Wednesday, 9 September 2020

Berita Paling BERHARGA HARI INI Di Himpun Dari Mainstream dan Medsos Penting Untuk Diketahui Dan Bagikan

20200910 KAMIS hari ini
Berikut ini Resume HOT Isu yang dihimmpun dari berbagai Sumber Media Mainstream dan Media Sosial  yang berkembang

1. Ketua KPK Firli Bahuri berharap tidak ada lagi Menpora yang terjerat kasus korupsi. Firli mengatakan, kasus korupsi yang menjerat dua eks Menpora, Andi Mallarangeng dan Imam Nahrawi, sudah cukup menjadi contoh dan pembelajaran agar kasus tersebut tidak terulang lagi. Tidak boleh terjadi lagi pembina olahraga terlibat dalam pusaran korupsi.

Firli menuturkan, semangat sportivitas dalam olahraga memiliki korelasi dengan semangat antikorupsi. “Kalau sportif, mampu mencetak prestasi yang sesungguhnya, maka atlit atau pemain olahraga tak akan berbuat curang. Di hatinya, tidak akan mau memanipulasi yang di luar kemampuannya,” ujar Firli.

2. Presiden Jokowi mengatakan, prestasi Indonesia di bidang olahraga masih kurang memuaskan sehingga perlu ditingkatkan. Kepala Negara meminta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) merombak total manajemen pengelolaan cabang olahraga.
“Kalau selama ini prestasi olahraga kita masih kurang berhasil itu artinya cara-cara yang selama ini kita lakukan mungkin tidak tepat, mungkin kurang tepat,” kata Jokowi, melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (9/9).

3. Presiden Jokowi menilai, ada yang salah dengan manajemen pembinaan atlet di Indonesia. Sebab, dari sekian banyak penduduk Indonesia, sangat sulit untuk menemukan atlet yang berbakat. “Ingat, penduduk kita 267 juta lebih dan mayoritas adalah generasi muda. Sangat tidak masuk akal jika kita kekurangan calon atlet yang berbakat. Pasti jutaan yang berbakat. Kalau kurang calon, pasti yang salah adalah manajemennya, bukan kekurangan bakatnya,” tegas Jokowi saat membuka acara puncak Hari Olahraga Nasional XXXVII Tahun 2020 di Istana Bogor, Rabu (9/9).

4. Ketua bidang Penegakkan Hukum dan HAM PP Muhammadiyah Busyro Muqoddas menyebut demokrasi di Indonesia kian “sakit”. Sebab, pada Pilkada 2020 muncul bakal calon kepala daerah tunggal. Laporan dari Bawaslu menyebutkan, ada 28 kabupaten/kota yang terdapat bakal pasangan calon kepala daerahnya tunggal.
“Demokrasi kita bukan saja sedang sakit, tetapi makin sakit, makin terpental, makin mengalami krisis jiwa. Itu ditandai dengan munculnya calon kepala daerah di Pilkada ini 10,37 persen yang merupakan anomali, over-crisis demokrasi kita,” katanya dalam sebuah diskusi virtual, Rabu (9/9).

5. Anggota Bawaslu, Ratna Dewi Pettalolo mengatakan, calon kepala daerah tunggal pada Pilkada umumnya petahana yang tengah berkuasa. Kecenderungan ini terjadi pada Pilkada tahun-tahun sebelumnya, termasuk Pilkada 2020 ini. Ratna mengatakan, para kepala daerah petahana memang memiliki akses sumber daya yang besar, baik uang maupun kekuasaan.
Ratna Dewi Pettalolo menambahkan, keberadaan pasangan calon tunggal akan memunculkan persoalan, yakni mulai dari praktik mahar politik hingga politik uang. Menurut Ratna, melalui mahar politik, mereka mampu “memborong” dukungan atau rekomendasi dari parpol untuk maju Pilkada. ‘’Mayoritas parpol dapat dikondisikan untuk mendukung pencalonan patahana sehingga menutup peluang munculnya pasangan calon lain,’’ tegasnya. (...teruskan baca artikel bawah...)
[https://www.infotangsel.co.id/2020/09/berita-paling-berharga-hari-ini-di.html]

6. Peneliti CSIS, Arya Fernandes menyebut, 12 dari 28 bakal calon kepala daerah yang berpotensi menjadi calon tunggal, ada kaitannya dengan PDI Perjuangan. Rinciannya, ada bakal calon tunggal yang merupakan kader PDI-P, ada pula calon yang memiliki hubungan kekerabatan dengan partai pimpinan Megawati Soekarnoputri tersebut.
“Saya menemukan bahwa 12 dari 28 itu, hampir setengah, daerah yang punya calon tunggal ternyata punya hubungan dengan PDI Perjuangan,” kata Arya seraya menambahkan, dari 12 bakal paslon tersebut, 10 di antaranya maju sebagai kandidat kepala daerah. Sementara sisanya mencalonkan diri sebagai wakil kepala daerah.

