Tuesday, 18 August 2020

Berita Ter HOT Hari Ini Berdasarkan Rangkuman Mainstream Dan Medsos,Bagikan antara teman !

Gbr Jurnas Com
20200818 Selasa Berita Terkini
Berikut ini Resume HOT Isu yg dihimpun dari berbagai Sumber Media Mainstream dan Media Sosial yang berkembang.

1. Kemhan tengah menjajaki kerja sama dengan Kemendikbud agar para mahasiswa bisa ikut Program Bela Negara. Nantinya mahasiswa bisa mengikuti pendidikan militer yang nilainya bisa dimasukan ke dalam SKS yang diambil.

“Nanti, dalam satu semester mereka bisa ikut pendidikan militer, nilainya dimasukkan ke dalam SKS yang diambil. Ini salah satu yang sedang kita diskusikan dengan Kemendikbud untuk dijalankan. Semua ini agar kita memiliki milenial yang tidak hanya kreatif dan inovatif, tetapi cinta bangsa dan negara dalam kehidupan sehari-harinya,” kata Wakil Menteri Pertahanan RI Sakti Wahyu Trenggono dalam diskusi virtual bersama Komunitas Uzone, Minggu (16/8).

Wakil Menhan Sakti Wahyu Trenggono meminta generasi milenial ikut serta dalam program bela negara. Salah satu wujud kecintaan terhadap negara dapat diwujudkan dengan bergabung dalam Komponen Cadangan (Komcad). Ini sesuai UU No. 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara. Wahyu menegaskan Komcad bukan lah wajib militer.
“Komcad ini bukan wajib militer. Komcad merupakan kesadaran masyarakat yang ingin membela negara apabila terjadi perang. Masyarakat yang mengikuti program tersebut akan dilatih selama beberapa bulan, sedangkan jika telah selesai dilatih akan dikembalikan ke masyarakat,’’ kata Wahyu dalam keterangannya, kemarin.

Program pendidikan militer untuk mahasiswa yang dicanangkan Kemhan menjadi sorotan Komisi X DPR. Para pimpinan di komisi pendidikan DPR itu berpendapat pendidikan militer bagi mahasiswa perlu dikaji ulang.
Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda menilai ideologi nasionalisme dan cinta Tanah Air perlu ditanamkan di kalangan anak muda. Namun, menurutnya, urgensi Komponen Cadangan (Komcad) adalah untuk mengajarkan bela negara, bukan kepada pendidikan militer bagi mahasiswa.
“Paham nasionalisme saya kira bagi anak muda kita menjadi sangat penting. Aspek itu urgent banget, karena itu saya mendukung sebenarnya. Tinggal nanti diformulasikan Kemendikbud dengan Kemenhan seperti apa. Ini kan konteksnya bukan wamil (wajib militer),” ujar Syaiful, Senin (17/8).

2. PKS mengkritik keras pemerintah soal pemimpin cuci tangan. Kritik keras ini menambah rentetan kritik keras PKS kepada pemerintahan Presiden Jokowi. Presiden PKS Sohibul Iman memandang kepemimpinan harusnya mampu memberikan solusi bukan sekedar janji-janji belaka.
“Republik ini membutuhkan pemimpin yang turun tangan menyelesaikan persoalan di lapangan, bukan justru sibuk cuci tangan dari kesalahan-kesalahan,” kata Sohibul Iman dalam keterangannya, Senin (17/8).

Presiden PKS Sohibul Iman mengkritik pemerintah soal penanganan pandemi virus Corona (COVID-19). Ia menyebut, pemerintah tidak boleh bersikap biasa-biasa saja dan harus memiliki kesadaran yang tinggi akan krisis yang terjadi.
“Kepemimpinan harus mampu memberikan solusi bukan sekedar janji-janji. Republik ini membutuhkan pemimpin yang turun tangan menyelesaikan persoalan di lapangan, bukan justru sibuk cuci tangan dari kesalahan-kesalahan,” kata Presiden PKS Sohibul Iman saat menyampaikan pidato pada upacara peringatan HUT ke-75 RI di DPP PKS, Senin (17/8). Sohibul memaparkan kebijakan saat krisis harus memenuhi tiga hal, yaitu tepat manfaat, tepat sasaran, dan tepat waktu.(..tersukan baca di bawah ini... )
[https://www.infotangsel.co.id/2020/08/berita-ter-hot-hari-ini-berdasarkan_17.html]

