Sunday, 5 January 2020

BEKERJA ADALAH IBADAH, MELAYANI ADALAH KEMULIAAN



(Upacara Peringatan Hari Amal Bakti Kemenag Ke -74)

Kementrian Agama  Kabupaten Tangerang pada hari Jumat, 03 Januari 2020, mengadakan upacara Peringatan Hari Amal Bakti  ke – 74. Upacara ini digelar di Lapangan Maulana Yudha Kabupaten Tangerang. Sebagai Inspektur upacara adalah Bapak Ahmed Zaki Iskandar, Bupati Tangerang. 



Selain  Bupati Tangerang, hadir juga dalam upacara ini  adalah Haji Badri Hasun (Ketua Kemenag Kabupaten Tangerang),  Kompol Teguh (mewakili Kapolresta Tangerang),  Mayor Arh Wayan Kariana (Kasdim 0520 Tigaraksa),  Kyai Haji  Ues Nawawi  (Ketua MUI Kabupaten Tangerang), dan Kyai Haji Maski (Ketua FKUB Kabupaten Tangerang), Romo Felix Supranto, SS.CC dan Romo Richard (Gereja Katolik Santa Odilia Citra Raya), perwakilan dari beberapa agama,  Haji Kodir Muhidin (Ketua Ansor Kabupaten Tangerang),  dan Anwari (Komendan Banser Kabupaten Tangerang). 







Tema dalam Peringatan Hari Amal Bakti Kemenag ke – 74 ini adalah Umat Rukun, Indonesia Maju. Tema ini diterangkan dalam sambutan Menteri  Agama yang dibacakan oleh Bupati Tangerang.  Sebelum membacakan sambutan Menteri Agama, Bupati Tangerang mengajak peserta upacara untuk berdoa bagi korban banjir di wilayah Kabupaten Tangerang pada khususnya dan di wilayah-wilayah lainnya agar diberi ketabahan dan persoalan ini segera dapat diatasi. Menteri Agama menegaskan bahwa negara melindungi masyarakatnya untuk menjalankan ibadahnya. Untuk menjadikan Indonesia maju, yang harus dibangun pertama adalah jiwa masyarakat. Selain itu, Menteri Agama mengajak semua jajaran Kementrian Agama untuk memperhatikan enam hal berikut ini, yaitu : 1. Tugas dan fungsi Kemenag dalam konteks relasi agama dan negara;  2. Jaga idialisme, kejujuran, integritas, budaya kerja kemenag di tengah hidup yang serba materialistik, selaraskan kata dan perbuatan; 3. Tanamkan prinsip bahwa kerja adalah ibadah dan melayani masyarakat adalah kemuliaan; 4. Perkuat ekosistem dengan institusi pemerintah dan tokoh agama serta masyarakat; 5. Rangkul semua golongan dalam semangat kebersamaan, kerukunan, dan persatuan sesuai dengan falsafah Pancasila; 6. Implementasikan visi dan misi pemerintah dalam program kerja Kementrian Agama.



Dalam upacara ini, Bupati Tangerang juga memberikan penghargaan kepada beberapa  pihak  atas pengabdiannya dalam pelayanan di Kementrian Agama Kabupaten Tangerang  dan juga  penyerahan hibah dari Bupati Tangerang. 

Upacara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Kyai Haji Ues Nawawi  (Ketua MUI Kabupaten Tangerang). Isi doa adalah agar  Bangsa Indonesia memiliki akhlak mulia agar terwujud  masyarakat yang rukun dan maju.



Setelah Upacara Peringatan  Hari Amal Bakti Kemenag  ke – 74 ditutup, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Haji Badrun Hasun, Kepala Kemenag Kabupaten Tangerang. Kepala Kemenag  kemudian memberikannya kepada  Bupati Tangerang.


Penulis 
Romo Felix Supranto, SS.CC/Tim Media Kodim 0510 Tigaraksa

0 comments:

Post a comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India