Wednesday, 19 August 2020

Berita Ter HOT Hari Ini Kumpulan Dari Mainstream dan Medsos

20200819 Rabu Hari Ini
*Berikut ini Resume HOT Isu yang dihimpun dari berbagai Sumber Media Mainstream dan Media Sosial yang berkembang sampai sore ini.

1. Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) telah menggelar deklarasi di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat. Presidium KAMI Din Syamsuddin menjelaskan KAMI merupakan gerakan politik yang berbasis nilai moral.

“KAMI sebagai gerakan moral bersama, kita bergerak dan berjuang untuk itu, bahwa gerakan moral tidak sepi dari politik, ya, kita juga berpolitik tapi politik moral, tetapi politik berbasis nilai-nilai moral, maka mari bergabung. Saya tegaskan sesuai jati diri KAMI yang dibacakan dan mohon dipahami oleh pendukung kami, bahwa KAMI adalah gerakan moral seluruh rakyat Indonesia untuk menegakkan kebenaran dan menciptakan keadilan sosial,” kata Din dalam pidatonya di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/8).

2. Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo merupakan salah seorang tokoh yang berpidato dalam acara deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI). Dalam sambutannya, Gatot mengaku pernah menyampaikan peringatan terkait adanya senjata biologis yang ingin diciptakan untuk melumpuhkan negara-negara.
“Tiga tahun lalu, 26 Oktober 2017, sesaat setelah pembukaan kongres internasional, The Table Top Exercise untuk Global Health Security. Saat itu saya menyampaikan, kita patut mewaspadai adanya ancaman senjata biologis massal yang diciptakan untuk melumpuhkan negara lain, dan berpotensi menciptakan epidemik,” kata Gatot dalam sambutannya di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/8).

3. Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) menepis anggapan yang menyebut mereka sebagai barisan para mantan pejabat yang sakit hati karena dipecat Presiden Jokowi. Menurut Ketua Komite KAMI Ahmad Yani, organisasi tempatnya bernaung justru beranggotakan anggota DPD aktif, dosen, bahkan guru besar.
Lini masa media sosial memang diramaikan anggapan yang menyebut KAMI merupakan barisan sakit hati para mantan pejabat. Sebab, dalam banner-banner yang beredar di Twitter, ada sejumlah mantan pejabat era Jokowi yang disebut sebagai deklarator KAMI. Di antaranya mantan Komisaris PT Pelindo I Refly Harun, mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli, eks Menko Polhukam Laksamana (Purn) Tedjo Edhy Purdijatno, mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo, dan eks stafsus Menteri ESDM Said Didu.

4. Ada 8 tuntutan KAMI yang dibacakan di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/8/2020. Di antaranya, menuntut pemerintah bertanggung jawab mengatasi resesi ekonomi untuk menyelamatkan rakyat miskin, petani dan nelayan, guru/dosen, tenaga kerja bangsa sendiri, pelaku UMKM dan koperasi, serta pedagang informal daripada membela kepentingan pengusaha besar dan asing.
Menuntut penyelenggaraan negara untuk menghentikan sistem dan praktik korupsi, kolusi dam nepotisme (KKN), serta sistem dan praktik oligarki, kleptokrasi, politik dinasti dan penyelewengan/ penyalahgunaan kekuasaan.
Menuntut penyelenggara negara, khususnya pemerintah, DPR, DPD dan MPR untuk tidak memberi peluang bangkitnya komunisme, ideologi anti Pancasila lainnya, dan separatisme serta menghentikan stigmatisasi kelompok keagamaan dengan isu intoleransi, radikalisme, dan ekstremisme serta upaya memecah belah masyarakat. Begitu pula mendesak pemerintah agar menegakkan kebijakan ekonomi dan politik luar negeri bebas aktif, dengan tidak condong bertekuk lutut kepada negara tertentu.

5. Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) yang dideklarasikan di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat berkomitmen tidak akan menjadi partai politik ataupun ormas (organisasi kemasyarakatan). KAMI hanya jadi gerakan moral, tidak memposisikan diri sebagai oposisi, menghindari politik praktis dan tidak berniat maju pada Pilpres 2024.
“Jadi pada akhirnya kami tidak mengklaim diri kami sebagai kelompok oposisi. Kami hanya menyampaikan pikiran kami, pandangan kami, penilaian kami terhadap situasi dan kondisi sebagai partisipasi kami sebagai warga negara yang melihat biduk perahu kapal Indonesia ini akan tenggelam,” tegas Ketua Komite Eksekutif KAMI Ahmad Yani di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakpus, Selasa (18/8/2020).

6. Sejumlah tokoh masyarakat Solo dan sekitarnya juga mendeklarasikan KAMI bentukan Din Syamsuddin dkk. Deklarasi berlangsung di Hotel Riyadi Palace, Selasa (18/8) dihadiri Antara lain Ketua Dewan Syariah Kota Surakarta Muinuddinillah Basri, tokoh Mega Bintang Mudrick Sangidu. Sementara mantan Wakil Menkumham Denny Indrayana juga ikut melalui telekonferensi.

7. Elite PKB Abdul Kadir Karding menilai Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) bentukan Din Syamsuddin sebagai wadah bagi para tokoh yang kontra Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019. KAMI dinilainya sebagai bagian dari dendam lama kepada Jokowi.
“Menanggapi deklarasi KAMI yang hari ini dilaksanakan dan dihadiri beberapa tokoh yang notabene sebenarnya sejak awal sudah berbeda dengan pemerintahan Jokowi, tepatnya pada saat Pilpres, menunjukkan bahwa beliau-beliau ini tidak siap kalah, dan tidak siap menang,” ujar Abdul Kadir Karding kepada wartawan, Selasa (18/8).
Karding menilai pembentukan KAMI dilakukan atas dasar kekecewaan hasil Pilpres 2019. Ini karena tokoh-tokoh yang ada di dalam KAMI merupakan tokoh-tokoh kontra Jokowi. Adapun yang hadir pada deklarasai KAMI di antaranya Din Syamsuddin, Gatot Nurmantyo, Refly Harun, Said Didu, Rocky Gerung, Ichsanuddin Noorsy, dan Ahmad Yani.

8. Politikus PDIP Kapitra Ampera mempertanyakan arah gerakan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) bentukan Din Syamsuddin dkk. Bagi Kapitra, KAMI hanyalah gerakan politik yang berbungkus gerakan moral.
“Jadi harus jelas, KAMI ini gerakan moral atau gerakan politik, atau gerakan politik yang berbungkus gerakan moral, atau gerakan apa nih?” kata Kapitra Ampera dalam keterangan kepada wartawan, Selasa (18/8). Kapitra mengatakan setiap kritik harus disampaikan dengan cara konstitusional. Termasuk, kata Kapitra, mekanisme pemakzulan dalam sistem presidensil di Indonesia diatur secara ketat dalam UUD 1945.

9. Wakil Sekjen PPP Achmad Baidowi alias Awiek meminta Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo jelaskan soal tudingan oligarki kekuasaan secara terbuka. “Saya kira Pak Gatot harus menjelaskan secara terbuka dan jelas terkait tudingan oligarki kekuasaan,” kata Achmad Baidowi kepada wartawan, Selasa (18/8).
Awiek mengatakan kekuasaan di Indonesia tak dikelola oleh sekelompok orang. Namun, dikelola melalui hasil Pemilu 2019 yang sah secara konstitusional. “Kekuasaan di Indonesia ini bukan dikelola oleh sekelompok orang, tapi dikelola oleh pemerintahan koalisi hasil Pemilu 2019 yang konstitusional,” ujarnya.

10. Sebagai partai pengusung utama pemerintahan Jokowi, PDIP tak mau buru-buru bereaksi keras atas pernyataan mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo. PDIP memaklumi ada pihak-pihak yang tak bisa membedakan maksud dari konsolidasi demokrasi dengan oligarki. Oleh karena itu, PDIP merasa tak perlu terburu-buru memberi peringatan kepada Gatot.
“Dalam transisi demokrasi, banyak kalangan berusaha memetakan peta jalan ke depan kira-kira akan seperti apa. Ada yang optimis, antusias dan bergairah, ada yang resah dan galau. Persepsinya macam-macam yang dalam iklim dan tatanan demokrasi hendaknya dipahami sebagai hal yang wajar-wajar saja,” ujar politikus senior PDIP, Hendrawan Supratikno kepada wartawan, Selasa (18/8).