3. Waketum PKB Jazilul Fawaid menjawab kritik Presiden PKS Sohibul Iman yang menyebut Indonesia tak membutuhkan pemimpin yang sibuk ‘cuci tangan’ saat menangani pandemi COVID-19. Ia menegaskan Presiden Jokowi tidak ‘cuci tangan’, namun justru turun tangan langsung untuk rakyat.
“Tidak (‘cuci tangan’), beliau turun tangan. Mengeluarkan kebijakan untuk rakyat,” kata Waketum PKB Jazilul Fawaid kepada wartawan, Senin (17/8) seraya menambahklan, Jokwi telah buat kebijakan untuk membantu rakyat di masa pandemi COVID-19.  Salah satunya, dengan pemberian bantuan sosial. “Bagus saja untuk jadi bahan masukan, asal jangan sekedar tunjuk-tunjuk tangan atau tuding-tudingan. Kita semua perlu bekerja mengatasi pandemi, tak terkecuali yang di luar pemerintahan,” ujar Jazilul.

4. Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango menegaskan tidak ada permintaan maaf dari politisi PAN Mumtaz Rais usai kejadian rebut-ribut di pesawat karena persoalan menelepon di dalam pesawat. Nawawi mengatakan, dirinya malah disebut pahlawan kesiangan oleh Mumtaz Rais. Yang minta maaf adalah rekan Mumtaz Rais yang sama-sama berada di pesawat.
“Tidak pernah ada acara ‘maaf-memaafkan’ antara yang bersangkutan dengan saya, bahkan yang bersangkutan, meski telah ditenangkan awak kabin dan rekannya, masih terus mengucapkan kata-kata ‘pahlawan kesiangan’, dan saya hanya menyampaikan, saya akan meneruskan urusannya ke pihak berwenang di bandara,” kata Nawawi kepada wartawan, Sabtu (15/8).

5. Wakil Ketua Komisi V dari fraksi PPP, Nurhayati Monoarfa menilai sikap Mumtaz Rais melanggar aturan penerbangan. Kata dia, telepon genggam (handphone) merupakan alat elektronik yang bisa mengganggu navigasi. Sehingga akan mempengaruhi proses komunikasi pesawat dengan Air Traffic Controller (ATC).
“Undang-undang Nomor 1 tahun 2009 tentang Penerbangan melarang penggunaan perangkat elektronik yang dapat mengganggu navigasi pesawat, aturan itu tercantum di Pasal 54 huruf f Undang-undang Penerbangan. Pasal itu menyebutkan, setiap orang di dalam pesawat udara selama penerbangan dilarang mengoperasikan peralatan elektronik yang mengganggu navigasi penerbangan,” kata Nurhayati akhir pekan lalu.

6. Anak Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais mengatakan telah meminta maaf kepada Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango dan PT Garuda Indonesia terkait ribut-ribut di pesawat Garuda Indonesia. Mumtaz mengatakan saat keributan itu terjadi kondisinya lelah dalam perjalanan usai melakukan pekerjaan. Mumtaz mengaku menaruh hormat kepada Nawawi sebagai senior.
“Saya meyakini Pak Nawawi orang yang berhati besar, senior yang bisa saya ambil pelajaran dari beliau. Saya sebagai yang muda menghormati beliau,” kata Mumtaz kepada wartawan, Sabtu (15/8). “Ketika itu mungkin belum saling mengenal, jadikan mungkin ada perasaan letih dari beliau dan juga saya perasaan lelah, sama-sama habis perjalanan dinas, jadi mungkin ada saling serang kalimat,” katanya.

7. Penyidik Bareskrim Polri akan memeriksa empat tersangka kasus dugaan suap terkait penghapusan red notice Djoko Tjandra, pekan depan. Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Awi Setiyono mengatakan, jadwal pemeriksaan keempat tersangka itu akan dibagi menjadi dua. “Rencana, pemeriksaan JST (Djoko Tjandra) dengan TS (Tommy Sumardi) akan diperiksa Senin (24/8),” ujar Awi melalui keterangan pers, Senin (17/8).
Setelah itu, Selasa (25/8), penyidik Bareskrim Polri diperiksa Irjen (Pol) Napoleon Bonaparte dan Brigjen (Pol) Prasetijo Utomo. Seperti diketahui, Djoko Tjandra dan Tommy diduga berperan sebagai pemberi suap. Sedangkan Prasetijo dan Napoleon diduga berperan sebagai penerima suap. Tersangka yang diduga memberi suap dikenakan Pasal 5 Ayat 1, Pasal 13 UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 KUHP.

