Monday, 27 July 2020

Berita Ter HOT Hari Ini Berdasarkan Berita Dari Medsos Dan Media Mainstream


20200727 Senen Hari ini:
Berikut Hot Isu yang Berkembang Sumber Media Mainstream 

1. Politisi PAN, Saleh Partaonan Daulay khawatir uji klinis vaksin Covid-19 Sinovac jadi ladang bisnis Pemerintah Indonesia dan China. Sebab, uji klinis vaksin dilakukan dengan pendekatan business to business (B2B), bukan government to government (G2G). Ia curiga, kenapa pendekatannya business to business?
‘’Saya khawatir, jika pendekatannya B2B, vaksin ini hanya jadi ladang bisnis dan menghilangkan nilai-nilai kemanusiaan. Karena Covid-19 ini kan musuh bersama, musuh kemanusiaan, itu yang harusnya ditekankan bukan uangnya, ini bukan persoalan uang. Apalagi, dengan jumlah penduduk Indonesia yang begitu banyak, pengadaan vaksin Covid-19 bisa menjadi bisnis besar. Jika 270 juta penduduk Indonesia ini dikasih vaksin, bayangkan betapa besar nilai bisnis yang sedang berjalan di Indonesia,’’ kata Saleh dalam diskusi yang digelar secara virtual, Minggu (26/7).

2. Anggota Komisi IX DPR, Saleh Partaonan Daulay mendorong pemerintah lebih mengutamakan produksi vaksin Covid-19 di Indonesia ketimbang melakukan uji klinis vaksin asal China yang dikembangkan Sinovac. Pasalnya, pemerintah pernah menyampaikan bahwa produksi vaksin Covid-19 dalam negeri akan selesai Januari 2021. Dibandingkan dengan vaksin buatan Sinovac yang baru diuji coba Agustus 2020, maka rilis vaksin Indonesia dan Sinovac akan jatuh pada waktu yang hampir bersamaan.
“Saya sebetulnya lebih concern bagaimana supaya produk vaksin Indonesia yang katanya sedang diproduksi dan diujicobakan oleh banyak lembaga itu yang diutamakan. Kenapa harus ambil dari China, kan kita juga tinggal lima bulan ke depan itu sudah mau jadi (vaksin asal Indonesia), kan bulan Januari mau dirilis,” kata Saleh lagi.

3. Negara-negara yang tergabung dalam G-20 mendorong kerja sama pengembangan vaksin Covid-19 dan mendorong kemudahan akses terhadap vaksin tersebut, terutama, dalam hal keterjangkauan harga vaksin.
“Dari aspek kesehatan, Indonesia terus mendorong peningkatan kerja sama dalam rangka penemuan vaksin dan penyaluran obat-obatan yang mudah terjangkau dan dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat,” kata Deputi bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kemenko Perekonomian, Rizal Affandi Lukman, Minggu (26/7). (....teruskan baca...di bawah...)
[https://www.infotangsel.co.id/2020/07/berita-ter-hot-hari-ini-berdasarkan.html]

4. Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Dany Amrul Ichdan menyebut, pemerintah harus menyiapkan anggaran sekitar Rp 25 triliun hingga Rp 30 triliun untuk menyediakan vaksin Covid-19. Perkiraan angka tersebut dikalkulasikan dengan harga vaksin sekitar 5 hingga 10 dollar AS per ampul, dikalikan dengan 175 juta ampul vaksin.
“Kalau katakanlah 5 dollar itu harganya dan dijual kurang lebih dengan harga yang sama, berarti negara harus mengalokasikan kurang lebih sekitar Rp 25 triliun sampai Rp 30 triliun, yang harus disiapkan,” kata Dany dalam sebuah diskusi virtual yang digelar Minggu (26/7).

5. Kejagung mengagendakan pemeriksaan terhadap pengacara Djoko Tjandra, Anita Kolopaking, hari ini, Senin (27/7). Anita dipanggil untuk dikonfirmasi soal pertemuannya dengan Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan Anang Supriatna.
“Rencana begitu, diperiksa. Didalami ya tentu seputar dugaan pertemuan dengan Kajari Jakarta Selatan dan seorang Jaksa perempuan yang dikaitkan dengan berita yang beredar di media social,’’ ujar Kapuspenkum Kejagung, Hari Setiyono, Minggu (26/7).
Kejagung telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah pejabatnya terkait Djoko Tjandra. Yakni Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus (Kasi Pidsus), Kepala Seksi Intelijen, pegawai yang bertugas saat kejadian dan salah satu tamu yang turut terekam dalam video pertemuan yang kemudian viral di media sosial.

6. Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menyatakan siap memberikan perlindungan terhadap saksi-saksi yang terancam keselamatannya terkait kasus yang menjerat buronan tindak pidana korupsi berkaitan dengan pencairan tagihan Bank Bali melalui cessie, Djoko Tjandra, yang merugikan negara Rp 940 miliar.
Wakil Ketua LPSK, Susilaningtias, mengatakan tindakan yang sama juga akan ditempuh pihaknya tak terkecuali untuk kasus surat jalan yang melibatkan sejumlah perwira tinggi Polri. Tim Khusus Bareskrim sudah memeriksa sejumlah saksi. “LPSK siap melindungi sejumlah saksi-saksi yang terancam, memiliki informasi serta mau membuka suara terkait kasus-kasus korupsi yang dilakukan oleh Joko Tjandra,” kata Susi, Minggu (26/7).

7. Ombudsman RI pastikan akan menindaklanjuti dugaan maladministrasi sehingga menyebabkan buronan kasus korupsi pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali, Djoko Tjandra bisa masuk kembali ke Indonesia. Investigasi akan dilakukan dengan skema pemeriksaan inisiatif. Hal itu merujuk pada laporan MAKI kepada Ombudsman, dengan terlapor Sekretaris NCB Interpol, dan Dirjen Imigrasi Kemenkumham.
“Sesuai dengan keputusan pleno tanggal 13 Juli 2020, Ombudsman menindaklanjuti laporan saudara dengan skema pemeriksaan inisiatif,” kata Ketua Ombudsman RI Amzulian Rifai dalam surat balasan kepada MAKI yang telah dikonfirmasi, kemarin.

8. Koalisi Pemantau Peradilan (KPP) meminta Mahkamah Agung (MA) menggugurkan proses hukum peninjauan kembali (PK) yang diajukan buron kasus korupsi pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali, Djoko Tjandra.

9. Setelah lebih dari dua pekan melakukan penyelidikan, polisi akhirnya menyimpulkan, tewasnya editor Metro TV Yodi Prabowo akibat bunuh diri. Kesimpulan itu didapat setelah polisi melakukan investigasi dengan mengumpulkan bukti-bukti yang ada disertai olah tempat kejadian perkara (TKP).
“Dari beberapa faktor penjelasan TKP dan keterangan ahli, olah TKP, bukti pendukung, dan keterangan lain, maka penyidik berkesimpulan yang bersangkutan diduga kuat melakukan bunuh diri,” kata Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirkrimimum) Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat dalam konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Sabtu (25/7).

10. Polisi menyimpulkan, editor Metro TV, Yodi Prabowo bunuh diri karena korban tengah dilanda depresi. Yodi diduga kuat depresi setelah polisi menemukan catatan perbankan milik korban. Polisi menemukan transaksi keuangan di RSCM Kencana. Di sana, Yodi membayar biaya tes dan konsul beberapa hari sebelum dia tewas.
“Tim menemukan adanya catatan transaksi keuangan di RSCM Kencana. Di sana yang bersangkutan melakukan tes dan konsul di RSCM,” ujar Direskrimum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Tubagus Ade dalam jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, kemarin.

11. Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat mengatakan, Yodi Prabowo positif amphetamine. Hal tersebut dipastikan pasca-tim forensik melakukan pemeriksaan. “Kita sudah lakukan pemeriksaan, kalau sudah diperiksakan amphetamine berarti dia pakai,” kata Tubagus saat ditemui di Mapolda Metro Jaya, kemarin.
Yodi diduga tengah dirundung depresi sehingga mengonsumsi amphetamine. Pengaruh amphetamine itulah yang diduga menjadi penyebab utama dirinya nekat melakukan tindakan bunuh diri.