11. Kejaksaan Agung mencari tahu seorang pria yang melakukan foto bersama dengan jaksa Pinangki dan pengacara Djoko Tjandra, Anita Kolopaking. Belakangan diketahui pria tersebut merupakan seorang pengusaha bernama Rachmad. Kini pria tersebut masih berstatus sebagai saksi. Pihak Kejagung mengaku enggan memaparkan peran Rachmad dalam kasus Pinangki karena masih dalam proses penyidikan.
“Penyidik melakukan pemeriksaan pihak-pihak terkait di dalam foto ada jaksa Pinangki, ada pengacara Anita Kolopaking dan satu orang yang ternyata inisial R yang setelah dilakukan penyidikan ternyata namanya kalau nggak salah Rahmad,” kata Kapuspenkum Kejagung, Hari Setiyono, dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube Kejaksaan RI, Selasa (18/8).

12. ICW menilai penyidikan kasus Pinangki tidak berjalan objektif karena adanya  pendampingan hukum dan pendampingan tersebut berpotensi mengganggu ritme penanganan perkara dan menimbulkan kesan adanya konflik kepentingan. ICW menilai pendampingan hukum bagi Pinangki tidak sesuai dengan Pasal 2 AD/ART PJI, karena tindakan yang dilakukan jaksa Pinangki tidak terkait dengan tugas dan profesinya sebagai seorang jaksa.
ICW menuntut agar Kejaksaan Agung segera mencabut keputusan memberikan pendampingan hukum terhadap jaksa Pinangki. ICW meminta KPK mengambil alih penanganan perkara dugaan tindak pidana suap dalam kasus jaksa Pinangki.
“Sejak awal ICW sudah menaruh curiga bahwa Kejaksaan Agung akan ‘memasang badan’ saat oknum di internal lembaganya tersangkut kasus hukum. Hal ini bisa dilihat saat Kejaksaan mengeluarkan pedoman pemeriksaan Jaksa beberapa waktu lalu, yang mana menyebutkan bahwa upaya hukum terhadap Jaksa mesti mendapatkan izin terlebih dahulu dari Jaksa Agung,” kata peneliti ICW Kurnia Ramadhana.

13. Kejaksaan Agung menyatakan penasihat hukum Pinangki nantinya berasal dari luar  pihak Kejaksaan. Kapuspenkum Kejagung Hari Setiyono menegaskan Pinangki akan didampingi penasihat hukum dari organisasi profesi pengacara. Penasihat hukum ini ditunjuk oleh Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) dan di luar pihak Kejaksaan.
“Jadi perlu kami tegaskan sesuai dengan anggaran dasar Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) maka kepada anggotanya diberikan hak untuk didampingi pengacara atau penasihat hukum yang oleh pengurus PJI ditunjuk pengacara atau penasihat hukum dari luar Kejaksaan, dari organisasi profesi pengacara, bukan dari Kejaksaan atau jaksa tidak boleh beracara pidana kecuali pengacara negara,” ungkap Hari di kantor Kejagung, kemarin.

14. Menaker Ida Fauziyah berikan bantuan sarana usaha pemberdayaan tenaga kerja untuk membantu awak kapal ikan migran/awak buah kapal (ABK) purna yang terdampak pandemi COVID-19. Bantuan ini diharapkan dapat membantu ABK dan keluarganya untuk berwirausaha maupun mengembangkan wirausaha yang sudah ada.
“Bantuan ini merupakan kepedulian dari pemerintah, dalam hal ini Kementerian Ketenagakerjaan, yang tidak hanya ditujukan bagi awak kapal migran, tetapi juga kepada anggota keluarganya yang saat ini terdampak pandemi COVID-19,” ujar Ida dalam keterangan tertulis, Selasa (18/8).