Polri mengajukan surat permohonan pencegahan ke luar negeri untuk dua tersangka kasus dugaan korupsi terkait penghapusan red notice. “Tersangka TS dan NB dilakukan pencekalan 20 hari ke depan,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono, Minggu (16/8). Kedua tersangka yang dimaksud adalah Tommy Sumardi dan Irjen Napoleon Bonaparte. Surat permohonan tersebut dikirim kepada Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM pada 5 Agustus 2020. Dalam kasus ini, Bareskrim Polri telah menetapkan empat orang tersangka.

8. Tim peneliti dari Universitas Airlangga ( Unair), TNI AD, dan Badan Intelijen Negara (BIN) mengumumkan telah menemukan kandidat obat Covid-19. Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menuturkan, obat Covid-19 tersebut tinggal menunggu izin edar. “Obat ini tinggal menunggu izin edar dari BPOM,” kata Andika yang Wakil Ketua Komite Pelaksana Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di Mabes AD, Jakarta, Sabtu (15/8).
Tim gabungan tersebut baru saja menyelesaikan uji klinis tahap ketiga obat untuk pasien Covid-19 yang dirawat tanpa ventilator di rumah sakit. Adapun 3 kombinasi obat yang telah diujicoba secara klinis dalam 3 tahap. Pertama campuran Lopinavir/Ritonavir dan Azithromycin. Kedua adalah Lopinavir/Ritonavir dan Doxycycline. Terakhir adalah campuran Hydrochloroquine dan Azithromycin. Temuan ini diklaim sebagai obat Covid-19 yang pertama di dunia dan tinggal menunggu izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

9. Ketua Komisi I DPR Meutya Viada Hafid  mendukung langkah Badan Intelijen Negara ( BIN), TNI AD, Polri dan Universitas Airlangga ( Unair) Surabaya untuk menindaklanjuti hasil uji klinis kandidat obat Covid-19.  Temuan tersebut, akan menjadi lebih membanggakan karena Indonesia akan memperingati HUT ke-75 pada Senin (17/8). “Dua hari lagi kita akan memperingati HUT RI ke 75 dan hari ini saya hadir bersama teman-teman Komisi I Pak Sukamta dan Pak Bobi. Pertama , kami terharu melihat hasil karya anak bangsa yang insya Allah menjadi salah satu obat Covid-19 temuan pertama di dunia,” ujar Meutya seraya menegaskan, DPR mendukung dan mengapresiasi hasil temuan yang telah diuji klinis fase 3 tersebut untuk ditindaklanjuti.
10. Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan perayaan kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia dapat menjadi momentum bagi anak bangsa untuk berkomitmen memberantas praktik korupsi di Tanah Air. Menurut dia, nilai-nilai perjuangan para pejuang kemerdekaan dapat dijadikan pelecut semangat bagi anak bangsa untuk menyelesaikan permasalahan mendasar.
Firli menuturkan, salah satu persoalan mendasar tersebut, yakni laten korupsi dan perilaku koruptif yang telah mengakar di sendi kehidupan bangsa. Ia yakin, dengan andil segenap anak bangsa yang berintegritas kuat, praktik korupsi bisa ditangkal. ‘’Hal ini sejalan dengan 3 strategi pemberantasan korupsi yang sedang dilaksanakan KPK,’’ ujarnya, Senin (17/8).

11. Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan, Indonesia tengah dihadapkan pada sebuah ujian besar, yaitu pandemi Covid-19. Menurutnya, pandemi yang dialami 215 negara di seluruh dunia itu melahirkan krisis kembar yang harus dilalui Indonesia secara bersamaan, yaitu  pandemi corona dan krisis ekonomi.
SBY mengingatkan agar pemerintah dan publik optimistis dan tetap bersatu untuk melewati masa-masa menyedihkan ini. Ia meyakini, suatu saat pandemi ini akan berakhir. “Percayalah, badai akan berlalu. Yang penting kita bersatu. Pemerintah memimpin, membimbing, dan menolong rakyatnya. Sedangkan rakyat mendukung penuh pemerintahannya, seraya menjalankan kewajibannya,” kata SBY seperti dilansir kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (17/8).

12. Mantan Wapres Boediono mengungkapkan, Indonesia tengah dihadapkan pada tantangan yang sangat berat akibat Covid-19 dan tantangan itu berpotensi mengancam seluruh sektor di Tanah Air. Krisis yang berat dan melanda semua Negara dan bangsa ini terjadi tiap 100 tahun. Menurut Boediono, krisis yang terjadi saat ini berbeda dari krisis sebelumnya karena bersifat multi dimensi dan terjadi secara bersamaan.
“Ini bukan sekedar resesi, bukan sekedar depresi, tetapi paralisis. Suatu sistem yang tiba-tiba membeku. Ini yang perlu kita pahami, untuk kembali ke suatu yang bisa berjalan normal lagi, itu memerlukan waktu. Untuk dapat keluar dari krisis ini, bukanlah perkara yang mudah. Diperlukan sejumlah penyesuaian besar-besaran di segala lini,’’ ujarnya Boediono saat memberikan testimoni saat HUT ke-75 RI yang diunggah kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (17/8).