7. Tersangka Jaksa Pinangki Sirna Malasari selesai diperiksa oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) terkait kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dalam pusaran kasus Djoko S Tjandra. Ia menjalani pemeriksaan selama 14 jam dan dicecar 20 pertanyaan.
Pinangki keluar dari ruang pemeriksaan pada pukul 23.40 WIB. Ia diperiksa penyidik sejak pukul 09.41 WIB. Ia mengenakan rompi Jampidsus berwarna pink dengan tangan diborgol. Jaksa berparas lumayan ini dikawal oleh dua aparat berbaju dinas cokelat menuju ke rutan dengan menggunakan mobil. Saat keluar, Pinangki hanya terdiam sambil mengangkat kedua tangannya seraya meminta maaf saat awak media bertanya soal kasus yang menyeretnya.

8. Kejaksaan Agung mengembalikan berkas perkara tiga tersangka kasus surat jalan palsu Djoko S Tjandra ke Bareskrim Polri. Jaksa penuntut umum (JPU) menilai masih ada yang perlu dilengkapi penyidik pada berkas perkara tersebut.
Tiga berkas tersebut adalah milik tersangka mantan pengacara Djoko Tjandra, Anita Dewi Kolopaking, eks Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim Polri, Brigjen (Pol) Prasetijo Utomo, dan Djoko S Tjandra. Ketiga berkas tersebut dilimpahkan penyidik Bareskrim Polri kepada JPU atau pelimpahan tahap I pada Jumat (4/9) lalu.

9. Kejaksaan Agung menelusuri dugaan adanya aliran dana kepada adik jaksa Pinangki Sirna Malasari, Pungki Primarini. Menurut pihak Kejagung, ada dugaan Pinangki meminjam rekening adiknya untuk mengalihkan uang suap yang diduga diterima dari Djoko S Tjandra. “Mungkin ada aliran uang ke aliran adiknya, tapi belum dipastikan berapa jumlahnya,” kata Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (JAM Pidsus) Febrie Ardiansyah di kantor Kejaksaan Agung RI, Jakarta, kemarin.

10. Kejagung mengusut dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang disangkakan kepada jaksa Pinangki Sirna Malasari. Terbaru, Kejagung mengungkap adanya bukti transfer yang dilakukan oleh jaksa Pinangki kepada anak mantan Dirjen Imigrasi, Grace Veronica Sompie.
“Diperiksa itu terkait karena ada faktanya itu ada transfer ke Grace dari P,” kata Direktur Penyidikan pada Jampidsus Kejagung, Febrie Adriansyah kepada wartawan di Gedung Bundar Jampidsus Kejagung, Jalan Sultan Hasanuddin, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (9/9).
Febrie menyebut uang yang ditransfer relatif kecil. Namun ia tak menyebutkan rinci berapa nominal uang yang ditransfer tersebut. “Kecil lah, yang jelas kita ingin tahu saja. Konteksnya, nanti lah, saya khawatir ganggu penyidikan,” tuturnya. Hari menuturkan, penyidik masih mendalami terkait apakah Pinangki kenal dekat dengan Grace. Febrie menyebut pihaknya masih melakukan pemeriksaan.

11. Ketua MPR Bambang Soesatyo mendesak pemerintah berikan sanksi yang lebih tegas kepada calon kepala daerah yang tidak mematuhi protokol Covid-19. Ia berharap, para calon kepala daerah turut menjaga keselamatan masyarakat dalam seluruh tahapan Pilkada 2020. “Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri, agar bersikap tegas apabila calon kepala daerah yang tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan. Kedisiplinan terhadap protokol Covid-19 mutlak diperlukan, mengingat riskannya pelaksanaan Pilkada 2020 dengan kerumunan massa,” katanya, kemarin.

12. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan sanksi pidana bisa diberikan pada para bakal calon kepala daerah Pilkada Serentak 2020 yang melanggar protokol kesehatan Covid-19. Dia mengatakan ada instrumen hukum lain yang bisa diterapkan selain memberi teguran kepada para calon kepala daerah. Misalnya hukuman yang diatur dalam UU Kekarantinaan Kesehatan dan polisi bisa melakukan penindakan.
“Di situ kan terjadi penularan Covid-19 yang besar karena dilakukan oleh kontestan yang tidak mengikuti aturan, mengajak masyarakat lainnya dalam arti dia memiliki kesengajaan,” kata Tito saat melakukan konferensi pers di Gedung Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (9/9).

13. Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis mengeluarkan perintah kepada jajarannya untuk mencegah klaster penularan Covid-19 dalam tahapan Pilkada Serentak 2020. Perintah itu tertuang dalam Surat Telegram Nomor ST/2607/IX/OPS.2./2020 tertanggal 7 September 2020 yang ditandatangani Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto, selaku Kaopspus Aman Nusa II-Pencegahan Covid-19 Tahun 2020, atas nama Kapolri.
Agus menuturkan, Polri memperkuat pencegahan penyebaran Covid-19 mengingat pilkada memasuki tahapan penetapan paslon dan kampanye, yang memiliki potensi penyebaran. “Kedua tahapan tersebut akan menyebabkan interaksi masyarakat secara langsung antara penyelenggara Pilkada, peserta Pilkada, dan masyarakat pemilih yang berpotensi menyebabkan munculnya klaster baru Covid-19,” kata Agus melalui keterangan tertulis, Rabu (9/9).

14. Politisi PDI Perjuangan Arteria Dahlan menjelaskan keluarganya tidak memiliki hubungan kerabat dengan Bachtarudin, salah seorang pendiri Partai Komunis Indonesia (PKI) Sumatra Barat. Arteria bahkan mengungkap seluruh silsilahnya demi membantah tudingan cucu pendiri PKI di Sumatra Barat.
Arteria membantah tokoh pers Sumatera Barat, Hasril Chaniago dalam sebuah acara bincang-bincang bertajuk ‘Sumbar Belum Pancasilais’ yang ditayangkan salah satu televisi swasta, Selasa (8/9). “Memang ada tokoh PKI dari Maninjau bernama Bachtarudin, (tapi) tidak ada hubungan kekeluargaan antara Bachtarudin dengan kakek dan nenek saya, baik dari pihak ayah maupun ibu,” kata Arteria dalam keterangan tertulisnya, Rabu (9/9).
Dalam acara talk show tersebut, Hasril Chaniago menyinggung soal kakek Arteria saat menjelaskan tentang Pemilu 1955 dan urutan parpol pemenangnya. Hasril menyatakan jika Bachtarudin yang disebut sebagai pendiri PKI Sumatra Barat merupakan kakek dari Arteria.

15. Politisi PDI-Perjuangan Arteria Dahlan membantah dirinya merupakan keturunan dari pendiri Partai Komunis Indonesia (PKI) Sumatera Barat, ia mengklaim berasal dari keluarga Masyumi. Bantahan itu disampaikannya menanggapi pernyataan tokoh pers Sumatera Barat, Hasril Chaniago, dalam  acara bincang-bincang bertajuk ‘Sumbar Belum Pancasilais’ yang ditayangkan salah satu televisi swasta, pada Selasa (8/9) malam.
“Kakek saya itu pedagang dua-duanya, dari ayah pedagang. Nenek saya tokoh Masyumi. Keluarga kami kan Masyumi,” katanya, Rabu (9/9). Menurut dia, pernyataan Hasril pada acara itu adalah dalam konteks analogi pada keluarga di Minang yang bisa berbeda-beda pilihan dalam urusan politik, seperti memilih Masyumi, PKI, hingga Partai Nasional Indonesia (PNI).
Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa kakeknya bernama Dahlan dan Abdul Wahab, bukan Bachtarudin seperti yang disebut Hasril pada acara itu. “Jadi itu salah kutip. Itu dia menganalogikan satu rumah,” ucap dia.

16. Menristek Bambang Brodjonegoro mengatakan, uji klinis Vaksin Merah Putih dimulai pada Januari 2021. Disebutkan, pengembangan Vaksin Merah Putih saat ini sudah mencapai 50 persen dari keseluruhan tahapan.
“Awal tahun depan sekitar bulan Januari, Lembaga Eijkman bisa menyerahkan bibit vaksin tersebut kepada PT Bio Farma untuk kemudian dilakukan formulasi produksi dalam rangka uji klinis baik uji klinis tahap 1, 2, dan 3,” ujar Bambang usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Bogor, kemarin.

