Sunday, 10 June 2018

Ahok Masuk Daftar Top 100 Pemikir Global 2017 dari Foreign Policy



Ahok Masuk Daftar Top 100 Pemikir Global 2017 dari Foreign Policy

Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) masuk ke dalam daftar 'Top 100 Global Thinker 2017' dari majalah Foreign Policy. Ahok adalah satu-satunya orang Indonesia yang masuk ke daftar tersebut pada tahun ini. 

Dilihat detikcom dari laman Foreign Policy, Kamis (7/12/2017), nama Ahok bersanding dengan tokoh dunia lainnya seperti Presiden Prancis Emmanuel Macron hingga Presiden Korea Selatan Moon Jae-In. 

Associate Editor Foreign Policy, Benjamin Soloway menulis alasan mengapa Ahok masuk ke dalam daftar Top 100 Global Thinker. Ia juga memaparkan sosok Ahok saat menjadi gubernur DKI Jakarta hingga ke kasus hukum yang menjeratnya.




Source : detik.com




Sebagai Gubernur DKI Penulis kemudian melanjutkan tulisannya dengan mengulas karier politik Ahok yang terangkat ke kancah nasional sejak menjadi wakil Joko Widodo di Jakarta.
Ahok bersama Jokowi digambarkan sebagai duet yang saling melengkapi di mana kecerdasan teknokratik Ahok mampu mengimbangi retorik populis Jokowi.
Majalah Foreign Policy memuji kinerja Ahok sebagai gubernur yang berhasil memerangi korupsi, memperluas akses kesehatan, mengeruk kanal-kanal, serta meningkatkan kinerja transportasi umum.
Kesuksesan ini melambungkan popularitasnya. Namun, majalah ini juga menyinggung bagaimana upaya penggusuran yang dilakukan Ahok mengundang musuh, yakni warga miskin yang tergusur karena reklamasi tanah dan proyek pembangunan. Seruan untuk rakyat Indonesia? Penulis kemudian menguraikan kasus penistaan agama yang menimpa Ahok dan berakhir dengan vonis hukuman dua tahun penjara.
Meski begitu, kasus hukum yang menimpa Ahok dinilai dapat membangkitkan masyarakat moderat Indonesia yang selama ini cenderung diam. “Hukuman penjara Ahok adalah seruan keras bagi rakyat Indonesia untuk bangun,” ucap Andreas Harsono dari Human Rights Watch.
 “Ada masalah serius kebebasan beragama dan diskriminasi terhadap kaum minoritas di Indonesia” lanjut Harsono. Harsono mengatakan, dengan mengorbankan kebebasannya, Ahok mungkin telah membangkitkan sosok-sosok lain untuk berdiri tampil kembali mengantarkan Indonesia ke jalur tengah yang moderat.

https://internasional.kompas.com/read/2017/12/07/05100021/ahok-masuk-jajaran-para-pemikir-dunia?page=all





0 comments:

Post a comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India