13. Seskab Pramono Anung optimis Indonesia akan melesat menjadi negara maju setelah berhasil melewati pandemi Covid-19. Namun, untuk mencapai target tersebut, dibutuhkan kerja sama dari seluruh komponen bangsa untuk mewujudkannya. “Mari kita melangkah bersama-sama, kita jaga bersama Indonesia yang kita cintai ini menjadi negara maju, negara sejahtera dan negara yang disegani dunia,” kata Pramono, Senin (17/8).

14. Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri menyoroti masih minimnya keterlibatan perempuan dalam politik. Menurut Ketum PDIP ini, memang banyak organisasi bagi perempuan Indonesia. Namun hal tersebut belum mampu mendorong para perempuan terjun ke ranah politik.
“Sebenarnya kalau saya melihat, para wanita Indonesia ini masih sangat kurang di dalam kiprahnya di dalam bidang politik,” kata Megawati menjelang Upacara HUT RI ke-75, yang disiarkan langsung di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (17/8).

15. Wakil Presiden RI keenam Try Sutrisno mengatakan, nasionalisme dan patriotisme adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan. Kedua hal tersebut harus selalu dijaga oleh generasi muda untuk mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa. “Bicara masalah nasionalisme, rasa kebangsaan, dan patriotisme rasa kepahlawanan, ini harus dipupuk,” kata Try Sutrisno seperti dilansir dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (17/8).
Mantan Panglima ABRI itu mengatakan, perjuangan yang dihadapi generasi muda saat ini berbeda dengan perjuangan para pahlawan pada masa perjuangan. “Walaupun tidak menghadapi musuh kayak dulu, tapi musuh kita sekarang tidak kelihatan,” ujarnya.
16. Mantan Wapres Jusuf Kalla mengatakan, setiap bangsa Indonesia memiliki kesempatan untuk berjuang pada masanya. Setiap masa memiliki tantangan dan perjuangan yang berbeda-beda. “Generasi muda , generasi tua, siapa saja anda, anak-anak, itu memiliki kesempatan selama mempunyai inovasi, mempunyai kreativitas. Karena itu dasarnya adalah suatu spirit untuk maju,” ucap Kalla saat memberikan testimoni pada HUT ke-75 RI yang diunggah kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (17/8). Pada tahun 1930-an, misalnya, perjuangan yang harus dihadapi bangsa Indonesia adalah bagaimana membentuk identitas kebangsaan.

17. Wakil Presiden RI ke-IX, Hamzah Haz mengajak seluruh komponen bangsa agar benar-benar mengimplementasikan seluruh nilai yang ada di dalam Pancasila. Ajakan itu disampaikan Hamzah Haz saat memberikan testimoni saat HUT ke-75 RI yang diunggah kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (17/8).
“(Pancasila itu) komplit. Asal itu diimplementasikan dengan benar, Insya Allah ditolong oleh Allah SWT,” kata Hamza Haz seraya mengingatkan, sebagai sebuah falsafah, Pancasila itu final. Hamzah mengatakan, di dalam Pancasila terdapat nilai-nilai yang mengajarkan hubungan vertikal dan horizontal.
18. Wapres Ma’ruf Amin meyakinkan seluruh masyarakat bahwa ujian pandemi Covid-19 akan segera berlalu. Ia berharap, semangat juang kemerdekaan pada HUT ke-75 RI ini menjadi landasan utama dalam melawan pandemi Covid-19. “Yakinlah, ujian dan cobaan dari Allah berupa Covid-19 yang menimpa seluruh dunia Insya Allah akan berlalu. Semangat juang kemerdekaan ini, juga harus dijadikan landasan untuk melawan pandemi Covid-19 yang tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan, tapi juga sektor sosial dan ekonomi,” tulisnya dalam akun Instagram-nya, Senin (17/8).

