Monday, 24 August 2020

Berita Ter HOT HARI INI Dari Berbagai Sumber Media Mainstream dan Medsos, Bagikan Juga Ke Teman Anda

20200824 SENEN Berita terkini
Berikut ini Resume HOT Isu yang dihimpun dari berbagai Sumber Media Mainstream dan Media Sosial yang  berkembang

1. Publik masih memperbincangkan kebakaran hebat yang melanda gedung Kejaksaan Agung di Jalan Sultan Hasanudin Dalam Nomor 1, Kelurahan Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Sabtu (22/8) malam. Kebakaran tersebut mulai diketahui sejak pukul 19.00 WIB. Publik mempertanyakan, berapa kerugian negara akibat kebakaran tersebut.
Kapuspenkum Kejagung Hari Setiyono menjelaskan, berdasarkan laporan sementara, kebakaran di gedung tersebut berasal dari lantai enam yang merupakan bagian kepegawaian. Mulanya, kebakaran besar terlihat di sisi utara sebelah kanan gedung lalu merembet hingga ke sisi tengah hingga sebagian kecil sisi selatan.

2. Api yang membakar gedung Kejaksaan Agung baru dinyatakan padam pada Minggu (23/8) sore. Mobil-mobil Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta mulai meninggalkan lokasi kebakaran sekitar pukul 17.30 WIB. Humas Dinas Gulkarmat Mulat Wijayanto mengatakan, proses pemadaman telah rampung sejak pukul 16.00 WIB. Berarti kebakaran yang terjadi di gedung utama Kejagung terjadi selama 21 jam. “Sudah (selesai proses pemadaman dan pendinginan) 50 menit yang lalu,” kata Mulat saat dikonfirmasi, Minggu (23/8).

3. Jaksa Agung ST Burhanuddin untuk sementara bakal berkantor di Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan Agung RI di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan mulai hari ini, Senin (24/8). Perpindahan ini menyusul kebakaran di Gedung Utama Kejagung pada Sabtu (22/8) malam.
Hingga kini belum diketahui pasti penyebab insiden tersebut. Kepolisian memperkirakan baru bisa melakukan olah tempat kejadian perkara besok, usai proses pendinginan bangunan yang hangus terbakar. “Jadi yang berkantor di kampus A Ragunan, Diklat Ragunan adalah Pak Jaksa Agung, Pak Wakil Jaksa Agung, dan Jaksa Agung Muda Pembinaan beserta staf,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Hari Setiyono, Minggu (23/8).

4. Ketua Komisi Kejaksaan Barita Simanjuntak meminta Kejaksaan Agung segera menyusun rencana darurat atau emergency planning usai Gedung Utama Kejaksaan Agung terbakar pada Sabtu (22/8). Emergency planning yang harus disiapkan mengenai pemulihan data-data yang ikut terbakar. Menurutnya, rencana darurat perlu dilakukan agar tugas-tugas pokok seperti pelayanan SDM tidak terganggu.
“Sekarang yang perlu emergency planning untuk recovery. Khususnya agar tidak terganggu tugas-tugas pokok,” kata Barita, Minggu (22/8) seraya meminta Kejagung menelusuri data cadangan yang terbakar. “Itu yang mungkin menjadi bagian emergency planing. Perencanaan bagaimana me-recovery dokumen, inventarisasi, telusuri dokumen yang hilang, dokumen yang masih ada, dan dokumen yang hilang itu di mana back up-nya,” ujarnya.

5. Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan, berkas perkara kasus-kasus besar seperti kasus buron hak tagih Bank Bali Djoko Sugiarto Tjandra dan Jiwasraya aman dari kobaran api di Gedung Kejaksaan Agung.
“Pemerintah memberikan jaminan sepenuhnya bahwa berkas-berkas perkara yang sedang ditangani oleh Kejaksaan Agung di mana yang saat ini sangat menonjol ada dua perkara, yaitu kasus Djoko Tjandra yang melibatkan Jaksa Pinanagki dan kasus Jiwasraya. Itu data-datanya, berkas berkas perkaranya aman. Seratus persen aman,” ujar Mahfud dalam konferensi pers virtual Minggu (23/8).

