Wednesday, 24 June 2020

Berita Aktual Dari Beragam Media


*Berikut ini Resume BERITA Aktual yang dihimpun dari berbagai Sumber Media Mainstream dan Media Sosial yang  berkembang hari ini*_ :

1. Satu prajurit TNI yang ditugaskan dalam misi perdamaian PBggvB di Republik Demokratik Kongo gugur dan satu prajurit lainnya mengalami luka-luka akibat serangan milisi pada Senin waktu setempat.
Dilansir dari AFP, Selasa (23/6/2020), patroli mereka diserang kelompok milisi sekitar 20 kilometer dari kota Beni di Provinsi Kivu Utara. Hal tersebut disampaikan salah seorang petugas komunikasi pada pasukan penjaga perdamaian MONUSCO.
2. Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi memberikan penghargaan kepada prajurit TNI yang gugur dalam misi perdamaian PBB di Kongo. Retno meminta otoritas Kongo untuk mengusut tuntas pelaku penyerangan itu.
“Duka cita yang mendalam atas berpulangnya Serma Rama Wahyudi, salah satu anggota pasukan perdamaian Indonesia yang bertugas di Misi MONUSCO, Kongo,” tulis Retno dalam akun twitter resminya, Selasa (23/6).
3. Presiden Jokowi meminta penegakan hukum yang tegas bagi pembakar hutan. Permintaan itu disampaikan Presiden dalam rapat terbatas mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, kemarin.
“Kita tahu bahwa 99 persen kebakaran hutan karena ulah manusia, baik disengaja maupun karena kelalaian. Oleh sebab itu, penegakan hukum harus tegas dan tanpa kompromi untuk menyelesaikan masalah ini,” kata Jokowi.
4. Wapres Ma’ruf Amin mengingatkan beberapa langkah antisipasi yang perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Ma’ruf meminta agar area rawan titik api untuk diberikan perhatian khusus.
Wapres menyampaikan hal tersebut usai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat rapat terbatas membahas penanganan pandemic Covid-19 dan antisipasi Karhutla, kemarin.
5. Menteri LHK Siti Nurbaya menyebut fase kritis pertama kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Indonesia pada 2020 ini sudah berlalu. Penggunaan teknologi modifikasi cuaca (TMC) sejak dini, ujarnya, berperan banyak dalam menurunkan jumlah titik api hingga 39 persen dibanding tahun sebelumnya.
“Kita sudah melewati fase kritis pertama di Riau. Ini penting karena fase pertama krisis itu ada Covid, sudah gitu ada lebaran. Maka kita coba atasi. Bapak Presiden perintahkan jangan ada masalah di hari lebaran,” katanya, usai rapat terbatas terkait pencegahan karhutla, di Istana Merdeka, Jakarta, kemarin.
6. Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan pemerintah sudah meminimalkan kebakaran hutan dan lahan. Mahfud menyebut protes yang dilancarkan ke pemerintah sudah tidak begitu gencar beberapa tahun terakhir. Pemerintah berhasil meminimalkan kebakaran hutan sehingga bencana-bencana yang agak besar yang membikin geger itu sudah dapat dikatakan tidak terjadi lagi.
‘’Protes-protes dari aktivis lingkungan hidup maupun dari negara-negara lain dalam 4-5 tahun terakhir ini sejak 2016, 2017, dan seterusnya sudah tidak begitu gencar, karena kita telah menyiapkan semua langkah, baik untuk memitigasi, mencegah, menyelesaikan, dan melakukan tindak lanjut,” ujar Mahfud seusai ratas di kompleks Istana Merdeka, kemarin.
7. Menko Polhukam Mahfud MD menyebut, gelaran pemilihan umum (pemilu) era sekarang sudah memenuhi nilai demokrasi. Menurut Mahfud, keadaan saat ini jauh berbeda dengan pemilu pada masa Orde Baru.
Penilaian tersebut disampaikan Mahfud saat menghadiri peluncuran Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Pilkada 2020 yang digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), kemarin. “Sekarang generasi yang sebaya saya atau di bawah sedikit itu paham bahwa ini adalah suatu kemajuan luar biasa. Sebab generasi sebelumnya tidak ada pemilu gini,” kata Mahfud.
