Wednesday, 8 January 2020

SINERGITAS DENGAN BERBAGAI ELEMEN MASYARAKAT DALAM MEWUJUDKAN KEADILAN SOSIAL



(Penandaan Tahun Keadilan Sosial Di Paroki Citra Raya  Gereja Santa Odilia)

Pada hari Minggu, 05 Januari 2020, Paroki Citra Raya Gereja Katolik Santa Odilia mengadakan pembukaan tahun keadilan sosial. Tema tahun keadilan sosial  ini adalah Kita Adil, Bangsa Sejahtera. Penandaan tahun keadilan sosial ini adalah celengan dan pelepasan burung.  Celengan melambangkan kesabaran,  ketangguhan, dan kejujuran dalam perjuangan untuk semakin bersikap adil. Sedangkan makna  pelepasan burung adalah sifat kasih bagi semua makhluk.

Penandaan ini dimulai dengan penjelasan singkat tentang program-program pada tahun keadilan sosial oleh Yohanes Saman, Ketua Penggerak Tahun Keadilan Paroki Citra Raya Gereja Santa Odilia. Kemudian Romo Felix Supranto, SS.CC, Pastor Kepala Paroki Citra Raya  Gereja Santa Odilia, memasukkan uang ke dalam celengan dan diikuti oleh para anggota Dewan Paroki Harian. Setelah memasukkan uang ke dalam celengan, Romo Felix Supranto, SS.CC dan Yohanes Saman menandatangani banner “Kita Adil, Bangsa Sejahtera”.








Setelah Misa Kudus, penandaan  tahun keadilan dilanjutkan bersama dengan FORKOPIMDA (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Kabupaten Tangerang, FORKOPIMCAM (Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan) Panongan, para ulama, dan organisasi kemasyarakatan. Hadir dalam acara ini adalah Mayor ARH Wayan Kariana yang mewakili Dandim 0510 Tigaraksa, Kompol Siregar yang mewakili Kapolresta Tangerang, Haji Supriyadi  mewakili  Kepala Kemenag Kabupaten Tangerang, Haji Yahya Erfan mewakili Ketua FKUB, AKP Nana Supriatna (Kapolsek Panongan), Serma Eko Mewakili Danramil 14 Panongan, Haji Anwar (Ketua MUI Kecamatan Panongan), Haji Asrim (Wakil Ketua MUI Kecamatan Panongan), Ustad Maman (Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Citra Raya), Ustad Jamaludin, Huda (Sekretaris GP Ansor Provinsi Banten), dan anggota Banser. Kehadiran para pimpinan daerah dan kecamatan serta para ulama dan organisasi kemasyarakatan ini menunjukkan bahwa untuk dapat mewujudkan keadilan sosial, sinergitas antar semua  unsur masyarakat diperlukan.







Acara dengan berbagai elemen masyarakat ini diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan “Indonesia Raya”. Setelah itu, dilanjutkan dengan sambutan. Sambutan diawali oleh Romo Felix Supranto, SS.CC yang menyampaikan bahwa mewujudkan sikap adil merupakan salah satu dari buah iman dan juga mengajak semua elemen masyarakat  untuk bekerjasama dalam mewujudkan keadilan sosial bagi masyarakat. Menurut Haji Yaya, pencanangan tahun keadilan sosial oleh Paroki Citra Raya Gereja Santa Odilia adalah cerdas dan melihat masa depan. Haji Yahya Erfan mengatakan bahwa keadilan sosial merupakan pergumulan dan perjuangan bersama, terutama masalah ekonomi. Kompol Siregar menyampaikan bahwa pencanangan tahun keadilan sosial merupakan langkah dari Paroki Citra Raya Gereja Santa Odilia dalam mengambil bagian untuk mewujudkan salah satu cita-cita bangsa Indonesia, yaitu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.  AKP Nana Supriatna menyampaikan bahwa  selama ini banyak kegiatan sosial, seperti pembangunan rumah layak huni dan Jumat Ambang Desa, Berbagi Berkah, yang telah dilaksanakan dalam sinergitas dengan  berbagai macam elemen masyarakat Panongan.  Haji Supriyadi  menekankan bahwa mengamalkan Pancasila berarti memiliki kepekaan terhadap pergumulan kehidupan sesamanya. Kepekaan terhadap masalah sosial ini merupakan jalan untuk mencapai bangsa yang sejahtera.

Acara penandaan  tahun keadilan sosial Paroki Citra Raya Gereja Santa Odilia diakhiri dengan pelepasan burung. Semoga kasih sebagai roh dalam keadilan sosial menyebar ke berbagai tempat. 



Penulis
Rm Felix Supranto, SS.CC/ Media Polsek Panongan & Koramil 14 Panongan 

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India