Saturday, 3 November 2018

43 Contoh Usaha Sampingan Modal Kecil yang Sangat Menjanjikan

Coba Anda perhatikan. Ternyata banyak karyawan kantoran yang memiliki waktu luang dan tidak memanfaatkan waktu tersebut dengan baik. Sehingga timbul pertanyaan. Apakah perusahaan melarang karyawan menjalankan usaha sampingan?
Anda tentu bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan mudah bukan?
Waktu luang tersebut jika dimanfaatkan dengan baik akan memberikan keuntungan bagi Anda. Apalagi jika Anda tepat dalam memilih jenis usaha sampingan. Banyak kisah sukses para pengusaha besar yang berawal dari iseng dan mencoba. Justru menjadi sebuah usaha yang dapat diandalkan untuk jangka panjang.
Usaha sampingan
Siapa sangka, usaha yang kecil dan Anda anggap sebagai sampingan malah menjadi usaha besar dan mendunia.
Untuk itu, perlu mahir ketika mengelola waktu. Bedakan antara kerja kantoran dan kerja sampingan.

43 Contoh Usaha Sampingan yang Layak Untuk Di coba

Usaha sampingan memang pada awalnya mungkin hanya dianggap sampingan saja, tapi saat dijalankan dengan baik, bisa jadi berubah menjadi usaha skala besar lho. Buktinya banyak kisah para entrepreneur yang berhasil mendunia berkat ide sederhana atau berawal dari usaha sampingan mereka.

1. Bisnis Dropship

Bisnis sampigan dropship
Bisnis dropship yaitu bisnis online dimana penjual tidak perlu memiliki stok barang. Anda hanya bertugas sebagai perantara saja. Tugas Anda hanyalah mempromosikan barang melalui media sosial, blog pribadi, forum atau toko online.
Nah setelah ada konsumen yang membeli, tugas Anda selanjutnya memberitahu suplier untuk mengirim produk tersebut. Tugas selanjutnya di tangani oleh suplier.
Semua proses tersebut dapat otomatis, apalagi Anda menggunakan bisnis dropship dari tokopedia.com.
Anda akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual suplier ke Anda dan harga beli konsumen. Sebagai contoh Anda menjual suatu produk seharga Rp. 150.000, sementara suplier memberikan harga pada Anda sebesar Rp 120.000, bearti Anda mendapat keuntungan sebesar Rp. 30.000.
Ada beberapa market place besar yang ada di Indonesia.
  1. Tokopedia
  2. Buka Lapak
  3. Dan beberapa marketplace lain.

2. Bisnis Reseller

Bisnis Sampingan Reseller
Bagi Anda yang tidak memiliki produk namun ingin memiliki stok barang, Anda dapat menjalankan bisnis dengan tipe reseller.
Ada reseller online dan reseller offline. Istilahnya sama saja seperti pedagang biasa. Untuk itu, usaha ini sangat cocok bagi Anda yang hobi berkomunikasi dan memiliki jaringan yang luas.
Bisnis reseller online pun ada banyak, Anda dapat mencari suplier terpercaya atau melalui beberapa marketplace besar yang ada sekarang ini.

3. Makelar Properti Tanpa Modal

Bisnis Makelar Properti
Properti merupakan bisnis yang akan terus mengalami pertumbuhan. Anda tentu tahu alasannya. Ya karena jumlah penduduk terus meningkat.
Selain itu, properti merupakan bidang investasi yang paling menjanjikan dan nilai asetnya akan terus bertumbuh setiap tahun.
Anda bisa menjalankan usaha sampingan ini tanpa modal, hanya butuh keahlian komunikasi dan jaringan yang luas.
Caranya bagaimana?
Coba perhatikan, apakah disekitar lokasi Anda sedang membangun perumahan. Kenali pemilik developernya, lalu coba tawarkan kerja sama agar Anda bisa menjadi makelar properti. Selain cara tersebut, ada lagi cara lainnya yaitu dari iklan koran. Anda dapat mencermati setiap iklan properti di wilayah Anda, kemudian hubungi developer tersebut.

4. Menjual Pakaian Bekas

Usaha Sampingan Fashion
Tagline “Baju Bekas yang penting Oke” merupakaan tagline dengan follower hampir 10 Ribu. Seperti dikutip pada situs money.id tahun 2016. Tahun ini sudah tentu terus meningkat.
Billy Mardyono merupakan salah seorang pebisnis yang sukses di bidang ini. Keuntungan yang ia peroleh bisa mencapai 100 kali lipat seperti yang dikutip dari situs tersebut. Tergantung dari si pemesan, apakah untuk loak atau pembeli langsung.
Bukan hanya baju bekas saja,pria 27 tahun ini juga menjual parka, jeans, sweater, flannel, long sleves, topi, dan jaket.
Anda bisa menjalankan bisnis sampingan ini dari mana saja. Manfaatkan media sosial seperti yang dilakukan Billy Mardyono.
Apa yang bisa kita pelajari dari sini?
  1. Billy mardyono menggunakan tagline yang menarik
  2. Menguasai media sosial dan paham cara marketing
  3. Ulet dan mau berusaha

5. Jasa Laundry Kiloan

Bisnis sampingan Laundry
Jasa laundry bisa menjadi peluang usaha sampingan yang sangat menguntungkan. Terutama bagi  Anda yang berada di daerah kampus, komplek karyawan atau di pusat keramaian kota. Kesibukan pada daerah – daerah tersebut membuat jasa laundry sangat dicari.
Peralatan yang dibutuhkan juga tidak terlalu rumit. Dengan modal sekitar 7 jutaan termasuk gaji karyawan, Anda sudah dapat memulai usaha laundry.

