Friday, 7 August 2020

Berita Ter HOT HARI INI yang dikumpulkan dari redaksi kami Dari berbagai Sumber Media Mainstream-Medsos

20200807 Jumat Berita Aktual :
Berikut ini Reseme HOT ISU yang dihimpun dari berbagai Sumber Media Mainstream dan Media Sosial yang berkembang

1. Koordinator MAKI Boyamin Saiman menyerahkan dokumen perjalanan Jaksa Pinangki Sirna Malasari dan pengacara Djoko Tjandra, Anita Kolopaking dari Jakarta ke Kuala Lumpur, Malaysia dengan pesawat GA820 pada 25 Nopember 2019 kepada penyidik Jampidsus Kejagung.
“Menyerahkan dokumen perjalanan yang diduga gratifikasi yang diterima oknum Jaksa Pinangki melakukan perjalanan ke luar negeri yang diduga bertemu Joko Tjandra,” kemarin.

2. Penyidik Bareskrim Polri akan jemput paksa Anita Kolopaking jika tak memenuhi panggilan kedua, pada Jumat (7/8) ini. “Kalau panggilan kedua tidak hadir, penyidik bisa melakukan upaya paksa, lakukan penjemputan yang bersangkutan,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, kemarin.(...lanjutkan baca berita menarik lainnya di bawah... )
[https://www.infotangsel.co.id/2020/08/berita-ter-hot-hari-ini-yang.html]

3. Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono menegaskan, Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri telah meningkatkan kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait penghapusan red notice atas nama Djoko S Tjandra ke tahap penyidikan. “Hasilnya kemarin pada hari Rabu, tanggal 5 Agustus, kasus daripada ini dinaikkan menjadi tahap penyidikan,” kata Argo Yuwono, Kamis (6/8) sembari menambahkan, aparat kepolisian telah meminta keterangan 15 orang saksi.
Irjen Argo Yuwono mengatakan, polisi menduga ada tindak pidana berupa penerimaan hadiah oleh penyelenggara negara dalam kasus penghapusan red notice atas nama Djoko S Tjandra. “Konstruksi hukum terhadap tindak pidana yang dipersangkakan yaitu, dugaan penerimaan hadiah oleh penyelenggara negara terkait pengurusan penghapusan red notice atas nama Joko Soegiarto Tjandra, yang terjadi sekitar Mei 2020-Juni 2020,” kata Argo Yuwono.

4. Ketua LPSK Hasti Atmojo siap memberi perlindungan apabila Anita Kolopaking dan Jaksa Pinangki Sirna Malasari bersedia jadi justice collaborator atau whistleblower terkait kasus pelarian Djoko S Tjandra. “LPSK dan Komisi Kejaksaan RI mendukung penuh aparat penegak hukum untuk membongkar kasus Djoko Tjandra, kami meyakini Anita dan Pinangki bisa menjadi pintu masuk pengusutan kasus tersebut,” ujar Hasto Atmojo melalui keterangannya, kemarin.

5. Komisi Kejaksaan belum mendapatkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Jaksa Agung Muda Pengawasan terhadap Jaksa Pinangki Sirna Malasari. Ketua Komisi Kejaksaan Barita Simanjuntak menuturkan, pihaknya sudah meminta LHP kepada Kejagung sejak pekan lalu, namun sampai sekarang belum diberikan.
Barita mengatakan, pihaknya menerima surat dari atasan Jaksa Pinangki Sirna Malasari yang menyatakan Pinangki sudah diperiksa Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan. Maka dari itu, ia minta hasil pemeriksaan Pinangki.

6. Ketua Fraksi Partai Demokrat (PD) Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas mulai berani kluruk. Ia menyoroti kondisi ekonomi Indonesia saat ini. Menuru Ibas, ekonomi era SBY meroket. Ibas menyebut, Indonesia saat ini banyak mendapat tantangan, dari pandemi, ekonomi, keuangan, pembangunan, hingga demokrasi dan hak-hak sipil. Ibas bilang, rakyat membutuhkan bukti dan janji.
“Terus terang rakyat perlu kepastian, rakyat perlu kepercayaan dan keyakinan, dan bukti, bukan janji. Alhamdulillah, kita pernah membuat itu, ketika zaman mentor kita Pak SBY selama 10 tahun, ekonomi kita meroket, APBN kita meningkat, utang dan defisit kita terjaga. Pendapatan rakyat naik dan lain-lain. Termasuk tentang persentase tingkat kemiskinan dan pengangguran,” kata Ibas, Jumat (7/8).