Banyak kasus terkatung-katung tanpa kejelasan nasib di tiga lembaga penegak hukum, yaitu KPK, Polri, dan Kejaksaan Agung. Hal tersebut diungkapkan Menko Polhukam Mahfud MD. Kepada Ketua KPK Firli Bahuri, Kapolri Jenderal Idham Azis, dan Jaksa Agung ST Burhanuddin, Mahfud menegaskan, jika suatu perkara memiliki alat bukti kuat untuk diproses hukum, proseslah. Namun, jika tidak, jangan digantung.
“Tidak secara spesifik (bahas SP3), tapi itu bisa menjadi bagian di KPK, Kejagung, kepolisian, banyak kasus terkatung-katung. Banyak perkara yang dari P-19 ke P-21 ke P-17, P-18 itu sering bolak-balik banyak kasus. Untuk itu, kita minta ke Kejagung dan kepolisian bagaimana menyelesaikan itu agar tidak bolak-balik, segera ada kepastian hukum. Kalau harus diproses ya diproses, kalau nggak ya jangan bolak-balik,” kata Mahfud di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, kemarin.
Menko Polhukam Mahfud MD menyebut informasi hoax, fitnah dan SARA masih menjadi tantangan yang akan dihadapi pada Pilkada Serentak 2020. Mahfud lantas menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar aparat tidak terlalu sensitif main tangkap.
“Selain wabah pandemi COVID-19, tantangan lain yang dihadapi dalam penyelenggaraan Pilkada serentak adalah munculnya konten-konten berita yang mengandung hoax, fitnah, SARA, dan ujaran kebencian, ramai sekali itu,” kata Mahfud MD dalam pidatonya yang disiarkan di akun Youtube Bawaslu RI, kemarin.
8. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian minta Bawaslu menjadi wasit yang objektif dan netral dalam pelaksanaan tugas sebagai pengawas di Pilkada 2020. Selain itu, Tito berharap perlu mempertimbangan situasi dan kondisi di lapangan yang membuat KPUD melakukan diskresi.
9. Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyebut, total anggota DPRD yang dijerat sebagai tersangka kasus korupsi di KPK sebanyak 184 orang, jumlah itu tersebar di 22 daerah. Ini menggambarkan sisi buruk bagi demokrasi di Indonesia.
Alex menilai banyaknya wakil rakyat yang menjadi tersangka karus korupsi merupakan sisi yang buruk bagi demokrasi Indonesia. Ia berharap para anggota legislatif, baik pusat maupun daerah, tidak menyalahgunakan wewenang yang dipercayakan masyarakat.
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menegaskan bahwa KPK tidak pernah menetapkan terpidana kasus korupsi Wisma Altet Hambalang M Nazaruddin (MNZ) sebagai justice collaborator (JC). Alex menyebut Nazaruddin sebagai whistleblower.
“Pak Ali (Plt Jubir KPK) kan sudah sampaikan bahwa KPK tidak pernah beri JC. Tetapi, dalam beberapa dalam pemeriksaan, KPK beri surat yang bersangkutan kerjasamanya untuk membuka kasus yang lain, kemudian dia bertindak bukan sebagai JC tetapi whistleblower,” kata Alex di gedung KPK Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, kemarin.
10. Gelombang Pertama TKA asal China Tiba di Bandara Kendari pakai pesawat carter, Mahasiswa plus Anggota DPRD Sultra Demo di Jalan Masuk Bandara, Demo Tolak TKA China di Sultra Berakhir Lempar Batu dan Tembakan Gas Air Mata, Massa Penolak TKA asal China Masih Bertahan di Sekitar Bandara Haluoleo Kendari hingga malam, para pendemo Sempat mencegat tiga WNA yang berada di Sultra
Seorang TKA China bernama We terjaring razia dari aksi massa penolakan terhadap TKA China di Sulawesi Tenggara pada Selasa (23/6). We bersama seorang penerjemahnya, Hendri sempat dipaksa keluar mobil saat menuju bandara.
11. Tambah 274, jumlah pasien positif COVID-19 di Jatim Tembus 10.092 pasien, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa Ingatkan Warganya agar Tetap Disiplin Selama Transisi New Normal, tidak euphoria, sebanyak 218 Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Jatim dinyatakan reaktif dalam rapid test yang digelar di masing-masing OPD. Dari jumlah tersebut, 174 ASN telah diswab dan hasilnya 19 orang dinyatakan positif COVID-19. Mengapa Kasus Kematian Gegara Corona di Jatim Tertinggi se-Indonesia?
