Tuesday, 30 June 2020

Istana sengaja melempar persoalan “dapur” ke publik dengan mempublikasikan video Sidang Kabinet


20200630 [Selasa]
Berikut ini Resume  Isu Aktual yang dihimpun dari berbagai Sumber Media Mainstream dan Media Sosial yang berkembang

1. Peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes menilai, Istana sengaja melempar persoalan “dapur” ke publik dengan mempublikasikan video Sidang Kabinet Paripurna tanggal 18 Juni lalu.
Dalam video itu Presiden Jokowi mengungkapkan kejengkelannya kepada para menteri lantaran masih bekerja secara biasa saja di masa krisis seperti ini. Bahkan, Jokowi mengancam akan melakukan reshuffle atau merombak kabinet.
“Ini kan seperti Istana ingin melempar persoalan dapur mereka ke publik. Ini kan soal-soal kinerja menteri semua itu, presiden menyampaikan secara emosional kemarahannya kan ini soal dapur Istana,” kata Arya, kemarin.

2. Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko mengibaratkan ancaman reshuffle yang disampaikan Presiden Jokowi sebagai rencana cadangan. Ia mengatakan, sebisa mungkin hal itu tak terjadi. Mantan Panglima TNI itu menambahkan, dalam kemiliteran, tindakan pertama yang dilakukan oleh seorang komandan dalam menghadapi situasi krisis adalah hadir di lapangan. Hal itu sudah dibuktikan Jokowi saat hadir di Surabaya sebagai daerah berstatus zona merah Covid-19.

3. Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komaruddin menilai, teguran Presiden Jokowi terhadap para menteri dalam Sidang Kabinet 18 Juni 2020 sangat keras. Menurutnya, Presiden ingin para menteri bekerja maksimal.
“Intinya para menteri diminta kerja terbaik. Tidak ragu dalam mengambil kebijakan yang bermanfaat untuk rakyat. Jangan kerja asal-asalan. Itu warning keras dari Jokowi untuk para menterinya. Menteri yang berkinerja jeblok bisa saja terkena reshuffle,” tegasnya.

4. Politisi PDI-P Andreas Hugo Pareira berharap ancaman reshuffle kabinet yang disampaikan Presiden Jokowi segera dilaksanakan. Menurut dia, masyarakat ingin melihat ketegasan dan keseriusan pemerintah dalam penanganan Covid-19.
“Langkah ini perlu segera dilakukan agar tidak menjadi rumor politik dan memperkuat kepercayaan publik terhadap keseriusan pemerintah,’’ kata Andreas.

5. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia ( PKPI) mendesak Presiden Jokowi lakukan reshuffle atau perombakan kabinet. Jubir PKPI Sonny Tulung meminta Presiden segera mencopot menteri-menterinya yang kinerjanya lambat dalam menangani pandemi virus corona.
“Momennya sudah tepat bagi Pak Jokowi lakukan reshuffle kabinet, waktunya ganti menteri yang lamban dalam menyikapi krisis dan mengikuti irama kerja Presiden,” katanya, kemarin.

6. Setali tiga uang dengan PKPI, PSI mendukung Presiden Jokowi melakukan reshuffle kabinet untuk memperbaiki kinerja pemerintah. Jubir PSI Dara Nasution dapat memahami kemarahan Presiden Jokowi.
‘’Wajar jika Presiden marah karena banyak kementerian bekerja tanpa memiliki sense of crisis, padahal Indonesia berada dalam situasi tidak normal,” katanya, kemarin.

7. Kemarahan Presiden Jokowi terhadap para menterinya pada siding kabinet tanggal 18 Juni lalu dinilai sebagai kemarahan level tertinggi. Ucapan tentang reshuffle kabinet pemerintahan dinilai sebagai ancaman serius dari Jokowi kepada para menteri.
“Kesimpulannya, Presiden sungguh merasa marah sekali plus sedih dan kecewa pada menteri,” kata pakar deteksi kebohongan manusia (lie detector), Handoko Gani, kemarin.

8. Menkes Terawan Agus Putranto salah masuk ruangan saat dikejar wartawan terkait video kemarhan Presiden Jokowi karena kinerja menterinya yang buruk. Terawan menghadiri Raker dengan Komisi IX DPR di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Jakarta. Rapat itu dijadwalkan membahas anggaran Kemenkes tahun 2021.
Rapat yang berlangsung tertutup itu dimulai sekitar pukul 14.00 WIB. Rapat sempat diskors sekitar pukul 16.30 WIB. Para anggota dewan keluar-masuk ruangan selama rapat diskors. Namun Terawan tetap berada di dalam ruang rapat hingga rapat kembali dimulai.