6. Pertamini

Sampingan usaha pertamini
Penting!!! Untuk mencapai target pertamina yaitu harga seragam, maka perlu konsultasi dengan pihak terkait dan mengurus perizinan usaha pertamini.
Apa yang menarik adalah..
Sering kita melihat kendaraan kehabisan bensin jika berada pada lokasi yang jauh dari SPBU. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk membuat usaha pertamini. Terutama bagi Anda yang berada di desa dengan jumlah kendaraan yang lumayan banyak.
Gambaran besar rincian modal usaha pertamini
  • Harga satu uni pertamini berkisar antara = Rp : 5.000.000
  • Biaya modal 100 liter bensin jika harga perliter @Rp 7500 = Rp 750.000
  • Biaya operasional listrik selama per bulan = +/- Rp 60.000
  • Alat keselamatan seperti portable pemadam kebakaran = Rp 150.000
  • Biaya tambahan lain = +/- Rp 1.500.000
  • Gambaran total kebutuhan = Rp 7.460.000
Berikut beberapa tips agar usaha pertamini Anda berhasil.
  1. Cari tempat yang jauh dari SPBU
  2. Jangan mark up harga terlalu tinggi
  3. Urus surat izin usaha Anda
  4. Berikan pelayanan yang baik pada konsumen

7. Ternak Ayam Kampung dengan 3 Sistem

Bisnis Ternak ayam kampung
Kebutuhan ayam kampung sekarang ini begitu tinggi. Hal ini disebabkan oleh kurangnya budidaya pada bidang ini. Coba lakukan riset pasar dengan cara mencari agen yang mampu menampung hasil peternakan.
Ada 3 model atau cara beternak ayam kampung.
__Pertama : Metode Umbaran
Pada masyarakat pedesaan, metode umbaran merupakan cara yang paling popular. Mengapa? Karena dengan metode ini usaha dapat dijalankan dengan modal kecil.
Metode umbaran yaitu membiarkan ayam mencari makanan sendiri. Anda hanya perlu menyediakan tempat ayam untuk berteduh saat malam hari.
__Kedua: Metode Semi Intensif
Metode ini bisa Anda terapkan jika Anda memiliki pekarangan yang cukup luas. Anda hanya perlu memberikan kandang di sekeliling pekarangan yang Anda miliki. Dengan cara seperti ini, Anda menjadi lebih mudah untuk mengontrol peternakan.
__Ketiga: Metode Intensif
Metode intensif memang membutuhkan modal. Terutama modal pembuatan kandang dan biaya pakan ayam.  Metode intensif yaitu membuat kandang ayam yang lebih modern. Metode ini memang memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.

8. Jasa Pengisian Pulsa, Token Listrik, Game, Tiket Pesawat, Tiket Kereta Api Dll.

Bisnis-jualan-pulsa
Jangan salah…
Pulsa sudah menjadi kebutuhan primer dan teknologi gadget terus meningkat. Begitu juga jumlah pengguna internet.
Nah Anda dapat mencoba usaha sampingan ini jika berminat. Apalagi bagi Anda yang punya relasi dan teman banyak. Beritahu mereka bahwa Anda menjadi agen pengisian voucher untuk berbagai jenis produk.
Apa saja peralatan yang dibutuhkan ?
Tak perlu hp canggih. Hp senter saja bisa untuk menjalankan bisnis ini. Yang penting bisa smsan.
Agar lebih mudah, belilah smartphone Android agar lebih terlihat profesional dan mudah karena Hp jenis ini memiliki teknologi maju.
Berapa modal yang dibutuhkan?
  • Biaya smartphone Android jika ingin beli harga +/- Rp 700.000
  • Mengisi saldo +/- Rp. 50.000 sd 500.000 keatas
Dapatkan sumber terpercaya dalam hal ini. Cobalah temui para pedagang pulsa dan token yang sudah sukses. Tanyakan kepada mereka, agen mana yang paling terpercaya dan memberikan keuntungan bagi Anda.
Jangan sembarangan, lebih baik belajar dari orang sukses dari pada Anda belajar sendiri. Maksudnya belajar langsung dari ahli yang telah terbukti sukses berdagang pulsa token.
Pulsa elektrik dan service  apa saja yang bisa dijadikan usaha?
Banyak, seperti yang ada pada sub judul. Pulsa elektrik bisa digunakan untuk
  1. Pengisian pulsa semua operator
  2. Pembelian tiket pesawat
  3. Pembelian tiket kereta api
  4. Pembayaran PLN
  5. Pembayaran PDAM
  6. Tv Berlangganan
  7. Pembelian paket intenret
  8. dll
Agar bisnis Anda sukses, usahakan setiap pembelian dibayar kontan oleh konsumen. Catat semua arus keuangan dan strategi promosi yang Anda terapkan. Tujuannya agar Anda dapat meninjau kembali, strategi mana yang bekerja untuk bisnis Anda.

9. Membuka Les Privat atau Kursus

Usaha Sampingan Kursus
Usaha sampingan yang satu ini memang masih terbuka lebar, baik itu bagi Anda yang berada di pedesaan atau didaerah perkotaan. Ada berbagai macam kursus yang bisa Anda jalankan seperti :
  • Kursus komputer
  • Kursus bahasa Inggris
  • Kursus mengemudi
  • Kursus Menjahit
  • Dan berbagai jenis bidang ilmu lainnya
Membuka usaha kursus tidak bisa langsung begitu saja. Butuh perizinan dari pemerintah agar usaha Anda berjalan lancar.

10. Jasa Menjahit

Menjahit Sebagai Usaha Sampingan
Usaha menjahit sebenarnya usaha yang sangat menjanjikan. Hal ini karena jasa ini masih sangat dibutuhkan. Coba Anda perhatikan di daerah perkotaan atau didaerah desa berkembang, Anda akan menemukan banyak sekali tailor yang bertebaran dimana – mana.
Bukan hanya itu, keahlian menjahit sebenarnya bisa dikembangkan lagi agar keuntungan yang diperoleh bisa lebih meningkat.
Berikut ini ada beberapa keahlian menjahit yang bisa dijual kembali.
  • Kursus menjahit
  • Gorden, dan berbagai kreativitas lain.
  • Menjadi desainer fashion
  • Dll

11. Jasa Mengetik

Usaha Jasa Pengetikan
Bisnis selanjutnya yang bisa Anda kerjakan yaitu bisnis jasa mengetik. Terutama bagi Anda yang tinggal di daerah kampus, areal perkantoran dan sekolah. Jasa mengetik merupakan jasa yang paling diminati.
Untuk langkah awal, siapkan saja satu buah unit komputer dan printer. Nah jika sudah mulai ramai, Anda bisa menambah unit komputer dan mempekerjakan beberapa orang karyawan.
Selain menyediakan jasa mengetik, Sebenarnya Anda bisa membuka jasa tambahan lain yang masih berhubungan. Berikut ini contohnya.
  • Jasa edit foto
  • Jasa pembuatan kartu undangan, kartu nama dll.
  • Jasa service laptop.
  • Menjual peralatan komputer seperti mouse, keyboard, dudukan laptop, tinta printer dan lain sebagainya.
Dari mana belajar service komputer atau editing foto?
Itu mah gampang… Jika ada kemauan pasti ada jalan. Gunakan internet untuk belajar hal – hal tersebut. Pasang jaringan internet di kantor bisnis Anda, mulailah mencari tutorial service laptop dan editing foto. Mudah bukan?