12. Sebuah video Kepala Biro Humas dan Protokoler Pemprov Sulawesi Tengah (Sulteng), Haris Kariming, yang mendatangi rumah Bendahara Partai Gerindra Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Sulteng, Ivan Abdillah Sijaya, viral di medsos. Dalam video yang berdurasi 2 menit 45 detik itu, Haris Karimin mengajak Ivan Abdillah Sijaya untuk saling bunuh.
Dalam video tersebut, terlihat Haris awalnya menekan bel rumah Ivan. Haris sempat memberi hormat kepada seorang perempuan yang membukakan pintu rumah. Setelah itu Haris berbicara secara lantang. Dia mengaku sudah menerima pesan WhatsApp berupa ancaman pembunuhan. Dia meminta Ivan keluar dari rumahnya, bahkan sempat mengangkat bajunya setengah badan.
13. Dalam rapat kerja bersama Komisi VIII DPR, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta tambahan anggaran kerja tahun 2021 sebesar Rp 51,2 M karena tren bencana meningkat. Tambahan anggaran tersebut akan dialokasikan untuk kegiatan pengurangan resiko bencana atau pra bencana.
14. MPR Targetkan Deklarasi Berdirinya Majelis Syuro Dunia pada 2021. Ketua MPR Bambang Soesatyo mengungkapkan rencana pendirian Majelis Syuro Dunia atau World Consultative Assembly sebagai wadah berhimpunnya MPR dari berbagai negara yang memiliki sistem yang sama termasuk negara-negara berpenduduk muslim di dunia. Melalui forum tersebut, MPR RI berusaha mendorong terwujudnya tatanan dunia Islam dan Barat yang harmonis dan berkeadaban.
“Tantangan yang dihadapi negara berpenduduk muslim sangat besar. Dari mulai konflik internal, kesenjangan ekonomi antar umat, kemiskinan, ketertinggalan pembangunan, pengabaian hak asasi manusia terutama terkait hak komunitas Muslim, hak perempuan, dan hak pekerja,” ujar Bamsoet dalam keterangannya, Selasa (23/6).
15. Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta masyarakat menahan diri untuk berwisata di tengah pandemi Covid-19. Ia menilai kondisi saat ini belum sepenuhnya aman dari virus corona sehingga masyarakat harus mempertimbangkannya secara bijak.
“Kami minta masyarakat untuk menahan diri dan mempertimbangkan secara arif jika mau berkunjung ke destinasi wisata dimasa pandemi Covid-19, mengingat destinasi wisata merupakan area terbuka publik yang berpotensi menimbulkan kerumunan orang, dan berpotensi menjadi sumber penyebaran Covid-19,” kata Bamsoet, kemarin.
16. Nusantara Mengaji kembali menggelar Musabaqoh Kitab Kuning (MKK) untuk menciptakan generasi pecinta dan penghafal Alquran di Indonesia. Namun berbeda dengan biasanya, kali ini MKK dilakukan secara virtual mengingat masih adanya pandemi COVID-19.
“Acara ini mencetak sejarah baru bagi kami. Selain dilakukan virtual, peserta diwajibkan membaca ayat, mengartikan dan menjelaskanya dengan memakai bahasa ibu,” ujar Koordinator Nusantara Mengaji sekaligus Wakil Ketua MPR RI, Jazilul Fawaid, kemarin.
17. Pemerintah Arab Saudi mengizinkan pelaksanaan ibadah haji 2020 dengan jumlah jamaah terbatas, untuk orang dan warga negara lain yang sudah berdomisili di Arab Saudi.
“Sudah diputuskan haji tahun ini (1441 H/2020 M) dilakukan dengan jumlah jamaah sangat terbatas dari berbagai negara yang sudah berdomisili (reside) di Arab Saudi. Keputusan ini diambil untuk menjamin haji dilaksanakan dengan aman dari aspek kesehatan masyarakat sambil tetap melakukan berbagai tindak pencegahan. Termasuk jaga jarak untuk melindungi tiap orang dari risiko yang berkaitan dengan pandemi dan sesuai ajaran Islam yang mengutamakan keselamatan,” begitu bunyi pernyataan dari Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi yang diupload di Twitter @HaramainInfo, kemarin.
