasional kita masih punya waktu sampai akhir September dalam meningkatkan daya ungkit ekonomi kita, meningkatkan daya beli masyarakat, meningkatkan konsumsi rumah tangga di kuartal ketiga ini,” kata Jokowi lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (14/9).

20. KPK berjanji segera tentukan status dugaan TPPU eks Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi. Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango mengatakan, pihaknya telah melakukan gelar perkara dan segera meneken surat perintah penyidikan terkait TPPU Nurhadi. “Sudah ada ekspose. Kita tinggal menunggu saja. Mungkin dalam waktu dekat. Mudah-mudahan enggak terlalu lama lagi,” ujar Nawawi di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (14/9).

21. Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, KPK telah menyelamatkan uang negara hingga Rp 90,5 triliun pada semester I tahun 2020. Menurut, Firli keberhasilan pemberantasan korupsi tidak bisa dilihat dari banyaknya orang yang ditangkap. ‘’Jumlah uang yang diselamatkan juga mesti dihitung,’’ katanya dalam raker dengan Komisi III DPR di Senayan, Senin (14/9).

22. Dalam raker tersebut, Firli mengajukan usulan tambahan anggaran untuk KPK pada tahun 2021 sebesar Rp 825 miliar. Menurut Firli, anggaran itu akan dimanfaatkan untuk memperbanyak penyuluh antikorupsi dan ahli pembangun integritas di seluruh kementerian/lembaga dan pemerintah provinsi serta kabupaten/kota.
“Tambahan anggaran 2021 nanti kurang lebih Rp 825 miliar dan itu akan kami gunakan untuk membangun budaya antikorupsi dengan memperbanyak penyuluh antikorupsi dan ahli pembangun integritas yang merupakan bagian dari program kerja KPK untuk mengedepankan pendidikan antikorupsi dan sosialisasi pencegahan korupsi,’’ ujarnya.

23. Plt Jubir Pencegahan KPK, Ipi Maryati Kuding, Senin (14/9) malam mengumumkan, sidang etik dengan agenda pembacaan putusan Terperiksa Ketua KPK Firli Bahuri (FB) dan Ketua Wadah Pegawai KPK Yudi Purnomo Harahap (YPH) ditunda hingga Rabu (23/9).
Ipi menerangkan penundaan sidang itu karena diperlukan tindakan cepat terkait penanganan dan pengendalian Covid-19 di lingkungan Dewan Pengawas. Pasalnya, dari hasil pelacakan internal ditemukan indikasi interaksi antara anggota Dewas KPK dengan pegawai yang terinfeksi virus corona.

24. Presiden Jokowi menugaskan Wakil Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Luhut Binsar Panjaitan dan Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo untuk mengawal kasus penyebaran virus corona di 8 provinsi. Yakni, DKI Jakarta, Jabar, Jateng, Jatim,  Sumut, Sulsel, Kalsel, dan Papua.
“Bapak Presiden meminta dua minggu ini dikoordinasikan, dikonsentrasi di 8 wilayah yang terdampak lebih besar kenaikannya,” kata Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto usai rapat dengan Presiden Jokowi, Senin (14/9).

25. Wakil Ketua Jaksa Agung Setia Untung Arimuladi meminta tambahan anggaran Rp 400 miliar pada  2021 untuk biaya renovasi Gedung Utama Kejaksaan Agung yang terbakar pada 22 Agustus lalu. “Kejaksaan memohon kiranya Komisi III DPR mendukung dan menyetujui tambahan anggaran di tahun 2021 sebesar Rp 400 miliar untuk pembangunan kembali Gedung Utama Kejaksaan Agung,” kata Arimuladi dalam raker dengan Komisi III DPR, Senin (14/9). Menurut Setia, kerusakan gedung utama akibat kebakaran itu cukup menganggu kerja Kejagung.
Seperti diberitakan, kerugian akibat kebakaran Gedung Utama Kejaksaan Agung di Jakarta Selatan pada Sabtu (22/8) diperkirakan mencapai Rp 1,12 triliun. Kapuspenkum Kejagung Hari Setiyono mengatakan, perkiraan kerugian tersebut terbagi ke dalam dua jenis. Pertama, terkait gedung dan bangunan. Kedua, kerugian yang menyangkut isi dalam bangunan terbakar.

26. Ada silang pendapat antara Pemprov DKI Jakarta dengan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo terkait tempat isolasi mendiri pasien Covid-19. Di satu sisi Pemprov DKI menyiapkan GOR di Jakarta sebagai salah satu tempat untuk isolasi pasien Covid-19, tetapi di sisi lain Doni Monardo melarang Pemprov DKI Jakarta gunakan GOR untuk mengisolasi mandiri pasien covid-19.
“Kita sampaikan pesan ke Gubernur DKI agar sementara tidak gunakan tempat-tempat, GOR, balai, yang mungkin kualitasnya tidak begitu memadai, sehingga kenyamanan masyarakat yang mendapat perawatan ini akan lebih maksimal,” ucap Doni dalam konferensi pers usai ratas bersama Presiden Jokowi melalui akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin (14/9).

27. Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Golkar Supriansa mempertanyakan urgensi anggaran Rp 121 miliar untuk pengamanan MotoGP dan Piala Dunia U-20 Tahun 2021. Ia mengatakan dua ajang internasional tersebut belum tentu digelar di Indonesia, sebaiknya anggaran itu dialihkan untuk urusan yang lebih mendesak di tengah pandemi Covid-19.
“Saya kira angka itu bisa dialihkan pada program Polri yang mendesak. Itu bisa jadi bahan pertimbangan untuk digeser karena belum ada pelaksanaannya,” kata Supriansa dalam raker Komisi III dengan Polri di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (14/9).

28. Jubir Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, keponakan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto ditunjuk sebagai Wakil Ketua Umum Partai Gerindra periode2020- 2025. Dasco juga mengatakan, saat ini Saras tengah mengikuti orientasi partai hingga beberapa hari ke depan.
Tksh,  Salam, Indonesia Maju.
INFOTANGSEL.CO.ID
https://www.infotangsel.co.id/2020/09/berita-terbaru-di-indonesia-yang.html ]

0 comments:

Post a comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India