12. Ikan hias

Bisnis sampingan ikan hias
Terkadang, harga ikan hias bisa diluar logika. Sebagai contoh ikan hias lohan yang sudah jadi, harganya sangat tinggi sekali.
Daya tarik ikan hias memang khas dan sangat menjanjikan jika dijadikan bisnis sampingan. Nah agar usaha Anda berhasil, berikut ini ada beberapa metode yang bisa dilakukan.
  1. Cari jenis ikan hias popular dengan harga tinggi lalu fokus
  2. Pahami teknik pembiakan agar usaha Anda terus berkembang
  3. Gabung bersama pecinta ikan hias agar Anda mendapatkan target market untuk promosi
  4. Ketahui jenis ikan hias air laut dan air tawar
Ada banyak sekali jenis ikan hias yang dapat Anda budidayakan. Sebagai contohnya lihat berikut ini :
  • Ikan guppy. Ikan cupang, ikan lohan, ikan mas koki, Ikan dicus.
Untuk 10 Ikan termahal di Indonesia
  • Ikan Arwana, Ikan Koi, Ikan Oscar, Ikan Discus, Ikan Mas Koki, Ikan Cupang Crowntail, Ikan Gupy, Ikan Agnel, Ikan Neon Tetra.

13. Menawarkan produk kuliner

Ide usaha sampingan berikutnya sangat cocok bagi Anda  yang hobi kuliner. Mungkin Anda bertempat tinggal di lokasi komplek karyawan atau lokasi sibuk lainnya. Anda bisa memanfaatkan keadaan tersebut untuk membuka usaha berbagai jenis kuliner seperti :
  • Brownies
  • Kek ulang tahun
  • Cup cake
  • Kue bangkit
  • Bolu kukus

14. Usaha Aneka Jenis Kerajinan Tangan

Bagi Anda yang memiliki bakat membuat bermacam jenis kerajinan tangan, bisnis ini juga sangat menguntungkan jika Anda memang pintar dalam hal ini. Anda bisa membuat berbagai jenis kerajinan yang terbuat dari beraneka jenis bahan.

15. Kroto

Budidaya kroto bisa dijalankan dengan modal kecil, tidak perlu modal besar. Lagi pula, kebutuhan telur kroto terus mengalami peningkatan, sementara keberadaannya di alam liar sudah langka.
Harga telur kroto bervariasi, tergantung dari lokasi. Untuk pakan burung, biasanya berkisar antara Rp. 150.000.
Cara beternak kroto dilakukan dengan menggunakan rak dan toples. Bobot panen berkisar antara 1 – 2 ons pertoples. Tergantung dari cara Anda melakukan budidaya. Untuk itu, pelajari terlebih dahulu melalui internet. Masa panen berkisar antara 15 – 20 hari.

16. Budidaya Ikan Air Tawar

Iklim yang ada di Indonesia sangat cocok untuk membudidayakan ikan sebagai tambang penghasilan. Apalagi kebutuhan ikan untuk lauk pauk terus meningkat karena pertumbuhan penduduk.
Dengan demikian, usaha budidaya ikan bisa Anda kerjakan sebagai sampingan, Sebagai contoh ikan gurame, ikan lele, ikan gabus, ikan nila, ikan mas, ikan mujair. Semuanya memiliki potensi yang menjanjikan. Yang penting kita mau belajar bagaimana cara membudidayakan ikan – ikan tersebut.

17. Budidaya jangkrik

Belakangan ini, trend usaha budaya jangkrik cukup tinggi. Sehingga, banyak juga yang mengeluh soal harga.
Akan tetapi, Anda bisa melakukan survey terlebih dahulu ke toko – toko burung dan toko ikan. Coba tanyakan pada mereka, berapa harga per kilogram dan apakah bisa dijadikan langganan untuk menampung hasil budidaya jangkrik.
Jika sudah menemukan agen penampung yang tepat, Anda bisa mencoba membudidayakan usaha sampingan ini selain kerja kantoran atau karyawan.

18. Jasa Cuci Motor dan Mobil

Bagi pemula, Anda bisa memulainya dengan jasa cuci motor terlebih dahulu. Karena peralatan yang dibutuhkan lebih murah jika dibanding peralatan untuk cuci mobil.
Usaha ini terbilang sangat diminati, terbukti dari banyaknya antrian sepeda motor  yang kita lihat pada tempat cucian. Ditambah lagi jumlah kendaraan yang terus meningkat setiap tahunnya.
Usaha cucian biasanya kebanjiran pelanggan ketika musim hujan. Walaupun demikian, tidak ada bedanya dengan hari – hari biasa jika kualitas dan pelayanan Anda memberikan kenyamanan bagi pelanggan.

19. Jasa Fotocopy

Usaha fotocopy merupakan usaha yang menjanjikan bagi siapapun. Terutama bagi Anda yang berada pada daerah sebagai berikut :
  1. Kampus
  2. Sekolahan
  3. Perkantoran
  4. Pemerintahan
Lokasi tersebut diatas sangat memiliki potensi jika dibuka usaha fotocopy. Pengguna jasa fotocopy biasanya dari kalangan mahasiswa, karyawan, pekerja kantoran, siswa dan masyarakat umum
Agar lebih cepat maju, Anda bisa menyediakan jasa laminating, jilid, atk, peralatan tulis menulis. Anda juga bisa menyediakan jaringan internet agar para pelanggan bisa mencari informasi tambahan seperti untuk tugas, makalah, dan bahan penting untuk kegiatan surat menyurat.

