Wednesday, 1 July 2020

Berbagai Sumber Media Mainstream dan Media Sosial


Rabu,20200702
Berikut ini Resume Hot isu yang dihimlmpun dari berbagai Sumber Media Mainstream dan Media Sosial  yang berkembang hari ini,

1. Politisi PDIP Deddy Sitorus menilai kemarahan Presiden Jokowi kepada para menterinya dalam rapat tanggal 18 Juni lalu bukanlah setting-an. Deddy menilai kemarahan Jokowi kali ini menarik. “Jadi, itu sesuatu yang spontanitas, kegeraman yang sudah muncul lama,” kata Deddy Sitorus dalam acara ILC tvOne, Selasa (30/6) tadi malam.
Deddy menyebut Jokowi bukan pertama kali marah. Deddy memerinci kemarahan Jokowi. Menurutnya, Jokowi marah pertma kali pada Juli 2015 terkait kasus dwelling time berturut-turut, soal markup blangko e-KTP, soal kasus ‘papa minta saham’, soal harga cabe tahun 2017, dan sebagainya.

2. Dalam acara ILC di TV One, Selasa (30/6) malam, Waketum Gerindra Fadli Zon menyoroti soal ancaman reshuffle yang disampaikan Presiden Jokowi dalam sidang kabinet paripurna tanggal 18 Juni 2020. Menurutnya, Jokowi harus konsisten terhadap ucapannya yakni meresuffle menteri tidak kredibel yang membuatnya kecewa.
“Menurut saya, ini (wacana reshuffle) harus ditindaklanjuti, karena ucapan presiden kan bukan statemen pengamat, tapi sebagai pelaku. Jadi, harusnya sabdo pandito ratulah. Apa yang kemudian, what next, what if to be done dari situasi yang ada ini apa yang harus dilakukan.’’ tegas Fadli Zon.

3 Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PDIP Johan Budi Sapto Pribowo mengusulkan kepada Presiden Jokowi agar tidak me-reshuffle Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Usulan itu disampaikan resmi bekas Jubir KPK itu dalam rapat kerja dengan Mendagri Tito Karnavian di ruang rapat Komisi II, kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, kemarin.
3. Mendagri Tito Karnavian tampak tersipu-sipu menanggapi usulan anggota Komisi II DPR dari Fraksi PDIP Johan Budi Sapto Prabowo agar Presiden Jokowi tidak me-reshuffle dirinya dari Kementerian Dalam Negeri RI. Baginya masalah reshuffle itu urusan Allah SWT dan hak prerogatif presiden.
“Saya sangat percaya bahwa semua jabatan apa pun juga, itu adalah amanah dari Allah SWT, dan atas keputusan prerogatif presiden. Jadi kita harus hormati apa pun juga,” tegas Tito Karnavian di Komplek DPR/MPR, Senayan, Jakarta, kemarin.

4. Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya dalam acara di ILC itu menilai video Presiden Jokowi memarahi menterinya dan menyinggung reshuffle dinilai memiliki 3 tujuan. Salah satunya untuk mencubit para menteri agar bekerja lebih baik.
“Nah kalau kita lihat kan pilihannya bisa tiga, jangan-jangan nggak ada reshuffel. Jadi hanya sebatas ingin mencubit menteri mempermalukan mereka dihadapan publik, sehingga kemudian ada dorongan mereka bekerjaan lebih baik,” ujarnya.
Ia menyebut, kemungkinan tidak adanya reshuffle karena beberapa data. Di antaranya indikator kerja beberapa kementerian yang meningkat setelah kejadian tersebut. “Ada data yang menyebutkan Kemensos, Kemenkeu, dan Kemenkes berhasil menaikkan indikator kerjanya setelah tanggal 18 Juni,” kata Yunarto.
[https://www.infotangsel.co.id/2020/07/berbagai-sumber-media-mainstream-dan.html]

5. Pakar Kebijakan Publik dari UGM Prof. Wahyudi Kumorotomo menyebut sejumlah kementerian yang belum maksimal dalam menjalankan tugasnya. Presiden Jokowi sudah memberikan ‘kode’ soal kementerian mana saja yang dinilai kerjanya kurang maksimal. Hal ini akan menjadi pijakan bagi presiden untuk mereshuffle menteri yang tidak maksimal.
Selain Kemenkes, Wahyudi juga menyoroti kinerja Kemensos, Kemenakertrans, Kemendikbud tidak maksimal. Kemensos masih berkutat soal tidak tepatnya data penerima bansos, Kemenaker tidak banyak bergerak, dan Kemendikbud banyak programnya tidak berjalan lancar. Program pembelajaran kampus merdeka, sampai sekarang terobosannya tidak jelas sementara PPDB kacau, system pembelajaran daring mengecewakan.