6. Menko Polhukam Mahfud MD meyakini berkas dan data di Gedung Kejaksaan Agung yang terbakar tetap aman. Jika ada data yang terbakar, tak masalah karena Kejagung memiliki tempat penyimpanan secara digital. “Sekarang ini kan era digital. Kalau cuma barang-barang rusak, kan bisa ditemukan lagi lewat digital. Pasti ada pusat penyimpanannya di luar Kejaksaan Agung,” kata Mahfud, Sabtu (22/8).
Menurutnya, aneh jika data-data di Kejagung sampai hilang akibat kebakaran ini. “Kalau sampai hilang aneh, kalau sampai tidak ditemukan jejaknya kan aneh,” tutur Mahfud.

7. Menko Polhukam Mahfud MD meminta masyarakat bersabar menunggu Polri mengungkap hasil penyelidikan ihwal penyebab terjadinya kebaran di gedung utama Kejaksaan Agung. Ia menambahkan saat ini sudah dibentuk posko bersama antara Bareskrim Polri dengan Kejaksaan Agung untuk menyelidiki kasus tersebut.
“Untuk menyelidiki sebab-sebab terjadinya kebakaran itu, kita harus menunggu penyelidikan dari Polri. Sekarang sudah dibentuk posko bersama antara Kabareskrim dan Jaksa Agung Muda bidang Pidana Umum (Jampidum) untuk melakukan penyelidikan-penyelidikan,” kata Mahfud MD, kemarin.(..teruskan baca 20an items berita menarik lainnya di bawah...)
[https://www.infotangsel.co.id/2020/08/berita-ter-hot-hari-ini-dari-berbagai_24.html]

8. Kapuspenkum Kejagung Hari Setiyono menyatakan, semua berkas perkara yang ditangani pihaknya aman dari kobaran api yang melanda gedung utama kantornya pada Sabtu (22/8) malam hingga Minggu pagi. ” Berkas perkara 100 persen aman,” kata Hari dalam konferensi pers lewat kanal YouTube Kejaksaan RI, Minggu (23/8).
Namun ia belum bisa mengungkapkan penyebab terjadinya kebakaran yang melalap gedung utama Kejaksaan Agung itu. Menurut Hari, Polri masih menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran tersebut. Ia meminta semua pihak bersabar menunggu pengumuman resmi Polri ihwal penyebab terjadinya kebakaran. Ia juga meminta tak ada pihak yang membuat spekulasi terkait terjadinya kebakaran itu.

9. Penyidik Polda Metro Jaya mengagendakan untuk memeriksa 15 orang saksi pada Minggu (23/8) ini guna mencari tahu penyebab kebakaran yang menghanguskan gedung utama Kantor Kejaksaan Agung RI di Jalan Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan. “Jumlah saksinya berkembang, saat ini sudah ada 15 yang akan dilakukan pemeriksaan,” kata Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat usai meninjau Kantor Kejaksaan Agung, kemarin.
Tubagus mengatakan, ke-15 saksi tersebut ada yang sudah selesai diperiksa, ada yang masih proses dan nanti sore akan dimintai keterangannya. Menurut dia, pemeriksaan para saksi dalam kapasitas diinterogasi, berita acara interview untuk berbagai macam keterangan. “Keterangan itu nantinya akan digunakan menjadi bahan bagi lidik dan juga untuk pemeriksaan Puslabfor,” katanya.

10. Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat mengatakan, proses olah TKP atau tempat kejadian perkara kebakaran di Gedung Kejaksaan Agung batal dilakukan Minggu (23/8). Pihaknya masih menunggu proses pendinginan setelah api berhasil dipadamkan.
“Kita lihat dari luar masih ada beberapa bagian yang berasap, yang tidak mungkin dilakukan olah TKP dalam kondisi demikian. Itu sebabnya diagendakan hari ini kembali dilakukan proses pendinginan,

11. Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan menyatakan, struktur bangunan gedung Kejagung mudah terbakar. Karena itu api begitu cepat menjalar ke ruangan lain. Selain itu, ruangan yang saling berhimpitan membuat api dengan cepat membakar hampir seluruh gedung utama tersebut. Satriadi menuturkan, pihaknya telah mengerahkan 300 unit pemadam dan 130 personel untuk mengatasi dampak kebakaran tersebut. Menurut dia, kebakaran terjadi hanya pada gedung utama Kejaksaan Agung. Sedangkan sejumlah gedung berhasil ditangani oleh Dinas Gulkarmat.
“Karena struktur bangunan mudah terbakar, ada perambatan api karena bangunan cukup luas dan menyambung antara satu lantai dan lainnya, mengakibatkan mudahnya perlambatan sampai enam lantai,” kata Satriadi Gunawan, Minggu (23/8).