18. KPU mengatakan saat ini DPR dan pemerintah saat ini sedang membahas wacana mengundurkan waktu Pilkada serentak tahun 2024 ke tahun 2027. KPU menyebut wacana itu masih dalam tahapan perencanaan di DPR.
“Saat ini DPR dan pemerintah sedang menggagas, atau sedang merencanakan, atau merancang undang-undang bagaimana format Pilkada dan pemilu yang tepat untuk kita semua, karena sepertinya akan diundur lagi untuk Pilkada serentaknya, bukan, maksudnya Pemilu kada serentaknya pada tahun 2027, kalau saya tidak salah,” ujar Komisioner KPU Ilham Saputra dalam Seminar Nasional bertajuk ‘Mewujudkan Kualitas Pilkada Serentak Tahun 2020 di Era New Normal’, kemarin.
19. Waketum Gerindra Arief Poyuono menegaskan tidak akan menghadiri sidang Mahkamah Kehormatan (MK) DPP Partai Gerindra terkait pernyataan isu kebangkitan PKI dimunculkan ‘kadrun’. Poyuono mengaku akan menjelaskan perihal pernyataannya soal PKI dimunculkan kadrun langsung kepada Ketum Gerindra Prabowo Subianto.
“Ya, aku tetap nggak akan pernah datang. Biar saja mereka bersidang untuk memeriksa wawancara saya di YouTube Kanal Bangsa, saya memakai jabatan Waketum Gerindra atau Ketum FSP BUMN Bersatu? Begitu aja kok repot,” canda Poyuono kepada wartawan, kemarin.
20. Majelis Kehormatan (MK) DPP Partai Gerindra telah menggelar sidang atas teradu Waketum Gerindra Arief Poyuono terkait pernyataannya soal isu kebangkitan PKI dimunculkan ‘kadrun’. Sidang tetap digelar walaupun Poyuono tidak hadir, agendanya mendengarkan pengaduan terhadap Poyuono.
“Pada hari ini sidang Majelis Kehormatan DPP Partai Gerindra perkara Arief Poyuono sudah digelar,” kata pimpinan MK Gerindra Habiburokhman, kemarin.
21. Bawaslu meluncurkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Pilkada 2020 termutakhir, di mana tingkat kerawanan Pilkada meningkat di masa pandemi virus Corona (COVID-19). Adapun Bawaslu telah memetakan daerah-daerah provinsi, kota dan kabupaten yang berpotensi terjadinya kerawanan terjadinya potensi pelanggaran pada Pilkada 2020.
“Indeks kerawanan pemutakhiran ini akan menjadi early warning kita bersama agar apa yang tadi disampaikan tidak terjadi. Tentu sekali lagi butuh kerja komitmen kita bersama. Mudah-mudahan kita semua bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan,” kata Ketua Bawaslu Abhan di kantornya, kemarin.
22. Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyebut banyaknya program di kementerian/lembaga penggunaan anggarannya tak sesuai. Ia mencontohkan ada program pemberantasan stunting yang anggarannya dipakai untuk membuat pagar puskesmas.
23. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan 5 dari 15 Triliun anggara Pilkada 2020 telah dicairkan. Tito berpesan agar anggaran tersebut dimanfaatkan secara tepat, tidak boleh disalahgunakan.
24. MenPan-RB, Tjahjo Kumolo menyebut, dari 4,2 juta Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS di seluruh Indonesia, 1,6 juta di antaranya ditempati tenaga administrasi, Ia merencanakan akan lakukan perubahan pada sistem pemetaan dan perekrutan ASN.
Tjahjo menegaskan maksud dari rencananya tersebut bukan serta merta memecat PNS yang tidak produktif, melainkan memangkas jabatan tertentu yang dirasa tidak begitu fleksibel dengan berbagai beban kerja yang ada. “Ini bukan dipecat lho! Tidak mungkin dipecat, tidak mungkin pensiun dipercepat, tidak mungkin diberhentikan. Kita bertahap tunggu pensiun atau kecuali dia minta pensiun dini gitu aja,” kata Tjahjo ditemui di Gedung DPR, kemarin.