6. Massa pendemo yang menolak kedatangan 105 TKA asal China gelombang kedua masih bertahan di Simpang Empat Ambaipua, Kota Kendari hingga pukul 21.00 WITA. Mereka men-sweeping semua kendaraan roda empat yang melintas dari Bandara Halu Oleo menuju jalan utama di Kota Kendari. Para pengemudi mobil dari arah bandara dipaksa menurunkan kacanya dan memperlihatkan semua penumpangnya.
Mereka lakukan itu agar tidak ada TKA yang lolos masuk ke wilayah Sultra. Selain lakukan sweeping, sejumlah pendemo juga menari-menari di jalan sambil membakar ban di jalan. Sementara para aparat kepolisian masih terus bersiaga dan dalam posisi berhadap-hadapan dengan para pendemo.

7. Sekitar pukul 22.00 WITA, iring-iringan rombongan TKA asal China tampak keluar dari Bandara Haluoleo melalui jalur alternatif di Kecamatan Konda, Konsel. Polisi yang mengawal mereka berhasil menghalau para pengunjuk rasa yang bertahan di pintu masuk jalur alternatif bandara.

8. Massa lari kocar-kacir setelah disemprot air dari kendaraan water cannon dan polisi yang lengkap dengan tameng. Iring-iringan gelombang kedua TKA China pun melintas dan ke luar Bandara Haluoleo.
Polda Sultra mengerahkan 1.000 personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, hingga Satpol PP untuk mengawal aksi unjuk rasa menolak kedatangan 105 TKA asal China yang tiba di Kendari, Selasa (30/6) malam.

9. Terpidana kasus suap dana hibah KONI, Imam Nahrawi, meminta agar aliran dana Rp 11,5 miliar dari KONI ditelusuri sampai tuntas. Menanggapi itu, KPK mengaku akan mengadakan rapat untuk membahas kelanjutan kasus eks Menpora itu. Namun sebelum KPK mengembangkan suatu kasus tindak pidana korupsi, banyak hal yang harus dipenuhi, antara lain alat bukti yang cukup dan saksi-saksi.
“Terkait pengembangan kasus, kita akan rapat minggu depan untuk mendalami hal tersebut. Dengan rapat dengan seluruh penyidik, para deputi, direktur, apakah kemudian informasi itu bisa dikembangkan atau tidak,” kata Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, kemarin.

10. Tahanan KPK di Masa Pandemi Harus Jalani Isolasi Mandiri. KPK menahan Dadang Suganda selaku tersangka kasus dugaan korupsi terkait pengadaan ruang terbuka hijau (RTH) di Pemkot Bandung tahun 2012-2013. Dadang ditahan selama 20 hari pertama dengan protokol kesehatan Covid-19.
KPK mengatakan telah menerima pengembalian uang dan aset terkait kasus dugaan korupsi pengadaan ruang terbuka hijau (RTH) di Pemkot Bandung pada 2012 sebanyak Rp 7 miliar.

11. Program upskilling dan reskilling guru SMK beserta bantuan pemerintah bidang kemitraan dan penyelarasan dunia usaha dan industri (DUDI) telah resmi diluncurkan Kemendikbud. Program tersebut diharapkan dapat menghasilkan kurikulum baru yang lebih sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri.
“Jadi yang menyusunnya dengan industri untuk memenuhi hard skill dan soft yang seimbang. Di kurikulum baru ini 60% masih berbasis praktik karena ini SMK, tetapi seluruh pelajaran akan dihubungkan dengan real challenge,” kata Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto, kemarin.

12. Mantan Ketua Majelis Syuro PKS Ustaz Hilmi Aminuddin meninggal dunia hari ini. Dua petinggi Partai Gelora, Anis Matta dan Fahri Hamzah mengaku kehilangan sosok Hilmi, yang dinilai banyak berkontribusi kepada masyarakat.
“Siang ini, dengan kesedihan yang sangat mendalam saya menerima kabar wafatnya guru saya tercinta Ustaz Hilmi Aminuddin, semoga almarhum memperoleh tempat terbaik,” kata mantan Presiden PKS Anis Matta yang kini jadi Ketua Umum Partai Gelora, kemarin.