19. Ketua DPR Puan Maharani berharap, peringatan kemerdekaan HUT ke-75 Republik Indonesia jadi momentum untuk menguatkan persatuan dan gotong royong dalam mewujudkan Indonesia Maju. Puan mengatakan, politik pembangunan nasional dapat diarahkan untuk mempercepat pembangunan manusia Indonesia, menguatkan industri pangan nasional, penataan industri nasional yang kuat, pemerataan pembangunan infrastruktur serta optimalisasi reformasi birokrasi.
“Perjuangan mencapai Indonesia maju harus melalui kerja keras dan keberanian menjadi bangsa yang berdikari dan menguasai ilmu pengetahuan serta teknologi,” ujar, kemarin.
20. Kabareskrim Polri Komjen (Pol) Listyo Sigit Prabowo membentuk Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional ( PEN) untuk mengawal kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. “Pembentukan Satgas PEN dilakukan dalam rangka mengawal kebijakan pemerintah, yaitu program pemulihan ekonomi sejalan dengan tema kebijakan fiskal 2021, Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Penguatan Reformasi,” ujar Listyo dalam keterangannya, Senin (17/8). Listyo menjelaskan, pembentukan Satgas PEN itu sendiri sekaligus menjawab pernyataan Presiden Joko Widodo sebelumnya.
21. Menkumham Yasonna H Laoly memberikan remisi umum kepada 119.175 narapidana dalam rangka perayaan HUT Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia. Dari total warga binaan yang mendapat remisi, sebanyak 186.673 di antaranya berstatus sebagai narapidana dan 48.925 lainnya merupakan tahanan. Lamanya pemotongan masa pidana bervariasi dari satu hingga enam bulan. Adapun sebanyak 1.438 narapidana langsung bebas setelah mendapatkan remisi HUT kemerdekaan pada 2020 ini.

22. MenPAN-RB Tjahjo Kumolo bagikan link film Indonesia bertema perjuangan kemerdekaan melalui akun Twitter-nya @tjahjo_kumolo, Minggu (16/8). Seluruh link tersebut mengarah ke aplikasi berbagi video, YouTube. Namun kicauan Tjahjo itu langsung diprotes sutradara film Joko Anwar.  Melalui akun Twitter @jokoanwar, Djoko mengatakan, banyak link film yang dibagikan politikus PDI-P itu merupakan praktik ilegal. Tjahjo pun minta maaf kepada Djoko Anwar.
“Saya sudah kirim via twit kepada sutradara. Saya mohon maaf karena saya dapat kiriman saya langsung berbagi saja via twit, tanpa berfikir tentang hak orang lain,” tulis Tjahjo Kumolo seraya mengatakan, dirinya siap menulis surat permintaan maaf secara resmi jika diperlukan.

23. Sekretariat Presiden Kementerian Sekretariat Negara menerima penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (Muri) atas pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-75 RI yang diikuti peserta dengan jumlah terbanyak secara daring . Penghargaan Pendiri MURI Jaya Suprana diserahkan secara simbolik oleh perwakilan Muri kepada Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Senin (17/8).

24. Menko PMK Muhadjir Effendy berharap HUT ke-75 RI menjadi momentum membangun budaya disiplin, utamanya dalam mematuhi protokol kesehatan. “Yang harus dilakukan segenap bangsa Indonesia terutama untuk mengambil hikmah dari Covid-19 ini yaitu meningkatkan disiplin diri, disiplin nasional khususnya mematuhi protokol kesehatan,” ujar Muhadjir usai mengikuti upacara secara virtual, Senin (17/8).

25. Pengusaha sekaligus politisi Partai Gerindra, Sandiaga Uno berharap pemerintah fokus menyelamatkan perekonomian pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah ( UMKM) yang jumlahnya sekitar 30 juta. “Buat kita, UMKM perannya sangat strategis, membuka lapangan kerja, menggerakkan perekonomian. Jadi kita harus focus agar UMKM ini bisa bertahan,” ujar Sandiaga dalam acara PolitikFest KG Media, kemarin.
Ia menyampaikan tiga tips bagi usaha mikro, kecil, dan menengah ( UMKM) agar dapat bertahan di tengah pandemi Covid-19. Yakni, melakukan pivot atau mengubah strategi dan model bisnis, lalukan cash is king yaitu uang yang telah diterima dikelola secara ketat dengan mengatur pengeluaran, serta membangun jejaring komunitas.
26. Presiden Jokowi mengungkapkan makna pakaian adat Timor Tengah Selatan (TTS), NTT yang ia kenakan dalam upacara peringatan detik-detik proklamasi pada peringatan HUT ke-75 RI di Istana Merdeka , Jakarta, Senin (17/8). “Busana ini berupa kain tenun dengan motif Berantai Kaif Nunkolo. Motifnya dimodifikasi dari bentuk belah ketupat dengan batang tengah yang berarti sumber air. Bagian pinggirnya yang seperti bergerigi melambangkan wilayah berbukit dan berkelok-kelok,’’ kata Jokowi, kemarin.
Ia menambahkan warna merah dalam baju tersebut melambangkan keberanian laki-laki Nunkolo. “Serta berbagai aksesori yang menambah indah kain tenun ini, termasuk tas sirih pinang yang tersampir di samping. Makan sirih pinang adalah budaya persatuan, juga melambangkan tanda kasih dan hormat,” ujarnya.