15. BNPB datangkan dua helikopter jenis Chinook dan Black Hawk buatan Amerika Serikat. Kedua helikopter ini dimaksudkan untuk mendukung penanganan bencana di Tanah Air, khususnya kebakaran hutan dan lahan dan distribusi logistik COVID-19.
“BNPB menyewa armada tersebut untuk mendukung penanganan bencana, seperti kebakaran hutan dan lahan (karhutla), distribusi logistik, dan COVID-19,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati dalam keterangan persnya, Selasa (18/8).

16. Kejagung: KPK Ikut Bantu Tangani Kasus Pemerasan 64 Kepsek di Inhu. Kejaksaan Agung menetapkan Kajari Indragiri Hulu Hayin Suhikto dan dua orang jaksa lainnya sebagai tersangka terkait kasus dugaan pemerasan 64 kepala SMP di Indragiri Hulu, Riau. Diketahui KPK juga sudah menangani perkara tersebut. Kejagung memastikan bersama KPK akan saling mendukung terkait pengusutan kasus tersebut.
“Sebagaimana MoU kami antara kejaksaan, kepolisian, dan KPK bahwa kami saling mendukung dalam proses penanganan perkara tindak pidana korupsi. Kami sudah melakukan pemeriksaan terhadap yang bersangkutan sejak 21 Juli 2020. Jadi tadi juga saya sampaikan Inspektorat Kabupaten Indragiri Hulu juga melaporkan ke KPK, jadi kami sinergi,” kata Kapuspenkum Kejagung Hari Setiyono dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube Kejaksaan RI, Selasa (18/8).

17. Kejaksaan Agung menetapkan Kepala Kejaksaan Negeri Indragiri Hulu sebagai tersangka kasus pemerasan terhadap 64 kepala SMP di Kabupaten Indragiri Hulu. Selain itu, ada 2 tersangka lain yang ditetapkan.

18. Asep Subahan, mantan Lurah Grogol Selatan, memenuhi panggilan Bareskrim Polri. Asep dipanggil untuk dimintai keterangannya mengenai e-KTP Joko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra yang diterbitkan olehnya.
“Hari ini tim penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum melaksanakan pemeriksaan terhadap satu orang saksi, yaitu Asep Subahan, mantan Lurah Grogol Selatan,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono lewat pesan singkat pada Selasa (18/8).
Argo mengatakan Asep diperiksa dari pukul 10.00 hingga 17.00 WIB. Penyidik mencecar Asep dengan 22 pertanyaan, antara lain mengenai proses perkenalan saksi dengan pengacara Djoko Tjandra Anita Kolopaking dan Djoko Tjandra, pertemuan saksi dengan Anita dan Djoko Tjandra di Kelurahan Grogol Selatan.

19. Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan mengatakan konstitusi dalam bentangan sejarah telah menjadi dokumen nasional yang menegaskan identitas dan cita-cita Indonesia merdeka. Itu menghasilkan piagam kelahiran bangsa Indonesia dan meneguhkan Dasar Negara Pancasila.
Ia memandang peresmian konstitusi negara pada tanggal 18 Agustus 1945 dalam Sidang PPKI puluhan tahun silam juga merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945.
“(Oleh karenanya) memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia juga berarti memperingati Hari Lahirnya Konstitusi Negara,” ungkap Syarief dalam keterangannya, Selasa (18/8).

20. Ketua MPR Bambang Soesatyo memandang, momen peringatan Hari Konstitusi Indonesia tanggal 18 Agustus sebagai waktu yang tepat bagi Bangsa Indonesia untuk merefleksi dan mengevaluasi pelaksanaan konstitusi. Dari situ akan diketahui apakah konstitusi telah berhasil memandu kehidupan bangsa Indonesia.
“Untuk menjamin bahwa UUD adalah konstitusi yang hidup dan bekerja untuk kesejahteraan masyarakat, maka UUD NRI Tahun 1945 memberikan wewenang kepada MPR untuk melakukan evaluasi dengan kewenangan mengubah dan menetapkan UUD, apabila tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” kata Bamsoet dalam peringatan Hari Konstitusi di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Selasa (18/8).

21. Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mengaku saat ini sedang melakukan kajian seputar aktivitas perjalanan masyarakat. Satuan Tugas Penanganan COVID-19 menuturkan ada beberapa opsi yang sedang dikaji untuk menemukan langkah tepat terkait pencegahan penularan virus Corona dari satu darah ke daerah lainnya.
“Kami perlu sampaikan sampai saat ini Satgas COVID-19 sedang melakukan kajian terhadap opsi-opsi yang terbaik untuk pelaku perjalanan dalam rangka untuk menghindari penularan dari satu daerah ke daerah lainnya,” jelas jubir Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers yang disiarkan Sekretariat Presiden melalui YouTube, Selasa (18/8).

22. Pemerintah segera mengatur harga tes swab mandiri agar masyarakat tidak terbebani dengan harga tes yang terlalu tinggi. Sementara pasien yang melakukan tes swab di fasilitas kesehatan rujukan pemerintah tak dikenakan biaya.
“Untuk masyarakat yang melakukan tes secara mandiri di fasilitas kesehatan swasta kami juga akan segera melakukan pengaturan terhadap harga agar tidak terlalu tinggi sehingga menyebabkan keberatan dari anggota masyarakat untuk melakukan tes swab tersebut,” kata jubir Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers yang disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (18/8).

23. Satgas Covid-19 mewaspadai kemunculan klaster baru akibat aktivitas kerumunan di masyarakat, termasuk kerumunan saat deklarasi gerakan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) di Tugu Proklamasi, Jalan Pegangsaan Timur, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/8). Menjelang deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI), massa terlihat mengabaikan abaikan jaga jarak protokol kesehatan pencegahan virus corona.
“Hari ini ada gerakan dari KAMI di Tugu Proklamasi, dan terlihat kerumunan massa, sebagian pakai masker dan ada yang diturunkan ke dagu, hal seperti ini kita mohon cegah bersama-sama supaya tidak berulang terjadi klaster,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Wiku Adisasmito di Kantor Presiden, Selasa (18/8).

Satgas Penanganan COVID-19 mengatakan obat COVID-19 yang ditemukan Unair yang bekerjasama dengan TNI AD dan BIN merupakan bagian dari upaya penemuan obat yang juga dilakukan berbagai pihak lain. Namun, Satgas COVID-19 menekankan transparansi soal uji klinis dan kaji etik.
“Tentunya Unair dalam menjalankan testing atau uji klinis obat tersebut telah melalui kaji etik yang dilakukan di universitasnya, dan tentunya transparansi publik sangat diperlukan. Untuk itu Unair dengan dukungan dari BIN dan TNI AD tentu tak keberatan menjelaskan bagaimana kajian etik berlangsung dan uji klinis yang sedang dijalankan,” kata jubir Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito dalam konpers yang disiarkan di YouTube Sekretariat Kabinet, Selasa (18/8).

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mengatakan pemerintah menjamin ketersediaan jarum suntik vaksin virus Corona (COVID-19) tahun ini. Satgas Penanganan COVID-19 menerangkan perusahaan farmasi milik Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Indofarma, mampu memproduksi 100 juta jarum suntik untuk vaksin Corona dalam setahun.
“Kami ingin sampaikan bahwa sekarang perusahaan BUMN, Indofarma, telah mampu memproduksi sekitar 100 juta jarum suntik pada tahun ini,” kata Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan Sekretariat Presiden melalui Youtube, Selasa (18/8/2020).

KPK membentuk 15 satgas khusus pencegahan dan penindakan untuk mengawasi anggaran pengadaan barang dan jasa di masa pandemi COVID-19. Selain itu KPK juga sudah membuat aplikasi bernama Jaga Bansos agar masyarakat dapat melaporkan distribusi bantuan sosial.
“Tidak sedikit yang KPK lakukan untuk melakukan pencegahan korupsi khususnya terkait penanganan COVID-19. Kita betul-betul membuka ruang supaya masyarakat ikut aktif berperan serta memberikan informasi supaya tidak terjadi korupsi, salah satunya adalah khusus pandemi COVID-19. KPK telah membentuk 15 satgas pencegahan dan 8 satgas penindakan,” kata Ketua KPK Firli Bahuri, dalam konferensi pers capaian kinerja KPK semester I 2020, yang ditayangkan di YouTube KPK, Selasa (18/8).