13. DPW PKS Jawa Barat menginstruksikan seluruh kader melakukan salat gaib atas meninggalnya mantan Ketua Majelis Syura PKS Ustaz Hilmi Aminuddin. Hal ini agar tak terjadi kerumunan pelayat di rumah duka sebab masih kondisi pandemi COVID-19.
“Kepada seluruh kader dan simpatisan PKS Jawa Barat mohon mendoakan almarhum dari tempat masing-masing dan melaksanakan salat gaib di tempat masing-masing,” ujar Ketua DPW PKS Jabar Haru Suandharu, kemarin.

14. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan, selama pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), infrastruktur dan layanan digital terbukti menjadi tulang punggung bagi berbagai kegiatan produktif, seperti bekerja, berjualan, dan belajar dari rumah. Airlangga juga menekankan transformasi digital merupakan satu keharusan.
“Apalagi di masa pandemi ini, migrasi dari offline ke online adalah sesuatu yang diperlukan oleh masyarakat. Berbagai negara pun mendorong digitalisasi ekonomi agar tidak ketinggalan,” tutur Airlangga, kemarin.
[https://www.infotangsel.co.id/2020/07/berbagai-sumber-media-mainstream-dan.html]

15. Berbagai cara dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona (COVID-19). Presiden Jokowi berpendapat strategi intervensi berbasis lokal lebih efektif memerangi COVID-19. Menurut Jokowi, isolasi RT/RW hingga desa lebih efektif daripada isolasi kota atau kabupaten.
“Menurut saya, posisi sekarang ini, strategi intervensi yang berbasis lokal itu yang paling efektif untuk menangani COVID, strategi intervensi yang berbasis lokal. Jadi mengkarantina, mengisolasi RT, mengisolasi RW, mengisolasi kampung, atau desa itu lebih efektif daripada kita mengkarantina kota atau kabupaten. Ini lebih efektif,” kata Jokowi.

16. Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) akan memeriksa Ketua KPU RI dan empat komisioner lainnya. Mereka diperiksa terkait dugaan pelanggaran kode etik penyelenggaraan pemilu. Sidang DKPP direncanakan akan dilakukan hari ini, Rabu (1/7), pukul 09.00 WIB.
Pimpinan dan anggota diperiksa terkait laporan yang diajukan oleh Emanuel Eka, dengan nomor pengaduan 60-PKE-DKPP/VI/2020. “DKPP telah memanggil semua pihak secara patut, yakni lima hari sebelum sidang pemeriksaan digelar,” ujar Sekretaris DKPP, Bernad Dermawan Sutrisno, Rabu (1/7).

17. Menkumham Yasonna Laoly menepis kabar terkait posisi terpidana buron Djoko Soegiarto Tjandra yang disebut berada di Indonesia. Yasonna malah bertanya soal kabar Djoko Tjandra sudah 3 bulan berada di Indonesia. “Dari mana data bahwa dia 3 bulan di sini, tidak ada datanya kok,” kata Menkumham Yasonna Laoly, kemarin.
“Di sistem kami tidak ada, saya tidak tahu bagaimana caranya. Sampai sekarang tidak ada. Kemenkum HAM tidak tahu sama sekali (Djoko Tjandra) di mana. Makanya kemarin kan ada dibilang ditangkap, kita heran juga. Kami sudah cek sistem kami semuanya, tidak ada tuh,” imbuhnya usai bersama Mendagri Tito Karnavian raker dengan Komisi II DPR di Senayan.

18. Jaksa Agung ST Burhanuddin mengaku sakit hati mendengar kabar terpidana buron Djoko Tjandra sudah tiga bulan di Indonesia lantara sudah beberapa tahun pihaknya mencari terpidana kasus cesi Bank Bali tersebut. ‘’Informasinya lagi menyakitkan hati saya adalah katanya 3 bulanan dia ada di sini,” kata Jaksa Agung dalam raker dengan Komisi III DPR, kemarin.
“Ini baru, baru sekarang terbukanya setelah saya perintahkan Jamintel (Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen) saya minta ini bisa tidak terjadi lagi,” imbuh Burhanuddin.

19. Kementerian PDTT bakal memfokuskan program One Village One Innovation buat 126 desa yang memiliki sektor teknologi tepat guna (TTG). Program itu nantinya akan melibatkan empat sektor, yaitu pemerintah melalui Kemendes PDTT dan Kemenristek/BRIN, Offtaker atau kalangan dunia usaha, kampus, dan Komunitas sesuai UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.
Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar mengatakan, program serupa sebenarnya telah diresmikan olehnya di Kawasan Wisata Goa Pindul, Gunungkidul, Yogyakarta, yaitu Bejiharjo Edupark yang merupakan pilot inkubasi inovasi desa pengembangan ekonomi lokal oleh Kemendes PDTT.