20. Aneka Jenis Usaha Gorengan

Jangan dianggap remeh usaha gorengan lho..
BaNyak kisah sukses yang bisa kita baca dari para pengusaha gorengan. Bahkan ada yang sampai membuka franchice.
Hampir semua lapisan masyarakat menyukai gorengan. Mulai dari kelas atas hingga masyarakat biasa. Semuanya suka jenis makanan ini. Anda bisa melihat buktinya, banyak pengusaha gorengan ada dimana – mana hampir seluruh negeri.
Ada berbagai macam jenis gorengan yang bisa Anda jadikan sebagai usaha sampingan. Berikut ini beberapa contohnya:
  1. Sandwitch goreng
  2. Salad goreng
  3. Pisang cokelat, pisang goreng biasa, keju dan aneka buah – buahan lainnya
  4. Tahu dan tempe goreng. Lakukan kreativitas seperti contohnya tempe rasa dll
  5. Singkong goreng keju dan enak inovasi lainnya
  6. Lakukan kreativitas dan upgrade masakan gorengan sehat Anda lainnya
Bukan tidak mungkin Anda membuka franchise. Coba baca kisah para pengusaha gorengan di Internet. Anda bisa melihat dan belajar dari mereka.

21. Menjual Aneka Jajanan Produk Siap Saji

Bagi Anda yang berada didaerah keramaian kota, desa berkembang atau kompleks karyawan dan kampus, Anda bisa mencoba usaha sampingan yang satu ini yaitu membuka usaha makanan siap saji.
Berikut ini contoh – contohnya :
  • Makanan sarapan pagi
  • Pempek
  • Tahu bulat
  • Cireng
  • Catering bagi mahasiswa dan karyawan

22. Membuat Produk Kerupuk Rumahan

Jangan remehkan usaha kerupuk. Pernahkah Anda membaca kisah sepasang suami istri yang mampu naik haji dari hasil kerupuk. Padahal produk tersebut sudah banyak yang sama di-pasaran. Lalu apa yang membuat produknya laku keras.
Yang menjadi syarat utama usaha bisa berkembang adalah strategi marketing yang dijalankan. Walaupun bisnis Anda berupa usaha sampingan, Anda bisa menerapkan strategi dengan serius. Luangkan waktu Anda untuk merencanakan bisnis Anda agar berkembang pesat.
Ada banyak jenis kerupuk yang bisa Anda olah.
  • Kerupuk ikan
  • Kerupuk udang
  • Kerupuk jengkol
  • Keripik pisang
  • dan aneka kerupuk lainnya
Agar usaha sampingan Anda tepat sasaran, lakukan riset pasar terlebih dahulu. Cobalah untuk melakukan uji coba produk. Buat aneka jenis makanan, lalu cobalah titip pada beberapa warung atau melalui media sosial.
Ketika Anda menemukan jenis produk yang paling laku. Gunakan faktor kali. Maksudnya adalah tingkatkan skala produksi Anda dengan perhitungan yang matang.

23. Menjual bermacam jenis jajanan anak

Penting dan perlu di ingat… Anak – anak adalah generasi penerus, jadi buatlah makanan yang terjamin dari segi kesehatan.
Berikut ini beberapa contoh usaha sampingan jajanan anak.
  1. Telur dadar
  2. Sosis bakar
  3. Keripik singkong
  4. Klepon
  5. Dan berbagai jajanan lainnya

24. Foto Editor

Walaupun sekarang ini gadget berkamera sudah ada dimana – mana, ditambah lagi dengan kemampuan editing, ternyata usaha ini masih sangat menjanjikan.
Terutama bagi Anda yang memiliki kenalan fotografer. Anda dapat mengambil sebagian job mereka jika ada acara resepsi pernikahan. Selain itu, Anda bisa mencoba untuk menjadi fotografer secara mandiri, cobalah ambil foto pemandangan, lalu pelajari editing foto yang baik.
Berikut ini artikel tentang cara menjual foto secara online, silahkan baca pada artikel berikut ini.

25. Pembuatan kartu undangan pernikahan, kartu nama

Jika Anda mahir dibidang software photoshop atau corel draw, Anda bisa mencoba membuka usaha bidang ini. Cukup dengan laptop dan printer, Anda sudah bisa membuka usaha sampingan dibidang ini.
Cara promosinya bagaimana?
Promosi keteman terdekat terlebih dahulu. Untuk melakukan promosi sebenarnya ada banyak cara. Bisa menggunakan media sosial seperti Google plus, Facebook, Twitter dan Instagram. Yang penting kualitas hasil kerja Anda terbukti.

26. Percetakan seperti spanduk, sablon dan sejenisnya

Usaha sablon sebenarnya masih sangat menjanjikan. Banyak sekali order yang sering kita lihat bagi mereka yang membuka usaha percetakan sablon.
Biasanya, usaha sablon akan kebanjiran order saat pemilu atau saat ada acara tertentu yang penuh dengan pesan sponsor. Memang membutuhkan modal yang relatif besar untuk membeli mesin percetakan.