12. Suwandi, ayah almarhun Yodi Prabowo yang ditemukan tewas di pinggir jalan tol JORR Ulujami pada 10 Juli lalu, tak percaya anaknya tewas karena bunuh diri. Menurut Suwandi, banyak kejanggalan dari pemaparan polisi, terutama soal alasan bunuh diri karena Yodi sedang depresi. Suwandi mengaku Yodi tidak menunjukkan gelagat orang yang tengah depresi.
Yodi, sebut dia, bahkan masih membantu ibunya hingga berencana mencari tambahan untuk biaya pernikahan dia. “Dia baru beli laptop. Untuk apa? Untuk cari uang tambahan karena dia ingin menikah,” kata Suwandi dalam wawancara dengan Metro TV sesaat setelah polisi memaparkan hasil penyidikan, kemarin.
“Kalau orang depresi pasti malas. Mandi saja malas, apalagi bekerja? Bahkan di hari Yodi menghilang, anak saya itu masih menyelesaikan pekerjaan di Metro TV dengan baik. Saya heran dengan penjelasan polisi soal empat kali tusukan di tubuh Yodi dan indikasi bunuh diri,’’ ujar Suwandi lagi.

13. Founder & Chairman CT Corpora, Chairul Tanjung (CT) menyarankan agar pemerintah meningkatkan kapasitas tes usap (swab tes) 100 ribu per hari. Menurutnya, DKI Jakarta merupakan salah satu provinsi yang perlu ditingkatkan kapasitas tes swab-nya. Selain itu, dia berharap tes COVID-19 ini bisa dilakukan secara masif untuk seluruh kalangan.
“Kalau orang sudah beraktivitas ekonomi nggak mungkin setop, nggak bisa, jadi kalau sekarang, saran saya kepada pemerintah itu yang pertama memperbanyak namanya swab test. Pengetesan PCR kepada semua orang tanpa terkecuali, dan lebih diprioritaskan kepada orang yang berisiko tinggi tanpa terkecuali. Jadi saya menyarankan kalau sekarang 20 ribu per hari, maka itu harus ditingkatkan menjadi 100 ribuan per hari,” kata CT dalam Talkshow Virtual bertajuk ‘Menjaga Semangat, Membangun Asa, Indonesia Jaya Bersama Chairul Tanjung’, Minggu (26/7).

14. Founder & Chairman CT Corpora, Chairul Tanjung (CT) mengungkapkan perbedaan krisis yang diakibatkan pandemi COVID-19 dibandingkan krisis 1998 dan 2008. Krisis 1998 disebabkan struktur perbankan dalam negeri rapuh. Itu karena kredit lebih banyak disalurkan kepada kelompok konglomerat tertentu, yakni para pemilik bank saja.
Krisis 2008, Indonesia hanya terkena imbasnya pada satu tahun pertama. Sebab Indonesia mendapat keuntungan setelah Amerika dan Eropa mengeluarkan kebijakan quantitative easing, yaitu kebijakan pelonggaran moneter bank sentral dengan menambah uang beredar. Sementara pandemi COVID-19 tak pandang bulu, menghantam semua sektor karena pandemi ini menyangkut manusia.

15. Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) menggugat Menteri BUMN Erick Thohir dan PT Pertamina (Persero) atas dugaan perbuatan melawan hukum. Mereka menilai Menteri BUMN dan Direksi Pertamina telah mengeluarkan keputusan sepihak yang bukan hanya merugikan pekerja, tetapi juga melakukan peralihan aset dan keuangan negara yang dikelola perusahaan migas tersebut. Gugatan tersebut telah didaftarkan ke PN Jakpus seminggau yang lalu.

16. Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim kehadiran 500 TKA asal China bisa membuka 5.000 lapangan kerja atau menciptakan 5000 tenaga kerja ahli, bukan tukang pacul. Ia minta kehadiran TKA tidak diributkan. Menurut Luhut, kehadiran 500 TKA asal China itu seiring pengembangan proyek hilirisasi di Indonesia.
Hilirisasi dikembangkan lantaran Indonesia memiliki cadangan nikel ore terbesar dan terbaik di dunia. Potensi ini akan dikembangkan agar Indonesia memiliki peran paling tinggi ke depannya atas produk-produk yang berasal dari nikel ore, salah satu yang dikebut adalah lithium baterai untuk mobil listrik.
Menurut Luhut, Eropa sepakat akan mengandangkan seluruh mobil berbahan bakar minyak atau fosil pada tahun 2030, dan menggantikannya dengan mobil listrik. Luhut menantang para pihak yang melontarkan kritikan terkait TKA asal China untuk melihat langsung ke lokasi pengembangan.

17. Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Hashim Djojohadikusumo mengatakan, Menhan Prabowo Subianto membatalkan kontrak alutsista atau alat utama sistem persenjataan senilai Rp 50 triliun. Menurut Hashim, kakaknya tak mau terlibat dalam kasus korupsi, karenanya Prabowo membatalkan kontrak alutsista tersebut.
“Saya mau buka saja ya, kakak saya low profile, tapi saya berbangga dengan prestasi Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan dalam dua bulan dia menteri, dia membatalkan kontrak-kontrak alutsista, kontrak-kontrak senjata, kontrak-kontrak di Kementerian Pertahanan senilai Rp 50 triliun,” ujar Hashim saat membahas masalah ekspor lobster, belum lama ini.

18. Kepala Biro Humas Kementerian Pertahanan (Kemhan) Djoko Purwanto menampik soal adanya mark up proyek Rp 50 triliun seperti dikatakan Hashim. Djoko memastikan proyek yang diceritakan Hashim tidak pernah ada dalam Kementerian Pertahanan. “Itu tidak ada, tidak ada itu yang Rp 50 triliun,” kata Djoko, Minggu (26/7).

19. Harga emas di Antam terus mengalami kenaikan. Hari ini harganya nyaris tembus Rp 1 juta atau tepatnya Rp 989.000 per gram. Analis Emas sekaligus Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi memprediksi pada Agustus depan, harga emas di Indonesia bisa tembus Rp 1 juta per gram.
“Itu waktu yang tepat untuk melakukan penjualan. Jadi mencari harga tertinggi di situlah saat yang tepat orang yang memiliki logam mulia untuk lakukan penjualan,” kata Ibrahim, Minggu (26/7).

20. Polisi sedang memburu aktor di balik pengunggahan video tentang tentara China tengah ngelaundry seragam mereka di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara. Video tersebut kini sedang viral di media sosial.
Kapolsek Kelapa Gading Kompol Rango Siregar menegaskan, video yang viral tersebut adalah hoax. Polisi bakal mengusut pembuat video hoax itu. “Iya, diusut,” kata Kapolsek Kelapa Gading Kompol Rango Siregar,Minggu (26/7) kemarin.
[https://www.infotangsel.co.id/2020/07/berita-ter-hot-hari-ini-berdasarkan.html]

21. Polsek Taman Sari telah membentuk tim dan melakukan pengecekan terhadap 42 usaha laundry di wilayah kelapa Gading. Namun, tidak menemukan lokasi sesuai apa yang dideskripsikan dalam video ‘tentara China’ itu. Rango menegaskan, kejadian tersebut bukan di Kelapa Gading. “Saya cuma mau klarifikasi bahwa itu bukan di Kelapa Gading,” ujarnya. Polisi berkoordinasi dengan ahli bahasa Korea untuk menganalisis tulisan di seragam tentara China yang viral itu.

22. Polri mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan hingga tujuh kali secara berturut-turut. Menurut Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis, keberhasilan tersebut merupakan pencapaian yang luar biasa. “Kemarin Polri WTP lagi untuk ketujuh kalinya, seperti (mendapat) bintang. Bintang tujuh, obat sakit kepala,” seloroh Kapolri Jenderal Idham saat membuka Kejuaraan Nasional Menembak Kapolri Cup di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Minggu (26/7). Dalam pembukaan Kejurnas Kapolri Cup, Jenderal Idham Azis mengundang kehadiran Anggota BPK Hendra Susanto sebagai apresiasi Polri terhadap BPK.

23. Direktur Eksekutif Politika Research and Consulting (PRC), Rio Prayogo menyatakan, tren keterpilihan kepala daerah milenial meningkat sejak 2017. Disebutkan, pada 2017 sebanyak 5,2 persen kepala daerah usia milenial sukses mendapat mandat rakyat. Hal itu berlanjut ke Pilkada 2018, jumlah kepala daerah milenial yang terpilih mencapai 10 persen dari seluruh kandidat.
Cuma dari 5,2 persen yang terpilih, 40 persennya terdapat unsur dinasti politik yang mewarnai keterpilihan mereka. Mereka merupakan saudara atau anak dari kepala daerah sebelumnya atau politisi terkemuka di daerahnya. Selain itu, dari 5,2 persen kepada daerah milenial yang terpilih tersebut, 60 persennya harus berurusan dengan KPK. ‘’Kedua hal tersebut harus menjadi catatan bagi calon kepala daerah milenial yang akan berkontestasi di Pilkada serentak 9 Desember mendatang,’’ kata Rio dalam diskusi virtual, Minggu (26/7).