20. Kuasa hukum Imam Nahrawi, Wa Ode Nur Zainab mendorong KPK untuk menindaklanjuti pemeriksaan terhadap mantan pebulutangkis nasional Taufik Hidayat. Menurut dia, berdasarkan fakta persidangan, Taufik Hidayat mengaku kliennya tidak pernah memerintahkan orang lain atau asisten pribadinya, Miftahul Ulum untuk mengambil uang darinya.
“Sementara orang terhormat ini (Taufik Hidayat) menyampaikan di persidangan, Pak Imam tidak pernah memerintahkan untuk mengambil uang, ‘Miftahul Ulum juga tidak pernah minta uang kepada saya’. Artinya, itu clear tidak pernah ada permintaan uang kepada beliau,” kata Wa Ode di Pengadilan Tipikor Jakarta, kemarin.

21. Peneliti LIPI Prof Siti Zuhro mengusulkan agar presidential threshold dikurangi setengahnya atau bahkan menjadi nol persen dalam revisi UU Pemilu. Dengan begitu, partai besar dan partai kecil sama-sama memahami tanggung jawabnya.
“Beberapa usulan saya, tentang presidential threshold itu yang paling mungkin hanya separuhnya atau nol. Kalau nol berisiko tidak? Jadi semua itu disimulasikan, baik partai besar, partai menengah, atau partai kecil yang ada di DPR dan di luar DPR juga ikut memahami dan menyadari bahwa punya tanggung jawab,” kata Siti dalam RDPU dengan Komisi II DPR, kemarin.

22. Menyadari Jatim sebagai juara satu positif corona, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta bantuan tenaga Peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) ke FK Unair. Rencananya, dokter PPDS tersebut akan ditugaskan ke dua RS Pemkot. Yakni RSUD Soewandhie dan RSUD Bhakti Dharma Husada (BDH).
“Saya punya permohonan kepada pak dekan, kalau bisa dibantu tenaga PPDS untuk RS kami, RS Soewandhie dan BDH. Maret lalu kami dapat tenaga PPDS, setelah Maret ditarik lagi. Saya berharap permohonan dikabulkan. Pemkot Surabaya akan menyiapkan fasilitasnya. Saya juga akan sediakan kendaraan untuk antar jemput PPDS, kata Risma di FK Unair, kemarin.

23. Tim advokasi Novel Baswedan mengadukan Kepala Divisi Hukum Mabes Polri Inspektur Jenderal Rudy Heriyanto Adi Nugroho ke Ombudsman RI atas dugaan maladministrasi terkait pemberian bantuan hukum terhadap terdakwa penyiraman air keras, Ronny Bugis dan Rahmat Kadir.
“Kemarin sudah mengajukan pengaduan dugaan maladministrasi yang dilakukan oleh Irjen Pol Rudy Kepala Divisi Hukum Mabes Polri yang memberikan pembelaan atau fasilitas bantuan hukum kepada kedua terdakwa,” kata Tim Kuasa Hukum Novel, Andi Muhammad Rezaldy dalam diskusi daring yang digelar KontraS, kemarin.

24. Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Supratman Andi Agtas menyebut baru satu dari sebelas klaster dalam rancangan undang-undang Cipta Kerja (RUU Ciptaker) yang selesai dibahas. Satu klaster yang telah rampung dibahas adalah klaster UMKM dan Koperasi, sementara 10 klaster lainnya belum dibahas.
“Kita baru menyelesaikan konsiderannya, kemudian Bab I Ketentuan Umum, Bab II Maksud dan Tujuan, Bab V tentang UMKM dan Koperasi,” kata Supratman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin.

25. Pemprov DKI Jakarta melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai di pusat perbelanjaan, toko swalayan, dan pasar rakyat mulai hari ini, 1 Juli 2020. Larangan tersebut telah diatur dalam Peraturan Gubernur Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan, dan Pasar Rakyat.
“Pemprov DKI Jakarta melarang penggunaan kantong belanja plastik sekali pakai di tempat-tempat tersebut,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih dalam keterangan tertulis, kemarin.

26. Partai Golkar mengaku telah mengirim kader-kader terbaiknya sebagai menteri dalam Kabinet Indonesia Maju. Wakil Ketua Umum Ahmad Doli Kurnia mengklaim kader Golkar juga sudah bekerja luar biasa selama menjadi menteri.
Doli menyampaikan hal itu merespons wacana reshuffle yang dilontarkan Presiden Joko Widodo lantaran ada menteri yang bekerja lamban dalam menangani virus corona dan dampak yang ditimbulkannya.