9. Wakil Ketua Komisi IX Nihayatul Wafiroh meminta Menkes Terawan Agus Putranto segera cairkan tunjangan bagi tenaga medis yang menangani Covid-19. “Memang perlu kerja lebih ekstra dari Menkes terkait intesif tenaga kesehatan, tenaga medis itu, karena mereka yang bekerja betul,” kata Nihayatul.

10. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Ia menangis-nangis tersedu-sedu dan bersujud sampai dua kali ke hadapan Ketua Ketua Tim Penyakit Infeksi Emerging dan Remerging (Pinere) RSU dr Soetomo, dr Sudarsono saat beraudensi dengan Pengurus IDI Jatim dan IDI Kota Surabaya di Balai Kota Surabaya, Jalan Walikota Mustajab, Surabaya, Jatim, kemarin.
Risma — begitu sapaan akrabnya — menangis lantaran tidak bisa berkomunikasi dengan pihak RSU dr Soetomo Surabaya. Risma sudah membuka dan membangun komunikasi berkali-kali. Tetapi hasilnya tetap nihil. Risma berharap warganya yang terpapar COVID-19 bisa dirawat di RSU dr Soetomo, namun upayanya selalu kandas.
‘’Kami tidak terima, karena tak bisa masuk ke RSU dr Soetomo,” ujar Risma sambil bersujud di lantai. Kedua tangannya berupaya meraih kaki dr. Sudarsono yang duduk di depannya, Risma mengatakan dirinya goblok dan tak pantas menjadi Walikota Surabaya. “Saya memang goblok, saya tak pantas jadi wali kota,” kata Risma sambil menangis.

11. Menko Polhukam Mahfud MD meminta lembaga penegak hukum mengawasi penggunaan anggaran penanggulangan Covid-19. Hal itu ia uangkapkan seusai memimpin rapat dengan para menteri koordinator, KPK, Jaksa Agung ST Burhanuddin, hingga Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (29/6).
“Kami minta diawasi, untuk itu kami mengundang KPK, Jaksa Agung, Kapolri, dan lain-lain. Karena kami ingin secara hukum ini benar, cepat dan tidak menghambat,” ujarnya.

12. Kejagung memeriksa tiga tersangka kasus dugaan korupsi impor tekstil pada Ditjen Bea dan Cukai tahun 2018-2020. Para tersangka yang diperiksa yaitu, Kepala Seksi PPC I pada Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea Cukai Batam Haryono Adi Wibowo, Kepala Seksi PPC II KPU Bea dan Cukai Batam Kamaruddin Siregar, dan Kepala Seksi PPC III KPU Bea dan Cukai Batam Dedi Aldrian.

13. Sekretaris Ditjen Paud-Dasmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Sutanto menggelar pertemuan dengan para orang tua murid yang memprotes penyelenggaraan PPDB DKI Jakarta 2020 sistem zonasi. Dalam audiensi ditemukan dua persoalan penyelenggaraan PPDB.

14. Kemendikbud mengatakan Disdik DKI Jakarta telah menyiapkan tiga solusi terkait polemik penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2020. Namun, tiga solusi tersebut masih belum menjadi keputusan yang sah.
Hal ini disampaikan Sekretaris Ditjen PAUD-Dikdasmen Kemendikbud dalam audiensi yang dilakukan dengan Ketua Komnas Perlindungan Anak Arist Sirait serta 12 perwakilan orang tua murid di Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakpus, kemarin. Dalam audiensi itu, Sutanto mengatakan sudah ada 3 alternatif solusi yang sedang dikaji Dinas Pendidikan DKI Jakarta, di antaranya menambah jumlah siswa dalam satu kelas.
[https://www.infotangsel.co.id/2020/06/istana-sengaja-melempar-persoalan-dapur.html]

15. Terpidana kasus cessie Bank Bali, Djoko Tjandra yang jadi buronan mengajukan permohonan peninjauan kembali (PK) ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. PN Jaksel menggelar sidang perdana gugatan PK tersebut, akan tetapi karena Djoko Tjandranya tidak hadir, maka sidang ditunda.
“Djoko tidak bisa hadir karena beliau tidak enak badan. Kita ada suratnya keteranganya, kita serahkan ke majelis. Mudah-mudahan kesempatan berikutnya bisa hadir,” kata kuasa hukum Djoko Tjandra, Andi Putra Kusuma, di PN Jaksel, Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan.

16. Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) akan berbagi beban utang (burden sharing) dalam mengatasi dampak pandemi Corona. Kebutuhan dana penanggulangan COVID-19 mencapai ribuan triliun rupiah.
Berdasarkan Perpres Nomor 72 Tahun 2020, pemerintah menetapkan defisit anggaran 6,34% atau setara Rp 1.039,2 triliun. Dari angka itu, pemerintah akan memenuhinya melalui pembiayaan utang sebesar Rp 903,46 triliun. Pembiayaan ini yang beban bunganya ditanggung bersama antara pemerintah dan BI.

17. Ekonom senior Rizal Ramli bicara soal kondisi perekonomian Indonesia, salah satunya soal penguatan nilai tukar rupiah di tengah tekanan ekonomi dalam negeri. Rizal mengatakan salah satu faktornya adalah karena Amerika Serikat sedang mencetak uang hingga 2 triliun dolar AS untuk memberikan stimulus ekonomi nasional.
Menurutnya, hal ini membuat mata uang negara lain seperti Indonesia mengalami penguatan semu. “Semua indikator makro ekonomi ini negatif, tapi kok rupiah stabil?
Menurut saya ini terjadi karena dua hal. Satu, di Amerika sana mereka sedang nyetak uang besar sekali. Stimulus terakhir di sana US$ 2 triliun, akibatnya mata uang dollar anjlok, mata uang lain jadi kuat. Ini stabilitas semu,” ujar Rizal dalam diskusi publik bertajuk The Magnificent Seven, kemarin.

18. Komite I DPD RI dalam rapat kerja dengan KPU dan Bawaslu, Senin (29/6) siang, tetap pada pendirian semula yakni mengusulkan agar Pilkada Serentak 2020 yang diikuti 270 daerah dilaksanakan tahun depan, yakni 2021.
Penundaan pilkada serentak itu sangat dimungkinkan karena pandemi corona belum ada tanda-tanda mereda, malah tiap hari jumlah pasien positif corona terus bertambah. Selain itu, pasal 210 A ayat 3 Perppu No 2 Tahun 2020 mengatakan, apabila pemungutan suara serentak tak bisa dilaksanakan pada Desember 2020, maka bisa ditunda dan dijadwalkan kembali setelah bencana non alam berakhir.

19. Eks anggota TNI Ruslan Buton kembali mengajukan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) setelah permohonan praperadilannya ditolak. Kini Ruslan bersama istri dan anaknya mengajukan gugatan praperadilan secara terpisah. Gugatan itu terdaftar di PN Jaksel dengan nomor perkara 73,74, dan 75/pid.pra/2020/PN.JKT.Sel.
“Bahwa, sebagai Istri dari seorang Tersangka berdasarkan S.Tap/73/V/2020/Dittipidsiber tanggal 26 Mei 2020 yang telah dilakukan penangkapan dan penahanan maka mengajukan hak pemohon yang telah diabaikan oleh termohon dan dengan mengajukan hak tersebut dengan harapan di kabulkan oleh Pengadilan Praperadilan melalui Yang Mulia Hakim Tunggal,” kata pengacara istri Ruslan, Tonin Tachta, dalam berkas permohonan, Senin (29/6).

20. Pengacara mantan Menpora Imam Nahrawi menyebutkan adanya konspirasi yang ingin diusut terkait duit suap Rp 11,5 miliar. Namun, majelis hakim PN Tipikor telah menolak permohonan Justice Collaborator Imam Nahrawi.
Mantan Menteri Pemuda dan olahraga (Menpora) Imam Nahrawi divonis 7 tahun penjara karena terbukti menerima suap dan gratifikasi. Selain itu, hakim juga mencabut hak politik Imam Nahrawi selama 4 tahun.

21. Tujuh orang staf Fraksi NasDem DPR reaktif saat menjalani rapid test virus Corona (COVID-19). NasDem instruksikan seluruh pegawai fraksinya yang bekerja di lantai 22 dan 23 gedung DPR RI untuk bekerja dari rumah.
“Sehubungan dengan hasil rapid test pada tanggal 29 Juni 2020. Make Pimpinan Fraksi Partai NasDem mengintruksikan: TA fraksi, TA anggota, staf administrasi. Staf sekretariat dan cleaning service yang berada di lt. 22 dan 23 untuk melaksanakan pekerjaan dari rumah (Work From Home),” kata Sekretaris Fraksi NasDem di DPR, Saan Mustofa, kemarin.