7. Politisi PDIP Hendrawan Supratikno gregetan mendengar pernyataan Ibas – sapaan akrab Waketum Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono — yang menyebut ekonomi Indonesia meroket saat SBY menjadi presiden. Hendrawan menyebut di era SBY banyak proyek yang mangkrak.
“SBY meninggalkan ekonomi yang stabil, datar, namun tidak cukup untuk digenjot, diakselerasi, karena kendala infrastruktur yang sangat tertinggal. Banyak proyek yang mangkrak. Bayangkan, arus mudik-balik Lebaran saja baru terurai di era Jokowi,’’ kata Hendrawan kepada wartawan, Jumat (7/8).

8. Ketua DPR Puan Maharani menerima kunjungan Ketum Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Sejumlah hal dibahas, mulai soal pilkada hingga angka pertumbuhan ekonomi RI pada kuartal III-2020 minus 5,32%. Pertemuan tersebut digelar di ruang Ketua DPR, lantai 3, Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta (6/8).
Puan didampingi Ketua Fraksi PDIP DPR Utut Adianto, sedangkan AHY didampingi Ketua Fraksi PD Edie Baskoro Yudhoyono (Ibas), Sekjen PD Teuku Riefky Harsya, dan sejumlah pengurus DPP PD. “Saya sebagai Ketua DPR dan jadi salah satu Ketua (DPP) PDIP, di beberapa tempat di Pilkada 2020, di 270 daerah. Alhamdulillah, di beberapa tempat antara PDIP dengan Demokrat lakukan kerja sama untuk dukung calon di beberapa tempat,” kata Puan seusai pertemuan.

9. Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir mengatakan, pemerintah akan beri bantuan kepada 13,8 juta karyawan swasta dengan upah di bawah Rp 5 Juta. Setiap karyawan akan dapat bantuan Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan dengan syarat terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan dengan iuran Rp 150.000 per bulan.
Erick menyebut program stimulus ini sedang difinalisasi agar bisa dijalankan oleh Kementerian Ketenagakerjaan pada September 2020. “Bantuan akan diberikan per dua bulan ke rekening masing-masing pekerja sehingga tidak terjadi penyalahgunaan,” ujarnya, kemarin.
Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir menjelaskan, tujuan pemerintah menggelontorkan bantuan bagi karyawan swasta bergaji di bawah Rp 5 juta ini adalah untuk mendorong konsumsi masyarakat di tengah pandemi Covid-19. “Hal ini penting untuk menggerakkan perekonomian dan mendorong pemulihan ekonomi,” kata Menteri BUMN ini, kemarin.

10. Presiden Jokowi mempertanyakan banyaknya bandara di Indonesia yang berstatus sebagai bandara internasional. Menurut dia, saat ini ada 30 bandara berstatus bandara internasional yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. “Ini agar kita lihat lagi. Saat ini terdapat 30 bandara internasional, apakah diperlukan sebanyak ini?” kata Jokowi dalam rapat terbatas ‘Penggabungan BUMN di Sektor Aviasi dan Pariwisata’ di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (6/8).
Presiden Jokowi mengatakan negara-negara lain tidak ada yang memiliki bandara internasional sebanyak Indonesia. Selain itu, 90 persen lalu lintas penerbangan saat ini justru hanya terfokus di empat bandara internasional saja. “Artinya kuncinya ada di empat Bandara ini, di Soekarno-Hatta di Jakarta, Ngurah Rai di Bali, Juanda di Jawa Timur dan Kualanamu di Sumatera Utara,” ujar Jokowi.

11. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yakin Pilkada Serentak 2020 menjadi salah satu harapan untuk meningkatkan belanja dan produksi masyarakat. Sebab, perputaran uang selama kampanye pilkada cukup besar, yakni Rp 35 triliun.
“Dana yang beredar untuk pilkada untuk penyelenggaraan Rp 24 triliun. Kemungkinan dana yang dikeluarkan para calon bupati, wali kota, gubernur itu bisa mencapai minimal Rp 10 triliun sendiri. Jadi saat pilkada kemungkinan Rp 34-35 triliun,” ujarnya, kemarin.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memaparkan strategi kebijakan dalam pemulihan ekonomi nasional (PEN). Ia jelaskan, strategi utama dalam mempercepat pemulihan ekonomi adalah melalui peningkatan belanja pemerintah. Ketum Golkar ini berharap, optimalisasi belanja pemerintah melalui implementasi program PEN, peningkatan daya beli masyarakat, dan dukungan dari berbagai sektor dapat mendorong pemulihan ekonomi di triwulan III dan IV.
Dia menyebut, pemerintah akan menjalankan program penanganan Covid-19 yang lebih serius dan terstruktur. Program ini diharapkan mampu memulihkan kepercayaan masyarakat dan rumah tangga untuk melakukan aktivitasnya termasuk belanja/konsumsi/investasi.
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, meski mengalami pertumbuhan ekonomi yang negatif, kontraksi ekonomi RI tidak jatuh bila dibanding beberapa negara dunia. Namun tentu saja, pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2020 menjadi pertaruhan Indonesia bakal masuk jurang resesi atau sebaliknya. Menurut dia, perbaikan bisa dicapai dengan memperkuat realisasi jaring pengaman sosial baik dalam bentuk barang melalui bansos maupun uang tunai.

12. Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto meminta skema bansos untuk masyarakat seluruhnya diganti dengan uang tunai. Menurutnya, nilai manfaat bantuan sosial tunai (BST) lebih dapat dirasakan masyarakat untuk membantu pergerakan ekonomi.
“Agar tidak ribet dan lebih tepat sasaran sesuai dengan nilai yang ditentukan, sebaiknya bantuan sosial tunai (BST) dalam bentuk uang tunai, supaya warung-warung kecil dan pasar di sekitar mereka bisa menggeliat,” kata Yandri, kemarin.

13. Mendagri Tito Karnavian perintahkan Ditjen Dukcapil untuk menambahkan fitur status hukum seseorang dalam database kependudukan. Dengan begitu, para pelaku kejahatan atau buronan tidak punya celah menyalahgunakan data kependudukan.
“Sebab Dukcapil itu dalam satu sistem, begitu ada masukan data DPO maka akan menjadi alert system sehingga para buron tersebut tak dibuatkan dokumen kependudukannya sebelum mereka memenuhi tuntutan hukum,” kata Tito, kemarin.
Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakhrulloh mengatakan, setidaknya ada tiga data dari Dukcapil yang bisa dimanfaatkan Kejagung dalam penegakan hukum. Pertama, data kependudukan yang bersifat perseorangan. Kedua, seandainya tersangka bungkam tidak mau bicara, maka data sidik jari yang bersangkutan juga bisa dengan mudah diverifikasi. Ketiga, verifikasi bisa menggunakan teknologi face recognition atau pemindai wajah.

14. Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan, ada delapan kabupaten/kota yang berstatus zona merah selama empat minggu berturut-turut, yakni Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Kota Semarang, Kabupaten Banjar, Kota Banjar Baru, Kabupaten Tabalong, Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang.
Wiku meminta para bupati dan wali kota yang berzona merah tersebut memperhatikan penanganan Covid-19 di wilayah mereka masing-masing termasuk melaporkan kendala yang dihadapi kepada Satgas Covid-19 Nasional. “Jadi dalam waktu 1 bulan berstatus zona merah tanpa ada perubahan,” kata Wiku, kemarin.
Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito akui, kemampuan contact tracing atau penelusuran kontak di Indonesia masih rendah. “Kami mengakui bahwa kemampuan contact tracing di Indonesia masih rendah saat ini,” kata Wiku di Istana Kepresidenan, Jakarta, kemarin.

15. Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo akui kekurangan SDM untuk jalankan mesin tes Polymerase Chain Reaction (PCR) di hari libur. Akibatnya, pemeriksaan sampel saat libur berkurang hingga 50 persen dari hari biasa. Presiden Jokowi perintahkan uji spesimen dalam sehari sebanyak 30.000 sampel. “Kalau jumlah mesin PCR sudah cukup banyak, 270 laboratorium. Tetapi, belum diikuti dengan SDM petugas laboratorium sehingga hasilnya belum bisa optimal,“ katanya, kemarin.

16. Katib Am PBNU Yahya Cholil Staquf menyampaikan, NU memutuskan tetap ikut dalam Program Organisasi Penggerak (POP) yang digagas Mendikbud Nadhiem Makarim. Hal itu disampaikannya usai bertemu dengan Menteri Nadiem, Kamis (6/8).
“Dalam suasana prihatin akibat pandemi dan masyarakat sangat membutuhkan jalan keluar dari berbagai kesulitan, sangat tidak elok kalau kontroversi yang tidak substansial dibiarkan berlarut-larut,” kata Yahya Staquf.