27. Interior Desainer atau house desainer

Bagi Anda yang memiliki bakat di bidang desain perumahan, tidak ada salahnya mencoba untuk menjalankan ide bisnis sampingan yang satu ini. Ya sekarang ini jumlah penduduk terus meningkat, kebutuhan properti juga terus meningkat.
Anda bisa membuka jasa interior desain, atau membuka jasa desain gambar rumah. Banyak lho yang mencari jasa ini di internet. Coba Anda ketik kata kunci di Google, jasa desain rumah, Anda akan menemukan banyak sekali website yang menawarkan jasa tersebut.
Apa nama aplikasi untuk menggambar rumah 3D. Berikut ini beberapa contohnya :
  1. Google scetchup => Aplikasi ini sangat cocok untuk pemula dan sangat gampang digunakan untuk membuat gambar rumah tampilan 3D
  2. Autocad => Bisa untuk 3D dan gambar kerja bangunan
  3. Revit architecture
Bagaimana cara melakukan promosi?
Coba lakukan promosi ke teman terdekat terlebih dahulu dengan cara memberi tahu bahwa Anda bisa membuat desain rumah baik interior ataupun exterior. Kemudian manfaatkan media sosial untuk promosi lanjutan.
Buat beberapa gambar contoh agar orang lain dapat mengetahui bagaimana kualitas gambar Anda

28. Usaha sampingan Souvenir Pernikahan

Kemeriahan acara pernikahan tentu menjadi dambaan setiap pasangan pengantin, sehingga banyak para pengantin yang ingin membuat acara mereka begitu indah. Sebagai ucapan terimakasih, souvenir diberikan kepada para tamu undangan.
Peluang usaha souvenir ternyata sangat menjanjikan untuk dijadikan bisnis. Anda bisa mencari ide tersebut di internet. Ketika usaha Anda terkenal, Anda akan mendapatkan order secara terus menerus.
Berikut ini cara mencari ide dan cara memulai bisnis ini :
  1. Coba cari jenis souvenir yang mewah unik namun murah
  2. Sering bertanya dan cari contoh mereka yang sudah sukses
  3. Membuat souvenir yang bermanfaat
Caranya bagaimana?
Zaman sudah maju, manfaatkan internet, cari contoh yang paling unik. Lalu kreasi-kan dengan hasil keahlian Anda.
Gunakan media sosial untuk langkah awal promosi yang Anda lakukan, seperti dengan menggunakan Google plus, Facebook, Instagram atau Twitter. Media sosial ini cukup ramai dan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan marketing.

29. Warung Aksesoris atau Warung Digital

Anda bisa saja membuka warung aksesoris untuk dijadikan bisnis sampingan. Usaha ini terbilang cukup menjanjikan jika kita pintar mensiasati enak produk yang popular.
Lengkapi warung Anda dengan berbagai macam aksesoris, seperti jam tangan, aksesoris handphone sekaligus menjual pulsa elektrik.
Untuk konsep warung digital sebenarnya sama saja seperti warung biasa. Misalnya begini, Anda punya warung yang menjual aneka produk olahan. Tidak ada salahnya Anda juga melayani penjualan dan promosi menggunakan internet. Inilah yang dikatakan warung digital.

30. Warung kelontong

Usaha sampingan warung kelontong sangat cocok jika Anda berada di lokasi yang ramai. Terutama didaerah kesibukan seperti di kompleks karyawan, perkantoran pemerintah, terminal dan berbagai lokasi strategis lainnya.
Siapa yang tak suka sarapan lontong, makanan yang satu ini sudah terkenal kemana – mana. Bagi mereka yang sibuk, sarapan lontong menjadi sebuah kebiasaan. Kita dapat melihat dimana – mana selalu ada saja warung kelontong.

31. Warung kopi Atau Warung Anek Jus

Saat santai, biasanya orang suka ke warung kopi untuk melepaskan lelah. Terkadang, sarapan pagi pun ada yang ke warung kopi sambil menyantap kue – kue. Nah, warung kopi sebenarnya bisa dijadikan bisnis.
Anda bisa mempekerjakan karyawan atau orang terdekat terlebih dahulu. Pilihlah lokasi yang tepat seperti yang telah saya jelaskan diatas tadi.
Selain itu, Anda bisa membuka warung jus buah – buahan. Usaha minuman jus juga masih menjanjikan, karena peminatnya sangat tinggi. Terutama didaerah yang masih minim persaingan.

32. Warung bakso dan makanan khas Indonesia lainnya

Warung bakso juga merupakan usaha yang paling laris jika rasanya enak. Orang bisa berbondong – bondong membawa keluarga atau pacar hanya sekedar memburu jajanan yang satu ini.
Buat bakso seenak mungkin agar Anda mendapatkan pelanggan tetap. Usaha bakso biasanya sangat ramai ketika di hari libur atau saat malam hari. Yang penting, lokasi dan tempat jualan bakso bersih, indah dan asri. Hal ini bertujuan agar menarik minat konsumen Anda.

33. Warung sembako

Sembako atau sembilan bahan pokok merupakan kebutuhan utama. Setiap daerah pasti selalu kita temukan warung yang menyediakan kebutuhan pokok.
Jika Anda berada diaerah ramai penduduk, Anda bisa membuka usaha warung sembako dengan skala kecil terlebih dahulu. Catat semua arus keuangan dan kembangkan agar warung Anda lengkap.
Warung yang lengkap dan memiliki harga kompetitif akan menjadi target bagi para ibu – ibu. Sebagai penarik, Anda bisa menjual beberapa produk dengan harga murah.

34. Warung kue – kue khas atau kue enak lainnya

Warung selanjutnya yang bisa Anda jadikan usaha sampingan Adalah warung kue. Warung kue biasanya sangat maju di lokasi keramaian seperti pelabuhan, terminal dll. Karena mereka ingin mereka ingin membeli jajanan untuk keluarga.
Ada berbagai macam jenis kue yang bisa dijual, mulai dari kue basah dan kue kering. Bisa juga dengan menjual kue khas daerah masing – masing.

35. Penulis artikel

Tahukah Anda bahwa trend menulis sekang ini terus meningkat. Hal ini disebabkan pertumbuhan bisnis sektor internet terus naik. Ditambah lagi pengguna internet mencapai ratusan juta di Indonesia.
Kemana artikel dijual?
Ada beberapa media yang membutuhkan artikel. Terutama media – media besar seperti :
  • Media portal berita
  • Media blog – blog besar
  • Situs E-commerce untuk sales letter atau untuk review produk
  • Menulis review dan dibayar
  • Untuk situs perusahaan
  • Menulis buku digital atau buku biasa
Cara promosi bagaimana?
Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk promosi, seperti yang dilakukan oleh beberapa penulis lepas online lain. Belajar cermati dan tiru cara mereka promosi, lakukan inovasi agar Anda berhasil menjadi seorang penulis berpenghasilan tinggi.