12. Gedung Utama Kejagung Masuk Cagar Budaya, oleh karenanya, Kejaksaan Agung RI bakal berkoordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait rencana renovasi gedung utama yang terbakar. Kapuspenkum Kejaksaan Agung Heri Setiyono menambahkan, karena jadi cagar budaya, maka proses renovasi ataupun pemugaran yang akan dilakukan harus sesuai dengan peraturan daerah dan seizin balai perlindungan cagar budaya.
Kendati demikian, Hari belum dapat memastikan kapan pihaknya akan membahas renovasi tersebut bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dia menyebut, pihaknya masih fokus dalam proses pendinginan seluruh area gedung utama yang terbakar.

13. Kapuspenkum Kejagung Hari Setiyono mengungkapkan, gedung utama Kejaksaan Agung yang terbakar pada Sabtu (22/8) berstatus gedung heritage sehingga tidak boleh dibongkar. Hari memastikan gedung utama yang terbakar saat ini bukanlah gedung yang baru direnovasi.
“Itu gedung utama adalah gedung heritage, jadi enggak boleh direnovasi, yang dibangun sekarang itu gedung baru di dekat lapangan,” ujarnya. Hari enggan berspekulasi terkait penyebab kebakaran di gedung tersebut. Ia tak menjawab lugas saat ditanya soal berfungsi tidaknya alat-alat pencegah kebakaran seperti water sprinkle atau smoke detector di sana.

14. Sejumlah tahanan yang berada di Gedung Kejaksaan Agung RI dievakuasi dan dipindahkan ke Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan akibat terjadinya kebakaran, pada Sabtu (22/8). Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Budi Sartono membenarkan, setidaknya terdapat 25 tahanan di bangunan lain di luar gedung utama Kejaksaan Agung RI yang terbakar.
Kendati terpisah dari gedung yang terbakar, mereka tetap dievakuasi dari gedung tahanan pada Sabtu malam kemarin. “Iya jadi kemarin dari pihak Kejaksaan Agung mengevakuasi tahanan-tahanan yang ada diamankan di tahanan Kejaksaan Agung ini,” ujar Budi, Minggu (23/8).

15. Presiden Jokowi mengatakan, setelah reformasi berlangsung 22 tahun, terlalu banyak orang yang berada di zona nyaman. Hal itu menyulitkan untuk melanjutkan agenda reformasi guna membangun Indonesia ke depan.
“Melakukan reformasi sekarang tidak mudah karena terlalu banyak orang yang menikmati situasi yang enak, yang nyaman. Banyak orang yang sudah lama menikmati zona nyaman. Zona nyaman secara ekonomi, zona nyaman karena status sehingga terusik ketika dilakukan perubahan,” kata Jokowi dalam sambutannya secara virtual di perayaan ulang tahun ke-22 Partai Amanat Nasional (PAN) pada Minggu (23/8).

16. Presiden Jokowi meminta semua pihak membuka pikiran dan membuang jauh kebiasaan-kebiasaan lama yang tak sejalan dengan semangat zaman yang semakin kompetitif. Menurut Jokowi, setelah 22 tahun reformasi, mestinya kompetisi dibuka selebar-lebarnya.
“Ruang kompetisi harus dibuka, ruang persaingan yang sehat untuk semua bidang. Jangan takut berkompetisi, jangan takut bersaing. Oleh sebab itu, harus kita ambil peluang momentum ini untuk melakukan lompatan,” ujar Jokowi.

17. Presiden Jokowi menilai semangat pergerakan Partai Amanat Nasional ( PAN) sejalan dengan semangat pemerintah dalam membangun Indonesia . Hal itu disampaikan Jokowi saat hadir secara virtual di perayaan ulang tahun PAN ke-22, Minggu (23/8).
“Saya yakin PAN sejalan dengan semangat yang saya sampaikan tadi. Sejalan dengan semangat pemerintah,” kata Jokowi seraya menambahkan, di bawah kepemimpinannya, pemerintah terus berupaya melanjutkan agenda-agenda reformasi. Hal itu sejalan dengan PAN selaku partai yang lahir dari rahim reformasi.

18. Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan, banyak Undang-Undang yang dibuat berdasarkan political trade off. Artinya, UU tersebut lahir dari hasil kompensasi. Ia mengungkap, ketika pemerintah mengusulkan pembentukan suatu Undang-Undang, DPR sebagai legislator kerap kali meminta kompensasi atas pembuatan Undang-Undang tersebut.
“Kalau pemerintah mengusulkan UU ini, DPR mengusulkan gini kompensasinya, dan DPR harus diberi begitu. Sehingga banyak juga UU itu beradasar political trade off,” kata Mahfud. Ia mengaku, saat masih menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi pada tahun 2008 hingga 2013, dirinya banyak membatalkan Undang-Undang hasil political trade off.

19. Menko Polhukam Mahfud MD menegaskan, pada era kepemimpinan Presiden Soeharto korupsi masif tetapi terjadi di lingkungan pemerintahan saja. Sementara sekarang, korupsi menggurita di mana-mana.
“Secara umum ada yang menilai bahwa meskipun kita milih (sistem pemerintahan) demokrasi, korupsi yang terjadi di indonesia sekarang ini banyak yang dibangun melalui demokrasi. Jadi korupsi itu dibuat secara demokratis melalui keputusan-keputusan di DPR,” katanya.

20. Menko Polhukam Mahfud MD mengakui, pemerintah gamang dalam menangani pandemi Covid-19. Kebijakan pemerintah terkait pandemi berulang kali berubah, karena perkembangan wabah juga terus berubah. “Memang tampak gamang. Watak Covid-19 itu memang setiap hari berubah beritanya. Sehingga kalau pemerintah tampak selalu berubah-ubah, apa enggak pakai data? Pakai, pakai data,” katanya saat menghadiri rilis survei SMRC tentang kondisi demokrasi Indonesia di masa Covid-19 secara virtual, Minggu (23/8).

21. Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid mengingatkan TNI sebagai mitra rakyat harus mengedepankan profesionalisme, humanism, dan persuasisme khususnya terkait dengan penanganan Covid-19. Ia menilai, kinerja TNI dalam penanganan Covid-19 serta sosialisasi new normal sejak Maret lalu sampai saat ini, cukup baik.
“Kami tentu di Komisi I akan mengawal bagaimana teman-teman di TNI dapat terlibat dalam penanganan Covid-19 secara profesional,” tegasnya, kemarin.

22. Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid menilai wajar terjadinya penurunan penilaian masyarakat terhadap jalannya demokrasi di Indonesia selama pandemi Covid-19. Hal itu disampaikan Meutya saat merespons hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada 12-15 Agustus 2020 yang menyatakan tingkat kepuasan masyarakat mengalami penurunan tajam.
“Meskipun ada penurunan pelaksanaan demokrasi, angkanya tetap tinggi. Dalam situasi sulit dan tantangan menghadapi Covid-19, angka penurunan merupakan gejala normal. Insya Allah bisa diperbaiki,” kata Meutya, kemarin.

23. Pendiri SMRC (Survei lembaga penelitian Saiful Mujani Research and Consulting? Saifyul Mujani mengatakan, keberadaan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia ( KAMI) merupakan sinyal bahwa demokrasi di Indonesia masih jalan. Hal ini disampaikannya saat merilis survei tentang kondisi demokrasi Indonesia di masa Covid-19, Minggu (23/8).
Ia menilai, keberadaan kelompok masyarakat seperti KAMI yang kritis pada pemerintahan Jokowi justru menunjukkan bahwa demokrasi masih berada di jalur yang benar. “Saya senang melihat ada KAMI. Bahwa ada kekuatan di luar pemerintahan,” kata Saiful.

24. Duta Besar RI untuk Yordania dan Palestina Andy Rachmianto pastikan, posisi Indonesia akan terus mendukung perjuangan Palestina menjadi negara merdeka. Pada level multilateral, Indonesia selalu menyuarakan isu-isu seputar Palestina di forum Dewan Keamanan PBB.
“Indonesia telah dan akan terus menegaskan dukungannya terhadap perjuangan kemerdekaan Palestina, dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya. Indonesia akan selalu mengangkat isu dan kejadian di Palestina untuk menjadi perhatian dan pembahasan di DK PBB,” kata Andy dalam diskusi daring bertajuk “Pergeseran Geopolitik Timteng Pasca-Perjanjian Israel-UAE dan Ledakan Lebanon”, Sabtu (22/8).