24. Ipar Presiden Jokowi, Wahyu Purwanto, menyatakan mundur dari pencalonan bupati Gunungkidul, Yogyakarta, melalui Partai Nasdem. Hal itu sesuai dengan permintaan Jokowi dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, agar arah kegiatannya beralih ke kegiatan sosial.
“Pak Jokowi dan Pak Surya Paloh melihat potensi saya yang tidak di politik barangkali. Menurut saya, pengalaman keduanya dalam bidang politik jauh lebih luas dan tentu keputusan itu akan saya ikuti,’’ kata Wahyu Purwanto saat menggelar pertemuan dengan relawan di Siyono, Kapanewon Playen, Minggu (26/7).

25. Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mendorong pemerintah supaya memberikan subsidi kepada orangtua siswa yang tak mampu membeli smartphone untuk kegiatan belajar online anaknya. Dasco mengatakan itu menanggapi kasus yang dialami Dimas Ibnu Alias, siswa SMP di Rembang, Jawa Tengah. Dasco merasa miris dan geram lantaran Dimas terpaksa datang ke sekolah untuk belajar sendirian karena tak punya smartphone pada situasi pandemi Covid-19.
“Banyak Dimas-Dimas lain di luar sana yang punya keinginan belajar tapi orangtuanya tidak mampu membeli smartphone dan kuota. Jadi, khusus untuk orangtua yang tidak mampu, pemerintah bisa mensubsidi dari dana pendidikan. Saat ini sudah banyak smartphone yang dijual dengan harga murah,’’ kata Dasco, Minggu (26/7).

26. Pengamat politik dari Universitas Paramadina, Ahmad Khoirul Umam menilai, tak etis Presiden Jokowi memanggil Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo ke Istana Kepresidenan untuk membahas politik praktis pada Kamis (16/7) lalu.
“Yang dilakukan Presiden Jokowi memanggil Pak Achmad Purnomo Wakil Wali Kota Solo saya rasa kurang etis. Karena beliau (Presiden) memanggil dalam kapasitas kepala pemerintahan. Yang dipanggil wakil wali kota. Tapi yang dibicarakan masalah politik praktis, khususnya berkaitan dengan konteks putra beliau,” kata Umam dalam diskusi virtual, Minggu (26/7).

27. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan, bertambahnya angka kasus positif corona di Ibu Kota akan terus terjadi seiring dengan gencarnya tes Covid-19. Anies menjelaskan, tes Covid-19 memang bertujuan untuk menemukan pasien positif dan memisahkan mereka agar tidak terjadi penularan. “Justru yang harus dikerjakan adalah menambah testing. Otomatis akan tambah (angka) kasusnya,” ujar Anies, kemarin.
Menurut Anies, pada kondisi saat ini justru pemeriksaan massal Covid-19 lebih digencarkan, meskipun angka kasus positif akan terus bertambah. Dengan begitu, penelurusan pasien positif Covid-19 di Jakarta bisa lebih berjalan dan penyebaran Covid-19 di Ibu Kota semakin terkendali.

28. Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi dinyatakan negatif Covid-19. Hal itu diketahui dari hasil tes usab atau swab test yang dilakukan Kepala Negara. Menanggapi realitas tersebut, Presiden kembali mengingatkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan yang telah dibuat oleh pemerintah. Menurut Presiden, disiplin masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan turut membantu pemerintah dalam upaya penanganan Covid-19.
“Saya sudah berulang-ulang mengajak masyarakat untuk menjaga imunitas tubuh dengan berolahraga secara rutin, makan-makanan yang bergizi, jangan lupa pakai masker, cuci tangan sehabis aktivitas, jangan masuk kerumunan, jaga jarak,” kata Jokowi, Minggu (26/7).