36. Membuat blog

Perlu diketahui bahwa membuat blog tidak semudah yang dibayangkan. Butuh konsistensi agar blog mampu menghasilkan uang. Namun, ternyata blog bisa dijadikan sebagai usaha sampingan jika Anda hobi menulis.
Apa syaratnya agar blog sukses?
  1. Usahakan artikel yang dibuat berkualitas
  2. Pilih nama domain yang menarik dan mudah diingat
  3. Pilih layanan hosting yang cepat
  4. Ruin update artikel berkualitas
  5. Desain yang mudah di baca
Jika Anda bisa memenuhi kriteria tersebut, blog Anda akan cepat ramai dan bisa menghasilkan uang secara pasif income. Banyak kisah sukses para blogger yang menghasilkan uang ratusan juta setiap bulan. Terutama blog dengan bahasa Inggris.

37. Jasa desainer online seperti web desainer

Selain trend menulis, trend blog juga sama mengalami peningkatan. Nah Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini bagi Anda yang jago soal coding. Anda bisa membuka jasa desain web dan menjualnya di internet.
Ada beberapa bagian yang dapat Anda lakukan ketika memilih sebagai web desainer yaitu:
  • Menjual template blogger dan wordpress
  • Menjual database sistem seperti untuk website kampus, sekolah atau website data lainnya
  • Membuat desain web e-commerce
  • Melayani jasa pembuatan website
Begitu banyak kesempatan yang ada, namun, sebagai usaha sampingan, Anda wajib pintar mengatur waktu. Usaha ini sangat cocok bagi Anda yang hobi koding dan bagi Anda yang bekerja pada bidang yang sama. Misalkan Anda bekerja di kantor bagian software engineer.

38. Software developer

Usaha sampingan selanjutnya adalah software developer. Anda bisa membuat berbagai macam jenis game, software akuntansi dan software kasir.
Trend Google Play juga popular, Anda bisa menghasilkan penghasilan dengan cara upload di Playstore. Buat aplikasi yang menarik, daftarkan diri Anda ke Admob. Anda akan mendapatkan penghasilan besar jika software Anda digunakan oleh orang ramai melalui Handphone Android.

39. Affiliate Marketing

Affiliate marketing yaitu bisnis tanpa modal, Anda hanya membutuhkan sarana untuk promosi, bisa dengan cara membuat blog sendiri atau menggunakan media sosial.
Carilah perusahaan yang benar – benar membayar komisinya. Bisnis affilate sangat cocok bagi pemula dan bagi yagn tidak memiliki produk. Ada beberapa website affilasi yang popular seperti Amazon, Reseller di Tokopedia dan masih banyak lagi.

40. Menjual produk informasi

Produk informasi haruslah berisi informasi yang benar – benar memberikan solusi bagi pembaca Anda. Jangan hanya menjual dengan kata rayuan. Tapi produk informasi haruslah bernilai tinggi sehingga konsumen bisa puas.
Produk informasi digital yang produk berupa buku digital (Ebook) atau video. Bisa berupa buku karangan sendiri, tutorial – tutorial dan lain sebagainya.

41. Menjadi youtuber

Bagi Anda yang rajin menonton acara televisi atau rajin membuka youtube, tentu Anda akan sering melihat kisah sukses para youtuber.
Ya, ternyata youtube bisa memberikan penghasilan tambahan. Bidang ini juga bisa Anda jadikan usaha sampingan.
Video seperti apa yang bisa ramai pengunjung?
  • Video harus orisinil ciptaan sendiri
  • Video harus menarik sehingga memberikan efek viral
Semakin ramai penonton video Anda, maka semakin besar pula jumlah uang yang akan diterima. Akan tetapi Anda harus mengikuti semua peraturan yang ada. Silahkan baca di internet untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih jauh.

42. Kursus Online

Kursus online ternyata bisa Anda jadikan usaha sampingan, mengapa? Karena Anda bisa mengajar saat malam hari saja setelah kerja kantoran.
Nah usaha ini sangat cocok bagi Anda yang punya kelebihan pada bidang terntentu, misalkan ahli pada bidang bahasa Inggris.
Untuk langkah awal, Anda bisa menggunakan media hangout di Google Plus untuk proses belajar dan mengajar. Setelah maju, Anda bisa membuka website sendiri.

43. Membuat Website E-commerce

Trend bisnsi e-commerce juga kian tumbuh, hal ini disebabkan trend belanja sudah berubah ke sektor online. Ada berbagai macam jenis e-commerce yang ada di Indoensia sekarang ini.
  1. B2B =>(Business to Business). Butuh modal besar, karena tujuannya perusahaan ke perusahaan.
  2. C2C => (Costumer to Costumer). Artinya e-commerce hanya sebagai sarana para pedagang.
  3. B2C => (Business to Costumer) Anda menjual produk sendiri kepada konsumen
  4. Clasified => Hanya sebagai sarana promosi para pedagang
Anda bisa membuat website e-commerce tipe B2C yaitu dengan menjual produk sendiri. Memang membutuhkan modal lumayan.
Yang perlu di ingat adalah, kuasai terlebih dahulu ilmunya, riset pasar, pahami seo dan cara promosi.


TAMBAHAN BISNIS LAIN:

1. Jasa titip beli/Personal shopper

bisnis sampingan
(source: netz.id)
Bisnis jasa titip beli atau menjadi pebelanja pribadi bisa kamu rintis sebagai bisnis sampingan modal kecil. Modalnya minim bahkan nyaris tanpa modal. Yang penting kamu memiliki smartphone, akun media sosial seperti instagram dan menawarkan produk-produk menarik pada target pasar kamu.
Bisnis jasa titip beli bisa kamu lakukan di sela-sela pekerjaan utama. Biasanya sale atau obral barang menarik berlangsung saat weekend atau di malam hari. Jasa titip beli bisa bermacam-macam, apakah barang seputar bayi, anak dan ibu, barang branded, fashion, sampai furniture. Jasa titip beli juga bisa dilakoni musiman, misalnya saat ada ajang obral barang bagus dengan harga miring, seperti pameran buku murah, dan lain sebagainya.
Dari bisnis sampingan modal kecil ini, kamu bisa mengutip fee secara transparan pada pelanggan untuk setiap barang yang kamu belikan. Fee bisa ditetapkan dalam bentuk nominal misalnya mulai Rp 10.000 per item, bisa juga berdasarkan persentase harga barang, misalnya mulai 10%.