27. Tim advokasi Novel Baswedan mengadukan Kepala Divisi Hukum Mabes Polri Inspektur Jendera Rudy Heriyanto Adi Nugroho ke Ombudsman RI atas dugaan maladministrasi terkait pemberian bantuan hukum kepada 2 terdakwa penyiraman air keras ke wajah Novel Baswedan, yakni Ronny Bugis dan Rahmat Kadir.
“Kemarin sudah mengajukan pengaduan dugaan maladministrasi yang dilakukan oleh Irjen Pol Rudy Kepala Divisi Hukum Mabes Polri yang memberikan pembelaan atau fasilitas bantuan hukum kepada kedua terdakwa,” kata Tim Kuasa Hukum Novel, Andi Muhammad Rezaldy dalam diskusi daring yang digelar KontraS, kemarin.

28. Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Dukuh Ngembat, Desa Mojorejo, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Surani (45), mengalami perlakuan buruk oleh majikannya di Arab Saudi. Kejadian itu pertama kali terkuak dari media sosial (medsos).
Mengetahui hal tersebut, Pemkab Sragen segera bergerak. Kasi Penempatan dan Informasi Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sragen, Ernawan, melaporkan kasus itu ke Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) di Jakarta.

29. Sosiolog dari Universitas Indonesia (UI) Imam Prasodjo menilai, perlu adanya champion atau tokoh yang dianggap berpengaruh di sebuah komunitas, untuk menyosialisasikan protokol kesehatan.
Penerapan protokol kesehatan bertujuan untuk memutus rantai penularan virus corona atau Covid-19, antara lain mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak fisik.
“Gugus Tugas (Percepatan Penanganan Covid-19 Pusat maupun Daerah) mungkin harus dibantu para champion di lokal kerumunan itu,” kata Imam melalui video telekonferensi, Selasa (30/6/2020).

30. Ketua MPR Bambang Soesatyo memainkan cara baru dalam mensosialisasikan Empat Pilar MPR RI, yakni dengan menggandeng para selebritis dan youtuber melalui kanal akun youtube Bamsoet Channel. Setelah sebelumnya berkolaborasi dengan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, kini Bamsoet ngevlog bareng Jessica Iskandar di Ruang Kerja Ketua MPR, Senayan, Jakarta, kemarin.
“Raffi Ahmad dan Nagita Slavina melalui kanal youtube Rans Entertaninment memiliki 16,5 juta subscriber dengan follower Instragram 42,4 juta. Sedangkan Jessica Iskandar memiliki 1,8 juta subscriber dengan follower 23,2 juta. Kolaborasi dengan mereka dalam mensosialisasikan Empat Pilar MPR RI ditujukan untuk menyasar generasi muda maupun kalangan masyarakat yang aktif bersosial media melalui youtube. MPR RI tak boleh ketinggalan zaman, harus selalu kreatif agar penanaman Empat Pilar MPR RI semakin membumi dan yang tak kalah penting, selalu up to date,” ujar Bamsoet.

31. Ketua MPR Bambang Soesatyo menilai 14 ribu lebih pasar tradisional yang tersebar di berbagai wilayah sebagai jantung kehidupan ekonomi tak boleh mati beraktifitas akibat pandemi Covid-19. Terhentinya aktifitas pasar tradisional sama saja dengan memberhentikan detak denyut ekonomi rakyat.
Agar aktifitas perdagangan di pasar tradisional tak terhenti, harus ada terobosan baru dari pemerintah, misalnya dengan membatasi aktifitas kunjungan. Sedangkan untuk jangka panjang, mendorong para pedagang pasar tradisional untuk melek teknologi melalui digitalisasi perdagangan secara virtual.
“Strategi jangka pendek sudah diberlakukan di berbagai daerah dengan membatasi para pedagang pasar tradisional dengan memberlakukan sistem ganjil genap. Di tanggal ganjil, lapak dengan nomor urut ganjil bisa berjualan. Di saat tanggal genap, gantian lapak dengan nomor urut genap yang berjualan. Begitupun dengan para pembeli yang dibatasi jumlahnya. Dengan demikian pasar tradisional tak perlu ditutup total, melainkan cukup membatasi aktifitas agar tidak menjadi kluster terbesar dalam penyebaran Covid-19,” ujar Bamsoet saat menerima Aliansi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSINDO), di Ruang Kerja Ketua MPR, Jakarta, kemarin. *
[https://www.infotangsel.co.id/2020/07/berbagai-sumber-media-mainstream-dan.html]

0 comments:

Post a comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India