29. Menlu Retno LP Marsudi menyatakan dukungan Indonesia terhadap perjuangan masyarakat Palestina dalam menghadapi upaya pendudukan Israel tidak akan pernah berhenti. Menurut dia, Indonesia memiliki alasan kuat dalam memberikan dukungan tersebut, yaitu sesuai dengan amanat UUD 1945. Dalam alinea pertama UUD 1945 disebutkan bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa, sehingga segala penjajahan di atas dunia harus dihapuskan.
“Kita selalu dekat di hati, di setiap helaan napas politik luar negeri Indonesia, isu Palestina, is always there,” kata Retno, Minggu (26/7). Dalam mendukung kemerdekaan tersebut, ia menambahkan, diperlukan dukungan yang luas dari masyarakat internasional. Sebab, saat ini Palestina tengah dihadapkan pada dua tantangan yang berat.

30. Pemprov NTT beri kesempatan kepada para investor untuk mengelola Pulau Kelor di Kabupaten Manggarai Barat, yang akan menjadi salah satu obyek wisata yang akan dikunjungi para peserta KTT G20 dan ASEAN Summit 2023. Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT Marius Ardu Jelamu mengatakan, sejumlah pulau di Kabupaten Manggarai yang menjadi destinasi tersebut merupakan kewenangan Provinsi NTT.
“Tentunya yang pemerintah provinsi siapkan itu adalah membuka kesempatan kepada para investor untuk bisa mengelola pulau-pulau itu,” kata Marius melalui sambungan telepon, kemarin.

31. Polda Kepulauan Riau menangkap 7 tersangka kasus dugaan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) anak buah kapal (ABK) WNI yang bekerja di kapal berbendera China, Lu Huang Yuan Yu 118. Penangkapan iyu terkait seorang ABK WNI bernama Hasan yang meninggal dunia dan jasadnya disimpan di dalam mesin pendingin (freezer). Ketujuh tersangka tersebut adalah HS, TA, TS, LK Alias E, ST, MH dan SC alias S.
“Tim dari Subdit IV Ditreskrimum Polda Kepri dan di back up oleh Tim Satgas TPPO Subdit III Dit Tipidum Bareskrim Polri dan Polda Jateng berhasil mengamankan 7 orang tersangka,” kata Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt, Minggu (26/7).

32. Mensesneg Pratikno meminta seluruh kementerian/lembaga negara hingga kepala daerah memasang dan mengibarkan Bendera Merah Putih mulai 1-31 Agustus 2020 dalam rangka peringatan hari kemerdekaan ke-75 RI. “Memasang dan mengibarkan bendera merah putih di antara umbul-umbul serentak mulai tanggal 1-31 Agustus 2020,” ujar Pratikno, Minggu (26/7).
Pratikno mengimbau agar berbagai kegiatan tersebut tetap mengikuti protokol kesehatan penanganan covid-19. Sementara terkait pembiayaan harus dilaksanakan sesuai peraturan perundang-undangan. “Pelaksanaan hal-hal dimaksud agar mematuhi protokol kesehatan penanganan dan pencegahan Covid-19,” katanya.

33. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menetapkan empat kabupaten berstatus awas atau kode merah kekeringan meteorologis. Keempat kabupaten itu yakni tiga kabupaten/kota di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan satu kabupaten di Nusa Tenggara Barat (NTB.
Status awas ini tertuang dalam Surat Peringatan Dini Kekeringan Meteorologis yang dikeluarkan Deputi Klimatologi BMKG pada 24 Juli 2020. Tiga kabupaten/kota di NTT yaitu Kota Kupang, Kabupaten Belu, Kabupaten Timor Tengah Selatan dan satu kabupaten di NTT yaitu Kabupaten Dompu.

34. Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, Pilkada 2020 menjadi salah satu tahapan penting bagi Golkar menghadapi Pemilu 2024. Bila calon kepala daerah yang diusung Golkar banyak yang menang, itu menjadi modal awal untuk hadapi pemilu mendatang. “Kemenangan di Pilkada 2020 adalah modal awal memenangkan Golkar pada Pemilu 2024. Oleh karena itu, saya meminta seluruh kader, ketua bidang pemenangan pemilu, serta pimpinan DPRD di wilayah masing-masing menjadi ujung tombak dalam menghadapi pilkada kali ini,’’ ujarnya, kemarin.
Tksh 🙏😇🌷
[https://www.infotangsel.co.id/2020/07/berita-ter-hot-hari-ini-berdasarkan.html]
INFOTANGSEL.CO.ID

0 comments:

Post a comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India