27. Untuk pertama kalinya sebagai Wakil Presiden, Ma’ruf Amin mengikuti upacara pengibaran bendera memperingati hari kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8). Dalam upacara tersebut Ma’ruf Amin mengenakan pakaian adat Melayu Indonesia berwarna hitam, didampingi isterinya Wury Ma’ruf Amin yang mengenakan baju kurung modern dan songket tabur. Upacara peringatan HUT ke-75 RI kali ini digelar dengan keterbatasan peserta akibat adanya pandemi Covid-19.

28. Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie mengaku akan kuliah di Singapura dan ia menunjuk mantan vokalis grup band Nidji, Giring Ganesha sebagai pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum PSI. Grace mengatakan, Giring dikenal sebagai musisi ini merupakan sosok anak muda yang kreatif sehingga dipertimbangkan menjadi plt ketua umum.
“Pengalaman berjuang bersama di PSI selama beberapa tahun terakhir menjadi pertimbangan. Bro Giring juga bisa mewakili sosok anak muda kreatif,” ujar Grace, Senin (17/8). Bersamaan dengan ditunjuknya Giring sebagai Plt Ketum PSI, di media sosial diramaikan dengan foto-foto Giring yang digadang-gadang menjadi calon Presiden 2024 dalam banyak baliho.

29. Menhub Budi Karya Sumadi menyebut transportasi berperan merajut serta mempersatukan ragam aktivitas perekonomian, sosial, dan budaya di Indonesia. Terlebih pada masa pandemi Covid-19, transportasi menjadi urat nadi pemulihan roda ekonomi dan sektor lainnya.
“Guna merajut simpul-simpul konektivitas, negara harus hadir memfasilitasi mobilitas rakyat di mana pun dan kapan pun melalui pembangunan infrastruktur transportasi,” kata Budi saat menjadi pembicara kunci pada webinar mengenai Peran Transportasi untuk Merajut Keberagaman, yang diadakan dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 RI, kemarin.
30. epat pada peringatan HUT ke-75 RI, pemerintah mencetak uang pecahan baru Rp 75.000 sebanyak 75 juta lembar. Uang pecahan baru tersebut diluncurkan secara resmi oleh Menkeu Sri Mulyani dan Gubernur BI Perry Warjiyo pada Senin (17/8).
Pada halaman muka, uang peringatan atau commemorative money itu bergambar proklamator Soekarno-Hatta. Pada sisi lainnya menggambarkan potret keberagaman anak-anak berpakaian adat dari berbagai suku dan budaya di Indonesia.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyatakan, pengeluaran rupiah edisi khusus HUT RI bakal dilakukan setiap 25 tahun sekali. Tegasnya, uang edisi HUT RI bakal dikeluarkan kembali pada Hari Kemerdekaan ke-100 tahun Republik Indonesia. “Ke depan, Insya Allah pengeluaran uang peringatan kemerdekaan akan dilakukan setiap 25 tahun sekali,” kata Perry dalam konferensi pers virtual peluncuran rupiah edisi khusus HUT ke-75 RI, Senin (17/8).
Adapun pada hari ini, Bank Indonesia bersama dengan Kementerian Keuangan telah menerbitkan rupiah khusus edisi HUT ke-75 RI berbentuk uang kertas. Ada makna filosofis yang mendalam dari desain uang, yakni mesyukuri kemerdekaan, memperteguh kebhinekaan, dan menyongsong masa depan gemilang. “Uang peringatan kemerdekaan ini secara resmi dikeluarkan dan diedarkan sebagai alat pembayaran yang sah tanggal 17 Agustus 2020,” ujar Perry.

31. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak masyarakat agar menjadikan perjuangan melawan Covid-19 sebagai lahan ibadah sehingga mampu melewati ujian ini untuk bangkit menjadi bangsa lebih kuat dan berjaya.
“Jadikan tugas dan tantangan ini sebagai lahan ibadah. Insya Allah kita akan mampu melewati tantangan hari ini dan bangkit menjadi bangsa yang lebih kuat dan semakin berjaya dalam berabad ke depan,” katanya di Balai Kota Jakarta, Senin (17/8).