25. John Refra alias John Kei ditangkap tim Polda Metro Jaya atas dugaan penyerangan brutal di Green Lake City, Tangerang, dan Duri Kosambi, Jakarta Barat. John Kei membantah telah memerintahkan anak buahnya untuk menghabisi Agrapinus Rumatora alias Nus Kei. “Tidak… tidak. Tentu itu kami membantah,” kata Anton Sudanto selaku kuasa hukum John Kei, kemarin.
Anton mengatakan saat ini pihaknya masih mengkaji bukti-bukti terkait kasus yang menjerat kliennya itu. Menurutnya, tidak ada bukti yang menguatkan adanya keterlibatan John Kei dalam kejadian berdarah itu.
26. Namun pihak Kepolisian Daerah Metro Jaya berkata lain. Mereka mengaku memiliki bukti yang menunjukkan John Kei memerintahkan anak buahnya menyerang Nus Kei. Selain itu, beberapa saksi juga menyatakan demikian. “Silakan saja, ini kan mekanisme hukum jadi silakan saja. Semua penyidikan saksi-saksi, bukti-bukti ‘kan ada, ada mekanisme hukum silakan saja,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, kemarin.
27. Penyidik KPK Novel Baswedan mengaku sudah tidak menaruh bayak harapan terhadap persidangan kasus penyiraman air keras terhadap dirinya di PN Jakut. Menurutnya, pengusutan dalam sidang yang menjerat terdakwa Rahmat Kadir Mahulette dan Ronny Bugis sudah jauh dari fakta. “Sudah terlalu jauh dari nalar saya, susah untuk menaruh harapan dalam proses yang sedemikian jauh dari fakta-fakta dan kebenaran materiil,” katanya, kemarin.
28. Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu, Sandiaga Uno menyebut masih banyak warga yang salah memahami konsep tatanan hidup baru atau new normal di tengah pandemi Covid-19. Menurut Sandiaga, warga justru memahami new normal sebagai kembali beraktivitas seperti biasanya.
“Belakangan ini new normal salah dipahami. Saya barusan turun dari Kelurahan Kramat Jati dan new normal ini ditangkap seakan normal-normal saja gitu,” ujar Sandiaga dalam webinar bertajuk ‘Sinergi Gerak Masyarakat Menghadapi Dampak Adaptasi Kebiasaan Baru’, kemarin.
29. Bansos Corona Lampung Bakal Diaudit, Diduga Markup Rp 9,0 M. Inspektorat Provinsi Lampung telah melakukan klarifikasi dan pemanggilan terhadap Karo Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Ratna Dewi serta Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) terkait dugaan markup Bantuan sosial (Bansos) Covid-19 senilai Rp 9,8 miliar.
Inspektur pembantu wilayah V Inspektorat Provinsi Lampung, Haris Kadarusman, mengatakan, pihaknya telah memanggil ketiga pihak tersebut melalui berita acara permintaan keterangan untuk dimintai klarifikasi dengan mengajukan 11 pertanyaan.
30. Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan pihaknya bakal menggaungkan pesan kepada masyarakat bahwa mematuhi protokol kesehatan sama dengan ibadah.
Ia berharap masyarakat lebih patuh. Menurutnya, pesan itu tepat ditujukan kepada mereka yang selama ini masih abai terhadap protokol pencegahan virus corona (Covid-19). Pesan itu juga dinilai relevan jelang penerapan new normal.
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengucapkan terima kasih atas donasi yang diberikan masyarakat untuk penanganan Covid-19. Doni mengatakan, sebagian dari donasi tersebut diberikan kepada tenaga medis yang meninggal dunia baik yang langsung maupun tidak langsung dalam menangani Covid-19. Ia mengatakan, dokter yang meninggal dunia selama pandemi ini diberikan santunan sebesar Rp 250 juta, sementara Perawat menerima sebesar Rp 150 juta.
31. Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) Alexander Marwata memberi kepastian dalam kasus pengadaan quay container crane (QCC) yang menjerat mantan Dirut Pelindo II, RJ Lino. Hal itu disampaikan Alex menanggapi pernyataan Menko Polhukam Mahfud MD yang meminta KPK segera menuntaskan kasus-kasus yang menggantung.
“RJ Lino kembali lagi memasuki periode ketiga pimpinan ya, kita akan segera memberi kepastian kepada yang bersangkutan,” janji Alex, kemarin. *

0 comments:

Post a comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India