2. Fotografer lepas

Image result for freelance photographer
Walau saat ini banyak orang memilih memakai jasa event organizer yang biasanya menyediakan sekaligus tenaga fotografer, tidak ada salahnya juga merintis bisnis sampingan sebagai fotografer lepas di acara-acara tertentu. Misalnya, saat ada acara resepsi pernikahan, akikah, pertunangan, dan lain-lain.
Bisnis sampingan modal kecil ini hanya membutuhkan modal berupa kamera profesional dan kemampuan atau skill fotografi kamu,

3. Menjual foto di internet

bisnis sampingan

Bila kamu senang memotret dan hasil foto kamu termasuk bagus, mengapa tidak mencoba menjualnya ke internet sebagai bisnis sampingan? Kamu bisa menjual foto hasil karya kamu ke situs foto populer seperti istockphoto.com, shutterstock.com. Mereka bisa memberikan komisi untuk foto yang kamu jual mulai 15% sampai 30% per foto.
Kamu juga bisa mencoba menjual foto ke situs lain seperti StockFresh,com atau Fotolia.com. Modalnya, cukup dengan kamera foto profesional dan skill fotografi. Bisnis sampingan ini juga tidak memakan waktu banyak. Bisa kamu kerjakan di tengah kegiatan utama kamu.
Jangan lupa siapkan akun Paypal untuk transaksi jual beli foto ini.

4. Makelar kendaraan bermotor

bisnis sampingan
(source: liputan6.com)
Makelar kendaraan bermotor mulai dari sepeda motor sampai mobil juga bisa kamu jadikan bisnis sampingan modal kecil tapi dengan hasil lumayan. Walau saat ini sudah banyak situs broker online, tapi tidak sedikit orang yang lebih nyaman membeli kendaraan bermotor dari orang yang mereka kenal dengan baik.
Manfaatkan ponsel untuk memasarkan obyek makelaran dan pastikan kamu menjalankan pemasaran dengan jujur pada konsumen supaya loyalitas terbangun. Pendapatan dari bisnis sampingan ini lumayan, lho. Mencapai 5%-10% dari nilai transaksi jual beli.

5. Laundry kiloan

bisnis sampingan
(source: ayodeal.blogspot.com)
Kesibukan yang makin padat membuat banyak orang merasa tidak memiliki waktu lagi untuk mencuci pakaian sendiri dan menyeterikanya. Mengandalkan asisten rumahtangga juga agak repot seiring makin sulitnya mencari asisten rumahtangga yang tepat.
Keberadaan laundry kiloan pun semakin menjadi solusi masyarakat untuk urusan sandang ini. Hanya saja, untuk menjadikan ini bisnis sampingan, kamu harus merogoh sedikit modal untuk pembelian mesin cuci, setrika, pewangi dan tenaga pengelola. Tapi dengan pasar yang terbuka dan margin lumayan, bisnis sampingan ini layak dicoba.

6. Jasa Desain Grafis

bisnis sampingan
(source: arenalaptop.com)
Bila kamu saat ini menjalani profesi sebagai desain grafis dan menyukai desain grafis, kamu bisa menjajaki bisnis sampingan modal kecil dengan menjadi freelance graphic designer. Manfaatkan platform marketplace desainer online yang tersedia di Indonesia seperti Projects.co.id atau Sribu.com untuk mencari pelanggan.
Kamu juga bisa menjangkau pasar luar negeri melalui situs 99designs.com, Upwork.com dan Elance.com untuk mendapatkan proyek desain. Modal bisnis sampingan ini tidak mahal, cukup dengan skill, jaringan internet dan software design.

7. Penulis lepas

bisnis sampingan
(source: workana.com)
Walau saat ini era multimedia di mana foto dan video semakin disukai orang untuk memasarkan produk, keberadaan penulis sebagai bagian dari content marketing masih banyak diburu. Kamu tidak harus tercatat sebagai karyawan di sebuah perusahaan tertentu untuk penulis. Menulis bisa di mana saja. Selama skill menulis, modal utama hanya internet dan laptop untuk menulis.
Yang asyik, di era saat ini mulai  banyak bermunculan marketplace content yang memungkinkan kamu menjadi penulis lepas tanpa ikatan seperti getcraft.com. Tarifnya lumayan, bisa Rp 500.000 per tulisan.

8. Reseller produk fashion (tas, aksesoris)

Pasar produk fashion seperti tas atau aksesoris selalu terbuka, terlebih untuk pasar anak dan wanita. Kamu bisa menjajal peruntungan bisnis sampingan menjadi reseller atau dropshipper untuk produk-produk ini. Bila menjadi reseller, maka kamu perlu mengeluarkan modal untuk kulakan.
Sedangkan dropshipper, kamu cukup membantu pemasaran produk dengan modal ponsel saja. Manfaatkan media sosial sebagai kanal pemasaran.

9. Blogger

Berselancar di internet dan eksis di media sosial menjadi kebutuhan utama masyarakat Indonesia dari tahun ke tahun. Menjadi blogger bisa mengantarkan kamu memiliki penghasilan dengan menyuguhkan tulisan-tulisan yang berguna dan menarik pembaca.
Modal utama cukup laptop, internet, skill menulis  yang baik, tema blog yang oke dan kemampuan mempromosikan blog kamu supaya banyak pengunjung. Pneghasilan bisa berupa Google Adsense, endorsement, dan lain sebagainya. Pekerjaan ini bisa kamu jalankan di tengah kesibukan utama bekerja.

10. Vlogger

Ini mirip dengan blogger, hanya saja mediumnya bukan tulisan melainkan video di kanal YouTube. Kamu bisa membangun branding diri kamu sebagai vlogger cukup dengan modal kamera yang berkualitas dan internet untuk meng-upload video kamu di Youtube channel.
Tentukan segmen apa yang hendak kamu garap sebagai vlogger. Apakah menjadi beauty vlogger yang khusus membahas seputar make up dan kecantikan, atau vlogger khusus review barang-barang tertentu, vlogger kuliner, dan lain sebagainya. Kamu akan mendapatkan penghasilan lumayan bila video kamu banyak ditonton orang. Google bisa memberikan bayaran lebih dari Rp 7 juta bila video kamu ditonton hingga 1 juta viewer.