Entah menyindir siapa, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, hari kemerdekaan RI ini saatnya mengutamakan keselamatan, bukan sekedar bualan. Pasalnya, hingga saat ini virus corona masih mewabah di Indonesia. “Langkah penting melawan tantangan dengan mengesampingkan hal-hal yang mengganggu perjuangan, inilah saatnya bagi kita mengutamakan keselamatan dan kewaspadaan. Memanfaatkan ilmu pengetahuan dan bukan percaya pada kabar bualan,” kata Anies saat memimpin upacara kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia di Lapangan Balai Kota Jakarta, Senin (17/8).
Anies mengatakan, ulang tahun Indonesia ke-75 ini akan menjadi catatan sejarah yang akan dikenang masyarakat di tahun selanjutnya. Pasalnya, saat ini Indonesia bahkan dunia sedang menghadapi virus corona yang berbahaya dan tak terlihat.

Petugas Satpol PP membubarkan secara paksa peserta dan penonton lomba 17 Agustus di dua lokasi di Jakarta Timur, Senin (17/8) siang. “Yang dibubarkan kegiatan 17-an di Kampung Melayu, Jatinegara, dan di Pintu Air, Malaka Sari,” kata Kasi Operasional Satpol PP Jakarta Timur Badrudin di Jakarta. Upaya pembubaran kerumunan massa tersebut hanya melibatkan 10 personel dan  dilakukan secara persuasif melalui sosialisasi bahaya Covid-19.

32. Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan, keberhasilan Satgas TNI Kontingen Garuda membuat 32 milisi Kelompok Aleluya menyerahkan diri sangat membanggakan. Terlebih, hal itu berlangsung di tengah perayaan HUT ke-75 RI. “Saya sangat mengapresiasi, di mana pun ditempatkan di belahan bumi, putra-putri bangsa terus mengukir prestasi, kali ini dalam misi pasukan perdamaian PBB. Keberhasilan ini tentunya tidak mudah, penuh dengan ketekunan daya juang, apalagi menghadapi iklim yang tidak familiar jauh di Afrika sana,” katanya, Senin (17/8).
Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan, pencapaian yang terlihat dari 75 tahun Indonesia merdeka ialah semakin berkurangnya jumlah orang miskin. Kata dia, sekarang orang miskin di Indonesia tinggal 12 persen pada akhir pemerintahan SBY dan pada awal pemerintahan Jokowi yang kedua menjadi 9,1 persen.
“Terus membaik. Kita kurangi terus. Itu satu capaian yang harus kita syukuri,” ujar Mahfud sembari  menambahkan, ‘’Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusia. Dengan demikian, ke depannya bisa menjadi negara maju dan makmur.’’

33. Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia ( BP2MI) Benny Rhamdani menerbitkan Peraturan BP2MI Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pembebasan Biaya Penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI). Dengan diterbitkannya peraturan tersebut, nantinya PMI tidak dapat dibebani lagi biaya penempatan berupa tiket keberangkatan, tiket pulang, visa kerja, legalisasi perjanjian kerja, dan pelatihan kerja.
“Kita sadari bersama, salah satu masalah yang menjerat PMI bahkan keluarganya adalah jerat utang yang sangat berat yang pada akhirnya mengubur cita-cita saudara-saudara kita untuk mewujudkan kesejahteraan bagi keluarga mereka,” ujar Benny dalam konferensi pers, Senin (17/8).

Badan Perlindungan Pekerja Mirgan Indonesia ( BP2MI) membentuk Satuan Tugas Pemberantasan Pengiriman Migran Indonesia Ilegal. Tujuannya memberantas sindikat dalam pengiriman migran Indonesia (PMI) secara ilegal. “Satgas ini akan melakukan pencegahan dan penanganan sindikat ilegal PMI land-based dan sea-based,” ujar Kepala BP2MI Benny Rhamdani dalam konferensi pers virtual, Senin (17/8).

34. Politisi selebritas dari Gerindra Ahmad Dhani akan mempertimbangkan untuk maju di Pilwalkot Surabaya, Partai Gerindra memberi lampu hijau dan mempersilakan Ahmad Dhani untuk maju asal memenuhi syarat.
“Kalau mau maju, ya silakan aja, asal semua persyaratannya terpenuhi. Dhani bisa menyampaikan keinginannya kepada partai jika ingin maju di Pilkada Surabaya. Dia tinggal ngomong kalau memang mau maju. Tapi selama ini nggak pernah ngomong sih, saya baru tahu dari media juga. Nanti coba saya tanya,” tegas elit Gerindra, Sufmi Dasco Achmad, kemarin.