17. Namun Ketua PBNU Marsudi Suhud dalam keterangannya kepada CNN Indonesia.com, Jumat (7/8) memastikan bahwa Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif Nahdhatul Ulama tak akan mengikuti program organisasi penggerak (POP) yang diinisiasi oleh Kemendikbud tahun ini. Marsudi menyatakan keputusan tersebut sudah diambil dalam rapat PBNU beberapa hari yang lalu. “Ya kalau program (organisasi penggerak) tahun ini, memastikan keluar untuk tidak ikut. Enggak ikut untuk tahun ini,” kata Marsudi.

18. Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, kongres luar biasa (KLB) pada 8 Agustus akan menetapkan Prabowo Subianto sebagai Ketum periode 2020-2025. Muzani jelaskan, penetapan itu berdasarkan aspirasi kader pada Rapimnas Juni lalu yang meminta Prabowo sebagai Ketum dan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.
Namun sebelum penetapan, Prabowo akan menyampaikan laporan pertanggungjawaban kepemimpinannya periode 2015-2020. “Kita harus bersatu di belakang Prabowo Subianto, berkomitmen membesarkan partai yang kita cintai ini agar menjadi partai yang solid, kuat, dan lebih besar dari sekarang ini,” ujar Muzani.

19. Rahmat Kadir dan Ronny Bugis, dua anggota polisi yang jadi terpidana kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan belum dijatuhi sanksi etik sejauh ini. “Tergantung ankumnya (atasan yang berhak menghukum). Sampai sekarang belum (dijatuhi sanksi etik),” kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, kemarin.
Seperti diketahui, Rahmat Kadir divonis 2 tahun penjara dan Ronny Bugis divonis 1 tahun 6 bulan penjara oleh majelis hakim. Argo Yuwono belum memiliki informasi apakah proses sanksi etik harus menunggu keduanya menyelesaikan masa hukuman atau dapat berjalan bersamaan.

20. Bareskrim Polri menangani 1.804 kasus kekerasan dalam tumah tangga ( KDRT) dan 2.834 kasus persetubuhan sejak Januari hingga Juni 2020. Hal itu dikatakan Kepala Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Bareskrim Polri Kompol Ema Rahmawati dalam webinar bertajuk “Urgensi Penghapusan Kekerasan Seksual yang Komprehensif”, Kamis (6/8) kemarin.
Wakil Ketua LPSK Livia Istania DF Iskandar mengatakan, kasus kekerasan seksual di lingkungan sekolah cukup tinggi.pendidikan. Berdasarkan data 2019, kasus kekerasan seksual di pesantren dan asrama sebanyak 16 kasus, SD 9 kasus, TK dan Universitas masing-masing 3 kasus, SMA dan SLB masing-masing 1 kasus.

21. Kepala Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Bareskrim Polri Kompol Ema Rahmawati mengatakan, dalam penanganan kasus kekerasan seksual, diperlukan kerja sama dan komitmen yang kuat dari semua pihak, karena pelaku kekerasan seksual bisa berasal dari mana saja, termasuk anggota keluarga sendiri. Selain itu, diperlukan jaringan yang kuat serta memiliki sarana dan prasana yang memadai agar bisa memenuhi hak dan kebutuhan korban kekerasan seksual.

22. Wapres Ma’ruf Amin mengatakan, kalau masalah sertifikasi halal, Indonesia itu menjadi rujukan dunia atau global dan standar halal Indonesia dipakai di seluruh dunia. Ia menuturkan, lebih dari 50 lembaga sertifikat halal dunia, menggunakan standar halal Indonesia untuk produk-produk yang beredar di negara mereka. Negara-negara tersebut, meminta endorsement atau persetujuan dari Indonesia untuk produk-produk halal mereka.

23. Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan, sekolah di Zona Hijau Covid-19 harus menghentikan aktivitas pembelajaran tatap muka bila terjadi kondisi yang memburuk. “Zona yang sudah hijau jika kondisinya memburuk, maka pembelajaran tatap muka harus segera dihentikan, dan prosesnya kembali lagi ke awal,” ujar Nadiem, kemarin.