17. Presiden Jokowi menekankan pentingnya vaksin untuk menangkal virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19. Jokowi meyakini produksi vaksin akan sangat membantu pemerintah menyelesaikan krisis ekonomi dan kesehatan akibat pandemi. Keyakinan itu disampaikan Jokowi saat menerima Tim Percepatan Pengembangan Vaksin di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, kemarin. Jokowi meminta laporan perkembangan Vaksin Merah Putih produksi dalam negeri.

18. Menko Polhukam Mahfud MD sebut, bakal calon kepala daerah yang positif terinfeksi virus corona sebanyak 59 orang. “Kemarin Ketua KPU, Pak Arief diundang Presiden rapat, melapor saat itu ada calon yang terinfeksi Covid-19 37 orang. Ini tadi jam satu (13.00 WIB), laporannya bertambah menjadi 46 orang. Dua jam atau satu setengah jam kemudian, laporan terakhir tadi sudah ada 58 calon yang terinfeksi Covid-19. Sekarang tambah satu lagi, menjadi 59,” ujarnya dalam konferensi pers di Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (9/9).

19. Pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama, meninggal dunia pada hari ini, Rabu (9/9). Sebelum meninggal, almarhum sempat dirawat di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta Utara. Jakob Oetama tutup usia pada usia 88 tahun. Jenazahnya disemayamkan di kantor Kompas Gramedia di Palmerah Selatan dan dimakamkan, siang ini di Taman Makam Pahlawan Utama Nasional (TMPUN) Kalibata.

20. Presiden Jokowi merasa sangat kehilangan atas wafatnya Jakob Oetama. Menurut Jokowi, Jacob bukan sekadar seorang tokoh pers, pendiri dan pemimpin surat kabar Harian Kompas atau Kelompok Kompas Gramedia, tapi tokoh bangsa. Sosok Jakob Oetama memiliki pandangan yang senantiasa bernuansa kemanusiaan. Jakob adalah  tokoh yang selalu menyampaikan pandangan dan kritik dalam bahasa yang halus dan santun.
“Selamat jalan Pak Jakob Oetama. Terima kasih untuk warisan kebajikan dan jasa almarhum untuk dunia pers dan bangsa ini,” tulis Jokowi. “Semoga segala amal pengabdian almarhum mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT, dan segenap keluarga yang ditinggalkannya tetap kuat dan tabah,” pinta Jokowi.

21. Wapres Ma’ruf Amin menyampaikan dukacita yang mendalam atas wafatnya pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama. “Saya turut berdukacita, beliau merupakan tauladan dalam dunia jurnalisme Indonesia,” ujar Ma’ruf Amin sembari mengatakan, ‘’Jakob Oetama telah menunjukkan ketekunan dan kerja keras dalam membawa jurnalisme di Tanah Air yang semakin baik. Beliau telah menunjukkan ketekunan dan kerja keras dalam membawa jurnalisme Indonesia yang lebih baik.’’

22. Penyidik Pusat Polisi Militer Angkatan Darat (Puspom AD) menetapkan seorang prajurit TNI AD, Prada MI, sebagai tersangka dalam kasus dugaan penyerangan Mapolsek Ciracas, Jakarta Timur. Komandan Puspom AD Letjen TNI Dodik Widjonarko menjelaskan, penetapan tersangka itu dilakukan setelah Prada MI selesai menjalani perawatan di Rumah Sakit Ridwan Meuraksa, Kodam Jaya, akibat kecelakaan tunggal. “Setelah dilakukan pemeriksaan secara maraton oleh penyidik, maka pada tanggal 5 September 2020 statusnya ditetapkan sebagai tersangka,” ujar Dodik dalam konferensi pers, Rabu (9/9).

23. Sebanyak 50 prajurit TNI Angkatan Darat (AD) telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penyerangan Polsek Ciracas, Jakarta Timur, pada Sabtu (29/8) dini hari lalu. Penetapan status tersebut dilakukan setelah penyidik melakukan pemeriksaan secara marathon sejak 3 hingga 8 September 2020.
“Yang sudah dinaikkan statusnya menjadi tersangka dan ditahan sebanyak 50 personel,” ujar Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Darat (Puspomad), Letjen TNI Dodik Widjonarko dalam konferensi pers, kemarin.

24. Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman mengungkapkan, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sujana berinisiatif menanggung seluruh kerugian materiil dalam kasus dugaan perusakan yang dilakukan oknum prajurit TNI di Polsek Ciracas dan sekitarnya. Kerugian materiil yang dialami kepolisian dalam peristiwa tersebut mencapai Rp 1,63 miliar.
“Dari pimpinan AD akan mengganti kerugian tersebut, namun atas kebijaksaan Kapolda Metro, untuk kerugian materiil tidak perlu diganti dan akan diatasi oleh Kapolda Metro,” ujar Dudung dalam konferensi pers, kemarin.

25. Mantan Ketua Umum PAN Amien Rais akan menjelaskan prinsip dan platform partai baru yang dibentuknya kepada publik pada malam hari ini, Kamis (10/9). “Pak Amien akan menjelaskan platform partai dan hal-hal prinsip lainnya soal partai baru, bukan deklarasi,” kata loyalis Amien Rais, Agung Mozin, kemarin.
Agung menjelaskan, sejumlah tokoh nasional akan bergabung dalam partai baru bentukan mantan Ketua Umum PAN Amien Rais. Mantan Ketua DPP PAN ini mengatakan, para pengurus partai baru ini terdiri dari mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), aktivis lingkungan, mantan perwira polisi, hingga mantan Panglima TNI.

26. Sebelumnya, Ketua DPP PAN Mumtaz Rais yang juga putra mantan Ketua MPR Amien Rais, meyakini bahwa partai politik baru yang akan dibentuk ayahnya tidak akan terwujud. “Mengapa? Karena PAN Reformasi ini alih-alih akan terbentuk serta dideklarasikan, malah akan nyungsep sebelum tumbuh,” kata Mumtaz, Senin (31/8) malam.
Mumtaz optimistis PAN Reformasi tak akan terbentuk karena tidak ada anggota dewan ataupun kepala daerah yang membicarakan rencana adanya partai baru tersebut. “Lihatlah, tidak ada satu pun anggota dewan kita dan kepala daerah kita yang mengarah ke sana. Kenapa? Karena mereka semua sibuk bekerja, bukan seperti para pengangguran itu yang luntang-lantung berhalusinasi mau bikin partai,” ujar Mumtaz.

27. Pemprov DKI Jakarta memutuskan kembali menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) secara ketat mulai Senin (14/9) depan. Dengan diterapkannya PSBB ketat, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali mewajibkan sebagian besar perkantoran menerapkan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) secara full.
“Mulai Senin tanggal 14 September kegiatan perkantoran yang non esensial diharuskan untuk melaksanakan kegiatan bekerja dari rumah,” kata Anies dalam siaran langsung Pemprov DKI Jakarta, Rabu (9/9).

28. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk menarik rem darurat dan kembali menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Anies menyebutkan, keputusan ini diambil dengan mempertimbangkan sejumlah faktor yakni ketersediaan tempat tidur rumah sakit yang hampir penuh dan tingkat kematian yang tinggi. Dengan demikian, penerapan PSBB transisi di Jakarta dicabut dan PSBB kembali diterapkan pada 14 September.
Menurut Anies keputusan ini juga mengikuti aturan Presiden Jokowi yang meminta kesehatan lebih dipentingkan. “Wabah di Jakarta ada dalam kondisi darurat dan Presiden menyatakan dengan tegas bahwa jangan restart ekonomi sebelum kesehatan terkendali. Beliau meletakkan kesehatan sebagai prioritas utama,” tegasnya.

29. Kasus Covid-19 di Jakarta makin mengkhawatirkan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar rapat khusus bersama Gugus Tugas Penanganan Covid-19. Anies mengakui, kondisi Jakarta semakin mengkhawatirkan karena positivity rate dalam sepekan terakhir yang menyentuh angka 13,2 persen.  “Angka posivity rate di Jakarta itu 13,2 persen satu minggu terakhir, secara kumulatif sejak awal pandemi hingga sekarang posivity rate kita 6,9 persen,” ujar Anies.