35. Virus Corona COVID-19 diketahui pertama muncul di Wuhan, China, pada Desember 2019 lalu. Tetapi, ahli virolog Jonathan Lathan dan ahli biologis molekuler Allison Wilson dari proyek Bioscience Resource Project menemukan hal yang berbeda.
Keduanya mengatakan bahwa berdasarkan penemuan mereka, pandemi COVID-19 ini pertama kali berasal dari sekelompok penambang di China pada tahun 2012 lalu. Hal itu diungkapkan Lathan dan Wilson setelah menerjemahkan tesis sebanyak 66 halaman dari doktor medis China, Li Xu, yang merawat pada penambang dan mengirim sampel jaringan tubuh mereka ke Institut Virologi Wuhan untuk diteliti.
“Bukti-bukti yang ada di dalam tesis membuat kami mempertimbangkan ulang seluruh hal yang kami pikir sudah diketahui, tentang asal usul pandemi COVID-19 ini,” kata Latham dan Wilson melalui situs Independent Science News, yang dikutip dari New York Post, Senin (17/8/2020).

36. Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) menilai penanganan wabah virus Corona COVID-19 selama 6 bulan sejak kasus Corona pertama kali merebak di Indonesia tidak efektif. Banyak hal yang dinilai tidak sesuai dengan metode standar penanganan wabah.
PAEI menyurati Menkes Terawan Agus Putranto untuk mendesak agar segera lakukan evaluasi terkait langkah mencegah penyebaran Corona. Hal itu demi memastikan kasus konfirmasi dapat segera ditemukan.
“Kementerian Kesehatan agar segera melakukan evaluasi komprehensif dan menentukan langkah-langkah selanjutnya agar pandemi ini dapat terkendali sesuai metodologi epidemiologi yang terstandar,” katanya dalam rilis yang diterima Senin (17/8).

37. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (yang sebentar lagi lengser, red) mengaku sempat mendapat tawaran menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju yang dibentuk Presiden Jokowi, namun tawaran tersebut ditolaknya. Alasannya, karena sudah berkomitmen ingin fokus membantu mensejahterakan warga di Surabaya. Oleh karena itu, ia tidak ingin menyia-nyiakan waktu untuk mengabdikan diri sebagai wali kota.
“Saya ingin menyampaikan, kenapa saya masih bertahan jadi wali kota. Karena, tujuan saya (ingin) warga Surabaya lebih sejahtera,” kata Risma saat meresmikan lapangan olahraga di Tambak Asri, Krembangan, Surabaya, kemarin.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengucapkan salam perpisahan kepada warga Surabaya saat  meresmikan lapangan olahraga di Tambak Asri, Krembangan, Surabaya, Minggu (16/8). “Bapak ibu sekalian, saya ingin menyampaikan bahwa enggak sampai satu tahun saya selesai jadi wali kota. Saya Februari (selesai menjabat), saya mohon pamit bapak ibu sekalian,” kata Risma sembari berharap warga Surabaya tidak menyia-nyiakan waktu yang diberikan oleh Tuhan dalam kehidupan.

Ahli waris rumah kelahiran Soekarno atau Bung Karno di Jalan Peneleh Gang Pandean IV, Nomor 40, Kelurahan Peneleh, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, akhirnya menyerahkan rumah tersebut kepada Pemerintah Kota Surabaya bertepatan dengan HUT ke-75 RI, Senin (17/8).
Proses penyerahan itu dilakukan langsung oleh ahli waris kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di depan rumah bersejarah itu. Risma menyampaikan terima kasih kepada para ahli waris rumah kelahiran Bung Karno yang telah  berkenan merelakan rumahnya diserahkan kepada Pemkot Surabaya. Menurutnya, rumah ini menjadi simbol kebanggaan bersama.

Rencana putra sulung Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Fuad Bernardi, maju dalam Pilwalkot  Surabaya tidak direstui Risma. Ia menyebut, isu tentang putra sulungnya maju di Pilkada Kota Surabaya mengada-ada. “Ngawur, enggak lah, ngawur. Koen iku ono-ono ae (kamu itu ada-ada saja),” kata Risma usai meresmikan Lapangan Tambak Asri, Kecamatan Krembangan, Surabaya, kemarin.
Tksh, Salam 🙏🌷😇
INFOTANGSEL.CO.ID
[https://www.infotangsel.co.id/2020/08/berita-ter-hot-hari-ini-berdasarkan_17.html]

0 comments:

Post a comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India