Saturday, 3 November 2018

Hal-hal yang Harus Kamu Perhatikan Dalam Memulai Usaha Sampingan

Hal-hal yang Harus Kamu Perhatikan Dalam Memulai Usaha Sampingan

hal yang harus diperhatikan dalam memulai usaha sampingan

Akhir pekanmu untuk berbisnis

Jika kamu memulai usaha sampingan nanti, statusmu sebagai seorang karyawan tetap membuatmu tidak bisa seratus persen mengerjakan usaha sampingan di hari-hari kerja. Oleh karena itu, akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk mengurusi segala tetek bengek usaha sampinganmu, terutama di fase-fase awal saat kamu mulai membangunnya dari nol. Kesibukan tersebut akan mengurangi waktumu bersama keluarga di akhir pekan. Sebelum kamu memulai usaha sampingan, pikirkan secara matang bagaimana kamu akan membagi waktu dan berkomitmen terhadap perencanaan tersebut.

Aturan di perusahaan tempat kamu bekerja

Setiap perusahaan memiliki peraturan yang berbeda mengenai karyawan yang mengerjakan pekerjaan lain. Pelajarilah aturan di perusahaan tempat kamu bekerja sekarang mengenai hal tersebut. Misalnya, jika kamu membuat usaha sampingan di bidang yang sama dengan perusahaan tempatmu bekerja saat ini dan menjadi kompetitornya, kamu mungkin akan berisiko dipecat dari status karyawan. Kamu juga mungkin akan dituntut secara hukum jika menggunakan hak cipta atau ide dari perusahaan tempatmu bekerja pada usaha sampingan yang kamu bangun.

Fokus pada dua hal sekaligus

Biasanya bisnis atau usaha sampingan bisa kolaps atau bangkrut karena si pemilik salah menentukan prioritas. Usaha sampingan dilihatnya sebagai sesuatu yang ingin cepat dikembangkan. Beberapa orang memaksakan diri mengambil banyak order dari klien dan malah melupakan posisinya yang masih sebagai karyawan tetap dari suatu perusahaan. Hal ini mengakibatkan mereka kehilangan fokus dan menjadi bumerang bagi mereka. Banyak pelanggan yang merasa tidak puas atas pelayanan dan produk yang mereka beli dari usaha tersebut.

Ide bisnismu

Salah satu hal terpenting yang harus kamu perhatikan dalam membangun usaha sampingan adalah ide bisnis yang akan dijalankan.
Jika kamu memperhatikan contoh bisnis-bisnis yang sukses, mereka semua memiliki satu kesamaan, yaitu mampu mengidentifikasi masalah dan memberikan solusi. Orang-orang ingin membeli sesuatu untuk digunakan dalam menyelesaikan masalah mereka dalam kehidupan sehari-hari.
Kamu tidak perlu muncul dengan ide yang sepenuhnya baru. Kamu bisa menawarkan produk atau jasa yang sama dengan yang sudah ada dan memiliki potensi pasar yang luas. Sebagai nilai unggul dari bisnismu, kamu bisa memberikan tingkat profesionalisme dan kualitas yang sama tingginya dengan produk atau jasa yang ada. Untuk semakin memantapkan ide bisnis usaha sampinganmu, kamu bisa menggunakan business model canvas berikut sebagai panduannya.
Hal yang tidak kalah penting adalah kamu harus mencintai ide bisnismu. Para pengusaha sukses biasanya sangat mengenal dan mencintai ide bisnis mereka. Kamu akan menjadi orang pertama yang menjual, memasarkan, dan memperkenalkan produk atau jasamu, maka pastikan kamu memiliki passion yang kuat pada ide tersebut.

Tujuan bisnis dan perencanaan

tujuan bisnis dan perencanaan usaha sampingan
Meskipun hanya usaha sampingan, rencanakan segala hal tentang bisnismu dengan matang. Kamu bisa memulainya dengan membuat goals dan timeline untuk jangka waktu tertentu. Hal ini sangat penting, terlebih apabila kamu ingin menjadikannya usaha penuh waktu di masa depan.
Buatlah target-target dan jadwal mingguan, pekanan, hingga tahunan serta memonitornya sepanjang waktu. Namun apabila kamu masih belum ingin meninggalkan pekerjaan tetapmu, pastikan juga kamu memiliki rencana yang meliputi seberapa banyak waktu yang akan kamu curahkan untuk usaha sampinganmu ini dalam setiap hari dan pekannya.

Tentukan anggaran yang digunakan untuk usaha

Untuk memulai sebuah usaha, seseorang pastinya membutuhkan modal awal, meskipun hanya untuk usaha sampingan. Oleh karena itu, rencanakan berapa banyak biaya yang akan kamu butuhkan untuk memulai usaha sampingan tersebut serta hitung pengeluaran rutinnya setiap bulan.
Hitung semua biaya yang dibutuhkan secara cermat beserta perencanaan pemasukan untuk membayar semua pengeluaran tersebut. Kebanyakan orang yang membangun usaha sampingan menggunakan gaji mereka untuk pembiayaan. Jika kamu berencana untuk melakukan ini, pastikan gajimu mampu mencukupi kebutuhan sehari-hari dan pengeluaran untuk usaha sampingan.

Mencari jaringan bisnis

Hal terakhir yang sangat penting bagi perkembangan bisnis usaha sampinganmu adalah jaringan bisnis. Kamu harus mulai membiasakan diri untuk mencari jaringan di setiap kesempatan. Ceritakan bisnismu pada teman-teman di kantor dan keluarga, dan tanyakan tentang bisnis yang mereka jalankan.
Mintalah mereka juga untuk merekomendasikanmu kepada teman-teman mereka yang lain. Ikuti organisasi profesional dan bangunlah jejaring di sana. Mungkin hal ini terlihat tidak penting pada awalnya. Namun siapa yang tahu di masa depan kamu memerlukan bantuan salah satu dari jejaring tersebut untuk urusan bisnis, dan sebaliknya, salah satu dari mereka yang menjadi klien atau konsumenmu.
Di zaman ini, sangat penting untuk memastikan beberapa sumber pendapatan sekaligus, dibandingkan mencari uang sebanyak-banyaknya dari satu pekerjaan. Semoga tips-tips dan ide-ide bisnis di atas bisa membantumu dalam membangun usaha di samping tetap menjalani pekerjaan tetap!

0 comments:

Post a comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India