Thursday, 31 January 2019

Jelang Imlek, Warga Guyub di Vihara Kwang In Thang Tangsel


TANGERANGNEWS-Jelang Tahun Baru Imlek yang akan diperingati pada 5 Februari 2019, sekelompok warga dari berbagai latar belakang agama dan keyakinan bahu membahu membersihkan Vihara dan rupang di Vihara Kwang In Thang, Pondok Cabe Udik, Pamulang, Tangerang Selatan, Rabu (30/1/2019).

Kegiatan tersebut merupakan salah satu cermin kerukunan umat beragama di Kota Tangsel, karena perayaan Tahun Baru Imlek tidak hanya menjadi momentum penting bagi kaum Tionghoa, namun juga pemersatu antar umat beragama.

Kegiatan bersama tersebut meliputi penyucian rupang, sudut-sudut Vihara, dan juga pemasangan lampion, yang biasa identik dengam Hari Raya Imlek.

Sikap rukun itu tampak saat kegiatan bersih-bersih itu berlangsung karena beberapa tokoh agama Islam, Kristen, dan Hindu turut menghadiri kegiatan tersebut.



Seperti Novi yang merupakan Biarawati dari Asosiasi Lembaga Misionaris Awam (ALMA). Dirinya dan keempat Biarawati lainnya yang turut dalam kegiatan tersebut mengatakan bermaksud menunjukkan sikap toleransi antar umat beragama.

"Tujuannya kami hanya ingin membantu. Walaupun kami disini agamanya berbeda, hanya ingin membantu dan menunjukan toleransi antar umat beragama," jelas Novi.

Tanpa rasa sungkan, dirinya ikut membersihkan rupang. Novi mengaku dengan ikut serta dalam kegiatan tersebut, perasaannya merasa bahagia.



"Rasanya bahagia luar biasa, suka cita yang luar biasa karena kita datang kesini tidak satu agama, bisa berbaur sama siapa saja," ungkapnya.

Sementara, Pengawas Yayasan Kwang In Thang, Frankie Sibbald, menjelaskan bahwa nilai persatuan inilah yang menjadi kelebihan di yayasan yang diampunya.

"Salah satu kelebihan Kwan In Thang ini, tokoh-tokoh agama mau bersama-sama ikut dan ini menandakan kerukunan benar-benar terbukti," ucapnya Frankie.


Ia menambahkan, tidak hanya pada saat kegiatan tersebut, pihaknya juga mengundang para tokoh agama saat perayaan Hari Raya Imlek nanti.

"Nanti (Hari Raya Imlek) disini ada doa bersama, silaturahmi tokoh-tokoh agama dari semua agama yang ada di Indonesia. Ada juga atraksi barongsai, kalau jadi, ada sedikit kembang api," bebernya.(MRI/RGI)


Source : http://tangerangnews.com/tangsel/read/26006/Jelang-Imlek-Warga-Guyub-di-Vihara-Kwang-In-Thang-Tangsel

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India