30. Anggota Komisi III DPR dari Fraksi NasDem Taufik Basari mengatakan, penyusunan RUU Jabatan Hakim bertujuan untuk memuliakan para hakim. “Kita ingin memuliakan hakim, kita ingin membuat hakim-hakim kita ini menjadi posisi yang terhormat di tengah-tengah masyarakat. Di beberapa negara maju, hakim merupakan profesi yang dihormati dan dijadikan panutan oleh public,’’ ujarnya.
Menurut Taufik, hakim sebagai “wakil Tuhan” harus mendapat kedudukan yang baik di tengah masyarakat maupun sistem peradilan. Ia yakin, RUU Jabatan Hakim yang menegaskan kedudukan hakim sebagai pejabat negara tersebut akan mengubah cara pandang terhadap profesi hakim.

31. Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Awi Setiyono menuturkan, polisi sedang menyelidiki Gerakan Paguyuban Kandang Wesi Tunggal Rahayu di Garut, Jabar yang diduga ingin mengubah lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Burung Garuda serta mencetak sendiri uang untuk anggotanya. “Polres Garut dan Ditreskrimum Polda Jawa Barat saat ini sedang melaksanakan penyelidikan terkait dengan Paguyuban Tunggal Rahayu tersebut,” kata Awi di Gedung Bareskrim, Jakarta Selatan, Rabu (9/9).

32. Terbongkarnya ormas tersebut setelah salah satu perwakilan organisai itu datang ke Kantor Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) di  Garut untuk mendaftarkan lembaganya. Setelah menerima ajuan pendaftaran tersebut, pihak Kesbangpolinmas Garut mencoba meminta klarifikasi dari orang yang mendaftarkan lembaganya. Namun orang itu tidak datang lagi.

33. Pimpinan KPK bertemu dengan Mensos Juliari Batubara membahas penyaluran bansos di masa pandemi Covid-19, Rabu (9/9). Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar mengatakan, dalam pertemuan itu, KPK menyampaikan 1.074 keluhan masyarakat terkait penyaluran bansos yang diterima KPK melalui portal Jaga Bansos.
“Kami melihat masih banyak beberapa keluhan dari masyarakat terkait bantuan sosial. Dari catatan KPK yang ada dari Jaga Bansos, itu kita terima hingga 4 September 2020 ada 1.074 keluhan terkait bansos,” kata Lili, kemarin.

34. Menteri PAN-RB), Tjahjo Kumolo angkat suara soal rencana pemerintah kembali menyesuaikan jam kerja bagi aparatur sipil negara. “Penyesuaian sistem kerja pegawai ASN dilakukan untuk menjamin penyelenggaraan pemerintahan berjalan dengan baik dan mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 di lingkungan Instansi Pemerintah,” katanya, kemarin. Kesehatan para ASN, kata Tjahjo Kumolo, menjadi prioritas pemerintah agar dapat secara efektif menjalankan fungsi pemerintahan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik.

35. Kementerian Ketenagakerjaan  menyatakan ada 3,69 juta pekerja yang mengantongi bantuan langsung tunai (BLT) per 7 September 2020. Penyaluran itu meliputi tahap pertama dan kedua. Rincinya, penyaluran tahap pertama sebanyak 2,31 juta penerima, atau 92,42 persen dari total data tahap I yang diserahkan BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 2,5 juta.
Kemudian, tahap kedua sebanyak 1,38 juta, atau 46,20 persen dari total data 3 juta. Sepanjang tahun ini, pemerintah menargetkan 15,72 juta pekerja formal yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan akan menerima BLT sebesar Rp600 ribu selama 4 bulan.

36. Menkeu Sri Mulyani mengisyaratkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang minus 5,32 persen pada kuartal kedua tahun ini masih lebih baik ketimbang negara-negara tetangga. Ia mencontohkan Malaysia dan Thailand, yang mencatat pertumbuhan ekonomi masing-masing minus 17,1 persen dan 12,2 persen. Tidak cuma itu, ia juga membandingkan kondisi perekonomian Indonesia yang masih jauh lebih baik dibandingkan India yang minus hingga 23,9 persen.
“Daerah-daerah tetangga, seperti Thailand, Malaysia, Singapura, negatifnya enggak cuma 5,3 persen seperti kita. Mereka negatifnya 17 persen, 19 persen. Bahkan, India yang pertumbuhannya tinggi di dunia, sekarang terkontraksi 23 persen,” ujarnya saat bertemu Komite IV dan Tim Anggaran DPD RI, Rabu (9/9).
Tksh,  Salam, Indonesia Maju
INFOTANGSEL.CO.ID
[https://www.infotangsel.co.id/2020/09/berita-paling-berharga-hari-ini-di.html]

0 comments:

Post a comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India