22. Wakil Ketua Komisi VII DPR, Alex Noerdin, tiba-tiba mengumumkan ada 10 orang di kawasan DPR positif virus corona ketika rapat bersama Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati di Gedung DPR, Senin (29/6).

23. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa membagikan 2 juta masker bantuan Presiden Jokowi ke pedagang Pasar Kapasan dan Kapas Krampung Plaza Surabaya. Bagi-bagi masker itu dilakukan bersama Pangkogabwilhan II Marsekal Madya TNI Imran Baidirus, Kapolda Jatim Irjen Pol Fadil Imran dan Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Widodo Iryansyah.
Bantuan masker dari Presiden Jokowi merupakan bentuk perhatian dan juga sebagai upaya untuk menekan angka pertumbuhan kasus COVID-19 di Jawa Timur, yang hingga kini masih tinggi.

24. Seekor badak Jawa tertangkap kamera sedang mandi di kubangan air terjun Blok Cigenteur, Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), Banten. Badak Jawa bernama Musofa itu terekam kamera selama 2 menit 15 detik.
“Musofa sedang melakukan aktivitas berkubang dan guling-guling di kubangan. Mosofa berjenis kelamin jantan itu diperkirakan berusia 7 tahun,” ujar Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar dalam akun Facebook-nya, kemarin.

25. Kapolri Jenderal Idham Azis memutuskan untuk memperpanjang masa Operasi Tinombala ke tahap III setelah operasi tahap II berakhir Minggu (28/6). Perpanjangan itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: STR/360/VI/OPS.1.3./2020 tanggal 26 Juni 2020. Perpanjangan itu mulai berlaku 29 Juni hingga 30 September 2020 atau selama 94 hari.
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Kepolisian Indonesia, Brigadir Jenderal Polisi Awi Setiyono menyatakan perpanjangan dilakukan karena sampai saat ini masih terdapat 14 orang buronan yang belum tertangkap Satgas Tinombala.

26. Mobil Wakapolres Madina AKBP Elizama Zalukhu menjadi sasaran pembakaran yang diduga dilakukan oleh warga Desa Mompang Julu, Kecamatan Panyabungan Utara, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara, Senin (29/6).
Warga mengamuk karena tidak terima polisi membubarkan aksi demonstrasi mereka menuntut Kepala Desa Mompang Julu, Hendri mundur dari jabatannya. “Benar, mobil Wakapolres Madina dibakar warga. Ada dua mobil yang dibakar yakni mobil Wakapolres dan mobil warga. Selain itu beberapa sepeda motor juga jadi sasaran pembakaran,” kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja.

27. Anggota Komisi VIII dari Fraksi Partai Demokrat, Achmad menyentil Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi karena tidak memperhatikan kesejahteraan para dai dan ustaz kampung saat pandemi virus corona.
Sentilan itu disampaikan saat merespon usulan Kemenag yang berkeinginan untuk menambah anggaran sebesar Rp3,8 triliun pada 2021. Achmad mengatakan dari rencana yang diajukan Menag tidak tercantum komponen bantuan bagi para ustaz dan dai kampung yang terdampak corona.

28. Mabes Polri telah menyiapkan 77.897 anggotanya untuk mendisiplinkan masyarakat di berbagai daerah pada masa transisi menuju new normal di masa pandemi virus corona. Karopenmas Mabes Polri, Brigjen (Pol) Awi Setiyono mengatakan seluruh aparat tersebut akan diterjunkan di tempat-tempat umum.
“Pengawasan dan pendisiplinan kepada masyarakat di tempat-tempat sarana publik untuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak, rajin mencuci tangan dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” kata Awi Setiyono, kemarin.

29. Kedatangan TKA asal China gelombangf kedua akan tiba di Kendari, Sultra, Selasa (30/6) ini. Sama seperti sebelumnya, mereka menggunakan pesawat carteran dari China menuju Indonesia dan mendarat di Bandar Udara Haluoleo Kendari. Mereka akan bekerja untuk PT PT Virtue Dragon Nickel Indistry (VDNI) dan PT OSS.
“Sesuai jadwal besok tiba gelombang kedua. Kemarin sudah disampaikan oleh kepala imigrasi,” kata Eksternal Affairs Manager PT VDNI Indrayanto, kemarin
[https://www.infotangsel.co.id/2020/06/istana-sengaja-melempar-persoalan-dapur.html]

0 comments:

Post a comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India