11. Jasa penerjemahan

Bisnis sampingan sebagai penerjemah juga menarik. Banyak kebutuhan penerjemahan mulai buku, event sampai penerjemah khusus untuk orang. Kamu bisa optimalkan platform freelance untuk mencari pelanggan.
Honornya lumayan dan bisa kamu kerjakan di sela-sela pekerjaan utama kamu.

12. Agen asuransi

Menjadi agen asuransi juga bisa kamu jajaki sebagai bisnis sampingan yang menjanjikan. Pekerjaan ini dapat kamu lakukan di sela-sela pekerjaan utama. Honornya lumayan, bisa mencapai 30% per polis dari nilai premi yang dibayarkan.
Kamu perlu mencari cara pemasaran yang paling tepat supaya efektif menarik pelanggan, misalnya dengan menulis tulisan seputar asuransi di blog, bergabung dengan banyak komunitas yang potensial memerlukan asuransi, dan lain-lain.

13. Katering makan siang

Banyak orang tidak sempat memasak atau membawa bekal makan siang saat bekerja. Kadangkala, pergi membeli makan siang ke kantin juga agak malas.
Kamu bisa memanfaatkan celah ini untuk membuka bisnis sampingan. Buka saja lapak menu makan siang khusus untuk teman kantor, jadi pengantarannya sekaligus ketika kamu berangkat ke kantor. Dengan pemasaran by order atau berdasarkan pesanan, kamu bisa memastikan produk kamu terjual semua. Modalnya adalah kemampuan memasak, peralatan dapur dan penyajian menu yang lezat serta higienis. Margin keuntungan dari bisnis seputar makanan minimal 30% lho!

14. Jual kudapan ringan di kantor

Banyak orang yang hobi ngemil di tengah kesibukan kantor. Kamu bisa menjadikan ini celah bisnis sampingan. Modalnya cukup membeli cemilan grosiran, mengemasnya lagi dalam kemasan yang tepat dan menjualnya di kantor.
Tidak perlu memasang harga mahal karena sebenarnya orang ngemil ingin jajan saja yang murah-murah.

15. Ojek/sopir transportasi online

bisnis sampingan
Menjadi ojek atau sopir transportasi online juga menarik menjadi bisnis sampingan. Kamu bisa menjalankannya di sela-sela pekerjaan utama, tidak harus setiap hari menarik penumpang. Modalnya adalah sepeda motor atau mobil, akun platform transportasi online dan kamu sudah langsung bisa mencari penghasilan tambahan dari sini.
16. Jasa cuci motor/mobil
Pertumbuhan jumlah mobil dan sepeda motor terus meningkat dari waktu ke waktu. Tidak semua orang memiliki waktu yang cukup untuk mencuci dan merawat kendaraan bermotor mereka. Di sinilah celah yang bisa kamu manfaatkan dengan membuka bisnis jasa cuci sepeda motor atau mobil.
bisnis sampingan
Memang, modalnya tidak kecil karena mencuci kendaraan bermotor membutuhkan peralatan teknis yang cukup merogoh kocek juga tenaga karyawan. Namun, pasar yang cukup lebar membuat bisnis ini layak dicoba. Bila kamu membutuhkan modal usaha, kamu bisa menimbang memakai kredit tanpa agunan. Simak pilihannya di sini. Untuk apply KTA online, kamu bisa langsung klik di sini.

17.  Bisnis pernak pernik anak

Pernak pernik anak seperti mainan, baju, perlengkapan fashion, tidak pernah sepi dari permintaan seiring peningkatan daya beli masyarakat dan angka kelahiran yang terus meningkat. Kamu bisa menjajaki bisnis sampingan dengan berjualan pernak pernik anak yang atraktif.
Manfaatkan platform e-commerce yang tersedia untuk memasarkan produk seperti Tokopedia, Shoppe, Bukalapak, Lazada, dan lain-lain.

18. Bisnis fashion muslim

Bisnis sampingan fashion muslim seperti hijab, gamis, baju koko, dan sebagainya, niscaya tidak pernah sepi dari permintaan pasar. Maklum, penduduk muslim di negeri ini sangat banyak dan Indonesia pun perlahan menjadi kiblat fashion muslim dunia.
Kamu bisa berkongsi dengan penjahit untuk memproduksi fashion muslim yang menarik. Bila tidak mau repot, kamu cukup berkulakan ke pasar grosir seperti Tanahabang, Thamrin City, Pasar Cipadu, dan lain lain dan menjualnya lagi ke pasar.
Manfaatkan platform jualan online untuk memasarkan produk kamu dan kantongi margin lumayan dari bisnis ini.

19. Jas les privat online

Banyak  orang tua yang kesulitan mengajari anak-anak mereka sendiri. Beberapa karena tidak memiliki cukup waktu, ada juga yang merasa kompetensinya tidak bisa mengejar perkembangan pelajaran anak di sekolah. Jasa les privat pun banyak dicari.
Di era digital ini, les privat online menjadi salah satu terobosan sehingga les privat bisa dilakukan di mana saja. Manfaatkan marketplace jasa les seperti ruangguru.com untuk mencari pelanggan. Pekerjaan ini juga bisa kamu jalankan di tengah-tengah kesibukan utama bekerja.

20. Jual kue basah atau cake

Bisnis sampingan membuat pesanan kue basah atau cake bisa kamu jajaki. Tentu saja kamu harus memiliki kemampuan memasak kue yang baik. Pasarkan di internet melalui akun media sosial untuk menjaring konsumen.
Bisnis makanan ringan seperti ini tidak pernah kehabisan pasar. Banyak orang yang membeli sekadar untuk camilan atau untuk keperluan acara khusus. Margin keuntungan cukup gede di bisnis seputar perut, minimal 30% dari pendapatan adalah laba bersih.
Itulah dia 20 inspirasi usaha sampingan yang bisa kamu coba. Tunggu apa lagi?













0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India