24. Mantan Ketua PPATK Yunus Husein mengatakan, aparat penegak hukum belum maksimal terapkan pasal pencucian uang terhadap kasus korupsi yang mereka tangani dan itu akan berpengaruh pada upaya pengembalian aset atau asset recovery. KPK sampai 2019 baru 19 kasus, polisi dan jaksa tidak sampai 10 kasus, jadi sedikit sekali. “Bagaimana mau lakukan asset recovery kalau penegakan yang follow the money ini kurang banyak dimanfaatkan,” katanya, kemarin.

25. Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) Nawawi Pomolango menegaskan, KPK akan memaksimalkan penanganan tindak pidana korupsi atau pencucian uang yang dilakukan korporasi. Tujuannya, untuk memaksimalkan pengembalian uang hasil korupsi ke kas negara.
Pakar hukum pidana dari Unpar Bandung, Agustinus Pohan mengatakan, pemidanaan terhadap korporasi tidak bertujuan menghancurkan korporasi tersebut, tapi justru mendorong korporasi tidak berbuat jahat saat melakukan kegiatan usahanya. “Pemidanaan korporasi sama sekali jauh tujuannya daripada menghancurkan korporasi, bukan, bukan untuk membunuh korporasi itu, tapi untuk menyehatkan korporasi itu,” kata Agustinus, Kamis (6/8) kemarin.

26. Presiden Jokowi sampaikan ucapan dukacita mendalam untuk korban ledakan di Beirut, ibu kota Lebanon. “Saya turut berbelasungkawa yang terdalam untuk saudara-saudara kami di Lebanon. Dalam kejadian tragis dan menyakitkan ini, Indonesia bersama Lebanon. Pikiran dan doa kami untuk keluarga dan korban ledakan dahsyat di Beirut,” tulis Jokowi dalam akun Twitter resminya @Jokowi, kemarin. Sebelumnya, Pemerintah RI melalui Kementerian Luar Negeri telah menyampaikan belasungkawa atas insiden di Lebanon.

27. Presiden Jokowi memutuskan untuk tidak banding atas putusan PTUN yang membatalkan pemecatan anggota KPU Evi Novida Ginting.Juru bicara presiden bidang hukum, Dini Shanti Purwono mengatakan Jokowi akan menerbitkan keputusan pencabutan Keputusan Presiden (Keppres) yang memuat tentang pemecatan Evi sebagai anggota KPU.
“Presiden menghargai dan menghormati putusan PTUN yang bersangkutan, dan memutuskan untuk tidak banding,” ujar Dini, Jumat (7/8). Ia menuturkan, Keppres yang memuat pemecatan Evi diterbitkan berdasarkan putusan DKPP pada 18 Maret lalu.

28. Sekjen ILUNI UI Bachtiar Firdaus mendesak pemerintah dan parlemen agar tidak ngotot membahas regulasi yang tidak berkaitan langsung dalam penanganan Covid-19. “ILUNI UI mendesak parlemen dan pemerintah untuk tidak mengajukan dan membahas regulasi yang tidak esensial secara langsung dalam menunjang penanganan Covid-19,” kata Bachtiar, Kamis (6/8).
Ikatan Alumni UI mengusulkan, pemerintah meningkatkan penggunaan aplikasi berbasis Global Positioning System (GPS) untuk mendeteksi penyebaran virus corona (Covid-19). Masyarakat juga perlu diberikan sosialisasi lebih masif. Ketua Policy Center UI, Jibriel Avisena menilai, penggunaan GPS penting dilakukan, terutama untuk pasien yang telah dinyatakan positif dan suspek.
“Ini yang saya kira perlu untuk ditingkatkan lagi. Aplikasinya sudah ada, cuma memang one single application yang dikampanyekan secara masif belum muncul di tingkat masyarakat,” kata Jibrie, kemarin.

29. Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Cianjur dilempari bom molotov oleh orang tak di kenal, Jumat (7/8) dini hari. Akibatnya, bagian depan kantor terbakar. Pelemparan bom molotov itu pertama kali diketahui Erlan Suherman, petugas piket di DPC PDI Perjuangan Cianjur, sekitar pukul 02.00 WIB.
Erlan yang masih berjaga dikejutkan dengan suara ledakan di depan pintu masuk kantor DPC PDIP di Jalan KH Abdullah bin Nuh itu. “Begitu saya lihat ke depan, sudah ada api dan tidak jauh dari situ terlihat ada orang yang sedang kabur,” ujar Erlan
INFOTANGSEL.CO.ID 🙏🌷😇
[https://www.infotangsel.co.id/2020/08/berita-ter-hot-hari-ini-yang.html]

0 comments:

Post a comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India