24. KPK merilis capaian kinerja penindakan selama semester I tahun 2020. Selama semester I 2020, KPK telah melakukan penyidikan terhadap 160 perkara, tetapkan 53 tersangka dari 43 penyidikan perkara baru. Sementara itu sebanyak 38 tersangka di antaranya telah dilakukan penahanan dari penyidikan perkara baru.
“Total pada semester 1 KPK melakukan 78 kegiatan penyelidikan, 43 penyidikan perkara baru, dan 117 perkara dari sebelum tahun 2020 sehingga total ada 160 penyidikan dilakukan pada semester ini,” ujar Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango, dalam konferensi pers yang disiarkan secara virtual di YouTube KPK RI, Selasa (18/8).

25. Bank Indonesia merespons narasi viral yang menyebut ada baju adat China di Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia Rp 75.000. Bank Indonesia menegaskan itu tidak benar. “Ada yang bertanya, itu di tengah sepertinya dari Tiongkok. Itu adalah baju adat dari Kalimantan Utara, yaitu baju adat Suku Tidung,” kata Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Marlison Hakim, dalam jumpa pers virtual, Selasa (18/8).
26. Presiden Jokowi tetapkan aparatur sipil negara (ASN) akan jalani cuti bersama pada 21 Agustus. Hal tersebut tercantum dalam Keppres Nomor 17 Tahun 2020 tentang Cuti Bersama Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2020 yang ditandatangani 18 Agustus 2020.
Keppres juga menetapkan cuti bersama pada 28 dan 30 Oktober 2020 sebagai cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW, 24 Desember 2020, sebagai cuti bersama Hari Raya Natal, dan 28, 29, 30, dan 31 Desember 2020 sebagai pengganti cuti bersama Hari Raya Idul Fitri l44l Hijriah.

26. Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 Kementerian Riset dan Teknologi/BRIN Ali Ghufron Mukti menegaskan sampai saat ini belum ada obat yang bisa diklaim khusus untuk menyembuhkan Covid-19. Sejauh ini, Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 masih dalam proses mengembangkan vaksin hasil kolaborasi Lembaga Eijkman dan Konsorsium bersama Biofarma dan Badan Intelijen Negara.
“Jadi sampai sekarang belum ada satu pun yang kita bisa klaim sebetulnya merupakan satu obat, meski banyak klaim-klaim dari beberapa yang mengatakan penelitian, belum satu pun yang bisa dikatakan obat spesifik khusus untuk Covid-19,” katanya dalam diskusi Satgas Penanganan COVID-19 di Graha BNPB Jakarta, Selasa (18/8)

27. Anggota Komite Nasional Penilai Obat Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Anwar Santoso menyebut, belum ada satu pun obat yang teruji ampuh menyembuhkan pasien virus corona (Covid-19) hingga hari ini. Menurutnya hingga saat ini obat Covid-19 yang dikembangkan masih berstatus uji klinis.
“Beberapa uji klinis sedang dilaksanakan, kemudian sudah dilakukan beberapa review, dan sampai saat ini belum ada statement yang mengatakan bahwa obat ini manjur untuk Covid-19, semuanya masih dalam status uji klinis,” ucapnya dalam siaran langsung di Graha BNPB, Selasa (18/8).

28. Kapuskes TNI Mayjen Tugas Ratmono menegaskan, semua obat yang digunakan pada pasien positif Covid-19 di Rumah Sakit Wisma Atlet sudah sesuai standar yang telah ditentukan oleh pemerintah dan organisasi profesi kedokteran. Namun, Tugas mengatakan, obat itu hanya diperuntukkan bagi pasien dengan gejala penyakit ringan hingga sedang.
“Tentunya kita menggunakan terapi semua sesuai dengan standar,” kata Tugas di Graha BNPB, jakarta Selasa (18/8) seraya menambahkan, memang banyak beredar di masyarakat terkait klaim obat yang bisa menyembuhkan atau mencegah Covid-19. Tetapi untuk pengobatan pasien Covid-19 di Wisma Atlet harus mengikuti standar khusus yang telah ditentukan pemerintah.

