Sunday, 22 December 2019

PENYERAHAN KUNCI RUMAH LAYAK HUNI KEPADA KELUARGA USTAD IRSAD, KAMPUNG SALAWEYAN, DESA ONYAM, KECAMATAN GUNUNG KALER, KABUPATEN TANGERANG



Dalam Rangka Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial (HKSN) 2019 Dan Hari Amal Bakti Kemenag 2020

Pada hari Kamis, 19 Desember 2019,  diadakan acara penyerahan kunci layak huni kepada keluarga Ustad Irsad di Kampung Salaweyan, Desa Onyam Kecamatan Gunung Kaler, Kabupten Tangerang.  Penyerahan kunci ini dilakukan oleh Kompol Teguh yang mewakili Kapolresta Tangerang, Kapten Inf M. Irwan Idrus  yang mewakili  Dandim 0510 Tigaraksa,   Haji Asep Maman Kurnia yang mewakili Kemenag Kabupaten Tangerang, Kyai Haji Maski (Ketua FKUB Kabupaten Tangerang),  Bapak Bustanil (Kepala Desa Onyam yang mewakili Camat Gunung Kaler, dan Romo Felix Supranto, SS.CC (Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat). 



Penyerahan kunci rumah layak huni ini dilakukan dalam rangka  kegiatan peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2019 dan Hari Amal Bakti Kemenag 2020.  Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional  jatuh pada tanggal 20 Desember 2019.   HKSN diperingati dalam relasinya dengan hari Bela Negara yang  jatuh pada tanggal 19 Desember di mana pada tanggal itu di tahun 1948 seluruh lapisan masyarakat Indonesia bersatu dalam menghadapi agresi militer Belanda ke - 2. Dalam konteks  sekarang ini, HKSN dilakukan untuk menggerakkan kembali nilai-nilai kesetiakawanan sosial yang ada dalam masyarakat. Dengan persatuanlah, masalah-masalah bangsa dapat diatasi. Persatuan seluruh lapisan masyarakat ini juga menjadi tujuan dari Hari Amal Bakti Kemenag 2020 yang bertemakan “Umat Rukun, Indonesia Maju”.Hari Amal Bakti Kemenag ini diperingati pada tanggal 03 Januari 2020. Kerukunan dan kekompakan masyarakat yang terdiri-dari berbagai agama dan etnis adalah kunci untuk membangun Indonesia yang maju.  Rumah layak huni ini merupakan buah dari hasil kerjasama antara Kodim 0510 Tigaraksa, Kapolresta Tangerang, Kemenag Kabupaten Tangerang, FORKOPIMCAM Gunung Kaler, tokoh agama dan masyarakat, serta elemen-elemen masyarakat lainnya.

Tujuan tersebut disampaikan dalam sambutan-sambutan. Sambutan-sambutan disampaikan oleh Romo Felix Supranto, SS.CC, Kyai Haji Maski,  Bapak Bustanil, Kapten Inf M. Ridwan Idrus,  Kompol Teguh, dan Haji Asep Maman Kurnia. Romo Felix Supranto, SS.CC menyampaikan bahwa rumah huni bagi keluarga Irsad ini merupakan hasil dari kepekaan nurani semua elemen masyarakat  yang melihat penderitaan sesama dan juga kekompakan dalam meringankan penderitaan masyarakat. Kyai Haji Maski  menyampaikan bahwa  rumah layak huni ini merupakan realisasi dari perintah agama untuk saling membantu.  Kapten Inf M. Ridwan Idrus memiliki pengharapan bahwa rumah layak huni ini bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk melakukan kegiatan sosial di mana saja. Kompol Teguh menyampaikan bahwa pembangunan rumah layak huni ini  bisa terwujud karena keamanan dapat kita pelihara bersama. Keamanan ini adalah salah satu kunci untuk membawa Indonesia lebih maju. Bapak Haji Asep Maman Kurnia menyampaikan bahwa rumah layak huni ini merupakan realisasi visi Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskadar, yaitu Mewujudkan Masyarakat Kabupaten Tangerang yang Religius, Cerdas, Sehat Dan Sejahtera”. Selain itu, Beliau juga menyampaikan lima hal yang berkaitan dengan Hari Amal Bakti Kemenag Tahun 2020, yaitu mengamalkan seluruh aspek keagamaan, memelihara kerukunan  umat beragama, menjaga keadaan rasa aman, menumbuhkan  harmonisasi antar  umat beragama, menjunjung tinggi nilai-Niali toleransi.







Setelah sambutan, acara dikanjutkan dengan penyerahan kunci  rumah layak huni kepada keluarga Irsad. Dalam kesempatan ini, Kemenag Kabupaten Tangerang melalui Haji Asep Maman juga menyerahkan perlengkapan tidur untuk keluarga tersebut.



Acara penyerahan kunci ditutup dengan doa oleh Kyai Haji Thoyib.



Bapak Irsad mengungkapkan perasaannya menerima rumah layak huni ini : “Terimakasih ..... Terimakasih ..... Saya senang sekali”. 

Hadir juga dalam acara ini adalah Haji Anwar, Kepala KUA (Kantor Urusan Agama) Kecamatan Gunung Kaler serta  Kyai Haji Thoyib, anggota MUI Kabupaten Tangerang, dan Persit (Persatuan Istri Tentara) Kotramil 07 Kresek. 




Dengan peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional dan Hari Amal Bakti Kemenag, semoga kita semakin peka, rukun, kompak, untuk memartabatkan manusia demi kemajuan Indonesia.

Salam
Romo Felix Supranto,  SS.CC/Tim Media Kodim 0510 Tigaraksa

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India