25. Mensesneg Pratikno menepis kabar yang menyebut Presiden Jokowi akan merombak susunan kabinet atau reshuffle kabinet besar-besaran. Pratikno menegaskan, seluruh menteri yang duduk di Kabinet Indonesia Maju beserta jajaran di bawahnya tengah bekerja keras untuk menangani dampak pandemi Covid-19.
“Jadi kita semua terkejut dengan rilis yang mengatakan ada 18 menteri yang akan di-reshuffle. Itu tidak benar, karena hari-hari ini kita konsentrasi luar biasa untuk menghadapi krisis kesehatan dan krisis perekonomian,” kata Pratikno dalam siaran pers, Sabtu (22/8).

26. Menkominfo Johnny G Plate berjanji, layanan internet berbasis 4G akan tersedia di seluruh wilayah Indonesia pada akhir 2022 mendatang. Johnny mengatakan, pembangunan infrastruktur internet atau ketersediaan layanan sinyal 4G itu merupakan salah satu program Kemenkominfo untuk mempercepat transformasi digital. Menurut dia, hingga saat ini terdapat 12.548 desa dan kelurahan serta setidaknya 150.000 layanan publik yang belum terjangkau layanan internet, khususnya di wilayah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal).

27. Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Chairudin Bangun mengatakan, saat ini media tengah berhadapan dengan situasi sulit akibat pandemi Covid-19. Hendry menyebut tahun ini (2020) merupakan vivere pericoloso (hidup berbahaya) bagi media. “Kadang terasa ada konflik. Dewan Pers sebagai lembaga yang melakukan pengawasan etik merasa bahwa teman-teman terlalu mengejar sisi bisnis,” kata Hendry dalam acara pembukaan Kongres Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Sabtu (22/8).

28. Kemenkes mendorong pemanfaatan teknologi telemedicine atau telemedis untuk meningkatkan aksesibilitas dan keterjangakauan layanan kesehatan yang berkualitas. Sekjen Kemenkes Oscar Primadi mengatakan, teknologi informasi seharusnya tidak hanya dimanfaatkan untuk manajemen informasi atau sistem pencatatan dan pelaporan saja.
“Dengan teknologi informasi ini, kita dapat membangun sebuah sistem yang dapat menembus kemudahan akses dalam mendapatkan layanan kesehatan yang bermutu dalam satu bingkai bangunan yang kita sebut dengan e-health,” kata Oscar mewakili Menkes Terawan Agus Putranto dalam diskusi bertajuk “Telemedisin untuk Peningkatan Kualitas Layanan Kesehatan”, kemarin.

29. Bakamla bantu kapal China yang mogok di Natuna. Kepala Bagian Humas dan Protokol Bakamla, Wisnu Pramandita mengatakan, mulanya Kapal negara (KN) Pulau Dana-323 Bakamla RI mendapatkan informasi kapal asal Tiongkok lego jangkar di wilayah Perairan Natuna Utara, Sabtu (22/8).
Komandan Kapal Negara (KN) Pulau Dana-323 Letnan Kolonel Hananto Widhi kemudian mengarahkan kapal untuk mendekat ke titik koordinat keberadaan kapal. Dari pemeriksaan awal, kapal dengan nama lambung berinisial FYYL 009 mengalami kerusakan mesin di salah satu silindernya. Menurut Wisnu, kapal tersebut tidak terbukti melakukan pelanggaran perikanan dan pelayaran sehingga Bakamla tidak menindak kapal tersebut.

30. Dewan Pers mengecam keras pembunuhan terhadap wartawan Demas Leira di Mamuju Tengah, Sulawesi Barat. Dewan Pers mendorong aparat penegak hukum untuk mengungkap kasus tersebut secara tuntas. Jenazah Demas Leira dimakamkan di kampung halamannya, Desa Bambadaru, Kecamatan Tobadak, Kabupaten Mamuju Tengah, Minggu (23/08) siang.
Demas ditemukan tewas bersimbah darah di Jalan Poros Dusun Salibaju, Desa Tasokko, Kecamatan Karossa, Kamis dini hari (20/08) lalu, sekira pukul 02:05 Wita. Polisi yang melakukan penyelidikan menduga Demas tewas akibat dibunuh. Di tubuhnya ditemukan sedikitnya 17 luka bekas hujaman senjata tajam.
Tksh,  Salam,  🙏🌷😇
INFOTANGSEL.CO.ID
[https://www.infotangsel.co.id/2020/08/berita-ter-hot-hari-ini-dari-berbagai_24.html]

0 comments:

Post a comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India