29. Indonesia mengumumkan 1.673 kasus baru Covid-19 pada Selasa, (18/8). Kini total kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia mencapai 143.043 kasus. DKI Jakarta, menjadi sorotan karena total kasusnya pada hari ini mencapai 30.597 termasuk penambahan 505 kasus baru. Dengan total jumlah kasus infeksi tersebut, Jakarta bahkan bisa berada di posisi 4 dari total kasus negara di ASEAN dalam hal jumlah kasus Covid-19. Hal tersebut disampaikan oleh analis data, sekaligus inisiator Pandemic Talks Firdza Radiany dalam cuitannya di Twitter.

30. Pimpinan DPR RI mengundang belasan pimpinan serikat buruh untuk berdiskusi tentang Rancangan Undang-undang (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja (Ciptaker) pada Selasa (18/8). Pimpinan serikat buruh yang diundang adalah Said Iqbal (KSPI), Riden Hatam Azis (FSPMI), Joko Heriono (SPN), Mirah Sumirat (Aspek Indonesia), Sunandar (FSP KEP KSPI), Idris Idham (Farkes). Berdasarkan salinan undangan yang diteken Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad, diskusi digelar dalam bentuk focus group dicsussion (FGD) di Kompleks Parlemen, Senayan, mulai pukul 10.00 WIB.

31. Tim Densus 88 Antiteror Polri menangkap 9 terduga teroris di Padang, Sumatera Barat selama 21-27 Juli 2020. “Pada tanggal 21 sampai dengan 27 Juli 2020, telah dilakukan penegakkan hukum terhadap 9 tersangka tindak pidana terorisme kelompok JAD (Jamaah Ansharut Daulah) Padang, Sumatera Barat,” ucap Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Awi Setiyono di Gedung Bareskrim, Jakarta Selatan, Selasa (18/8). Menurut dia, pada 21 Juli 2020, Densus 88 menangkap tersangka FD alias Bima (22), HC alias Abu Randu (44), S (38), H alias Abu Qori (37), AF (20), FA alias Abu Said (37), serta B alias Abu Rahmat (49).

32. Istri pimpinan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Ali Kalora berinisial L alias Ummu Syifa (28) ditangkap Satgas Tinombala di Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng). Peran Syifa di MIT adalah menyembunyikan informasi tentang keberadaan kelompok teroris yang sudah ditetapkan di dalam daftar pencarian orang (DPO).
Polisi menyebut Ummu Syifa baru 23 hari bergabung dengan MIT. Karo Penmas Polri Brigjen Awi Setiyono mengatakan, Ummu Syifa ditangkap di Jl Trans Poso Sulawesi (Jembatan Puna) Kasiguncu, Kecamatan Poso Pesisir Selatan, Sulteng, pada Rabu (29/7) sekitar pukul 14.00 Wita. Ada dua barang bukti yang disita dari tangan Syifa.
33. Satgas Tinombala juga menangkap seorang berinisial YS (21) sekitar pukul 12.00 Wita. YS ditangkap di lokasi berbeda, yakni di Jl Trans Poso-Napu Desa Tangkura, Kecamatan Poso Pesisir Selatan, Kabupaten Poso, Sulteng. Ada lima barang bukti yang disita dari tangan YS. Awi mengatakan YS berperan mengantarkan uang, makanan, serta seseorang untuk bergabung dengan MIT.
“Peran, mengantarkan Iman ke daerah Tangkura untuk bergabung dengan kelompok MIT. Berencana mengantarkan uang sebesar Rp 1.590.000 dan makanan kue kepada kelompok MIT,” ujar Awi lagi.

34. Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian meminta Mendikbud, Menkominfo, dan Menperin untuk kerja sama terkait kesulitan akses internet warga untuk belajar online. “Kita sudah beberapa kali mendorong untuk terjadi satu kolaborasi antara Mas Menteri  dengan menteri lain, seperti Menkominfo dan Menperin,” kata Hetifah saat pemaparan survei, Selasa (18/8), menanggapi hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang menyebut 92 persen responden alami kesulitan dalam belajar
 online, salah satunya terkait dengan minimnya akses internet.
Tksh,  Salam  🙏🌷😇
INFOTANGSEL.CO.ID

0 comments:

Post a comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India